8+ Usaha Rumahan yang Lagi Trend dan Menghasilkan Banyak Uang

8+ Usaha Rumahan yang Lagi Trend dan Menghasilkan Banyak Uang

Bagi Anda yang bosan kerja di kantor, maka bisa mencoba beberapa usaha rumahan yang lagi trend kali ini. Peluangnya ternyata lumayan menguntungkan terlebih jika seseorang memang memiliki jiwa berbisnis. Bisnis dalam bidang kuliner dan juga pakaian dianggap paling berpeluang di tahun ini.

Keuntungan dari usaha rumahan memang tidak begitu banyak apalagi jika Anda baru saja memulainya. Namun berapapun pendapatan yang diperoleh, bisa memberikan kepuasan tersendiri. Seseorang akan merasa lebih giat bekerja demi mendapatkan sebanyak-banyaknya.

Misalnya jika Anda memiliki usaha rumahan di bidang kuliner, pendapatan yang diperoleh bisa dikelola untuk keuntungan pribadi dan disisihkan kembali sebagai modal ke depannya. Hal ini juga membuat seseorang akan mempunyai keahlian dalam manajemen keuangan.

Beberapa 8+ Usaha Rumahan yang Lagi Trend

Usaha yang dimulai dalam skala rumah saja memang dianggap membutuhkan modal cukup sedikit. Namun bukan berarti keuntungannya juga minim. Penghasilanya bahkan dinilai relatif menjanjikan apabila Anda benar-benar giat mengembangkannya. Berikut beberapa usaha rumahan yang lagi trend diantaranya:

  1. Katering Sehat

Katering Sehat

Kini upaya untuk hidup sehat dari pola makan menjadi hal penting yang sudah menjadi kebiasaan bagi banyak orang. Gaya seperti ini bahkan sedang trend, khususnya di area perkotaan seperti pegawai kantor, anak sekolah dan kalangan lainnya. Anda bisa memanfaatkan fenomena ini dalam berbisnis.

Catering sehat bisa dikembangkan untuk memberikan berbagai macam menu masakan yang tentunya memiliki nilai gizi tinggi. Tidak perlu memikirkan hidangan ribet, cukup pastikan jika jumlah dan olahannya seimbang. Hal seperti ini tentu menjadi pilihan terbaik bagi beberapa kalangan tertentu.

  1. Jual Produk Skincare dan Makeup

Jual Produk Skincare dan Makeup

Tidak bisa dipungkiri bahwa sebagian besar wanita sedang menggilai berbagai macam produk skincare dan makeup untuk mempercantik diri. Anda pun tak perlu memiliki keahlian di bidang kecantikan saat ingin menjualnya. Pastikan saja jika mutunya terpercaya tanpa memperjualbelikan kualitas KW.

Produk yang paling sering dicari biasanya meliputi pemutih kulit, penghilang jerawat, masker dan masih banyak lagi. Jangan lupa untuk memanfaatkan e-commerce seperti Shopee, Tokopedia dan Bukalapak. Tujuannya agar cakupan pasar menjadi lebih luas sehingga meningkatkan angka penjualan

  1. Makelar Properti

Makelar Properti

Masih banyak orang yang menganggap jika makelar properti harus pergi keluar untuk menawarkan rumah. Nyatanya perkembangan teknologi membuat pekerjaan ini menjadi lebih mudah. Pasalnya proses tawar menawar dan negosiasi dapat dilakukan hanya dengan menggunakan ponsel saja.

Anda hanya perlu mengunggah foto rumah yang akan dijual di dalam platform jual beli seperti OLX, Lamudi, rumah.123 dan rumah.com. Pastikan terlebih dahulu jika kualitas gambarnya bagus dan jelas saat dilihat oleh calon pembeli. Selain itu, juga bertujuan untuk menarik perhatian para pelanggan.

  1. Jasa Desain Grafis

Jasa Desain Grafis

Bagi Anda yang memiliki keahlian di bidang menggambar, baik itu berupa brand, logo, desain kemasan atau lainnya, mulailah berbisnis dari bakat tersebut. Manfaatkan sosial media untuk memulainya. Misalnya dengan mengunggah hasil karya agar bisa dilihat oleh para calon klien lewat sosmed.

Jasa ini sebenarnya paling banyak dicari oleh orang-orang yang berbisnis di industri kreatif. Desain grafis umumnya membutuhkan komputer khusus, internet dan tentunya keahlian untuk mengisinya. Jangan lupa mematok harga sesuai di pasaran namun bisa juga ditentukan berdasarkan kesulitannya

  1. Jasa Menjahit

Jasa Menjahit

Sebagai ibu rumah tangga yang memiliki waktu luang cukup banyak, maka bisa mencoba untuk memulai jasa menjahit. Tidak ada salahnya membuka usaha ini selagi dapat dilakukan sendiri. Sampai saat ini pun sebenarnya layanan ini masih dibutuhkan oleh orang-orang dalam berbagai kebutuhan.

Bagi orang-orang yang mengalami baju robek, pakaian kebesaran atau lainnya tentu akan memperbaiki di tukang jahit. Bahkan jauh lebih untung apabila Anda tidak hanya menjahit saja namun juga mampu membuat pola sebuah pakaian. Nantinya permintaan juga bervariasi dan bertambah banyak.

  1. Jasa Rias

Jasa Rias

Usaha rumahan yang sedang trend yakni membuka jasa rias. Setiap bulan atau selama beberapa momen tertentu, pastinya ada orang-orang sedang merayakan sebuah perayaan besar seperti ulang tahun, pernikahan dan juga wisuda. Mereka pun memilih menggunakan jasa MUA agar tampil cantik.

Membuka jasa rias dianggap menjadi rekomendasi bisnis rumahan yang bisa dicoba. Terlebih jika Anda memang sudah memiliki keahlian dalam menggunakan berbagai macam produk make up. Jangan lupa untuk mengikuti perkembangannya dari berbagai inspirasi seperti Korea, Western, Jawa dan Sunda.

  1. Kursus Secara Online

Kursus Secara Online

Selama masa pandemi kali ini, mengikuti kursus secara online dianggap menjadi salah satu cara yang membuat orang-orang tetap produktif. Bagi Anda jika memiliki keahlian pada bahasa asing, cobalah untuk menjadi pengajar. Nantinya materi dapat dibagikan melalui video call, ebook ataupun pesan.

Gunakan aplikasi pendukung video conference seperti Zoom, Skype, Google Hangout atau lainnya. Bisa dikatakan bahkan memulai usaha dengan membuka kursus secara online tidak akan membutuhkan banyak modal. Setidaknya Anda memerlukan komputer, ponsel dan tentunya keahlian.

  1. Laundry

Laundry

Usaha rumahan yang lagi trend satu ini dianggap tidak akan pernah mati karena selalu dibutuhkan oleh banyak orang. Terutama jika Anda memulai membukanya di area yang cukup strategis seperti perumahan atau kawasan kampus. Kebanyakan dari mereka memang cukup sibuk sehingga memilih menggunakan jasa ini.

Anda bisa memulai untuk menyiapkan beberapa unit mesin cuci, setrika, keranjang pakaian, detergen dan juga pewanginya. Bahkan saat ini sudah marak usaha laundry dengan konsep baru yang menarik pelanggan. Mereka bisa mengoperasikannya sendiri lalu menunggu proses pencucian hingga selesai.

2 Keuntungan Memulai Usaha Rumahan yang Lagi Trend

Ada beberapa keuntungan yang akan Anda peroleh jika berniat untuk memulai usaha rumahan. Terlebih jika sudah merasa bosan dengan drama kerja di perkantoran karena banyaknya deadline. Maka jangan ragu mencobanya apabila telah memiliki modal cukup sebelumnya.

  1. Bebas Menentukan Waktu Kerja

Berbeda jika Anda bekerja di kantor, maka waktu kerja harus ditaati mulai dari pagi hari sampai istirahat dan pulang di petang hari. Belum lagi apabila masih ada beberapa deadline yang harus diselesaikan di keesokannya, sehingga mengharuskan seseorang untuk lembur.

Lain halnya jika Anda bisa memulai usaha rumahan secara mandiri. Waktu kerja dikatakan lebih fleksibel sehingga dapat mengaturnya sendiri tanpa khawatir ada konflik dengan pimpinan. Setidaknya bekerja dilakukan secara lebih santai.

  1. Tidak Perlu Menyewa Tempat

Hal ini menjadi keuntungan utama yang akan dirasakan oleh pelaku usaha rumahan. Mereka tidak perlu untuk mencari lapak dan harus menjualnya sendiri. Biaya modal dapat dialokasikan pada kebutuhan bisnis lainnya.

Bagi Anda yang memiliki area kosong di sekitar rumah, maka lebih baik untuk digunakan sebagai lapak berjualan. Keuntungannya memang tidak begitu banyak di awal-awal waktu, namun akan senantiasa berkembang apabila dikelola secara maksimal.

Itulah tadi beberapa rekomendasi usaha rumahan yang lagi trend di tahun 2021 bahkan kedepanya ini. Bukan tanpa alasan, nyatanya ada keuntungan tersendiri akan dirasakan bagi pelaku industri kecil-kecilan skala rumah tangga.