Ukuran Banner Youtube di Komputer dan HP

Ukuran Banner Youtube di Komputer dan HP. Channel Youtube umumnya mempunyai foto di bagian atasnya yang disebut sebagai banner ataupun header. Bagian ini biasa dipakai buat menunjukkan foto sesuai kemauan pemilik channel. Bila mau membuat desain sendiri, hendaknya tahu ukuran banner Youtube terlebih dulu.

 

Header ini kerap disepelekan oleh para kreator, sementara itu kedudukannya lumayan penting. Bila header ataupun banner tampak menarik, kian banyak pula orang berkunjung ke channel tersebut.

 

Pedoman Ukuran Banner Youtube

 

Perlu diketahui kalau Youtube mempunyai aturannya sendiri, termasuk dalam hal ukuran header ataupun banner channel. Uniknya, ukuran banner tersebut dapat berbeda-beda bergantung dari fitur yang digunakan buat membuka Youtube.

 

Jadi, banner channel dapat tampak penuh bila dilihat pada fitur semacam tv. Sedangkan kala dibuka memakai laptop ataupun smartphone, banner akan tampak terpotong. Oleh sebab itu, hendaknya tahu ukurannya terlebih dulu biar tidak terdapat bagian yang terpotong.

 

Berikut ini rincian pedoman ukuran banner ataupun header channel yang sudah diresmikan oleh pihak Youtube.

 

  1. Ukuran minimum foto yang hendaknya diupload buat banner ataupun header channel yaitu 2048 x 1152 pixel. Sementara ukuran idealnya yaitu 2560 x 1440 pixel.
  2. Buat menempatkan bacaan logo dengan nyaman terdapat area yang berukuran 1546 x 423 pixel. Semua logo serta tulisan yang masuk ke dalam zona tersebut akan senantiasa tampak saat channel dibuka lewat fitur apapun. Jadi, jika mau menambahkan foto serta bacaan, hendaknya tidak di luar zona tersebut biar tidak terpotong.
  3. Lebar maksimum dari banner ataupun header yaitu 2560 x 423 pixel. Dengan ukuran tersebut, zona aman dapat senantiasa tampak di fitur apa pun dengan ukuran berapapun.
  4.                                                                                                                   Ukuran file foto yang diupload tidak lebih dari 6 MB. Bila lebih dari itu, sistem Youtube akan menolak foto tersebut.

 

Seperti itu panduan yang diberikan Youtube buat mengendalikan ukuran banner di channel. Saat ini dapat memakainya sebagai pedoman ataupun patokan kala membuat desain banner. Untuk membuat desain tersebut, pakai aplikasi seperti Photoshop, Canva, ataupun aplikasi desain yang lain.

Also Read :
Sejarah Corel Draw dan Perkembangan Versi Dari Masa ke Masa

 

1 1

Cara Upload Banner Youtube di Halaman Channel

 

Bila Kamu telah mengenali serta menguasai berapa ukuran banner youtube yang cocok serta dapat membuatnya melalui aplikasi, berarti Kamu juga wajib mengetahui cara mengupload ataupun menambahkan banner serta channel Kamu. Berikut tahapan upload banner di channel youtube:

 

Upload Banner Menggunakan Laptop

 

  1. Pertama, di laptop Kamu, silahkan login ke channel youtube.
  2. Bila sudah, menu di kanan atas Kamu pilih channel.
  3. Pada banner channel baru, klik Customize Channel. Pada bagian atas layar, klik tambahkan header channel, Add Channel Art.
  4. Buat header channel yang telah ada, silahkan Kamu arahkan kursor ke banner serta klik Edit kemudian Edit Channel Art.
  5. Kemudian, upload foto yang telah dipilih, dapat dengan mengklik tab Galeri buat memilih foto dari youtube photo gallery.
  6. Selanjutnya Kamu akan melihat pratinjau tampilan header di bermacam fitur. Pilih Sesuaikan Cropping untuk membuat pergantian.
  7. Jika dirasa telah cukup, Kamu tinggal klik pilih.

 

Tidak hanya memakai laptop, Kamu juga dapat mengupload banner youtube lewat HP, walaupun prosesnya nyaris sama, berikut tahapan buat mengganti banner youtube lewat HP

Upload Banner Youtube Menggunakan HP

 

  1. Pertama, Kamu buka aplikasi youtube, kemudian klik icon channel Kamu, setelah itu pilih Setting.
  2. Berikutnya pilih Channel Kamu, kemudian Edit Channel. Dilayar channel klik ikon kamera di sebelah kanan, bagian tengah buat mengubah gambar profil Kamu.
  3. Akan terdapat opsi buat memilih gambar dari HP Kamu.
  4. Secara otomatis melihat layar pratinjau serta melihat bagian mana yang akan jadi bawah buat browser dekstop serta HP.
  5. Bila dirasa telah cocok, Kamu dapat klik Pakai gambar.

 

Cara Membuat dan Memastikan Ukuran Banner Youtube di Photoshop

 

2 1

Banner youtube merupakan desain yang terbuat untuk membuat sampul youtube tampak keren serta menarik buat menarik orang berkunjung. Kamu dapat membuat banner youtube sendiri dengan bantuan beberapa aplikasi seperti Adobe Photoshop. Berikut beberapa sesi yang dapat Kamu coba untuk membuat banner youtube:

 

  1. Pertama- tama, Kamu siapkan terlebih dulu gambar-gambar yang akan digunakan untuk membuat banner youtube.
  2. Kemudian Kamu buka dokumen baru, di menu File pilih New serta akan terbuka New Document di Photoshop. Setelah itu atur ukuran banner youtube di Photoshop dengan besar 2560 pixel dan lebar 1440 pixel.
  3. Buka file foto serta pilih yang mau dijadikan latar belakang, kemudian seret ke kanvas. Ganti foto jadi abu-abu dengan cara di menu File pilih Adjustment serta pilih lagi Desaturate, dapat pula dengan metode Shift+Ctrl+U pada Windows ataupun Shift+Command+U pada Mac.
  4. Ukuran pertama buat lebar maksimum banner youtube, ini jadi zona nyaman serta akan senantiasa dapat dilihat dari fitur mana saja. Pakai Shape pada kotak perlengkapan pilih Rectangle tool serta klik dimana saja dalam kanvas, atur lebar ke 2560 pixel dan tinggi 423 pixel.
  5. Atur supaya posisi pas di tengah, pada menu File pilih Gratis Transform ataupun Ctrl+T di Windows serta Command+T di Mac. Pada Rectangel Kamu pilih ke sudut kanan pada palet layer serta turunkan nilai Opacity jadi dekat 50%, bila telah diturunkan susunan Rectangel yang dipilih akan sedikit samar.
  6. Silahkan Kamu tambahkan zona minimum buat menempatkan tulisan ataupun logo. Buat ukuran yang aman Kamu berangkat ke kotak perlengkapan serta pilih Rectangel Tool, kemudian klik di kanvas serta atur lebar 1546 pixel dan tinggi 423 pixel.
  7. Kamu yakinkan Shape di tengah kanvas, buat garis bantu serta di menu View pilih Ruler, tarik pengaris ke kiri serta kanan pada susunan shape yang telah dibuat. Kemudian hapus Rectangel, berikutnya akan dibuat dengan bantuan garis bantu.
  8. Untuk menambahkan beberapa grafis simpel dapat dibuat dengan Pen Tool pada Photoshop. Di layer Kamu pilih kedua susunan Shape serta ganti Blending fashion di kiri palet layer dari mode normal ke mode Overlay, kemudian turunkan nilai Opacity dekat 40%.
  9. Tambahkan bundaran di Ellipse Tool, kemudian buka stok foto lain serta membawa ke kanvas. Setelah itu pilih susunan foto di palet layer serta klik kanan kemudian pilih Create Clipping Mask, atur ukuran memakai Gratis Transform photoshop dengan Ctrl+T ataupun Command+T.
  10. Untuk membuat bacaan, silahkan Kamu ke kotak perlengkapan serta pilih Type Tool, kemudian pilih font yang mau digunakan. Berikutnya ketik tulisan yang di idamkan di dalam kanvas.
  11. Berikutnya dapat Kamu tambahkan ikon media sosial dengan bantuan Custom Shape Tool, pilih yang mau ditampilkan. Atur letaknya sesuai dengan yang di idamkan tetapi yang terutama terletak di zona aman.
  12. Jika telah berakhir, Kamu dapat matikan garis bantu dengan Ctrl+H ataupun Command+H serta kesimpulannya selesai membuat banner youtube yang keren buat nama channel Youtube Kamu.
Also Read :
Bisa Untuk Pas Foto! Cara Mengganti Warna Background di Corel Draw

Demikian pembahasan pendek seputar ukuran banner youtube yang benar supaya tidak terpotong saat hendak diupload. Senantiasa yakinkan ukurannya sesuai sebab banner cukup penting untuk membuat channel Kamu semakin menarik. Terakhir, dengan upaya semacam ini, mudah-mudahan Kamu nanti jadi Youtuber berhasil dan sukses!