Gratis! 12 Software yang Sama Dengan Corel Draw

by naya
0 comment

Corel Draw memang tak perlu diragukan lagi sebagai software editor paling banyak digunakan. Sayangnya, harga lisensi resmi Corel Draw sama sekali tidak murah. Untung terdapat software yang sama dengan Corel Draw dan dapat diinstal dengan gratis.

Penggunaan dan fungsi Corel Draw juga sudah sangat meluas. Saat ini nyaris semua sektor usaha akan membutuhkan presentasi tampilan visual. Hingga Corel Draw pun semakin banyak digunakan. Hal ini tentu saja menjadikan Corel Draw sebagai software editor terpopuler dengan jutaan pengguna.

Meski memiliki berbagai kelebihan; seperti misalnya fitur serta tools lengkap untuk berbagai kebutuhan desain. Corel Draw tidak lepas dari kekurangan. Kekurangan terbesar dari software ini justru karena harga lisensi resminya mencapai jutaan rupiah.

Pastinya tidak semua desainer akan sanggup membeli lisensi resmi Corel Draw setelah masa trial berakhir.

Bila saat ini kalian mengalami permasalahan sama, tidak perlu khawatir. Terdapat sederet software yang sama dengan Corel Draw; bahkan memiliki fitur, tools, serta fungsi penggunaan sama. Namun bisa diunduh secara gratis. Tidak perlu lagi merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli lisensi resmi software editor.

Langsung saja berikut ini daftar 12 software yang sama dengan Corel Draw.

12 Software yang Sama Dengan Corel Draw, Bisa Diunduh Gratis

Deretan software yang sama dengan Corel Draw di bawah ini tidak saja memiliki kesamaan dari segi tools hingga fitur. Beberapa penggunaan pun sama, termasuk untuk menggambar vektor serta membuat ilustrasi.

Tidak seperti Corel Draw, software di bawah ini tidak memerlukan lisensi resmi. Pengguna bisa mengunduh dan menginstal software di komputer secara gratis. Beberapa aplikasi berikut pun dapat diinstal di smartphone. Sehingga semakin memudahkan bila ingin membuat desain maupun gambar.

Berikut ini 12 daftar software yang sama dengan Corel Draw terbaik dan gratis!

  1. Inkscape


    Inkscape
    Inkscape merupakan salah satu software yang sama dengan Corel Draw terbaik. Aplikasi ini memiliki fitur dan juga tools-tools mirip dengan Corel Draw dan Adobe Illustrator. Hanya saja dalam versi sedikit lebih sederhana.
    Software yang mendukung sistem operasi Windows, Linux, dan Mac OS ini bisa diinstal secara gratis. Inkscape menjadi software tepat digunakan untuk membuat ilustrasi dan vektor. Bahkan beberapa desainer menyebut sebaiknya berlatih vektor dengan Inkscape lebih dulu. Sebelum berpindah ke Corel Draw maupun Adobe Illustrator yang lebih kompleks.

  2. Autodesk SketchBookSoftware Gratis Sama Dengan CorelDraw Autodesk SketchBook

    Salah satu penggunaan Corel Draw merupakan untuk menggambar. Baik itu menggambar dengan vektor, ilustrasi, hingga animasi. Software alternatif untuk fungsi ini adalah Autodesk SketchBook.
    Autodesk SketchBook bukan lagi software asing. Software dengan interface user friendly ini digemari oleh para desainer, illustrator, hingga seniman. Pilihan berbagai tools brush , pena, layer, airbrush, dan sebagainya; serta dukungan untuk tablet pena seperti Wacom Bamboo, Cintq, Intuos dan sebagainya menjadi keunggulan tersendiri.

  3. GIMP
    Software Gratis Sama Dengan CorelDraw GIMP

    Dibanding menyebut mirip dengan Corel Draw, GIMP memang lebih mendekati penggunaan dan fungsi Photoshop. Terutama tampilan kedua software ini pun memang sangat mirip.
    Walau begitu terdapat beberapa tools serta fitur GIMP yang bisa menggantikan Corel Draw. Terutama untuk desain gambar serta editing foto.

  4. Canva
    canva 1

    Software satu ini bisa dikatakan paling multifungsi. Pengguna dapat menggunakan Canva dari browser, pc, maupun di smartphone. Meski tak sepenuhnya gratis, terdapat beberapa fitur Canva yang tidak berbayar.
    Canva dapat menjadi alternatif software yang sama dengan Corel Draw untuk fungsi desain. Di aplikasi ini, pengguna dapat membuat desain cover, undangan, brosur, infografis, konten media sosial, sampai logo. Ada beragam pilihan template dan fonts yang bisa digunakan untuk kustomisasi desain.

  5. Vectr
    Software Gratis Sama Dengan CorelDraw Vectr

    Software alternatif lain Corel Draw untuk menggambar vektor adalah Vectr. Software satu ini bisa diinstal di pc maupun digunakan melalui browser. Tentunya, penggunaan dan instalasi Vectr pun sepenuhnya gratis!
    Vectr memiliki fitur cukup lengkap untuk membuat gambar vektor. Pengguna dapat menambahkan text, gambar, serta mengedit garis vektor menjadi grafis yang diinginkan. Tools Vectr memang tidak selengkap Corel Draw maupun Inkscape. Namun cukup mumpuni bila digunakan menggambar vektor desain standar.

  6. SVG-Edit
    SVG edit 2

    SVG-Edit merupakan software open-source berbasis website. Ini berarti pengguna tidak perlu menginstal aplikasi untuk dapat menggunakan. Situsnya sendiri berada di GitHub, sehingga bisa dipastikan dapat digunakan sepenuhnya gratis.
    Fungsi SVG-Edit nyaris sama dengan Canva. Hanya saja SVG-Edit tidak memiliki template yang bisa digunakan pengguna.

  7. Vectornator
    Vectonator

    Membutuhkan aplikasi gambar vektor di smartphone iOS? Vectornator wajib dilirik! Aplikasi ini memiliki tools hingga fitur lengkap untuk membuat gambar vektor. Termasuk penggunaan fungsi drag and down yang sudah tentu akan memudahkan.
    Ketimbang sebagai penggunaan profesional, Vectornator lebih cocok bagi pemula. Walau sederet fitur mengizinkan pengguna membuat gambar vektor dengan desain cukup kompleks.

  8. Gravit DesignerSoftware Gratis Sama Dengan CorelDraw Gravit Designer

    Gravit designer menjadi software editor gratis terbaiknya. Berbeda dengan beberapa software gratis lain, Gravit Designer memiliki tools yang tidak kalah kompleks dan lengkap.
    Software ini tidak saja memiliki tools untuk memudahkan menggambar grafik vektor. Seperti penggunaan poligon, garis, hingga berbagai bentuk dasar. Terdapat fitur layer serta filter yang tentu akan membuat hasil grafik lebih bagus.
    Keunggulan lain dari Gravit Designer, software ini memberikan dukungan eksport file dalam berbagai format. Memudahkan bila pengguna hendak mencetak desain gambar. Penggunaan palet warna CMYK pun menjadi nilai plus lain Gravit Designer.

  9. Adobe Illustrator Draw

    Adobe Illustrator Draw sudah tentu tidak asing lagi. Software satu ini merupakan “saingan” Corel Draw dari Adobe. Memiliki fungsi dan penggunaan mirip, Adobe Illustrator Draw unggul pada koreksi palet warna yang lebih baik. Fleksibilitas penggunaan tools juga menjadi nilai lebih pada software ini.

  10. Apache OpenOffice DrawSoftware Gratis Sama Dengan CorelDraw Apache OpenOffice Draw

    Apache OpenOffice Draw unggul karena dapat membaca berbagai format file. Kelebihan tersendiri dari Corel Draw dan Apache OpenOffice Draw yang jarang ditemukan di software editor lain.
    Software ini berfokus pada sketsa dan desain. Sebenarnya fitur, tools, dan penggunaan berbagai fungsi gambar di Apache OpenOffice Draw lebih unggul dari pada Corel Draw. Hanya saja software ini kurang berfungsi maksimal untuk membuat gambar vektor maupun desain lain.

  11. Karbon

    Software Gratis Sama Dengan CorelDraw Karbon
    Karbon menjadi pilihan software yang sama dengan Corel Draw berikutnya. Software ini memiliki penggunaan sederhana. Beberapa fitur yang ada memudahkan pengguna bila ingin membuat desain logo dengan vektor. Maupun untuk menggambar ilustrasi hingga vektor fotorealistik.

  12. Skencil

    Skencil
    Bila membutuhkan software yang sama dengan Corel Draw dan gratis, Skencil bisa menjadi alternatif. Software ini sebelumnya dikenal dengan nama Sketch dan sudah banyak digunakan. Terutama karena Skencil memiliki Lisensi Publik Umum GNU, yang berarti bisa diinstal dan digunakan secara gratis.
    Menggunakan bahasa pemrograman Phyton, Skencil memiliki sederet plug-in yang dibuat oleh komunitas programmer di seluruh dunia. Satu kelebihan yang menambahkan berbagai fungsi berbeda pada penggunaan software.
    Bila dibandingkan dengan beberapa software di atas, fitur dan tools Skencil memang terbilang sederhana. Untuk itu software ini menjadi pilihan tepat bila ingin belajar membuat vektor maupun ilustrasi.

Di atas merupakan sederet pilihan software yang sama dengan Corel Draw. Masing-masing software memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Kalian dapat memilih software mana paling sesuai dengan kebutuhan untuk mengolah visual.

Related Posts