TPB Atau SDGs Adalah.. | Pengertian dan Tujuan

SDGs Adalah – Halo sobat humorbendol, apakah kalian sudah pernah mendengar istilah TPB? TPB sendiri memiliki kepanjangan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Sedangkan dalam Bahasa Inggris TPB ini Sering disebut SDGs atau Sustainable Development Goals.

Nah, sebenarnya apa sih TPB ini? Seperti apa tujuan yang dimaksud dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan ini? Mari simak ulasannya di bawah ini.

Sustainable Development Goals (SDGs) yang memiliki arti Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) merupakan pembangunan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat secara berkelanjutan, pembangunan yang menjaga kualitas lingkungan hidup, menjaminkeadilan masyarakat, memastikan tata kelola yang sifatnya menjaga dan meningkatkan kualitas dari generasi ke generasi dan menjaga keberlanjutan kehidupan sosial masyarakat. SDGs/TPB ini adalah komitmen nasional dan global yang memiliki 17 tujuan dalam upaya mensejahterakan masyarakat.

Hal yang menjadi prioritas guna mencapai target dari SDGs/TPB ini adalah pembangunan nasional yang membutuhkan sinergi kebijakan perencanaan pada tingkat kabupaten/kota, provinsi dan nasional. Dalam bentuk indicator, kegiatan dan program yang terukur dan juga indikasi dukungan pembiayaan sehingga bisa dikatakan jika semua target TPB/SDGs di tingkat nasional sudah sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2015-2019. SDGs ini adalah bentuk penyempurnaan dari MGDs. Apa itu MGDs? Yaitu Tujuan Pembangunan Milenium (Millenium Development Goals) yang lebih mampu menerima dengan baik yang mana dalam hal ini  mengikutsertakan lebih banyak negara mulai dari negara berkembang hingga negara maju. Tujuannya menekankan HAM, memperluas sumber pendanaan, filantropi, akademisi dan pakar, serta inklusif dengan pelibatan Organisasi Kemasyarakatan.

Apa Itu SDGs?

sdgs adalah
Source : sdgsindonesia.or.id

The 2030 Agenda for Sustainable Development atau Agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan merupakan sebuah kesepakatan pembangunan yang baru. Apa fungsinya? Yaitu membantu mendorong perubahan yang bergeser ke arah PB yang berdasarkan HAM dan kesetaraan. Hal tersebut dilakukan guna memajukan ekonomi, mendorong pembangunan sosial, serta mendorong lingkungan hidup agar semakin lebih baik lagi. SDGs adalah tujuan pembangunan berkelanjutan yang dibuat atas prinsip yang bersifat menyeluruh, inklusif dan integrasi. Terdapat semacam slogan yaitu “No-one Left Behind” berguna meyakinkan jika tidak akan ada satu orang saja yang terlewatkan.

SDGs Adalah Tujuan Pembangunan Dengan 17 Tujuan Tersepakati

SDGs memiliki 17 Tujuan dan 169 target dalam rangka meneruskan upaya dan pencapaian Millennium Development Goals (MDGs) yang berakhir akhir pada tahun 2015. 17 tujuan tersebut seperti yang tertera pada kolom di bawah ini:

Also Read :
10 Alasan Kenapa Anda Jangan Bekerja di Perusahaan Startup (Rintisan)

 

 

Tujuan 1 – Tanpa kemiskinan (No poverty)

Pengentasan segala bentuk kemiskinan di semua tempat

Tujuan 2 – Tanpa kelaparan (Zero hunger)

Mengakhiri kelaparan, mencapai ketahanan pangan dan perbaikan nutrisi, serta menggalakkan pertanian yang berkelanjutan

Tujuan 3 – Kehidupan sehat dan sejahtera (Good health and well-being)

Menggalakkan hidup sehat dan mendukung kesejahteraan untuk semua usia

Tujuan 4 – Pendidikan berkualitas (Quality education)

Memastikan pendidikan berkualitas yang layak dan inklusif serta mendorong kesempatan belajar seumur hidup bagi semua orang

Tujuan 5 – Kesetaraan gender (Gender equality)

Mencapai kesetaraan gender dan memberdayakan semua perempuan

Tujuan 6 – Air bersih dan sanitasi layak (Clean water and sanitation)

Menjamin akses atas air dan sanitasi untuk semua

Tujuan 7 – Energi bersih dan terjangkau (Affordable and clean energy)

Memastikan akses pada energi yang terjangkau, bisa diandalkan, berkelanjutan dan modern untuk semua

Tujuan 8 – Pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi (Decent work and economic growth)

Mempromosikan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan inklusif, lapangan pekerjaan dan pekerjaan yang layak untuk semua

Tujuan 9 – Industri, inovasi dan infrastruktur (Industry, innovation, and infrastructure)

Membangun infrastruktur kuat, mempromosikan industrialisasi berkelanjutan dan mendorong inovasi

Tujuan 10 – Berkurangnya kesenjangan (Reduced inequalities)

Mengurangi kesenjangan di dalam dan di antara negara-negara

Tujuan 11 – Kota dan komunitas berkelanjutan (Sustainable cities and communities)

Membuat perkotaan menjadi inklusif, aman, kuat, dan berkelanjutan.

Tujuan 12 – Konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab (Responsible consumption and production)

Memastikan pola konsumsi dan produksi yang berkelanjutan

Tujuan 13 – Penanganan perubahan iklim (Climate action)

Mengambil langkah penting untuk melawan perubahan iklim dan dampaknya

Tujuan 14 – Ekosistem laut (Life below water)

Pelindungan dan penggunaan samudera, laut dan sumber daya kelautan secara berkelanjutan

Tujuan 15 – Ekosistem daratan (Life on land)

Mengelola hutan secara berkelanjutan, melawan perubahan lahan menjadi gurun, menghentikan dan merehabilitasi kerusakan lahan, menghentikan kepunahan keanekaragaman hayati

Tujuan 16 – Perdamaian, keadilan dan kelembagaan yang tangguh (Peace, justice, and strong institutions)

Mendorong masyarakat adil, damai, dan inklusif

Tujuan 17 – Kemitraan untuk mencapai tujuan (Partnerships for the goals)

Menghidupkan kembali kemitraan global demi pembangunan berkelanjutan

4 Pilar SDGs

sdgs adalah

 

Pilar Pembangunan Sosial

Pembangunan Sosial SDGs adalah tercapainya pemenuhan hak dasar manusia yang berkualitas secara adil dan setara untuk meningkatkan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat

Pilar Pembangunan Lingkungan

Pembangunan Pembangunan Lingkungan SDGs adalah tercapainya pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan yang berkelanjutan sebagai penyangga seluruh kehidupan

Pilar Pembangunan Ekonomi

Pembangunan Ekonomi SDGs adalah tercapainya pertumbuhan ekonomi berkualitas melalui keberlanjutan peluang kerja dan usaha, inovasi, industri inklusif, infrastruktur memadai, energi bersih yang terjangkau dan didukung kemitraan

Pilar Pembangunan Hukum dan Tata kelola

Pembangunan Hukum dan Tata Kelola SDGs adalah terwujudnya kepastian hukum dan tata kelola yang efektif, transparan, akuntabel dan partisipatif untuk menciptakan stabilitas keamanan dan mencapai negara berdasarkan hukum.

Kondisi Indonesia Saat Ini

  1. Pertumbuhan ekonomi yang relative tinggi
  2. Inflasi yang rendah dan nilai tukar yang stabil
  3. Berkurangnya tingkat pengangguran dan koefisien gini
  4. Peningkatan indeks pembangunan manusia

Sumber : http://sdgsindonesia.or.id/

Kesimpulan

Sustainable Development Goals (SDGs) yang memiliki arti Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) merupakan pembangunan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat secara berkelanjutan, pembangunan yang menjaga kualitas lingkungan hidup, menjaminkeadilan masyarakat, memastikan tata kelola yang sifatnya menjaga dan meningkatkan kualitas dari generasi ke generasi dan menjaga keberlanjutan kehidupan sosial masyarakat. SDGs/TPB ini adalah komitmen nasional dan global yang memiliki 17 tujuan dalam upaya mensejahterakan masyarakat.

Ada 17 tujuan SDGs yaitu No poverty, Zero hunger, Good health and well-being, Quality education, Gender equality, Clean water and sanitation, Affordable and clean energy, Decent work and economic growth, Industry, innovation, and infrastructure, Reduced inequalities, Sustainable cities and communities, Responsible consumption and production, Climate action, below water, Life on land, Peace, justice, and strong institutions dan yang terakhir adalah Partnerships for the goals.

Nah, itulah tadi artikel mengenai SDGs adalah tujuan pembangunan berkelanjutan yang memiliki 17 tujuan. Sobat sekalian bisa membagikan artikel ini kepada teman-teman yang lain agar bisa membantu sobat yang sedang mencari informasi mengenai SDGs ini. Kritik dan saran sangat diperlukan demi kesempurnaan artikel kami.