11+ Usaha Kecil-kecilan di Rumah yang Menguntungkan Saat Pandemi 

By | November 14, 2020
11+ Usaha Kecil-kecilan di Rumah yang Menguntungkan Saat Pandemi 

Di masa PSBB yang berlangsung beberapa bulan ini, banyak terjadi pengurangan pegawai pada beberapa perusahaan. Jumlah pengangguran meningkat serta mencari pekerjaan kembali ke perkantoran adalah hal sulit. Alhasil, menjadi keharusan untuk menemukan cara lain menambah pendapatan seperti membuka usaha kecil-kecilan di rumah yang menguntungkan.

Beberapa Ide Usaha Kecil-kecilan di Rumah yang Menguntungkan

Pada masa pandemi, banyak orang yang masih binggung untuk berjualan / melakukan usaha di rumah. Mereka pasti khawatir bertatap muka langsung sementara covid 19 bisa saja menular lewat pelanggan yang dijumpai. Padahal ada banyak jenis usaha lain tanpa harus selalu bertemu orang banyak setiap saat.

Berikut beberapa diantaranya:

  1. Jualan Makanan dan Minuman Online

Untuk menjalankan usaha ini Anda bisa memulai berkreasi di dapur. Mulai dari jenis menu favorit ataupun yang sekarang sedang populer, bisa juga tips utama terletak pada pengemasannya. Namun usahakan simpan di wadah tersegel sehingga aliran udara tidak mudah masuk sehingga lebih awet.

Contohnya sambel ataupun keripik. Gunakan botol atau wadah yang tersegel rapat sehingga kualitas dan aromanya terjaga. Jangan lupa promosikan pada media social serta marketplace, lalu bawa ke jasa pengiriman terdekat. Dengan ini, menu Anda pun terjual tanpa harus bertemu orang banyak.

  1. Jualan Masker Kain Online

Sama hal nya dengan makanan, Anda tinggal membuatnya di rumah, jangan lupa gunakan bahan sesuai standar, dan tips utama untuk berjualan masker kain adalah di motif nya. Usahakan beri corak unik yang diminati pasaran atau bisa juga dengan kreatifitas sendiri.

Tidak harus selalu di media sosial dan marketplace, jga bisa memulai dengan mempromosikannya ke teman dekat ataupun keluarga, juga ke kantor lama tempat dulu bekerja. Lalu tetaplah gunakan kurir jasa pengiriman barang.

  1. Jasa Ketik

Jika punya laptop atau komputer, maka bisnis ini menjadi pilihan yang tepat. Karena hanya dengan modal minim, waktu luang, dan juga tidak perlu repot sering beranjak keluar kamar, Anda sudah bisa menghasilkan uang.

Mungkin jenis usaha ini jarang didengar, padahal banyak mahasiswa atau anak sekolah yang membutuhkannya untuk pembuatan makalah serta laporan, dan tidak semua orang mempunyai kemampuan mengetik dengan cepat. Jadi bisa mulai mempromosikan diri pada mereka.

  1. Jasa Service Elektronik

Jika sebelumnya terkena PHK di perusahaan yang bergerak pada bidang service atau merakit, tapi keahlian serta ilmu memperbaiki barang itu masih melekat di kepala, maka bisnis ini sangat cocok. Dengan sedikit modal membeli peralatan reparasi terlebih dahulu, Anda sudah bisa memulainya.

Promosikan kemampuan di seluruh media sosial dan jika akhirnya dapat pelanggan. Minta ia untuk mengirim barang yang butuh diperbaiki ke rumah. Lalu setelah selesai, cukup kirimkan kembali ke alamat orang itu lewat jasa pengiriman.

  1. Jual Hand Sanitizer Online

Tips utama jika ingin memulai usaha ini adalah, pelajari jenis bahan serta cara meracik dengan benar. Untuk membuat hand sanitizer yang baik, harus memperhatikan standar dari WHO. Di mana campuran komposisi bahannya harus 70% alkohol dengan cairan lain yang aman.

Anda juga bisa membuat variant dengan aroma banyak yang berbeda, supaya lebih menonjol di pasaran. Ide bisnis ini sangat tepat dan berpeluang besar di masa pandemi sekarang. Namun, tetap harus diperhatikan betul semua bahannya agar efektif menangkal virus serta tidak merugikan pelanggan

  1. Usaha Laundry

Apabila tempat tinggal berdekatan dengan Kos-Kosan, mungkin jenis usaha ini sangat cocok. Sebab orang yang tinggal disana biasanya kesulitan untuk membersihkan pakaiannya sendiri. Dan bisnis laundry berpotensi berlangsung terus menerus, karena mereka akan terus datang selama pakaiannya perlu dicuci.

Kunci sukses usaha laundry ini terletak pada lokasi yang strategis dan dekat dengan pemukiman penduduk cukup padat. Persiapkan juga strategi pemasaran menarik. Sebarkan selebaran di lingkungan sekitar tempat usaha serta berikan harga promosi untuk pelanggan pertama Anda.

  1. Reseller Toko Online

Reseller adalah bisnis tanpa modal. Sebab siapa saja bisa menjalani ini, bahkan tanpa uang sepeser pun. Selain itu, Anda juga tak perlu repot mengerjakan proses penyediaan stok maupun pengiriman barang. Cukup memasarkan produk dari penjual lewat media sosial dan meneruskan ke pemesan.

Namun, meski tampak mudah, usaha ini tak bisa disepelekan. Sebagai reseller Anda harus memahami spesifikasi barang yang dijual, serta memilih supplier di marketplace terpercaya. Sebab, kualitas produk, ketersediaan jumlah, dan pelayanan berdampak pada reputasimu juga.

  1. Ramuan Herbal Tradisional

Di tengah pandemi, masyarakat banyak mencari cara untuk dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Oleh karena itu, menjual ramuan atau minuman herbal dapat menjadi bisnis menjanjikan, karena bahan alami yang murah dan mudah didapat serta banyak digemari orang Indonesia.

Sama halnya dengan bisnis makanan atau minuman, kunci usaha ini terletak di pengemasan dan daya tahan lama nya. Gunakan juga jasa kurir pengiriman yang tercepat, agar produk tidak gampang basi atau berubah warna karena terlalu lama saat di perjalanan menuju konsumen.

  1. Jualan Pulsa Via Online

Walau kebutuhan pulsa untuk SMS dan telepon sekarang sudah sangat jarang, tapi kegunaannya saat pembelian kuota internet serta menambah masa aktif nomor masih sering dibutuhkan. Semua kalangan dari ibu rumah tangga, pelajar, hingga pekerja kantoran pun selalu rutin mengisinya kembali tiap bulan.

Terkadang orang malas untuk membeli pulsa dengan datang langsung ke konter, peluang ini lah yang Anda bisa ambil. Mulailah promosikan diri di semua media social, lakukan transaksi hanya lewat fitur chat, serta jangan lupa untuk melakukan pembayaran dimuka antar transfer bank.

  1. Bensin Pertamini

Usaha ini cocok buat Anda apabila memiliki tempat tinggal yang sering dilalui mobil atau motor. Namun, bagi yang tidak, bisnis pertamini juga masih bisa dijalankan, karena dijaman sekarang hampir setiap rumah di setiap daerah, penghuninya punya satu atau dua kendaraan.

Para pengendara pun juga sering mengalami kehabisan bahan bakar sebelum mereka sampai di pom bensin besar. Maka itu keberadaan Pertamini amat dibutuhkan, karena selain praktis, kondisi mengantri panjang juga jarang terjadi.

  1. Membuka Lahan Parkir Rumahan

Jika punya tempat tinggal dengan halaman juga lahan kosong yang cukup luas, serta berjarak dekat pada stasiun kereta api, mall atau perkantoran, maka Anda bisa mencoba memanfaatkannya untuk memulai membuatnya menjadi tempat parkir motor maupun mobil.

Hanya dengan membuat portal sederhana, buku catatan plat motor masuk, serta karcis parkir dengan cap buatan sendiri, sudah dapat memulainya, walaupun akan jadi lebih sering berada di halaman rumah untuk mengawasi dan Menyusun posisi kendaraan yang tersimpan.

Itulah beberapa jenis ide usaha kecil-kecilan di rumah yang menguntungkan yang patut dicoba, yaitu untuk mengatasi dampak masalah krisis ekonomi setelah terkena pengurangan pegawai. Bahkan juga bisa untuk menambah pemasukan bagi yang masih menjadi pegawai kantoran.