PASTI PROFIT! Cara Trading Menggunakan Moving Average 60

By | May 25, 2020
Teknik Trading Menggunakan Moving Average

Apa itu Moving Average?

Cara Trading Menggunakan Moving Average 60Moving Average adalah indikator teknikal yang menghaluskan pergerakan harga dengan menyaring fluktuasi harga yang bersifat acak. Sebagai indikator, Moving Average bersifat trend-following (mengikuti tren) dan lagging (tertunda) karena dibuat berdasarkan harga yang telah terjadi. Banyak trader binary menggunakan Moving Average sebagai alat bantu analisa teknikal karena termasuk indikator paling sederhana dan mudah dipakai.

Moving Average dihitung berdasarkan nilai rata-rata pergerakan harga dalam periode tertentu. Nilai rata-rata bisa diambil dari harga tertinggi (High), terendah (Low), harga pembukaan (Open), penutupan (Close), ataupun harga tengah (Median). Semakin panjang periode yang digunakan dalam perhitungan indikator Moving Average, maka pergerakan garis akan semakin lambat (lagging) dibandingkan harga. dalam strategi trading menggunakan moving average 60 ini, juga di perlukan moving average dengan periode yang lain

Moving Average yang paling sering saya gunakan dalam trading di binary adalah MA periode 60 (garis kuning), 20 (garis kuning) dan MA 7 (garis merah). Apa yang dimaksud dengan periode disini dan apa fungsinya?

Fungsi Moving Average 60, Moving Average 20 dan Moving Average 7

Panjang periode rata-rata bergerak, atau hanya periode rata-rata bergerak, berarti berapa banyak batang (candle) yang digunakan untuk menghitung rata-rata bergerak. Misalnya, rata-rata bergerak sederhana dengan jangka waktu (periode) 7 akan dihitung dengan menjumlahkan harga penutupan dari 7 batang terakhir dan membagi jumlahnya dengan 7. Dan fungsinya adalah untuk membaca pergerakan tren harga selanjutnya yang akan datang. So kesimpulannya….. semakin kecil periode yang kalian terapkan maka pergerakan garis MA nya akan semakin mengikuti pergerakan trennya, misal tren sedang dalam kondisi bullish (tren naik tajam keatas) dan kalian memasang MA periode 7 maka garis MA nya akan menanjak naik juga mengikuti bentuk chartnya.

Pada artikel berikut saya hanya akan menjelaskan hubungan antara moving average 60 dengan teknik garis merah. Saat momen seperti apa kita bisa menerapkannya dan bagaimana cara menerapkannya.

Strategi Trading dengan Moving Average 60

Pertama kita aktifkan terlebih dahulu Moving Average dengan periode 60

Gambar 1 adalah contoh indikator MA 60. Seperti yang kalian lihat di atas garis kuning sebagai visualisasi dari MA 60 tidak terlalu membentuk pola zig-zag yang kuat mengikuti bentuk trennya padahal ada tren bullish dan bearish disitu. Mengapa demikian? karena periode nya yang besar yaitu 60, sehingga diperlukan 60 candle kebelakang dan membaginya dengan 60 untuk membuat rata-ratanya dan membentuk garis-garis itu sehingga membentuk satu kesatuan MA 60. 

Kapan momen yang pas untuk open posisi di strategi Moving Average 60 ini?

Strategi ini adalah strategi kesabaran dan keberuntungan mendapatkan momen cantiknya kalau menurut saya. Sekarang bagaimana cara menganalisis kapan kita harus open posisi?? 

Open Posisi Buy

Open posisi BUY : Saat chart nya sudah melewati garis kuning keatas kita bisa op BUY, dan jika MACD nya memberikan sinyal batang warna hijau itu adalah sinyal kuat yang mengharuskan kita harus segera op BUY. Perhatikan gambar 2 diatas, untuk nomor 1 adalah  contoh mutlak untuk op BUY.

Open Posisi Sell

Open posisi SELL :Saat chart nya sudah melewati garis kuning kebawah kita bisa op SELL, dan jika MACD nya memberikan sinyal batang warnamerah itu adalah sinyal kuat yang mengharuskan kita harus segera op SELL. Perhatikan gambar 2 diatas, untuk nomor 2 adalah contoh mutlak untuk op SELL.

Trading menggunakan moving average 60 ini juga bisa di kombinasikan dengan tekhnik garis merah, kamu bisa membaca nya disini kombinasi tekhnik moving average 60 dengan strategi garis merah

CATATAN!! Strategi ini tidak perlu untuk memperhatikan waktu dibawah kiri layar apakah sudah masuk menit baru atau belum, kita hanya perlu memperhatikan apakah chart sudah melewati garis kuning dan apakah batang MACD sudah memberikan warna sinyal batang yang benar (SELL merah, BUY hijau).

Penutup

Pada saat kamu masuk ke platform tradingya, kamu bisa langsung mengatur indikator Moving Average periode 60 dengan warna kuning cukup itu saja, dan pastikan selalu menunggu momen yang pas untuk melakukan open posisi, jangan terlalu terburu buru untuk open sell atau open buy, tekhnik Trading Menggunakan Moving Average ini memang tidak menjamin 100% berhasil, tapi apabila kamu sabar dan mampu menganilisis pergerakan harga dengan benar, saya yakin , kamu bisa profit dengan tekhnik trading moving average ini

tekhnik yang saya bagikan ini saya dapat dari seseorang mastah trader dari grup whatsapp yang dishare secara gratis, jadi bagi yang merasa punya materi ini, saya mohon izin untuk membagikanya ke setiap orang yang membaca ini. semoga berkah ilmunya, aamiin