Tidak Sulit! Ini 4 Tips Cara Beli Motor Hanya dengan Gaji 2 Juta

By | June 19, 2020
3968769613

Cara Beli Motor dengan Gaji 2 Juta-Di era modern saat ini, motor telah menjadi sebuah kebutuhan pokok bagi banyak orang demi terpenuhinya keberlangsungan hidup. Motor menjadi transportasi penting karena membuat penggunanya bisa melakukan perjalanan dengan mudah. Akan tetapi, tidak semua orang mampu membeli transportasi roda dua satu ini. Sebab, bagi sebagian orang yang baru bekerja dan memiliki gaji hanya 2 juta masih merasa kesulitan dalam membeli motor.

            Membeli motor dengan gaji 2 juta rupanya bukanlah hal yang mustahil. Sebab, ada banyak cara yang bisa diusahakan demi memiliki sebuah motor impian anda. Memiliki gaji 2 juta dan hidup di Ibukota memang cukup sulit jika dibayangkan. Ya, ruang budget yang anda miliki menjadi lebih terbatas jika anda hendak menyisihkan sebagian uang demi membeli sebuah motor. Oleh sebab itu, diperlukan keahlian dalam mengatur keuangan agar anda bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari sekaligus bisa membeli motor.

            Apabila pilihan anda adalah membeli motor dengan cara kredit atau mencicil, maka bersiaplah untuk tagihan cicilan yang ditambah bungan cicilan setiap bulannya. Hal ini tentu saja tidak baik bagi kondisi finansial anda, karena secara tidak langsung akan menambah beban biaya yang harus anda penuhi setiap bulannya. Dan jika anda tidak mampu memenuhinya, maka berhutang adalah solusinya. Hal ini tentu saja tidak diinginkan bukan ?

           Lantas, bagaimana jika anda ingin membeli motor tanpa kredit dengan modal gaji 2 juta tiap bulannya ? Apakah memungkinkan mendapatkan motor impian dengan gaji 2 juta tersebut ? Ya, pertanyaan semacam ini tentu saja paling sering muncul ketika seseorang ingin membeli kendaraan bermotor roda dua dengan gaji UMR 2 juta.

            Keberadaan motor dapat membantu mobilitas dan aktivitas sehari-hari, sehingga kebutuhan akan adanya mitor menjadi semakin meningkat setiap tahunnya. Inilah alasan mengapa banyak orang yang berusaha membeli motor walaupun memiliki gaji yang pas-pasan. Nah, jika anda memiliki gaji 2 juta dan ingin membeli motor yang notabene terbilang cukup mahal harganya, anda bisa membelinya tanpa kredit dengan mengikuti beberapa trik jitu yang telah kami rangkum pada artikel kali ini.

1.Mencari Informasi Jenis Motor yang Ingin Dibeli

Langkah pertama sebelum anda membeli motor yaitu merencanakan jenis motor apa yang hendak anda beli. Anda wajib mencari informasi dan melakukan riset jenis motor yang ingin anda beli sebelum mendatangi dealer penjualan sepeda motor. Dan hal penting yang harus anda pertimbangkan sebelum membeli motor ialah harganya.

Membeli motor harus disesuaikan dengan kemampuan finansial anda. Sebab, jangan sampai anda membeli motor yang harganya terlalu mahal hanya untuk bergaya dan tidak melihat kondisi keuangan anda. Disamping jenis motor dan harganya, anda juga perlu memperkirakan biaya bahan bakar, biaya perawatam pengurusan surat dan lain senagainya. Selain itu pastikan pula anda membeli jenis motor yang sesuai dengan kebutuhan anda, baik dari spesifikasi mesin, performa mesin dan lain sebagainya.

2.Menentukan Cara Pembayaran Pembelian Motor

Gaji 2 juta yang anda peroleh setiap bulannya untuk membeli sebuah motor bisa dilakukan dengan pembayaran kredit atau kontan. Untuk membelinya secara kontan, pastikan anda bisa menyisihkan sebagian uang untuk ditabung guna membeli motor. Namun jika anda memilih pembayaran secara kredit, pertimbangkan dahulu banyak hal sebelum melakukannya. Sebab, jika memilih kredit pastikan anda mampu membayar tagihan setiap bulannya hingga selesai.

            Membeli motor dengan cara kredit memang membuat biaya yang dikeluarkan terasa lebih ringan. Namun yang sebenarnya terjadi ialah total biaya yang dikeluarkan untuk membeli motor lebih besar. Oleh sebab itu, membeli motor secara kontan lebih baik daripada kredit karena karena total biaya yang dikeluarkan akan lebih kecil. Jadi, menabung dengan rutin adalah solusi terbaik demi bisa membeli motor idaman.

3.Menabung atau Investasi

Apakah tujuan anda membeli motor ? Jika kebutuhan akan motor dirasa sangat mendesak, maka kredit bisa menjadi pilihan terakhirnya. Namun, jika motor masih belum menjadi kebutuhan yang sangat mendesak, maka sebaiknya anda tunda terlebih dahulu pembelian motor sampai anda memiliki uang dalam jumlah yang cukup. Bagaimana caranya ? Yakni dengan cara menabung atau investasi.

Menabung tidak harus dalam bentuk celengan, justru sebaiknya anda tidak menyimpan uang dalam bentuk tabungan kaleng yang disimpan di rumah. Sebab, menabung dengan cara ini resikonya cukup besar, yaitu anda lebih mudah untuk memakainya jika suatu saat ada kebutuhan mendesak, dan uang tersebut mudah hilang atau dicuri oleh orang. Sangat tidak aman bukan ? Oleh sebab itu, usahakan untuk menabung dalam bentuk rekening di bank.

Disamping menabung di bank, ada pula cara menabung yang dinilai cukup efektif untuk membuat anda bisa memperoleh uang dalam jumlah banyak. Ya, investasi. Mengingat nilai uang yang cenderung menurun juga menjadi risiko dan menyebabkan anda akan sulit mencapai nominal yang dibutuhkan untuk membeli motor. Oleh karena itu, menyimpan uang dalam bentuk investasi rupanya dapat membuat uang anda lebih aman dan terjaga. Selain itu, investasi juga tidak bisa dengan mudah dipergunakan seperti tabungan yang ada di rekening bank. Bahkan bunga investasi pun juga turut membantu anda mengumpulkan dana dengan lebih cepat.

            Nah, apabila anda sudah menetapkan pilihan menjadikan investasi sebagai cara anda mengumpulkan uang agar bisa membeli motor, maka tahap selanjutnya ialah anda harus mempertimbangkan secara matang akan rencana investasi anda. Supaya hasil investasi nantinya dapat berjalan dengan optimal dan hasil yang maksimal, maka anda perlu mengetahui bagaimana produk investasi yang akan dipilih. Disamping itu, anda juga perlu memperhatikan profil risiko anda serta berapa lama jangka waktu investasi yang akan dilakukan hingga anda memiliki cukup dana untuk membeli motor.

4.Mencari Tipe Motor Sesuai Kemampua Finansial

Nah, cara terakhir untuk membeli motor dengan gaji 2 juta anda ialah dengan mencari tipe motor yang sesuai dengan kemampuan anda, terutama dalam hal finansial. Perlu anda ingat, bahwa tujuan anda membeli motor ialah akan dipergunakan untuk menunjang kegiatan atau aktvitas anda sehari-hari. Oleh sebab itu, carilah motor yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anda, jangan sampai membeli motor hanya karena gengsi. Memang, motor yang harganya sangat mahal tentu memiliki spesifikasi yang menggiurkan pula. Namun, ingatlah kembali, apakah anda sangat membutuhkan spesifikasi tersebut ? Nah, mengingat gaji anda 2 juta rupiah setiap bulannya, maka tidak ada salahnya jika membeli motor yang lebih murah, menyesuaikan dengan kondisi finansial anda.

            Itulah dia beberapa cara membeli motor dengan gaji 2 juta. Jika anda bertekad ingin memiliki sebuah motor, maka tidak ada salahnya jika mengikuti cara diatas untuk bisa membelinya. Perlu anda ingat, bahwa jangan memaksakan diri untuk membeli sesuatu yang berada di atas kemampuan anda, baik itu secara kredit ataupun kontan. Langkah terbaiknya ialah anda harus membiasakan diri dalam menabung atau berinvestasi serta sabar untuk membeli motor yang anda inginkan. Prioritaskan untuk menabung atau berinvestasi secara disiplin. Dengan demikian, membeli motor dengan gaji 2 juta bisa anda wujudkan!