Ternyata Begini, 8 Cara Promosi Video Youtube

Cara Promosi Video Youtube – Halo sobat humorbendol, apakah kalian adalah salah satu orang yang memiliki keinginan untuk menjadi youtuber? Content creator biasanya harus memiliki ide yang menarik dan pastinya berbeda dengan konten di channel orang lain. Tidak mudah bagi youtuber pemula yang benar-benar membangun channelnya dari nol untuk bisa mendapatkan banyak viewers.

Lalu, apakah ada cara agar bisa mendatangkan viewers yang lebih banyak? Terlepas dari memberi viewers / likers, ternyata ada cara yang cukup membantu loh sobat untuk bisa menaikkan jumlah subscriber dan viewersnya. Tepat! Dengan mempromosikan video youtube milikmu. Tapi bagaimana sih caranya?

Dalam artikel kali ini, Humorbendol akan mengajak sobat online sekalian untuk mengetahui bagaimana cara promosi video youtube agar bisa mendapat jumlah subscriber, viewers dan like yang banyak. Mari simak ulasannya di bawah ini.

Youtube

cara promosi video youtube

Sekilas mengenai Youtube. Siapa sih yang tidak kenal dengan aplikasi video yang satu ini? Youtube memang sudah sangat populer sejak tahun 2010. Sedikit demi sedikit, semakin banyak content creator Youtube yang sudah memiliki banyak subscriber hingga puluhan juta. Bukan hanya itu saja loh, penyanyi terkenal seperti Justin Bieber sudah memiliki 67Juta subscriber di channel youtubenya.

Di Indonesia sendiri konten krator Youtube No.1 di Indonesia adalah Ria Ricis. Bukan mudah memang untuk bisa mendapatkan itu semua, tentu saja semuanya butuh proses, usaha dan kerja keras.

8 Cara Promosi Video Youtube

cara promosi video youtube

Ada banyak cara untuk bisa mempromosikan video youtube di channel kamu loh sobat. Ada beberapa cara yang bisa kamu ikuti agar subscriber, viewers dan likersnya menjadi lebih banyak atau malah semakin terus bertambah. Apa saja caranya? Mari simak penjelasannya di bawah ini.

  1. Memasukkan Kata Kunci Populer

Jika kamu adalah konten kreator yang memiliki jenis konten yang hampir sama dengan kreator lain, kamu bisa mencoba melihat dimana kata kunci yang bisa mendatangkan banyak pelanggan.

Nah, hal ini cocok untuk kamu yang mungkin memiliki jenis konten seperti 5 minute craft, cooking atau sebagainya. Kamu bisa mencari kata kunci yang digunakan dalam video tersebut.

Also Read :
Cara Membuat Feed Instagram Nyambung dengan Canva

Konten kreator yang sudah cukup paham dengan dunia edsense biasanya akan membeli semacam tools untuk melihat kata kunci. Tools ini berbayar dan bayarannya tergantung dengan jenis paket apa yang diambil.

Dalam tools tersebut, kamu bisa mencari kata kunci di Youtube sesuai dengan negara asal kamu dan juga kamu bisa melihat berapa uang yang bisa dihasilkan dari kata kunci tersebut. Namun hal seperti ini jarang dilakukan untuk konten kreator vlog. Kamu bisa membaca-baca terlebih dahulu mengenai tools apa yang akan digunakan jika kamu memang berniat untuk melakukan cara yang satu ini.

  1. Mempromosikan di Sosial Media

cara promosi video youtube berikutnya adalah kamu bisa mempromosikan video kamu di media sosial kamu loh. Hal ini juga sangat membantu untuk bisa mendatangkan pelanggan lebih banyak.

Misalnya kamu memasukkan trailer dari salah satu video di youtubemu ke instagram, membuat kompilasi video dari konten yang memiliki jumlah viewers terbanyak dan sebagainya. Atau kamu juga bisa memasukkan penggalan video yang cukup menarik dan membuat orang lain penasaran di akun Tiktok pribadimu. Jika berhasil masuk fyp dan dilihat banyak orang maka cara ini termasuk membantu bukan?

  1. Memanfaatkan Alat Promosi Gratis dari Youtube

Cara yang berikutnya yaitu adacara gratis yang bisa kamu menfaatkan langsug dari youtube itu sendiri. Mari simak 3 caranya berikut:

Watermark > nah, kamu bisa menggunakan watermark dari logo channe kamu loh. Nantinya watermark ini aka nada di sudut bawah video dan jika dipencet maka otomatis mensubscribe channelmu.

Cards > berikutnya kamu bisa mengaktifkan fitur yang satu ini. fitur ini berbentuk tanda seru di sudut kanan atas video kamu loh. Apabila penonton mengkliknya maka akan muncul video rekomendasi dari channel kamu.

End screens > yang terakhir yaitu ada fitur yang bisa menampilkan video dari channel kamu dsertai dengan tombol subscribe. Biasanya akan muncul diakhir video dengan durasi 5 hingga 20 detik saja.

Catatan : kamu harus menempatkan diri kamu sebagai penonton sehingga kamu bisa memperhatikan kenyamanan saat menonton video kamu.

  1. Mengisi Profil Channel

Cara keempat yaitu kamu bisa mengisi profil channel kamu loh. Kamu bisa membuatnya semenarik mungkin sehingga dengan begitu penonton akan lebih tertarik.

  1. Buat Intro dan Outro

Jika kalian sering menonton channel milik orang yang terkenal biasanya mereka akan menampilkan intro diawal dan outro diakhir video. Kamu bisa mengkreasikan sesuai dengan versimu sendiri. Buat seunik mungkin sehingga bisa menjadi ciri khas tersendiri untuk channelmu. Mereka yang menonton videomu nantinya akan mengingat intro dan outro tersebut sebagai ciri dari channelmu. Menarik bukan!

  1. Collab dengan Youtuber Lain

Collab youtube ini sudah banyak loh sobat dilakukan oleh konten kreator apalagi di Indonesia. Biasanya masing-masing krator akan membuat video mereka lalu akan diupload ke channel yang berbeda. Hal ini bisa mendatangkan rasa penasaran dan akan membuat orang lain tertarik bukan?

Also Read :
5 Cara Tag Youtube Agar Banyak Viewers

Seperti Jerome polin dengan nama channel Nihongo Mantappu, saat pulang ke Indonesia beliau sudah collab dengan para influencer terenal loh seperti Tanboy Kun, Jessica Jane, Maudy Ayunda hingga Chef Arnold.

Konten Collab ini biasanya akan mendatangkan lebih banyak viewers karena penonto dari channel sebelah juga akan menonton di channelmu.

  1. Membuat Trailer Penayangan

Trailer penayangan ini biasanya akan dibuat sebelum video di upload ke channel kamu. Trailernya akan dipromosikan terlebih dahulu di IG Story. Sehingga akan memunculkan rasa penasaran dan mereka akan menonton videomu.

  1. Tambahkan Playlist Untuk Setiap Video

Cara promosi video youtube yang terakhir yaitu kamu bisa membuat playlist untuk setiap video yang kamu upload ke channel kamu. Misalnya Playlist Daily Vlog, Cooking bersama, Traveling dan masih banyak lagi. Nah, dengan begitu saat penonton menonton salah satu video yang ada dalam playlist tersebut akan melihat rekomendasi video lainnya dari playlist yang sama.

Selain itu juga, saat menambahkniagahoster.co.idan video ke dalam playlist maka akan mempermudah penonton mencari video yang akan mereka tonton. Jika kamu belum memiliki playlist, segera buat ya!

Kesimpulan

Jika ingin mempromosikan video ke youtube kamu bisa melakukan 8 cara di atas mulai dari menggunakan kata kunci populer hingga membuat playlist agar penonton lebih mudah menemukan video kamu yang mereka cari.

Jika subscriber channel kamu sudah mencapai 10ribu dan viewersnya pun sudah cukup banyak maka kamu bisa mendaftarkan eddsense agar bisa menghasilkan uang dari setiap video yang kamu upload.

Nah, itulah tadi informasi mengenai cara promosi video youtube yang mungkin bisa berguna dan bermanfaat bagi kamu yang sedang berusaha menjadi konten kreator youtube atau youtuber.

Kamu bisa share artikel cara promosi video youtube ini ke teman-temanmu. Kritik dan saran yang membangun sangat kami perlukan untuk kesempurnaan artikel ini.