Tips Mengatur Cicilan Mobil dengan Gaji UMK/UMR

By | June 16, 2020
Tips Mengatur Cicilan Mobil dengan Gaji UMK/UMR

Siapa yang tidak mendambakan memiliki mobil baru yang mewah ? Jika kebetulan anda memiliki impian untuk mempunyai sebuah mobil baru, maka bersiaplah juga untuk mengeluarkan uang tunai yang cukup besar untuk membelinya. Namun, bagaimana jika anda masih belum memiliki uang tunai dalam jumlah yang besar tersebut ? Apakah masih bisa memiliki mobil baru tersebut ? Tentu saja.

            Mobil, merupakan sarana transportasi yang tingkat kebutuhannya tidak bisa diabaikan lagi. Dan memiliki mobil baru adalah impian banyak orang, namun tidak semunya bisa memoboyongnya dengan cara tunai, sebab uang yang yang dikeluarkan cukup besar. Oleh karena itu, pembelian mobil secara kredit seringkali dijadikan solusi dalam permasalahan ini. Dengan kredit, masyarakat dapat menyesuaikan kemampuan untuk membayar angsuran tiap bulannya.

            Harga mobil yang tidak murah membuat tidak semua orang mampu memilikinya, terlebih bagi seorang karyawan dengan gaji UMK. Lalu, apakah impian membeli mobil dengan gaji UMK per bulan adalah sebuah hal yang mustahil ? Tentu saja tidak! Selagi ada niat dan usaha, pasti ada jalan. Untuk itu, anda perlu mengelola keuangan dengan baik dan tepat agar bisa membayar cicilan mobil dengan gaji UMK yang didapat per bulannya. Berikut ini beberapa tips mengatur cicilan mobil dengan gaji UMK. Yuk langsung saja simak ulasannya di bawah ini!

Kebutuhan Per Bulan Cukup Setengah dari Gaji UMk

Apabila gaji UMK anda bernilai 4 juta, maka sisihkan separuhnya untuk kebutuhan per bulan, dan lainnya untuk mencicil mobil. Alokasikan dana tersebut sebaik mungkin untuk memenuhi kebutuhan hidup harian anda, seperti untuk kebutuhan makan sederhana, transportasi kerja, kebutuhan hiburan, dan sisanya sebagai uang tabungan darurat. Jika anda berhasil mengelola keuangan dengan baik, maka anda bisa mencukupi kebutuhan per bulan dari setengah gaji yang didapat. Sebab, separuh gaji UMK anda akan dialokasikan untuk membayar kredit mobil.

Menentukan Jenis Mobil

Menentukan jenis mobil yang sesuai dengan kemampuan finansial sangat perlu diperhatikan. Usahakan untuk membua target serealistis mungkin, agar nantinya tidak memberatkan anda. Jika pendapatan per bulan anda pas-pasan, tentu sangat tidak realistis jika anda mencicil mobil mahal seperti Mercedes atau BMW bukan ? Oleh karena itu, demi kelancaran mencicil mobil dengan gaji UMK, maka turunkan standar anda menjadi serealistis mungkin. Mungkin anda bisa memilih jenis mobil segmen Low Cost Green Car (LCGG) yang dibanderol rata-rata senilai Rp 80 juta hingga Rp 130 juta. Atau pilihan merk lainnya seperti Daihatsu Ayla, Totota Agya, Suzuki Karimun Wagon R, dan masih banyak lagi jenis mobil lainnya yang bisa menyesuaikan dengan gaji UMK.

Menggunakan Fasilitas Kredit Jangka Panjang

Di era modern, kini segala sesuatu bisa dengan mudah dibeli tanpa perlu uang tunai untuk membayarnya. Sebab, keberadaan bank atau lembaga pembiayaan yang menyediakan fasilitas kredit kini dapat dimanfaatkan untuk membeli barang mewah dengan cara kredit. Untuk itu jika gaji anda UMK, carilah fasilitas kredit dengan jangka waktu cicilan yang panjang, misalnya seperti 8 tahun. Pada umumnya, kredit jangka panjang tersebut banyak ditawarkan ketika pameran mobil. Karena tenor panjang tersebut, akan sangat membantu anda dalam mencicil mobil dengan gaji UMK.

Memanfaatkan Rumah Orang Tua

Jika anda bersama keluarga sedang membutuhkan uang untuk membayar sewa tempat tinggal, maka tidak ada salahnya jika anda memilih tinggal di rumah orang tua untuk sementara waktu. Sebab, jika anda mengeluarkan uang untuk membayar sewa tempat tinggal maka membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Sehingga dikhawatirkan nantinya anda tidak bisa mencicil mobil dengan lancar jika gaji UMK sebagian dialokasikan untuk membayar biaya kontrak rumah atau sewa kos. Oleh sebab itu, dengan memanfaatkan rumah orang tua sementara waktu anda bisa segera melunasi kreditan mobil.

Mencari Pekerjaan Sampingan

Jika dirasa dengan gaji Umk yang didapat tiap bulannya belum bisa mencukup kebutuhan harian, maka solusi terbaik agar keuangan anda lebih stabil ialah dengan mencari pekerjaan sampingan. Ya, supaya pemasukan anda lebih stabil, maka carilah pemasukan tambahan, misalnya dengan berjualan online, menjual produk makanan ringan, menjadi driver ojek oniine dan lain sebagainya. Dengan pekerjaan sampingan anda, bisa memperoleh pemasukan setidaknya Rp 500 per bulan. Bukankah hal ini akan sangat membantu anda untuk memenuhi kebutuhan hidup ?

Mensimulasikan Rencana Anda

Mengatur cicilan mobil dengan gaji UMK akan sangat mudah dilakukan jika anda melakukan simulasi rencana. Ya, salah satu alternatif yang dapat dilakukan ialah dengan menabung sampai menapat uang muka Rp 15 juta atau Rp 20 juta. Nah, jika anda sudah berhasil menabung dengan dana besar tersebut, maka tentu cicilan akan terasa lebih ringan. Saat ini sudah banyak lembaga pembiayaan yang menawarkan sejumlah uang muka sangat terjangkau dan dengan cicilan maksimal sampai 8 hingga 10 tahun.

Menyesuaikan Harga Mobil dengan Budget

Jika mobil menjadi kebutuhan mendesak anda namun budget yang dimiliki hanya pas-pasan, maka membeli mobil bekas adalah pilihan terbaik. Daripada membeli mobil baru yang mewah dengan kreditan yang mahal pula, anda bisa mencoba memilih mobil bekas saja. Saat ini sudah banyak pada dealer online atau offline yang menawarkan mobil bekas yang masih bagus dan layak dipakai. Tak harus selalu baru, yang terpenting adalah mobil tersebut memiliki kualitas yang tidak terlalu buruk.

Anda juga bisa membeli mobil bekas ini dengan mencarinya melalui saudara, teman dekat atau kerabat, yang mana tentu saja harganya akan jauh lebih bersahabat. Bukankah demikian ? Namun, jika anda terpaksa membeli mobil baru, usahakan sebelum memulai lakukan riset terlebih dahulu dealer mobil mana yang sesuai dengan kemampuan finansial anda. Sebaiknya pilih dealer yang menawarkan harga terbaik dengan cicilan dan uang muka yang sesuai dengan dana atau budget anda. Bahkan tak jarang ada dealer yang memberikan promo seperti cashback. Nah, jika anda memilih dealer yang tepat, tentu saja hal ini dapat memberikan keuntungan bagi anda!

Mulai Investasi dengan Menabung secara Konsisten

Tips terakhir dalam mengatur cicilan mobil dengan gaji UMK ialah mulai berinvestasi. Jika saat ini anda sudah menabung, maka konsistenlah dengan hal tersebut. Dengan menjalankan kebiasaan baik tentu saja akan mendatangkan hal baik pula. Nah, jika anda sudah berhasl konsisten dengan menabung, maka mulailah untuk mendanai atau investasi. Ya, sekilas memang terlihat serupa, namun kedua hal ini sangat berbeda. Kegiatan menabung dilakukan untuk mengamankan uang anda supaya nilainya tetap terjaga. Sedangkan berinvestasi dilakukan agar menambah nilai uang mata anda dengan keuntungannya. Nah, bagi anda yang ingin memiliki mobil denga gaji UMK maka cobalah untuk berinvestasi.

            Demikianlah beberapa tips dan informasi yang mungkin bisa dijadikan referensi untuk mengatur cicilan mobil dengan gaji UMK. Teruslah semangat bekerja diserta usaha lebih dan berdoa ya!