SALUT! Ini 10 Kunci Rahasia Sukses Orang Cina yang Dapat Kita Ditiru

SALUT! Ini 10 Kunci Rahasia Sukses Orang Cina yang Dapat Kita Ditiru

Impian semua orang tentunya ingin meraih keberhasilan ketika menjalankan usaha. Apabila meminta bukti, maka sudah banyak jawaban ditemukan lewat karya dan upaya serta hasil dari mereka yang mampu menginspirasi banyak orang. Meniru rahasia sukses orang Cina juga tidak ada salahnya. 

Meniru Kesuksesan Orang Cina

Kesuksesan orang Cina sudah tidak dapat dipungkiri khusunya bagi masyarakat yang tinggal di Indonesia mampu melihatnya sendiri. Banyak dari mereka sukses secara keuangan maupun karir. Sebagi contohnya nama Hary Tanoesoedibjo, Bong Chandra dan Ciputra adalah buktinya.

Lewat cabang olahraga bulu tangkis, Indonesia juga diisi oleh beberapa atlet beretnis Tionghoa yang mampu mengharumkan nama Indonesia. Sebut saja Alan Budikusuma, Susi Susanti, Kevin Sanjaya dan Marcus Fernaldi adalah bukti nyata kesuksesan mereka memenangkan banyak penghargaan.

Menilik kesuksesan orang Cina di berbagai bidang seharusnya dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat di Indonesia. Tidak salah meniru citra positif yang dihadirkan oleh mereka. Sebab sebelum berhasil, tentunya ada berbagai tahapan proses jatuh-bangun sebelum akhirnya merasakan manisnya perjuangan.

Inilah Beberapa Rahasia Sukses Orang Cina

Orang Cina yang sukses bukan berarti perjalanannya selalu mulus tanpa adanya hambatan dan tantangan. Didikan secara temurun juga memberi pengaruh terhadap karakter manusia agar mau bekerja keras dan pantang menyerah. Berikut ulasannya:

1.Gemar Menabung atau Investasi

Orang Cina pada kenyataannya gemar investasi dan menabung. Ketika mereka memperoleh penghasilan, sebagian besar akan disimpan ke bank. Bahkan ada pula yang menempatkanna pada deposito maupun reksadana. Sisa uang lainnya digunakan untuk kebutuhan hidup selama sebulan.

Meniru pola perilaku orang Cina yang gemar menabung dapat membuat seseorang menjadi sukses. Terhindar dari konsumtif sehingga uang hanya habis untuk hal-hal percuma. Tapi apabila dana tersebut disimpan atau diinvestasikan, kelak akan memberi sumbangsih besar untuk membangun usaha lainnya.

2.Tidak Terlalu Memperlihatkan Kekayaan

Orang Cina dengan kehidupannya yang mapan tidak terlalu memperlihatkan kemewahannya. Ketika berpakaian saja pakaian tidak terlihat kemewahan justru sederhana saja. Mereka tidak terlalu mementingkan perhiasan mewah atau baju dengan harga mahal maupun bermerek.

Baju mewah cukup mereka pakai hanya untuk menghadiri acara penting, acara keluarga dan peringatan hari raya. Singkatnya, keseharian mereka jauh dari kehidupan glamor dan bermewah-mewahan. Sikap seperti ini sebaiknya ditiru karena kekayaan sudah sewajarnya bersifat privasi tanpa harus dipamerkan.

3.Membeli Barang denga Harga Tunai

Salah satu keunikan dari orang Cina adalah mereka memiliki uang namun tidak membeli barang secara kredit. Cukup membayar secara tunai untuk mendapatkan produk yang diinginkan. Hal ini dikarenakan bunga cicilan dapat memberatkan pembayaran di kemudian hari. Selain itu terdapat keuntungan lainnya.

Barang ketika dilunasi dengan pembayaran tunai jauh lebih murah dari harga kredit. Mereka tidak lagi terbebani dengan pikiran membayar biaya setiap bulannya. Namun cara seperti ini tentunya membutuhkan modal yang besar dan kesabaran agar dana untuk membeli sudah mencukupi.

4.Lebih Suka Memasak Sendiri

Kebutuhan pangan juga diperhatikan oleh orang Cina. Tubuh membutuhkan asupan gizi setiap harinya namun mereka lebih memilih untuk memasak sendiri. Membeli makanan siap saji selain harganya bisa lebih mahal, porsi yang didapat tidak terlalu banyak. Belum lagi pembeli akan dikenai pajak.

Berbeda apabila memasak sendiri, makanan lebih banyak porsinya dan uang yang dikeluarkan tidak sebanyak ketika membeli panganan instan. Hal ini tentunya mendukung penghematan dana untuk kebutuhan lainnya. Perilaku seperti ini terbukti memangkas pengeluaran dan menghindari pemborosan.

5.Memiliki Semangat yang Tinggi dan Pekerja Keras

Banyak orang Cina sukses dikarenakan kemauan mereka yang tinggi. Bekerja keras tanpa kenal lelah sebab didukung dengan semangat tinggi. Sifat seperti ini sudah tertanam sejak kecil ketika mereka diasuh oleh orang tuanya. Terbukti banyak dari etnis Tionghoa berhasil meraih keberhasilan.

Sifat seperti ini wajar rasanya jika ditiru karena dalam meraih kesuksesan tidak bisa dicapai dengan kemalasan. Orang Cina akan berusaha dengan sebaik-baiknya saat dihadapkan pada peluang kerja yang terbuka lebar. Jika ternyata keberhasilan menghampiri, hal itu merupakan buah dari kerja kerasnya.

6.Tidak Melewatkan Pekerjaan Sambilan

Bukan berniat serakah, orang Cina hanya memanfaatkan pekerjaan sambilan karena peluang itu terlihat di depan mata. Jika dilewatkan sama saja menyia-nyiakan kesempatan yang ada. Biasanya pekerjaan seperti mengajar les, berjualan online danmembuat konten tetap dilakoni dengan sungguh-sungguh.

Pekerjaan sambilan pada kenyataannya mampu memberi tambahan dana dari pekerjaan utama. Selain dapat ditabung, uang tersebut dapat pula digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Perilaku ini tidak ada salahnya bila dicontoh sebab dengan bekerja sampingan perlahan akan mengasah kemampuan soft-skill.

7.Memiliki Etos Kerja yang Tinggi

Bos di perusahaan bukan bermaksud pilih kasih, hanya saja ketika dihadapkan pada seleksi karyawan, tentunya lebih memilih mereka yang memiliki etos kerja tinggi. Orang Cina sudah terbiasa dengan kerja keras dan kompeten hal ini menjadi faktor pendukung mereka mudah untuk diterima bekerja.

Sebagai seorang atasan tentu tidak ingin mempekerjakan karyawan yang bermalas-malasan ketika bekerja. Orang Cina dengan etos kerja tinggi akan bergegas menyelesaikan tugas secara cepat. Karyawan didukung dengan karakter seperti ini lebih disukai bos dan mampu menunjang karir lebih baik. 

8.Lebih Mementingkan Fungsi Bukan Gengsi

Dapat dikatakan bahwa orang Cina hanya melengkapi rumahnya dengan barang-barang berguna. Mereka menyadari bahwa fungsionalitas lebih penting daripada memikirkan gengsi. Itulah sebabnya meskipun sebenarnya hidup dengan uang berlebih, kehidupan etnis Tionghoa ini tetap sederhana.

Lain halnya dengan gengsi, produk seharusnya dapat dibeli dengan harga normal justru harus mengeluarkan ‘uang lebih’ untuk mendapatkannya. Padahal dana itu dapat dialihkan pada kebutuhan lainnya yang lebih bermanfaat. Sikap seperti ini wajar rasanya untuk ditiru demi mencapai kesuksesan.

9.Berani Mengambil Resiko

Ketika terjun dalam dunia bisnis atau investasi, seseorang akan berhadapan dengan resiko tetapi sudah sewajarnya untuk mengambil keputusan. Orang Cina berani memnfaatkan peluang ini walaupun ada kemungkinan mengalami kerugian besar. Alasannya mereka sudah melakukan analisis yang panjang.

Selain itu keputusan tidak hanya ditetapkan untuk satu segi bisnis saja, tetapi juga seluruh aspeknya sehingga orang Cina sudah mempertimbangkan seperti apa kejadian yang dapat terjadi. Jika ternyata mengalami kerugian, mereka sudah siap untuk membangun ulang dengan strategi cadangan.

10.Sudah Diajarkan Bisnis Sejak Kecil

Bakat seorang anak kelak akan mendukung kehidupan di masa depannya. Apalagi didukung dengan didikan yang tepat dari orang tuanya. Usaha orang Cina merupakan usaha keluarga. Maka tida heran bila pada usia anak-anak sudah mampu membantu atau berkontribusi terhadap bisnis ibu dan bapaknya.   

Lewat pengalaman dan pengajaran berbisnis ini perlahan membentuk karakter sang anak memahami pentingnya berbisnis sejak kecil. Apalagi didukung dengan praktek bisnis keluarga tersebut, kelak menjadi ingatan kuat ketika mereka tumbuh dewasa khususnya dalam meneruskan usaha orang tuanya. 

Demikianlah pembahasan mengenai rahasia sukses orang Cina yang dapat ditiru mengingat pengaruhnya begitu besar terhadap kehidupan orang lain.

Leave a Reply