LANGSUNG HABIS! Daftar Usaha Makanan yang Bisa Dititipkan di Warung

LANGSUNG HABIS! Daftar 8+ Usaha Makanan yang Bisa Dititipkan di Warung

Seiring dengan perkembangan teknologi, memulai usaha tidak harus dengan modal besar. Semua bisa dilakukan secara online dan target marketnya pun lebih luas. Namun, bukan berarti usaha offline kurang menjanjikan. Tidak heran jika usaha makanan yang bisa dititipkan di warung cukup berpeluang.

Bisnis makanan memang tidak pernah ada matinya dan akan selalu dicari karena makanan adalah kebutuhan pokok manusia. Berjualan makanan memang bisa dilakukan secara online, sayangnya untuk target yang lebih luas tentu terbatas dengan makanan yang awet dan tahan lama.

Anda bisa mencoba peruntungan dengan berjualan makanan secara offline. Jika belum punya tempat untuk membuka toko makanan, maka cobalah bekerjasama dengan warung setempat untuk menitipkan makanan yang akan dijual.

Apa saja Usaha Makanan yang Bisa Dititipkan di Warung?

Bisnis makanan termasuk bisnis yang fast moving. Karena setiap hari harus membuat persediaan baru. Jika tidak, tentu saja makanan yang tidak awet dan tahan lama bisa basi. Dengan menitipkan di warung yang sudah ramai, peluang makanan akan terjual lebih tinggi.

  1. Nasi bungkus

Tak sedikit orang-orang yang sudah tidak sempat lagi untuk memasak di rumah karena harus menjalani kesibukan di luar. Sehingga mereka harus mencari makan untuk sarapan, makan siang, maupun makan malam di luar. Ini bisa menjadi peluang bagus untuk usaha nasi bungkus.

Anda bisa menitipkan nasi bungkus dengan berbagai menu yang variatif dan banyak disukai lidah orang Indonesia di warung-warung yang dekat kantor, pabrik, atau tempat usaha lainnya. Buat masakan dengan cita rasa enak dan harga terjangkau agar pembeli kembali berlangganan.

  1. Donat

Cita rasa donat yang manis dan lezat memang selalu menggugah selera. Tak heran jika jenis makanan ini banyak sekali peminatnya mulai dari anak-anak hingga dewasa. Meskipun merupakan makanan ringan atau cemilan, mengkonsumsi donat bisa mengenyangkan.

Hal ini dikarenakan donat terbuat dari tepung dan donat yang notabene memiliki kandungan karbohidrat yang cukup untuk tubuh. Di sisi lain, juga bisa membuat variasi topping yang menarik seperti meses, cokelat, gula halus, green tea, keju, almond, dan lainnya.

  1. Aneka kue basah

Jajanan kue tradisional masih memiliki banyak peminat meskipun modernisasi tengah menggerus kehidupan masyarakat saat ini. Bisnis aneka kue basah dengan cita rasa yang lezat dan manis akan menjadi peluang bisnis yang menggiurkan.

Karena selain bisa dijadikan sebagai cemilan, kue basah juga menjadi menu makanan andalan untuk disajikan saat ada tamu atau acara-acara tertentu. Anda bisa mencoba membuat makanan seperti kue dadar gulung, kue putu, kue lapis, bolu kukus, dan lainnya untuk dititipkan di warung.

  1. Aneka gorengan

Gorengan adalah jenis makanan ringan atau cemilan yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Cita rasanya yang khas dan gurih membuat gorengan sangat cocok untuk dijadikan teman saat ngobrol, ngopi, ngeteh, nonton, baca buku, atau bahkan bekerja.

Anda bisa membuat aneka gorengan seperti pisang goreng, ubi goreng, cireng, tempe goreng, tahu isi, bakwan, dan masih banyak lagi. Jika ingin menitipkan di warung, jangan lupa beri lalapan berupa cabai hijau atau sambal kacang sehingga pembeli senang karena ada tambahan bumbu.

  1. Aneka keripik

Salah satu jenis cemilan yang paling banyak diminati dan juga usaha makanan yang bisa dititipkan di warunga dalah keripik. Karena selain memiliki banyak varian rasa, keripik juga bisa disimpan dalam waktu yang cukup lama. Keripik sangat cocok untuk menemani saat sedang bekerja, nonton film, baca buku, atau ngobrol dengan teman.

Selain itu, keripik juga bisa menjadi cemilan andalan untuk disajikan kepada para tamu, snack untuk acara-acara tertentu, maupun sebagai makanan oleh-oleh. Keripik pun bisa diolah dari berbagai bahan makanan dan dibumbui dengan berbagai varian rasa.

Bahan makanan untuk membuat keripik sangatlah mudah untuk didapatkan. Mulai dari singkong, talas, pisang, ubi, sukun, dan lain sebagainya. Cita rasanya pun bisa dibuat lebih bervariasi mulai dari rasa asin, gurih, manis, hingga pedas.

  1. Aneka cemilan dari kacang

Kacang merupakan salah satu bahan makanan pokok yang sangat mudah didapatkan. Kacang pun terdiri dari berbagai jenis mulai dari kacang polong, kacang kedelai, kacang koro, kacang tanah, dan lainnya. Kacang bisa diolah menjadi berbagai jenis cemilan yang enak dan lezat.

Anda bisa berinovasi dengan membuat kacang bawang, kacang telur, kacang atom, kacang pilus, kacang kulit, dan lainnya. Karena cemilan dari kacang pada umumnya merupakan makanan seperit layaknya kue kering, maka cemilan dari kacang biasanya bisa lebih awet dan tahan lama.

  1. Puding rumahan

Puding termasuk jenis makanan yang cukup mudah dibuat. Bagi yang baru belajar memasak dan ingi membuka bisnis di bidang makanan, maka bisa mencoba untuk membuat puding rumahan. Apalagi saat ini sudah tersedia bumbu dan adonan instan yang bisa didapatkan di swalayan.

Buat puding rumahan yang memiliki cita rasa enak dan lezat serta memiliki ciri khas tersendiri untuk membangun branding usaha. Tujuannya agar pelanggan mudah mengingat puding dengan rasa tersebut adalah puding buatan sehingga mereka akan kembali berlangganan.

  1. Roti bakery

Tidak harus memiliki merek terkenal untuk memulai usaha bakery. Jika Anda hobi baking atau membuat kue, bisa mencoba peruntungan di bisnis ini. Aneka roti bakery yang bisa dibuat pun beraneka ragam. Mulai dari roti sus, pie susu, roti bolu, roti manis isi, bolen pisang, dan lainnya.

Agar lebih mudah membangun branding, buat resep dan adonan yang berbeda dari kue-kue bakery lainnya. Anda bisa berinovasi baik dari segi komposisi bahan utamanya maupun topping yang dibuat lebih menarik dan variatif. Cara ini akan menarik pelanggan lebih banyak.

Memulai bisnis meman bukan hal yang mudah dan akan banyak tantangan di awal merintis. Tantangan utama yang harus dihadapi pebisnis pemula adalah masalah modal. Jika terkendala modal dan hanya memiliki modal yang minim, bisa mencoba bisnis makanan ringan ini.

Hal ini dikarenakan bisnis makanan cenderung membutuhkan modal yang lebih sedikit. Anda hanya membutuhkan modal awal berupa pembelian bahan dan bumbu-bumbu untuk membuatnya. Untuk lebih menghemat lagi, pilih usaha makanan yang bisa dititipkan di warung.