8 Tokoh Wirausahawan di Bidang Kerajinan yang Sukses

8 Tokoh Wirausahawan di Bidang Kerajinan yang Sukses

Menjadi wirausahawan yang sukses merupakan impian sebagian besar orang. Banyak yang ingin menjadi wirausahawan namun jarang yang mau bersusah payah membangunnya dari nol. Anda bisa belajar dari cerita beberapa tokoh wirausahawan di bidang kerajinan yang sukses.

Tidak ada cara instan untuk menjadi pengusaha yang sukses karena semua membutuhkan proses dan jalan yang berliku untuk sampai pada kesuksesan. Wirausahawan merupakan salah satu jenis profesi yang cukup menggiurkan namun juga memiliki resiko yang tinggi.

Bagi Anda yang ingin memulai wirausaha, bisa memulainya dari berbagai jenis bidang yang diminati. Apakah kuliner, fashion, perabotan, properti, atau kerajinan. Cukup menarik memang karena kerajinan ternyata bisa menjadi bisnis yang cukup menjanjikan karena memiliki nilai jual tersendiri.

DAFTAR Tokoh Wirausahawan di Bidang Kerajinan

Melihat kesuksesan para wirausahawan di berbagai bidang tentu bakal membuat siapa saja termotivasi dan terinspirasi agar bisa menjadi seperti mereka. Tahukah Anda, bahwa untuk menjadi wirausaha dibutuhkan kerja keras, ketekunan, dan semangat yang tinggi.

Berikut ini sosok para wirausahawan di bidang kerajinan yang telah sukses bahkan berhasil menembus pasar hingga luar negeri. Ini dia profilnya.

  1. Eni Aryani, Pengusaha Kaleng Bekas Omzet Ratusan Juta (Menembus Pasar Australia)

eni

Sosok Eni Aryani memang sangat inspiratif apalagi awal ia memulai usaha hanya bermodalkan kaleng dan kayu bekas. Siapa sangka usahanya maju dengan sangat pesat dan berhasil meraup omzet hingga ratusan juta per bulan. Eni sendiri memang sangat terampil dalam menyulap sampah.

Sampah-sampah yang dianggap tidak berguna tersebut bisa diolah menjadi kerajinan tangan yang bernilai jual tinggi. Beberapa varian produk yang dijual oleh pengusaha asal Yogyakarta ini seperti kaleng kerupuk, guci stempel, vas bunga, ceret angkringan, tenong, ember, tempat kue, dan lainnya.

  1. Diah Rahmalita, Pengusaha Piring dan Gelas Bekas yang Bernilai Jual Tinggi

Diah Rahmalita

Diah Rahmalita menjadi salah satu Tokoh wirausahawan di bidang kerajinan yang sukses  ,sosok inspiratif yang sangat gigih dalam mencapai impiannya. Dengan kerja keras dan ketekunan yang tinggi mereka sukses meraup omzet ratusan juta rupiah dan bahkan berhasil menembus pasar internasional. lainnya di bidang kerajinan yang telah sukses meraup banyak untung dari bisnis piring dan gelas bekas yang dijalaninya. Piring, botol, dan gelas beling bekas bisa disulap menjadi barang dagangan yang bernilai jual tinggi.

Bisnis yang dijalaninya disebut decoupage yang merupakan seni menempelkan kertas tisu lalu melukisnya menggunakan cat. Berawal dari hobinya yang senang melukis, barang-barang bekas yang dianggap tidak berharga lagi bisa disulap menjadi kerajinan cantik bernilai jutaan rupiah.

  1. Made Sutamaya, Pengepul Sampah Kayu yang Raup Omzet Jutaan Per Bulan

Made Sutamaya

Sampah yang tadinya dianggap tidak berguna oleh orang lain ternyata bisa menjadi barang yang memiliki nilai jual tinggi asal bisa melihat peluang di paar. Dengan kreativitas tinggi, Made Sutamaya mampu mengkreasikan sampah kayu menjadi kerajinan bernilai seni dan jual yang tinggi.

Usaha yang dirintis oleh Made Sutamaya ini dinamakan Kioski Gellery di mana ia memanfaatkan tumpukan sampah kayu bekas yang berserakan untuk diolah menjadi perabotan. Karyanya sangat unik dan menarik hingga pasar luar negeri pun melirik karya pria asal Bali ini.

  1. Nur Handiyah, Pengusaha Sampah Kulit Kerang Bernilai Jutaan Rupiah

Nur Handiyah

Suatu benda yang bahkan dianggap tidak berguna bisa menjadi bernilai jual tinggi jika mampu mengkreasikannya menjadi produk yang menari. Hal ini yang dilakukan oleh Nur Handiyah yang berhasil mengolah tumpukan sampah kulit kerang menjadi produk kerajinan tangan.

Nur Handiyah bersama suami mencoba memanfaatkan sampah kulit kerang yang banyak berceceran di pinggir pantai menjadi sebuah kerajinan. Sampah kulit kerang yang dibuatnya bisa menjadi barang-barang pajangan antik bernilai jual jutaan rupiah seperti lampu, piring, vas bungi, kursi, dan lainnya.

  1. Naomi Susilowati Setiono, Pengusaha Batik Sukses

Naomi Susilowati Setiono

Batik merupakan warisan budaya bangsa Indonesia yang patut dibanggakan. Pasar batik pun tidak hanya di tingkat nasional, namun juga di tingkat internasional sudah banyak yang melirik produk ini. Jenis batik yang diangkat untuk dimajukan oleh Naomi adalah batik lasem atau laseman.

Naomi adalah sosok tangguh karena meskipun dari keluarga berada, ia tak mau memanfaatkannya begitu saja dan memilih menjadi keluarga mandiri. Usaha batik yang saat ini ia tekuni merupakan salah satu peninggalan orang tuanya. Berkat tangan dinginnya, usahanya makin sukses.

  1. Komang Adi, dari Hobi Menjadi Pengusaha Sukses Berpenghasilan Ratusan Juta

Komang Adi

Komang Adi merupakan sosok pelukis asal Gianyar, Bali yang telah sukses dan berhasil mendapatkan penghasilan hingga ratusan juta per bulan. Berawal dari hobi melukisnya, Komang Adi berhasil menjual hasil lukisannya dengan nilai jual yang sangat tinggi.

Awal usahanya ia mulai dengan menjual aneka pigura lukisan dan foto. Sambil berjualan pigura, Komang Adi terus mengembangkan kemampuan melukisnya. Kejeliannya dalam mengamati lukisan apa yang laris di pasaran membuatnya sukses hingga seperti sekarang ini.

  1. Dewi Tanjung Sari, Pengrajin Daun Kering yang Sukses Tembus Pasar Luar Negeri

Dewi Tanjung Sari

Gadis asal Malang ini menjalani hidup yang serba kekurangan pada awalnya, namun tekad Dewi begitu besar untuk mengejar cita-citanya menjadi orang yang sukses. Dewi merupakan pengrajin daun-daun kering yang sukses menyulapnya menjadi kerajinan tangan bernilai jual tinggi.

Pada awalnya, ia menjual karyanya di kampus tempat kuliah dan mengikuti pameran di kampusnya. Ketekunannya pun berbuah manis hingga ada seseorang yang mau bermitra dengannya. Kini karyanya mampu menembus pasar luar negeri hingga Australia, Hongkong, dan lainnya.

  1. Titik Winarti, Pengusaha yang Sukses Memberdayakan Difabel

Titik Winarti

Terakhir, Tokoh wirausahawan di bidang kerajinan yang sukses adalah Titik Winarti merupakan sosok pengusaha yang sukses dan mampu memberdayakan para difabel tuna daksa untuk menjadi pengrajin. Titik kecil sudah mulai mencintai dunia seni dan jiwa bisnisnya pun sudah mulai muncul. Ia bahkan sudah menjual kartu hias pada teman-temannya di SMA.

Berkat ketekunannya, Tiara Handycraft yang ia bangun bisa berhasil sukses seperti saat ini. Beragam produk dijualnya, mulai dari aksesoris rumah, souvenir pernikahan, hingga souvenir bayi. Pasarnya telah menembus hingga internasional dan ia juga pernah didaulat pada forum Internasional PBB.

Tokoh wirausahawan di bidang kerajinan yang sukses di atas adalah sosok inspiratif yang sangat gigih dalam mencapai impiannya. Dengan kerja keras dan ketekunan yang tinggi mereka sukses meraup omzet ratusan juta rupiah dan bahkan berhasil menembus pasar internasional.