Usaha Jajanan Rumahan Modal Kecil yang Menguntungkan

10+ Usaha Jajanan Rumahan Modal Kecil yang Menguntungkan

Modal biasanya menjadi salah satu kendala yang menyebabkan seseorang ragu untuk memulai usaha. Padahal tidak semua usaha membutuhkan modal besar. Anda bisa mencoba usaha jajanan rumahan modal kecil yang dapat menghasilkan untung menggiurkan.

Bisnis makanan merupakan salah satu bisnis yang cukup menjanjikan dan tidak ada matinya. Semua orang butuh makan dan makan adalah kebutuhan primer yang harus dipenuhi. Dengan berjualan makanan, sudah pasti Anda akan mendapatkan target market karena semua orang membutuhkan.

Untuk memulai bisnis di bidang makanan, Anda tidak harus memiliki modal yang besar. Meskipun untuk sewa tempat, membeli peralatan dan bahan-bahannya membutuhkan modal banyak, Anda bisa memulai usaha dengan modal kecil terlebih dahulu seperti jajanan rumahan.

Usaha Jajanan Rumahan Modal Kecil dengan Modal Kecil

Ada banyak ide jualan yang bisa Anda terapkan untuk memingkatkan omset. Oleh karena itu, perhatikan beberapa ulasan di bawah ini:

  1. Roti Bakar

Makanan ringan dengan cita rasa manis ini merupakan salah satu makanan yang cukup populer dan sangat digandrungi orang-orang. Roti bakar bisa menjadi sajian saat ngemil sambil nonton film, baca buku, ngobrol, ngeteh, atau hidangan untuk acara tertentu seperti pengajian, arisan, dan lainnya.

Untuk memulai usaha ini, Anda bisa memulainya dari rumah terlebih dahulu dengan menggunakan alat yang ada dan menjualnya secar online. Buat roti bakar yang enak dan banyak variannya mulai dari asin, manis dan tersaji dalam berbagai jenis topping yang enak dan lezat.

  1. Bubur Kacang Hijau

usaha jajanan rumahan modal kecil adalah bubur kacang hijau,Bubur kacang hijau hangat sangat cocok menjadi hidangan untuk sarapan atau makan malam. Bisnis bubur kacang hijau juga sangat menjanjikan khususnya di lingkungan perkotaan. Apalagi jika Anda bisa menargetkan pasar para pekerja yang kesulitan untuk mencari sarapan atau makan malam.

Cara membuat bubur kacang hijau pun terbilang sangat mudah. Alatnya juga sangat mudah ditemukan karena merupakan alat masak sehari-hari. Buat bubur kacang hijau dengan racikan yang berbeda agar orang mudah ingat dengan bubur kacang hijau Anda dan mereka akan berlangganan.

  1. Mie Rebus Instan

Mie instan adalah penyelamat di akhir bulan sambil menunggu gajian berikutnya tiba. Membuat instan pun sangat mudah, cepat, murah, dan praktis. Tak heran jika mie instan menjadi salah satu makanan favorit banyak orang khususnya yang terlalu sibuk dengan aktivitasnya hingga tidak sempat masak.

Anda bisa menjadikan ini sebagai peluang bisnis yang cukup menggiurkan karena tidak membutuhkan modal mahal untuk memulainya. Mie instan yang dibuat tentu harus berbeda dengan mie instan praktis biasanya. Anda bisa menambahkan topping seperti sayur, sosis, telur, dan lainnya.

  1. Keripik

Memulai usaha berjualan keripik tidak membutuhkan modal terlalu besar. Cara pemasarannya pun cukup mudah. Anda bisa menitipkan keripik tersebut di warung, membuka outlet di pinggir jalan, atau bahkan menjualnya secara online untuk mendapatkan target market yang lebih luas.

Usaha keripik juga cukup menjanjikan karena keripik merupakan jenis makaman cemilan yang disukai banyak orang. Anda cukup memulainya dengan modal bahan untuk membuat keripik tersebut baik pisang, singkong, talas, ubi, dan lainnya. Sediakan kemas yang menarik agar nilai jual naik.

  1. Gorengan

Gorengan merupakan salah satu jenis makanan yang banyak diminati semua kalangan. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Modal yang diperlukan untuk memulai bisnis makanan pun cukup terjangkau dan cara membuatnya sangat mudah.

Anda bisa mulai menawarkan bisnis gorengan di lingkungan perumahan atau kampung, menjualnya secara online, membuka pesanan untuk partai besar, atau membuka outlet di pinggir jalan. Untuk meningkatkan nilai jual produk Anda, buat value added baik dari segi rasa maupun tempat.

  1. Ayam Goreng

Ayam goreng merupakan makanan favorit kebanyakan orang untuk dijadikan lauk. Ayam goreng bisa disantap bersama nasi maupun kentang. Saat ini pun sudah banyak merek-merek ayam terkenal yang menyediakan makanan ayam goreng tepung yang renyah, gurih, dan lezat.

Jika Anda masih pemula yang ingin mencoba berjualan ayam, disarankan untuk mengambil franchise dari merek terkenal terlebih dahulu. Anda tidak perlu repot-repot untuk membangun branding lagi karena orang-orang sudah cukup mengenal merek ayam goreng tersebut.

  1. Susu Jahe

Menikmati susu jahe saat malam-malam dan ketika hujan turun adalah sebuah kenikmatan yang tak tertandingi. Selain menyehatkan, susu jahe banyak diminati oleh orang-orang sehingga Anda pasti akan mendapatkan target market dari bisnis ini. Apalagi modal yang diperlukan terbilang kecil.

Anda hanya membutuhkan susu, jahe, gula, atau madu dan telor sebagai tambahan untuk variasi lainnya. Cara berjualannya bisa dari rumah agar tidak membutuhkan modal untuk menyewa tempat dan menawarkannya kepada tetangga di lingkungan rumah atau menjualnya secara online.

  1. Nasi Goreng

Nasi merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia. Jika boleh diibaratkan, lidah orang Indonesia seperti kurang hidup jika belum makan nasi. Anda bisa memanfaatkannya sebagai peluang dengan cara membuat variasi nasi goreng dengan cita rasa yang khas dan lezat.

Cara membuat nasi goreng pun sangat mudah dan mungkin semua orang bisa membuatnya. Apalagi alat-alat dan bahan yang digunakan pun sangat mudah ditemukan karena merupakan alat masak sehari-hari. Cara berjualannya bisa dengan berkeliling, membuka toko di rumah, atau secara online.

  1. Minuman Boba

Boba tengah menjadi salah satu jenis minuman yang saat ini tengah ngetren dan banyak digandrungi orang. Anda bisa memanfaatkannya sebagai peluang mumpung hype-nya sedang naik. Tidak butuh modal banyak untuk memulainya. Anda cukup mulai berjualan dari rumah saja.

Agar mendapatkan target market yang lebih luas, Anda bisa bekerja sama dengan ojek online yang menyediakan fitur untuk mengantarkan makanan. Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat boba juga sangat mudah didapatkan. Buat kemasan yang menarik untuk membangun branding.

  1. Catering

Jika Anda tinggal di lingkungan pabrik, perkantoran, atau sekolah, bisnis catering bisa menjadi salah satu bisnis yang sangat menjanjikan. Orang-orang yang tinggal di lingkungan tersebut biasanya sangat sibuk hingga tidak semapt untuk menyediakan makanan untuk dirinya sendiri.

Anda bisa menawarkan jasa catering untuk menyediakan makanan mulai dari sarapan, makan siang, hingga makan malam dengan menu-menu tertentu yang variatif. Sekali mendapatkan pelanggan, mereka akan terus berlangganan membeli catering di tempat Anda.

Jika Anda ingin memulai bisnis, jangan selalu membayangkan bahwa bisnis itu identik dengang modal besar. Tanpa harus dengan modal besar Anda masih bisa memulai bisnis seperti usaha jajanan rumahan modal kecil yang bisa dimulai dari rumah.