Cara Membuat Gradasi Warna di Corel Draw

MUDAH! 2 Cara Membuat Gradasi Warna di Corel Draw

Ada banyak sekali fungsi Corel Draw berbeda. Mulai dari editing foto, menggambar vektor dan ilustrasi, hingga untuk membuat desain. Salah satu langkah penting dalam membuat desain merupakan bagaimana cara membuat gradasi warna di Corel Draw.

Gradasi warna memang menjadi elemen menarik di dalam desain. Penggunaan teknik gradasi pun hingga saat ini masih menjadi tren tersendiri. Sehingga kerap diimplementasikan ke dalam berbagai desain berbeda.

Warna-warna gradasi kerap digunakan di dalam desain. Sebut saja untuk desain undangan, cover majalah maupun buku, kalender, dan sebagainya. Bahkan juga untuk desain casing ponsel, konten di media sosial dan header website, sampai pada logo.

Selain itu, teknik gradasi juga bisa digunakan untuk warna background maupun pada huruf. Keren sekali bukan bila penggunaan huruf di dalam desain memiliki gradasi warna?

Menggunakan Corel Draw, teknik gradasi warna bisa dibuat dengan cukup mudah. Bahkan para pengguna pemula software editor ini pun rasanya tidak akan terlalu kesulitan untuk membuat gradasi warna dalam desain.

Ulasan berikut ini merupakan bagaimana cara membuat gradasi warna di Corel Draw.

2 Cara Membuat Gradasi Warna di Corel Draw

Tutorial cara membuat gradasi warna di Corel Draw cukup sederhana. Pasalnya sebenarnya tidak membutuhkan teknik maupun trik khusus dalam membuat gradasi warna di Corel Draw. Software editor ternama ini memiliki tool tersendiri dalam membuat warna gradasi.

Tool dari Corel Draw tidak saja bisa membuat gradasi warna dengan mudah. Baik itu untuk background maupun warna pada huruf. Corel Draw juga memiliki tool untuk membuat desain gradasi warna berbeda-beda. Mulai dari pola gradasi sampai kombinasi warna.

Penasaran dengan cara membuat gradasi warna di Corel Draw? Di bawah ini ulasan 2 tutorial membuat gradasi warna untuk desain di Corel Draw.

1. Membuat Gradasi Warna Dengan Transparency Tool

Cara membuat gradasi warna di Corel Draw yang pertama ini merupakan langkah paling mudah. Transparency Tool di Corel Draw tidak saja bisa digunakan agar warna menjadi lebih transparan. Melainkan juga bisa untuk membuat gradasi warna.

Penggunaan Transparency Tool cocok bila gradasi hanya terdiri dari satu warna, dengan tone berbeda. Selain itu cara ini pun tepat bila gradasi warna digunakan pada background.

Berikut langkah-langkah cara membuat gradasi warna di Corel Draw dengan Transparency Tool.

  1. Buat Lembar Kerjanew
    Buat lembar kerja lebih dulu dengan mengklik menu File lalu pilihan New Document. Atur warna dokumen menjadi polos atau transparan. Serta ukuran dokumen yang diinginkan.Dokumen baru ini akan menjadi lembar kerja di workspace Corel Draw.
  2. Buat Bentukfirst step

    Selanjutnya, buat bentuk di lembar kerja dengan Shape Tool. Shape Tool memiliki beberapa pilihan bentuk. Seperti persegi, lingkaran, dan poligon.Untuk membuat bentuk persegi, pilih menu Shape Tool lalu Rectangle. Sedangkan untuk bentuk lingkaran dan poligon pilih option Ellipse dan Poligon.Nantinya ukuran besar atau kecil bentuk tersebut bisa ditentukan dengan menarik garis maupun sudut-sudut. Untuk membuat bentuk persegi empat misalnya, tarik sisi sudut di garis Rectangle hingga berbentuk kotak.
  3. Warnai BentukLangkah berikutnya dengan mewarnai bentuk.Di sisi kanan lembar kerja akan ada palet warna. Klik pada warna yang dipilih maka secara otomatis bentuk tersebut sudah akan diwarnai. Mudah, bukan?
    WarnaNamun bila palet warna tidak muncul, klik menu Windows lalu pilih Color Palettes. Akan terdapat beberapa pilihan palet warna yang bisa digunakan. Mulai dari default palette, CMYK, dan RGB.
  4. Atur Transparansi
    Langkah berikutnya dengan mengatur transparansi. Menggunakan Transparency Tool merupakan cara paling mudah dalam membuat warna gradient. Hanya saja cara ini memang hanya akan menggunakan satu warna gradient saja.
  5. GradasiCaranya, klik pada ikon Shape Tool terlebih dulu di Tool Box. Setelah itu klik ikon Transparency Tool, yang berupa simbol gelas di Tool Bar sisi kiri.Untuk mengatur transparansi warna, hingga menjadi gradien, cukup menarik panah dengan arah yang diinginkan. Gradasi warna di objek pun akan berubah.
  6. Mengganti Pola GradasiPola gradasi warna di objek bisa diubah sesuai keinginan. Misalnya menginginkan gradasi warna dengan pola horizontal atau vertikal.
    Sesuaikan 1Caranya klik pada ikon transparansi di Tool Bar. Akan terdapat beberapa pilihan pola seperti Conical Fountain Transparency dan sebagainya.

2. Membuat Gradasi Warna Dengan Interactive Fill Tool

Langkah kedua untuk cara membuat gradasi warna di Corel Draw ialah dengan Interactive Fill Tool.

Fill Tool memberikan berbagai pilihan berbeda untuk membuat gradasi warna. Tidak saja pola gradasi. Melainkan juga perpaduan dan pencampuran warna berbeda hingga menjadi gradien.

Berikut ini langkah-langkah cara membuat gradasi warna di Corel Draw.

  1. Buat objek terlebih dulu seperti pada cara di atas.
    first step
  2. Setelah itu, pilih Object Properties lalu Fill.
    2Fill
  3. Docker baru akan muncul di sisi kanan layar.
  4. Klik option Interactive Fill Tools.
    interactive fill tool
  5. Atur warna dan jumlah node, arah gradasi, serta transparansi.

Pada docker Fill dari Object Properties, akan terdapat beberapa pilihan berbeda untuk membuat gradasi warna. Berikut ini penjelasan pilihan tools di menu tersebut.

  • Fountain Fill: Menerapkan gradasi warna dan juga nuansa gradient. Gradasi warna dari pilihan ini akan diatur secara otomatis. Berbeda dengan Interactive Fill.
  • Fill Picker: Memilih jenis maupun gaya gradasi serta fill yang diinginkan. Pengguna bisa memilih gaya dari daftar perpustakaan yang ada. Maupun membuat dan menyimpan gaya Fill Picker sendiri.
  • Node: Mengatur jumlah titik warna di gradasi. Pada pilihan Fountain Fill, secara otomatis akan ada 2 titik Node. Dimana berarti akan ada 2 warna gradasi.
  • Node Color: Menentukan warna di masing-masing titik Node. Cara menentukan Node Color dengan mengklik titik Node, kemudian memilih warna di docker palette yang muncul.
  • Node Transparency: Mengatur transparansi Node.
  • Node Position: Mengatur posisi Node dengan akurat. Pengaturan posisi Node hanya bisa dari titik 3, 4, dan seterusnya.
  • Blend Direction: Mengatur arah gradasi dan perpaduan warna. Ada beberapa pilihan untuk Blend Direction seperti:
    • Linier
    • Clockwise
    • Counterclockwise Color Bland
  • Acceleration: Mengatur tingkatan atau panjang pendeknya warna. Semakin tinggi angka di Acceleration maka pencampuran warna pun akan memiliki tingkatan lebih panjang.
  • Interactive Tool: Mengaktifkan mode Interactive Tool untuk pengaturan gradasi warna secara manual. Mulai dari Node, Node Color, hingga Acceleration akan langsung bisa diatur di Drawing Page pada gambar.
  • Default, Repeat, dan Repeat and Mirror Fountain Fill: Arah perpaduan warna gradasi.
  • Linier, Elliptical, Conical, dan Rectangular Fountain Fill: Perpaduan dan pilihan gaya gradasi.
  • Smooth: Mengatur kelembutan transisi antara pencampuran warna di gradasi.
  • Reverse Fill: Membalikan perpaduan gradasi warna.

Tool di atas bisa digunakan saat membuat gradasi warna dengan Interactive Fill Tool. Pilihan tool ini memang terbaik untuk membuat gradien warna unik dan sesuai kebutuhan desain.

2 cara membuat gradasi warna di Corel Draw tentu saja tidak terlalu sulit. Bila membutuhkan gradasi sederhana dan cepat, bisa menggunakan pengaturan transparansi. Sedangkan Interactive Fill Tool sebagai cara membuat gradasi yang lebih kompleks.