Sejarah Corel Draw dan Perkembangan Versi Dari Masa ke Masa

by naya
0 comment

Aplikasi komputer Corel Draw terus mengalami perkembangan. Pembaharuan demi pembaharuan membawa software ini lebih baik; menyempurnakan versi sebelumnya. Sejarah Corel Draw sendiri memiliki perjalanan panjang. Mengikuti perkembangan software dari masa ke masa.

Corel Draw bukan merupakan software editor baru. Tidak saja menjadi salah satu aplikasi komputer paling banyak digunakan. Sejarah Corel Draw pun melalui perjalanan tidak kalah panjang. Perkembangan software satu ini bahkan sudah dimulai lebih dari 3 dekade silam.

Agar lebih memahami mengenai Corel Draw, terutama mengetahui perkembangan versi demi versinya setiap tahun. Memahami bagaimana sejarah aplikasi ini tentu sangat penting. Pengguna pun akan paham perubahan dan perkembangan pada software tersebut dari masa ke masa; dari satu versi Corel Draw ke lainnya.

Ulasan di bawah ini akan membahas mengenai sejarah Corel Draw. Sekaligus juga perkembangan software tersebut, mulai versi pertama hingga Corel Draw terbaru. Langsung saja berikut ini pembahasannya.

Sejarah Corel Draw, Pertama Kali Rilis 32 Tahun Silam

Corel Draw merupakan software editor rilisan dari perusahaan Corel. Meski terdapat beberapa software yang sama dengan Corel Draw, aplikasi ini masih menjadi salah satu paling banyak digunakan.

Kelengkapan fungsi, penggunaan mudah, tools lengkap, dan fitur memadai menjadi beberapa alasan Corel Draw digemari. Selain itu Corel Draw pun cocok digunakan di berbagai bidang yang membutuhkan tampilan visual. Corel Draw pun dapat digunakan oleh desainer profesional, seniman, artis, illustrator, hingga pembuat konten.

Dibalik semua kelebihan tersebut, sejarah Corel Draw melalui proses panjang. Dr. Michael Cowpland memulai proses pembuatan software ini di tahun 1985. Pada tahun 1987, perusahaan perangkat lunak Corel, yang berbasis di Ottawa, Kanada merekrut programmer untuk mengembangkan aplikasi tersebut.

Pat Beirne dan Michel Bouillon menjadi dua programmer terpilih untuk mengembangkan software Corel Draw. Hingga aplikasi komputer tersebut siap rilis di tahun 1989.

Saat ini penggunaan aplikasi Corel Draw berfokus pada sistem operasi Microsoft Windows. Terutama Windows di tahun 2000 ke atas. Meski begitu , sebelumnya Corel Cooperation justru menujukan Corel Draw untuk komputer bersistem operasi Mac Os.

Sayangnya kala itu Mac Os memiliki angka penjualan buruk. Tingkat penjualan rendah membuat software Corel Draw untuk Mac Os dihentikan pengembangannya. Versi Corel Draw terakhir untuk Mac Os merupakan versi 11, rilisan 2001 yang ditujukan untuk Mac OSX.

Corel Draw pun saat ini tidak dikembangkan untuk sistem operasi Linux. Versi terakhir untuk Linux merupakan Corel Draw versi 9, yang dirilis pada tahun 2000. Corel Draw versi 9 bisa dijalankan di sistem operasi Linux Wine.

Perkembangan dan kesuksesan perusahaan Corel tidak terlepas dari software Corel Draw. Stabilitas dan fitur-fitur unggulan, ditambah interface user friendly menjadikan software ini paling banyak digunakan.

Terlebih Corel tidak memasarkan penggunaan Corel Draw hanya untuk profesional. Walau membanderol harga lisensi resmi cukup mahal, software ini pun masih mengutamakan kemudahan penggunaan. Terutama bagi pengguna pemula.

Perkembangan Versi Corel Draw dari Masa ke Masa

Corel Draw mengalami perkembangan dari masa ke masa. Sejak pertama kali dirilis, Corel Cooperation menghadirkan perubahan demi perubahan. Tentunya demi menyempurnakan software editor satu ini.

Berikut ini daftar sejarah Corel Draw dan perkembangan software dari versi ke versi setiap tahunnya.

Corel Draw versi 1.0 (1988)

Meski pada sejarah Corel Draw dirilis resmi bulan Januari 1989, versi 1.0 meluncur di tahun 1988. Corel Draw versi 1.0 ini mendukung sistem operasi Windows 3.0 dan 3.1. Proses instalasinya sendiri menggunakan 2 disket 3,5 inch.

Corel Draw versi 1.0 sudah bisa digunakan untuk mendesain undangan dan logo. Fitur di aplikasi pun mendukung proses desain kop surat hingga kartu nama.

Corel Draw versi 2.0 (1990)

Versi pertama Corel Draw melalui 5 kali pembaharuan. Sebelum Corel Draw versi 2.0 dirilis. Pada versi ini, beberapa tools baru diperkenalkan. Diantaranya:

  • Envelope tools: memecahkan objek dengan menggunakan bentuk utama.
  • Extrusion: memberi stimulasi volume pada desain.
  • Perspective: membuat perspektif dengan memecah gambar pada X dan Y.

Corel Draw versi 3.0 (1992)

Corel memperkenalkan tools Photo Paint pada versi ini. Versi 3.0 juga memiliki fitur Preview secara real time.

Perkembangan lain, versi ini lebih baik pada penggunaan memori. Sehingga aplikasi bekerja lebih lancar dan cepat.

Corel Draw versi 4.0 (1993)

Pembaharuan kali ini membutuhkan komputer dengan spek lebih tinggi dari pada versi 3.0. Corel Draw pun sudah bekerja sebagai software desktop. Serta dapat menggunakan fitur Multi Page.

Corel Draw versi 5.0 (1994)

Pada tahun ini popularitas Corel Draw meroket. Software ini mulai banyak digunakan oleh desainer grafis. Terutama berkat pembaharuan sederet tools baru:

  • Screen Calibration
  • Colour Management
  • Effect Powerclip
  • Bitmap Effect dan Lens
  • Artistic Media
  • Scanner
  • Printer

Meski mulai banyak digunakan, software ini memiliki beberapa kekurangan. Seperti kinerja kurang stabil dan hanya bisa menyimpan file sepanjang 8 karakter.

Corel Draw versi 6.0 (1996)

Untuk versi kali ini Corel tidak banyak memberikan perubahan. Namun Corel Draw versi 6.0 sudah mendukung 32 bit. Perilisan software versi ini pun bersamaan dengan Windows 95, yang juga sudah menggunakan 32 bit.

Meski tidak ada pembaharuan pada fitur maupun tools; perilisan versi 6.0 merupakan salah satu momen penting dalam sejarah Corel Draw.

Corel Draw versi 7.0 (1997)

Satu tahun kemudian, Corel merilis pembaruan Corel Draw versi 7.0 dengan sederet fitur serta tools baru. Corel Draw versi 7.0 jauh lebih stabil dari pada sebelumnya. Selain itu pada perkembangan ini pengguna tidak membutuhkan komputer berspesifikasi lebih tinggi.

Beberapa fitur dan tools baru di versi 7.0:

  • Context-sensitive Property bar
  • Tools Blend dan Interactive Fills
  • Tools Transparency
  • Tools Natural Pen
  • Tools Find & Replace Wizard
  • Tools Scrapbook untuk memindahkan, melihat, dan menempatkan objek
  • Fitur Print Views hadir dengan Pan dan Zoom
  • Fitur untuk mencetak desain dalam format HTML
  • Thesaurus kamus, Spell Checker, dan Grammar Checker
  • Fitur baru Convert To Bitmaps
  • Corel Barista dan Corel Scan

Banyaknya fitur dan tools baru dalam versi 7.0 membuatnya diklaim sebagai salah satu pembaruan terbaik Corel Draw.

Corel Draw versi 8.0 (1998)

Corel menghadirkan tools Distortion dan Drop Shadows pada versi terbaru ini. Hanya saja pada versi ini, pengguna perlu upgrade hardware ke spesifikasi lebih tinggi untuk penggunaan software yang stabil.

Corel Draw versi 9.0 (1999)

Fitur dan tools terbaru pada versi 9.0 diantaranya:

  • Navigator Windows
  • Animasi vektor dengan tools A.V.E
  • Page Sorter
  • Multilingual Document Support
  • Web Graphics Tools; fitur yang akhirnya menambah fungsi Corel Draw untuk membuat desain website.
  • Tools Perfect Shape

Corel Draw versi 10 (2000)

Pada versi ini Corel Draw mulai mencoba lebih unggul dari pada pesaingnya. Salah satunya dengan tambahan fitur untuk menyimpan file dalam format SVG.

Corel Draw versi 11 (2002)

Versi 11 merupakan catatan sejarah Corel Draw. Pada versi ini Corel menyempurnakan beberapa fitur seperti adanya tools Vector brushes dan Pressure-sensitive.

Kemudian terdapat pula tools 3 Point Curve untuk menggambar vektor. Serta tools pemotong gambar yang berfungsi pada pembuatan desain web.

Corel Draw versi 12 (2003)

Corel Draw versi 12 mulai mengadopsi fitur-fitur unggulan milik AutoCad. Seperti Snap to Object dan Dynamic Guidelines. Membuat gambar juga lebih presisi pada versi terbaru ini.

Kekurangan Corel Draw versi 12 justru pada proses print lambat.

Corel Draw versi 13 / X3 (2003)

Corel mulai menggunakan cara penamaan berbeda untuk Corel Draw versi 13. Pada pembaruan ini namanya menjadi Corel Draw X3. Tentu saja perkembangan ini menjadi catatan penting pada sejarah Corel Draw.

Selain penamaan, pembaruan tools di versi ini diantaranya:

  • Smart Fills
  • Shaping Tools
  • PowerTRACE
  • Chamfer
  • Fillet
  • Scallop
  • Emboss

PowerTRACE hingga saat ini masih menjadi fitur tracing terbaik diantara software editor lain.

Corel Draw versi 14 / X4 (2008)

Corel Draw X memang menghadirkan berbagai tools-tools baru. Versi Corel Draw ini pun lebih kompleks. Terutama dengan berbagai tools untuk menggambar vektor lebih mudah.

Versi X4 sudah mendukung format file RAW dari kamera. Serta adanya fitur Live Text Formatting dan untuk mengidentifikasi fonts.

Corel Draw versi 15 / X5 (2010)

Perkembangan Corel Draw sudah semakin pesat. Software ini pun sudah mendukung multi core processor dan dapat digunakan di sistem operasi Windows 7.

Fitur baru di Corel Draw X5:

  • Manajemen dan pengelolaan warna
  • Transform Tools
  • Object Hinting
  • Pixel Views
  • Mesh Tools dengan transparansi

Selain itu X5 juga mendukung lebih banyak format file. Nyaris semua format file sudah bisa diekspor maupun impor di versi ini.

Corel Draw versi 16 (X6) (2012)

Pembaruan kali ini menghadirkan Corel Draw dalam dua tipe berbeda; Corel Draw 32-bit dan 64-bit.

Corel Draw versi 17 (X7) (2014)

Sejarah Corel Draw mencatat perkembangan signifikan pada versi ini. Mulai dari tampilan, user interface, hingga berbagai fitur dan versi baru. Interface X7 menggunakan Metro Design, dengan workspace dan tampilan lebih interaktif.

Sedangkan fitur paling menarik di versi ini adanya dukungan pada desain resolusi tinggi dan juga efek spesial untuk foto. Drawing tools di X7 pun akan jauh lebih presisi dibandingkan versi sebelumnya.

Corel Draw versi 18 (X8) (2016)

Corel Draw hadir dengan berbagai kemudahan bagi desainer grafis pada versi ini. X8 pun lebih stabil dan memiliki fitur penunjang desainer profesional. Misalnya dukungan ekspor dan impor file nyaris untuk semua format. Serta resolusi gambar dalam ukuran hingga kilometer.

Corel Draw 2017 (2017)

Pada versi sebelumnya Corel belum memberi dukungan pada penggunaan Live Sketch Tools. Versi kali ini sudah mendukung digunakannya pen tablet.

Corel Draw 2018 (2018)

Versi terbaru ini hadir dengan nama lain CorelDraw Graphic Suite 2018. Tidak banyak update fitur maupun tools. Selain software lebih stabil dan ukuran file lebih kecil. Bila X7 memiliki ukuran hingga 1GB, X8 hanya sekitar 500Mb.

Tampilan workspace dan ikon di X8 terlihat lebih modern. Sayangnya untuk menggunakan versi ini, pengguna harus upgrade hardware komputer.

Sejarah Corel Draw dan perkembangannya memang menarik. Masing-masing versi dari tahun ke tahun, masa ke masa membawa perubahan pada Corel Draw. Hingga menjadi salah satu software editor terbaik saat ini. Untuk mengetahui lebih lanjut tengan pengertian corel Draw , silahkan baca Part 1 pengertian Corel Draw.

Related Posts