Contoh dan Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan yang Benar

Contoh dan Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan yang Benar

Setelah kemarin menulis tentang daftar riwayat hidup tulis tangan yang benar step selanjutnya tentu berhubungan denga ini, Ketika memasuki dunia kerja, tentu saja kita akan akrab dengan kegiatan mengirim surat lamaran. Bagi kamu yang tak memiliki komputer untuk membuat surat lamaran tentu akan merasa pusing. Tak masalah, kamu bisa menulis surat tersebut dengan tulisan tangan. Nah, agar tak keliru, kita akan membahas contoh surat lamaran kerja tulis tangan yang benar.

Sebelum itu, sebenarnya mengapa surat lamaran tersebut diperlukan oleh suatu perusahaan atau penyedia lapangan pekerjaan? Apakah surat lamaran memiliki fungsi atau manfaat khusus bagi mereka? Tentu saja! Berikut alasan mengapa surat lamaran diperlukan oleh si penyedia lapangan pekerjaan:

  • Melalui surat lamaran, perusahan tahu seberapa tertarik si pelamar dengan posisi kosong yang mereka siapkan.
  • Melalui surat lamaran, perusahan menjadi tahu kepribadian si pelamar. Jadi tulis surat dengan rapi dan mudah untuk dibaca. Jangan mempersulit HRD dalam membaca surat kamaran yang kamu buat.

Tips Penting dalam Membuat Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Contoh dan Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan yang Benar
Contoh dan Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan yang Benar

Meski teknologi sudah sangat maju, akan tetapi tak jarang beberapa perusahaan meminta si pelamar untuk menulis surat lamaran dengan cara ditulis manual. Tentu bukan tanpa tujuan. Mengingat melalui surat lamaran kepribadian seseorang juga dapat ditelisik. Tentu kita tahu, sebuah perusahaan ingin mencari seseorang yang memiliki kepribadian baik, disiplin juga rapi dalam pekerjaannya.

Dalam membuat surat lamaran kerja tulis tangan ada beberapa aspek atau hal penting juga yang perlu diperhatikan. Nah, agar tak salah kamu dapat menyimak beberapa tips di bawah ini. Apa saja? Yuk langsung saja disimak ulasannya!

Gunakanlah Kertas Folio Bergaris

Ketika ingin membuat surat lamaran secara manual yakni tulis tangan, maka kamu perlu memperhatikan kertas yang akan digunakan. Jangan gunakan kertas yang sekiranya akan membuat kamu kesulitan kala menulisnya. Agar lebih mudah dalan menulis, akan lebih baik jika kamu menggunakan kertas folio bergaris.

Menggunakan kertas folio bergaris tentu memiliki tujuan agar tulisan kamu menjadi lebih rapi. Bayangkan saja jika kamu melisnya di kertas HVS biasa. Apa jadinya? Bisa jadi tulisan kamu akan terlihat berantakan juga miring. Sangat sulit bukan menulis di kertas yang tak memiliki garis? Pastinya kamu tak ingin jika surat lamaran kamu terlihat tak rapi? Gunakan folio bergaris!

Harus Menulis dengan Pulpen

Ketika ingin membuat surat lamaran, pastikan jika kamu sudah memiliki pulpen yang full dan tidak macet kala digunakan. Menulis surat lamaran dengan pulpen hukumnya wajib. Jangan ditawar lagi ya. Jangan pernah berpikir untuk menulis surat lamaran dengan pensil maupun spidol karena hal itu memang tidak benar.

Untuk warna pulpen yang umum dan dipergunakan ialah hitam atau biru. Akan tetapi, lebih disarankan untuk mengenakan pulpen dengan isi tinta berwarna hitam agar terkesan lebih formal. Perlu diingat lagi, jangan gunakan tinta hitam dan biru secara bersamaan ya. Gunakan salah satunya saja. Hal inilah yang menjadi alasan di awal kamu perlu pulpen yang isinya full dan tidak macet.

Maksimalkan kerapian dalam tulisan

Tips membuat surat lamaran tulis tangan selanjutnya ialah dengan memaksimalkan kerapian dalam tulisan kamu. Memang benar jika setiap orang memiliki kemampuan berbeda dalam hal menulis. Akan tetapi satu hal yang perlu diingat, jangan menyulitkan HRD kala membaca surat lamaran kamu. Semakin rapi tentu semakin mudah HRD untuk membacanya.

Jangan Gunakan Bahasa Sehari-hari

Kala menulis surat lamaran, kamu tidak diperbolehkan menggunakan bahasa sehari-hari. Dalam artian, jangan gunakan bahasa gaul. Gunakanlah bahasa formal dan menggunakan EYD yang tepat. Ingat sekali lagi, tidak dibenarkan menulis surat lamaran dengan bahasa gaul.

Pastikan Kembali Kertas Bersih dan Tidak Lecek

Seperti yang telah kita singgung sebelumnya, kerapian menjadi hal penting yang patut diperhatikan dengan baik. Salah satunya ialah kamu perlu memastikan jika kertas yang digunakan sudah bersih dan tidak lecek sama sekali. Jika kertas kamu kotor atau lecej tentu saja pihak perusahaan akan menilai kamu buruk.

Atau bahkan mereka akan berpikir jika kamu menyepelekan perusahaan tersebut. Kamu akan terlihat tidak profesional, jorok juga terkesan tidak tepat bekerja di perusahaan tersebut. Ingatkah untuk menjaga surat lamaran tersebut dengan baik. Jangan sampai kotor juga lecek. Pastikan keadaan surat kamu baik-baik saja hingga sampai ke tangan HRD.

Isi Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Secara umum

Dalam surat lamaran terdapat beberapa hal yang perlu kamu cantumkan. Misalnya saja :

Nama

Nama menjadi salah satu isi surat lamaran yang perlu kamu cantumkan. Informasi mengenai nama merupakan informasi pokok yang perlu ditulis dengan benar. Tuliskan nama lengkap kamu.

Tempat dan tanggal lahir

Setelah nama, kamu juga dapat menuliskan tempat dan tanggal lahir kamu. Ini merupakan informasi pokok juga. Biasanya, melalui tanggal lahir seseorang dapat tahu berapa umur di pelamar. Apakah memenuhi kualifikasi atau tidak.

Alamat

Alamat juga menjadi salah satu informasi pribadi yang patut untuk kamu cantumkan. Tujuannya tentu macam-macam. Misalnya saja untuk mengetahui asal-usul kamu dan tempat tinggal tetap. Sehingga, jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, pihak perusahaan tahu harus mencari kamu di mana. Alamat ini perlu kamu cantumkan dengan jelas dan lengkap juga ya.

No telpon/no handphone

Di dalam surat lamaran, cantumkan juga nomor telepon atau nomor handphone kamu yang masih aktif. Tujuannya tentu saja untuk menghubungi kamu. Ketika kamu berhasil menemui kriteria perusahaan, maka pihak perusahaan akan langsung menghubungi. Maka dari itu, pastikan nomor tersebut masih aktif.

Pendidikan terakhir

Informasi pribadi dalam surat lamaran terakhir yang perlu kamu cantumkan ialah mengenai pendidikan terakhir. Ya, nama, tempat tanggal lahir, alamat, nomor handphone dan pendidikan merupakan informasi pokok. Untuk membuat surat lamaran kerja yang benar semua itu perlu ada.

Setelah beberapa informasi pokok di atas sudah dituliskan maka kamu bisa memberikan kata-kata pengantar. Isinya tentu saja mengenai kamu yang ingin menduduki posisi tertentu dan sekilas mengenai pengalaman sebelumnya. Diawali dengan salam tentu salam diakhiri dengan salam penutup juga.

Ketika ingin melamar pekerjaan dan membuat surat lamaran, pastikan kamu sudah membuatnya dengan tepat. Jangan lewatkan apapun yang sekiranya penting. Kerapian dalam menulis surat lamaran harus menjadi prioritas. Ingatkah jika melalui surat lamaran tersebut HRD akan memutuskan, akan menerima kamu atau tidak.

Untuk itu, selalu pastikan jika surat lamaran yang kamu buat tidak sembarangan ya. Isi semua informasi penting dan gunakan kertas yang tepat juga. Jangan lupa untuk mempersiapkan pulpen kamu ya.

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Yang Benar

 contoh surat lamaran(Sumber : anakUI.com)
contoh surat lamaran(Sumber : anakUI.com)
sumber jobskarir.id
sumber jobskarir.id
sumber : Contohsurat.co
sumber : Contohsurat.co

Jadi itulah tadi ulasan singkat mengenai contoh surat lamaran kerja tulis tangan yang benar. Hal-hal di atas perlu kamu perhatikan dengan benar agar surat lamaran yang selesai memang tepat. Bagaimana, sudah membuatnya? Semoga ulasan ini dapat membantu kamu ya.