Simpel, Begini Cara Membuat Sorotan di Instagram Terbaru 2022

Instagram adalah salah satu media sosial yang cukup banyak diminati orang saat ini. Instagram menyediakan fitur yang cukup banyak dan keren, sehingga membuat orang makin suka eksis di platform yang satu ini. Salah satunya adalah fitur sorotan. Kamu sudah tau belum cara membuat sorotan di instagram?

Walaupun fitur sorotan ini sudah ada sejak lama di aplikasi instagram, ternyata masih ada saja orang yang belum tau bagaimana cara membuatnya. Sebagian besar orang mengenal fitur instastory, tapi tidak semua mengenal fitur sorotan.

Berbeda dengan instastory yang bisa bertahan maksimal selama 24 jam saja. Sorotan ini bisa kamu atur untuk tetap tayang selama yang kamu inginkan. Sorotan ini akan selalu tampil di saat ada orang lain yang berkunjung melihat beranda akun instagram milik mu.

Umumnya sorotan ini sering dipakai pada akun-akun bisnis. Pemilik akun tersebut ingin setiap orang yang datang bisa melihat update promo, produk baru atau info penting lainnya. Sehingga info-info semacam ini, biasanya disematkan menggunakan fitur sorotan tersebut. 

Mudah Banget, Begini Cara Membuat Sorotan di Instagram

Bagi kamu yang belum pernah membuat sorotan di instagram, kamu tidak perlu khawatir. Cara membuat sorotan di instagram itu sangat mudah sekali kok. Kamu hanya tinggal mengikuti langkah-langkah di bawah ini;

  1. Login ke akun instagram milik mu lewat smartphone
  2. Buatlah instastory seperti biasa, pilih desainnya, pilih gambarnya, pilih backgroundnya sesuai keinginan kamu
  3. Kirim instastory tersebut ke beranda seperti biasa sampai muncul di profil kamu
  4. Setelah itu bukalah instastory yang sudah kamu buat itu, lalu pilih menu sorotan yang ada di menu bagian bawah di layar HP. 
  5. Selanjutnya buatlah judul yang sesuai dengan isi sorotan tersebut. Contohnya, produk terbaru, promo, momen spesial atau judul yang lain. Nama ini akan menjadi judul folder atau kategori ketika di kemudian hari kamu ingin menambahkan gambar atau video yang lain.
  6. Selanjutnya kamu bisa memilih menu tambahkan supaya instastory yang sudah kamu buat itu masuk ke dalam folder sorotan
  7. Selesai. Jika sudah sesuai dengan langkah-langkah di atas, maka pembuatan sorotan sudah berhasil. Untuk lebih menyakinkan, kamu bisa melihat profil instagram milik mu, maka menu sorotan akan tampil di bawah menu profil.

Begitulah langkah-langkah mudah cara membuat sorotan di instagram dengan cara membuat instastory terlebih dahulu. Sangat simpel bukan. Jika kamu sudah terbiasa dengan membuat instastory, maka langkah di atas pasti akan terasa mudah juga untuk dilakukan.

Also Read :
100+ Inspirasi Nama Olshop Aesthetic Instagram Keren, Unik, Sampai Islami

Cara Menambahkan Instastory ke Sorotan Instagram

Cara membuat sorotan di instagram juga bisa kamu lakukan dengan cara yang kedua ini, yaitu dengan cara menambah instastory yang sudah ada ke menu sorotan yang ingin kamu tambahkan. Syaratnya tentu kamu sudah membuat instastory terlebih dahulu yang belum expired. Berikut ini adalah langkah demi langkahnya;

  1. Bukalah akun instagram kamu, lalu masuk ke menu profil untuk melihat folder sorotan yang sudah pernah kamu buat sebelumnya.
  2. Pilihlah salah satu sorotan yang ingin kamu tambahkan gambarnya via instastory baru
  3. Pada sorotan yang kamu pilih tersebut, pilihlah menu dengan tanda titik tiga vertikal
  4. lalu pilih edit sorotan, setelah itu kamu bisa menambah instastory yang kamu inginkan ke dalam folder sorotan tersebut. Di menu ini, kamu juga bisa mengganti judul sorotan serta tampilan halaman depan sorotan jika kamu mau menggantinya.
  5. Lanjutkan untuk memilih menu tambahkan, setelah itu kamu bisa memilih instastory mana saja sesuai dengan keinginan. Tidak hanya bisa menambahkan, kamu juga dapat mendelete instastory yang sebelumnya sudah ada di dalam folder tersebut jika kamu memang sudah tidak memerlukannya lagi. 

Cara Membuat Sorotan di Instagram Tanpa Harus Membuat Instastory Dahulu

Dua langkah di atas adalah cara membuat sorotan di instagram yang mengharuskan kamu membuat instastory terlebih dahulu. Lalu muncul pertanyaan, apakah bisa membuat sorotan tanpa harus membuat instastory terlebih dahulu? Maka jawabannya adalah bisa. 

Cara ini bisa digunakan bagi orang-orang yang tidak ingin instastory nya dilihat oleh orang lain karena sesuatu hal. Atau bisa juga dilakukan bagi sebagian orang yang tidak terlalu suka dengan instastory. Bagaimana langkah-langkahnya? Simak urutannya di bawah ini ya.

  1. Pertama, kamu harus mengetahui terlebih dahulu settingan dari akun instagram dari akun publik menjadi privat. Sehingga akun yang belum menjadi followers mu tidak bisa mengakses atau melihat postingan akun mu.
  2. Setelah itu, kamu bisa masuk ke menu privasi, lalu kamu bisa memilih menu Story atau Cerita.
  3. Pada halam menu Story ini, kamu bisa memilih untuk menyembunyikan story atau cerita dari siapapun yang ada di dalam daftar followers kamu. Kamu bisa memilih dengan mencentang semua orang, yang artinya tidak akan ada satu orang pun yang bisa melihat instastory yang kamu buat ketika sudah tampil nanti.
  4. Selanjutnya, kamu bisa membuat instastory seperti biasanya, lalu masukkan instastory yang ingin kamu masukkan ke dalam folder sorotan seperti langkah-langkah sebelumnya.
  5. Jika sudah selesai, kamu tinggal menunggu 1×24 jam sampai masa expired instastory itu habis. Karena jika belum 24 jam sudah kamu hapus, maka instastory yang kamu masukkan ke dalam folder sorotan juga akan otomatis ikut terhapus.
  6. Setelah berlalu 24 jam, kamu bisa mengembalikan pengaturan akun instagram dari privat menjadi publik kembali. Instastory sebelumnya sudah hilang, sehingga tidak akan ada satu orang pun yang bisa melihat instastory yang sudah expired itu.
  7. Masuk ke menu privasi lagi, jika sebelumnya kamu memilih tidak ada seorangpun yang bisa melihat instastory kamu, sekarang kamu bisa mengembalikan pengaturan tersebut menjadi semua orang bisa melihat.
  8. Selesai. Cukup panjang memang caranya, namun ini adalah cara yang terbaik yang bisa kamu lakukan jika kamu ingin instastory tersebut langsung masuk ke dalam folder sorotan tanpa harus dilihat orang lain terlebih dahulu.

Cara Membuat Sorotan di Instagram Terlihat Lebih Keren

Jika kamu sudah memiliki koleksi sorotan sesuai dengan judul yang kamu inginkan, tentunya kamu juga ingin agar sorotan itu terlihat keren bukan? Dengan penampilan yang keren, maka akan menarik pengunjung agar melihat isi dari folder sorotan di akun instagram kamu tersebut. Berikut adalah langkah-langkahnya;

  1. Buka browser lalu bukalah situd canva.com atau jika via android kamu bisa mendownload aplikasi canva lewat playstore.
  2. Lakukan pendaftaran, lalu login ke situs tersebut.
  3. Di dalam situs atau aplikasi tersebut, ada banyak sekali logo serta gambar keren yang bisa kamu jadikan sebagai cover untuk sorotan pada akun instagram kamu.
  4. Pilih saja salah satunya, lalu edit sesuka hati.
  5. Jika sudah, kamu bisa menyimpan editan tersebut, lalu kamu unggah ke dalam sorotan yang sudah kamu buat.
  6. Selesai. Dijamin folder sorotan kamu akan terlihat lebih menarik.

Begitulah beberapa cara membuat sorotan di instagram sampai dengan membuat covernya agar terlihat makin keren. Kamu bisa memaksimalkan fitur sorotan tersebut sesuai dengan kebutuhan, entah untuk keperluan bisnis maupun keperluan pribadi.

Also Read :
Apa Itu Insights Instagram dan Bagaimana Cara Penggunaannya