usaha yang cocok untuk mahasiswa jogja

BINGUNG? Coba 10 Usaha Yang Cocok Untuk Mahasiswa Jogja!

Jogja adalah salah satu kota besar yang potensial untuk memulai bisnis, sehingga mulai membangun usaha yang cocok untuk mahasiswa Jogja adalah hal wajib. Kamu bisa memulai melakukan berbagai percobaan, tips bisnis, atau ide kreatif memulai usaha mandiri sekarang juga.

Apalagi ada banyak cara mengembangkan bisnis, misalnya dengan cara online menggunakan sosial media dan lainnya . Nah, buat kamu yang masih fokus kuliah, berikut adalah beberapa usaha yang cocok kamu jalankan selama di Jogja.

Usaha Yang Cocok Untuk Mahasiswa Jogja, Apa Saja?

1. Usaha Untuk Mahasiswa, Coba Buat Makanan

Kampus bisa kamu jadikan sebagai lapak, untuk membangun bisnis awal. Jika masing-masing mahasiswa pasti punya beda selera dalam hal fashion atau lainnya, tentu kamu bisa mulai membuka bisnis dari kuliner. Kuliner atau makanan adalah bisnis yang nggak ada matinya, karena makanan adalah kebutuhan dasar. Apalagi untuk mahasiswa yang berada di sekitar kampus, terkadang banyak yang tidak sempat memasak atau membawa bekal. Sedangkan jam kuliah juga bisa sampai sore hari.

Itulah mengapa, membuka jasa membuat makanan bisa jadi pilihan tepat. Atau, mulailah dengan membeli beberapa jenis makanan di warung, kemudian dijual Kembali dengan untung yang kecil.

2. Jasa Kirim Barang, Usaha Kekinian Untuk Mahasiswa

Punya motor? Ada banyak hal yang bisa kamu coba untuk memulai usaha yang cocok untuk mahasiswa Jogja. Misalnya, dengan menjalankan bisnis pengiriman barang. Saat kuliah, kamu bisa membuka jasa tersebut di sekitar kampus. Kemudian, jika sudah pulang, kamu bisa juga bisa memulai melakukan pekerjaan tersebut untuk melayani berbagai target pelanggan di perumahan terdekat, atau kompleks kost.

Mengapa bisnis ini patut dicoba? Hal ini dikarenakan kamu tidak perlu mengeluarkan biaya yang cukup besar. Apalagi, saat ini semua orang pasti punya kendaraan roda dua. Ditambah lagi, banyak orang yang mulai suka dengan hal-hal mudah dan praktis. Untuk memulai, cobalah dengan menggunakan media sosial seperti aplikasi chat untuk membuka tawaran jasa kirim barang di story-mu.

3. Ojek

Masih seputar motor sebagai modal utama, kamu juga bisa kok mencoba memulai usaha dan menghasilkan uang secara mandiri dengan jadi ojek. Jangan remehkan hasil tukang ojek, sebab jika kamu berada di lingkungan kampus, banyak yang tidak keberatan untuk menggunakan jasa tersebut.

Sepulang kuliah, kamu bisa mencari pelanggan teman-teman di kampus. Bahkan, selain di jogja, jadi tukang ojek online juga cocok untuk mahasiswa Bandung, Surabaya, Jakarta, dan kota besar lainnya.

4. Usaha Yang Cocok Untuk Mahasiswa Jogja, Jadi Fotografer Aja!

Suka fotografi dan video? Buat kamu yang punya hobi ini dan masih duduk di bangku kuliah, kamu punya peluang besar untuk membangun bisnis yang satu ini. Dengan ilmu dan bakat yang kamu miliki, kamu bisa menghasilkan uang hanya dengan jadi tukang foto atau tukang bikin video.

Apalagi untuk kamu yang kuliah di universitas besar di Jogja, pasti banyak mahasiswa yang bisa jadi pelanggan jasa yang kamu bangun ini. Pasalnya, banyak anak kampus yang butuh tukang foto atau video, mulai dari cara pernikahan, tunangan, selfie, atau lainnya. Buat kamu yang sudah punya alat fotografi karena hobi, waktunya untuk menjadikan hobimu sebagai sumber penghasilan.

Baca Juga : Daftar Bisnis Online Yang Mudah Dikerjakan!

5. Copywriter,

Sudah banyak copywriter yang mampu membuktikan bahwa mereka bisa mencari uang buat bayar kuliah dari usaha yang satu ini. Kendati demikian, tidak semua orang bisa melakukan bisnis ini. Copywriter adalah sebuah pekerjaan yang menuntut keahlian dalam menulis.

Untuk kamu yang tinggal di Jogja,  Menjadi copywriter. Keuntungannya cukup menjanjikan, karena walaupun kamu kuliah, target pelanggan jasamu adalah berbagai perusahaan yang butuh seseorang untuk membuat promosi produk yang mereka ciptakan.

6. Admin Sosmed

Suka online dan punya keahlian di bidang sosial media? Punya skill berkomunikasi yang baik? Kamu bisa mencoba bekerja sebagai admin sosmed. Pekerjaan ini memang terdengar aneh, tapi sekaligus menjadi bukti bahwa tidak ada yang sepele di era saat ini. Semuanya bisa kamu lakukan dengan modal kuota dan smartphone saja.

Apalagi, kalau kamu memang jago dalam membuat akun serta tahu trik update biar menarik banyak followers. Tentu banyak perusahaan besar yang siap merangkul kamu untuk menjadi tim marketing mereka untuk pemasaran secara online.

7.  Web Desain

Berikutnya, untuk mahasiswa lainnya yang berada di kota-kota besar adalah dengan jadi web desainer. Perkerjaan ini cocok buat kamu yang jago desain logo, desain web, dan lainnya untuk kebutuhan website. Itu artinya, target pelanggan kamu lebih luas lagi, yaitu berbagai perusahaan dari skala kecil sampai besar yang membutuhkan website sebagai alat untuk promosi online.

Usaha ini cocok dijalankan bagi seluruh mahasdiswa yang memiliki skill desain web. Jika pekerjaan sedasng sepi, jangan kuatir. Ada banyak platform pekerjaan online di internet yang sudah membuka berbagai lowongan pekerjaan khusus desain web. Atau, kamu juga bisa menggunakan sosial media seperti Facebook. Kemudian, masuk di berbagai grup yang ada untuk mulai promosi jasa yang kamu tawarkan.

8. Penerjemah

Punya keahlian menggunakan Bahasa Asing membuat kamu tidak perlu sdungkan untuk mulai membangun bisnis. Kamu bisa kok bekerja dari kost untuk mulai jadi penerjemah. Selain bantu kebutuhan translate atau terjemah teman-teman di kampus, kamu juga bisa menggunakan cara online untuk promosi jasa tersebut. Sehingga, kamu dapat memiliki potensi pelanggan lebih luas lagi, yaitu mulai dari pelajar dari kota lain, perusahaan, dan sebagainya.

9. Dropshipper

Memulai untuk berjualan online memang terbilang gampang-gampang susah. Salah satu usaha yang cocok untuk mahasiswa di kota-kota besar adalah dengan jadi dropshipper. Bisnis online ini memang tidak butuh banyak modal, karena kamu tidak perlu punya toko, atau sibuk mengirim paket pesanan pelanggan.

Untuk memulai bisnis ini, kamu tinggal memilih reseller yang amanah. Selanjutnya, pastikan bahwa kamu punya waktu luang khusus untuk terus memasarkan produk. Bisnis ini cocok untuk mahasiswa karena tidak butuh banyak modal dan terbilang sangat mudah.

10. Penulis Lepas/ Freelance Writer, Usaha Buat Mahasiswa

Apa sih bedanya freelance writer dan copywriter? Tentu keduanya sangat berbeda. Walaupun kedua bidang tersebut menuntut seseorang untuk memiliki bakat dan skill menulis yang baik, namun freelance writer bertugas sebagai penulis untuk berbagai kebutuhan. Sedangkan copywriter berkaitan dengan membuat konten yang dditujukan untuk promosi perusahaan

Freelance writer bisa menjawab berbagai kebutuhan seperti mengerjakan tugas kuliah, membuat makalah, menulis skripsi, membuat ulasan, dan lainnya. Hal-hal seperti ini tentu tidak lepas dari kebutuhan tugas akademik, sehingga cocok dijalankan di area kampus. Atau, kamu juga bisa mengembangkan bisnis tersebut dengan jadi freelance writer untuk blogger, publisher, dan lainnya.

Penutup usaha yang cocok untuk mahasiswa jogja

Demikian ide usaha yang cocok untuk mahasiswa jogja yang bisa kamu coba. Masih banyak cara lainnya untuk membangun bisnis walau dengan modal motor, modal Hp smartphone, kuota internet, dan sebagainya. Jika kamu terus berusaha, pasti nanti ada jalannya untuk bisa membuat bisnis kamu lebih berkembang. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

3 Comments

Leave a Reply