Terbaru! Cara Pasang Iklan Di Youtube dengan Mudah

Cara Pasang Iklan di Youtube – halo sobat humorbendol, apakah kalian sering melihat banyak iklan yang bermunculan di youtube? Jika dipikir-pikir sebarnya iklan-iklan ini dari mana ya? Berapa tarif sekali pasang iklan di youtube?

Nah, pada artikel kali ini humorbendol akan memberikan informasi mengenai bagaimana cara pasang iklan di Youtube? Simak ulasannya di bawah ini.

Cara Pasang Iklan di Youtube

cara pasang iklan di youtube
Terbaru! Cara Pasang Iklan Di Youtube dengan Mudah, Source : suara.com

Pada 2019 lalu, ada survei yang mengatakan jika YouTube merupakan media sosial dengan peringkat pertama di Indonesia. Hal yang mewajarkan mengapa menaruk iklan di channel youtube adalah karena sebanyak 88% dari 150 juta penduduk Indonesia membuka youtube dengan durasi rata-rata per harinya sekitar tiga jam. Maka dari itu uang yang dihasilkan pun bisa fantastis sehingga youtube memiliki banyak sekali pengguna terutama di Indonesia.

Eitsss! Mengingat hal itu juga lah Youtube membatasi penggunanya untuk mulai memasang iklan di channel Youtube mereka masing-masing dengan membuat peraturan. Lalu bagaimana si cara pasang iklan di Youtube? Yaitu dengan cara mengaktifkan adsense youtubr dan pengaturan moneisasinya. Nah, sebelum bisa memasang iklan di youtube ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti di bawah ini.

Akun Sudah Terverifikasi

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan memastikan jika akun Youtube kamu sudah terverifikasi. Apa tujuannya? Agar jika suatu saat akunmu keluar dari perangkat kamu bisa login kembali. Bukan hanya itu saja loh, verifikasi seperti ini Cuma memperkecil kemungkinan agar akunmu aman dan terhindar dari hacker.

Jika akunmu belum diverifikasi, bagaimana caranya? Dengan cara membuka pengaturan di halaman upload gunanya untuk meingkatkan durasi video. Video dengan durasi yang panjang biasanya akan memiliki jam tayang lebih dari 15 menit. Kemudian masukkan nomor telepon yang aktif dan benar. Lalu kamu akan mendapatkan pesan berisi kode verifikasi. Kamu tinggal masukkan saja nomor hp tersebut kemudian akunmu sudah berhasil terverifikasi. Akan muncul tanda jika akunmu sudah terverifikasi adalah pada profil akan tampil “Partner Verified”.

Also Read :
Mudah? 4 Cara Dapat Uang di Google

Syarat Monetisasi YouTube

Monetisasi YouTube merupakan sebuah kegiatan untuk mengonversi video yang diunggah supaya dapat menghasilkan uang. Dalam video yang diunggah tersebut dapat dimasukkan beberapa iklan dari mana saja. Adapaun peraturan menotisasi YouTube, yaitu :

Mempunyai 4000 Jam Tayang

Akun YouTube kamu harus mempunyai jumlah seuluruh waktu tayang selama 12 bulan sebanyak 4000 jam. Nah, waktu yang disediakan ini cukup lama sehingga kamu bisa lebih sering mengunggah video lebih sering lagi dengan menyediakan konten yang bisa menarik penonton. Salah satu caranya yaitu kamu bisa membuat thumbnail yang menarik yang bisa membuat penonton tertarik dengan video yang kamu unggah.

Banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mengedit thumbnail. Banyak aplikasi template yang menyediakan template-template gratis untuk kamu yang belum bsia membuat thumbnail manual. Salah satunya yaitu Canva. Disana banyak sekali template gratis yang bisa kamu gunakan bukan hanya untuk thumbnail saja, bahkan untuk opening dan closing YouTube mu juga bisa banget loh. Untuk itulah kamu bisa mendaftar YouTube AdSense sebelum terget jam tayangmu terpenuhi. Memiliki jam tayang 4000 jam ini adalah syarat utama cara pasang iklan di YouTube loh sobat.

Mempunyai Paling Sedikit 1000 Subscriber

Syarat yang berikutnya yaitu channel YouTube kamu harus memiliki paling sedikit 1000 subscribe. Hal ini terlihat seperti sedikit, namun aslinya susah loh sobat. Jika dalam setiap unggahan tidak menambah jumlah subscriber kamu itu artinya ada yang harus dikembangkan ataupun dirubah seperti editan, kerapian video, kualitas gambar, pembawaan diri hingga jenis konten yang mungkin lebih bermanfaat.

Kamu harus memastikan jika video yang kamu upload tidak di skip atau dilompati pada bagian-bagian yang tidak seru. Bukan mudah, kadang YouTuber yang memiliki jumlah pengikut lebih dari satu juta saja tidak jarang memiliki isi konten yang bersifat boring. Kenapa? Karena semakin inovatif sebuah video biasanya akan semakin semangat para penonton untuk menonton video yang kamu upload di channel kamu.

Menghindari Konten yang Bersifat Spam

Syarat yang berikut ini tidak kalah penting yaitu konten yang kamu suguhkan tidak bersifat konten spam. Bagaimana maksudnya? Komen yang ada dalam video yang kamu unggah jangan sampai mengundang konten yang akan membuat orang-orang berkomentar spaming. Jika akunmu berada dalam pantauan maka seharusnya memiliki komentar yang baik-baik pula. Spamming ini tentunya membuat proses monetisasi tidak cepat berjalan. Bahkan hal yang menakutkan bisa terjadi terutama YouTube Adsense kamu bisa ditolak oleh pihak YouTube.

Also Read :
Ternyata Bisa, Cara Mendapatkan Uang Dari Google Maps

Konten Evergreen

Cara pasang iklan di YouTube berikutnya yaitu ada syarat yang terakhir sebagai syarat pertimbangan, yang mana kamu sebisa mungkin harus menyajikan konten yang bersifat evergreen. Maksudnya disini konten yang kamu sajikan bisa ditonton lagi meskipun sudah bertahun-tahun. Dengan begitu meskipun konten tersebut sudah lama, penonton kamu masih tertarik untuk menonton video-video lama kamu.

Aturan seperti ini lah yang bsia mengantisipasi konten yang bersifat mencari popularitas emata. Sehingga orang-orang akan membuat video yang lebih bermanfaat dan karyanya bisa dinikmati sepanjang masa dan tidak lekang oleh waktu.

Nah, itulah beberapa syarat supaya kamu bisa medaftar YouTube AdSense agar bisa mendapatkan uang dari YouTube.

Cara Daftar AdSense YouTube

cara pasang iklan di youtube

  • Hal pertama adalah kamu harus membuat akun yang sudah terverifikasi
  • Kemudian masuk dengan akun tersebut dan buka profil pada opsi menu pengaturan >> Creator Studio
  • Pada halaman ini, “Others Features >> Monetization”. Berikutnya akan muncul halaman baru untuk mulai mendaftar AdSense Youtube.

Tahapan yang bisa dilakukan yaitu mulai dari >> YouTube Partner Progam >> Menghubungkan akun YouTube dengan AdSense >> Mengatur opsi monetisasi >> Dan jika telah terpenuhi review jika syarat 4000 jam tayang dan 1000 subscriber.

Cara Mengetahui Status Monetisasi Terbaru

cara pasang iklan di youtube
Source : hanatfutuh.com

Apabila kamu ingin mengetahui atau memantau status monetisasi terbaru dari YouTube Adsense akunmu, kamu dapat melihatnya pada menu “studio creator YouTube“ pada bagian kanan dan pilih gambar video. Kemudian lihat semua video yang sudah diunggah. Apabila di sebelah video tersebut terdapat symbol dollar berwarna hijau itu berarti kamu sudah memiliki penghasilan dari YouTube. Apabila telah terpenuhi syarat-syarat yang diminta maka akun kamu akan ditinjau lebih lanjut oleh Google.

Kesimpulan

Nah, maka dari itu jangan melanggar peraturan yang suda dibuat ya sobat. Hindari pula unggahan yang mengandung SARA, pornografi dan kekerasan. Lalu pastikan juga konten yang kamu buat tidak mengambil dari konten orang lain.

Nah, itulah cara pasang iklan di YouTube yang bisa kamu ikuti mulai dari melakukan persyaratan yang berlaku, menghindari terjadinya pelanggaran syarat, dan selalu membuat konten-konten yang bermanfaat.

Sobat sekalian bisa membagikan artikel cara pasang iklan di YouTube ini kepada teman-teman yang lain agar bisa membantu sobat yang akan mendaftarkan channel YouTube nya ke YouTube Adsense. Kritik dan saran sangat diperlukan demi kesempurnaan artikel kami.