HATI-HATI! 5 Risiko Jika Tidak Membayar Tagihan Akulaku Tepat Waktu

Sudah tahu belum risiko jika tidak membayar tagihan Akulaku tepat waktu? Mengajukan pinjaman tentunya harus dibayar sesuai dengan kontrak pinjam yang disepakati. Jika Anda mengikuti program cicilan secara online, sebaiknya perhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku dengan cermat.

Nah, bagi Anda yang mengikuti program cicilan di Akulaku, ketepatan waktu membayar adalah syarat mutlak yang harus dipenuhi. Jika tidak, siap-siap Anda akan menanggung banyak risiko dan kerugian.

Ketahuilah, Akulaku sebagai penyedia layanan kredit virtual memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mengajukan pinjaman dalam bentuk barang maupun uang tunai. Namun sayang, masih banyak orang yang sering menyalahgunakan layanan ini dengan mengajukan pinjaman secara ‘sembrono’ hingga tidak mampu melakukan pembayaran tepat pada waktunya.

Nah, jika Anda tidak ingin mendapatkan kerugian yang besar, ketahui beberapa risiko jika tidak membayar tagihan Akulaku tepat waktu. Berikut kami jelaskan selengkapnya

Risiko Jika Tidak Membayar Tagihan Akulaku Tepat Waktu

Sebagai salah satu perusahaan fintech di bawah pengawasan OJK, Akulaku merupakan salah satu perusahaan yang memberikan penawaran pinjaman uang atau kredit terpercaya. Dengan kredibilitas yang tinggi, Akulaku patut Anda prioritaskan dan manfaatkan dengan sangat baik.

Jangan sampai nama Anda ter-blacklist hanya gara-gara tidak membayar tagihan Akulaku tepat waktu. Inilah risiko yang bakal Anda terima jika tidak membayar tagihan tepat waktu.

1. Diteror Dept Collector

Sama halnya dengan perusahaan pinjaman lainnya, Akulaku juga menjalin kerjasama dengan jasa dept collector untuk menuntaskan masalah dengan para peminjam yang tidak patuh terhadap kesepakatan membayar tagihan. Jika Anda tidak mampu membayar cicilan sesuai tanggal jatuh tempo, maka pihak dept collector tidak segan-segan untuk mengejar Anda.

jika tidak membayar tagihan akulaku

Mulanya, pihak Akulaku akan mulai melakukan penagihan secara tidak langsung maupun langsung jika Anda terlambat membayarkan cicilan hingga 90 hari kerja. Sebagai risiko jika tidak membayar tagihan Akulaku, pada peringatan awal Anda akan mendapatkan tagihan oleh dept collector via SMS, telepon atau WhatsApp. Namun, jika peringatan tersebut diabaikan, maka selanjutnya dept collector akan langsung menemui Anda dan meminta pertanggungjawaban atas cicilan yang belum terbayarkan.

Also Read :
Apakah Asuransi Prudential Penipu? Cek Faktanya

Lebih lanjut, beberapa kasus mengatakan bagi para peminjam yang tidak melakukan pembayaran hingga habis masa tenggang waktunya, maka pihak Akulaku tidak segan-segan melakukan teror para dept dollector. Bahkan para debt collector juga memberikan ancaman akan menghubungi orang-orang terdekat Anda. Jadi, lakukanlah pembayaran cicilan secara teratur untuk menghindari teror debt collector yang dapat membikin hidup Anda semakin tertekan.

2. Di-blacklist

Pemabayaran tagihan yang tidak tepat waktu pada Akulaku juga akan membuka peluang nama Anda masuk ke dalam daftar orang ter-blacklist. Akibatnya, Anda akan semakin sulit untuk melakukan transaksi pinjaman lainnya.

Sebagai perusahaan fintech resmi di bawah naungan OJK, secara otomatis data Anda pun juga akan terhubung dalam SLIK OJK atau BI Checking. Ketika nama Anda sudah di-blacklist oleh Akulaku maka secara tidak langsung Anda juga masuk dalam daftar blacklist SLIK OJK.

Lebih buruknya, Anda akan sulit mendapatkan pinjaman bank atau perusahaan fintech lainnya seperti Kredivo, Shopee PayLaer hingga Home Credit. Satu-satunya cara untuk menghilangkan nama Anda dari blacklist adalah dengan melunasi semua tunggakan angsuran Akulaku.

3. Skor Pinjaman Menurun

Semakin Anda lancar melakukan pembayaran tagihan Akulaku maka semakin baik pula tingkat kredit skor pinjaman Anda. Skor pinjaman ini dapat menunjukkan aktivitas Anda dalam penggunaan kredit. Nah, jika Anda tidak membayar tagihan Akulaku, maka skor pinjaman akan menurun.

Ya, apabila Anda sering ‘bolong’ dalam melakukan pembayaran, dapat dipastikan skor pinjaman Anda akan semakin menurun. Itu artinya Anda juga akan merasakan kesulitan saat akan mengajukan pinjaman selanjutnya.

Ada tiga level skor pinjaman yang perlu Anda ketahui yakni Fair, Good dan Very Good. Jika skor pinjaman Anda dalam kondisi Fair, itu berarti skor pinjaman Anda sangat rendah. Oleh karena itu, Anda harus mendisiplinkan membayar tagihan Akulaku Anda lagi.

Lebih lanjut, agar tidak ter-blacklist, sebaiknya pertahankan skor pinjaman Anda pada level Good atau Very Good. Hal itu akan sangat membantu Anda untuk kemudahan pengajuan pinjaman berikutnya.

4. Menanggung Denda Keterlambatan Bayar

Akulaku telah menerapkan biaya tambahan yang harus dibayarkan peminjam jika telat membayar tagihan. Besaran biaya tambahan tersebut sebesar 10 persen dari total tagihan. Biaya ini juga berlaku ketika terjadi kegagalan pembayaran.

Also Read :
Tahapan Pencatatan Keuangan dan Transaksi

Akulaku memberikan jatuh tempo pembayaran hingga tanggal 7 setiap bulannya. Itu berarti, jika Anda melakukan transaksi pada tanggal 17 Agustus, maka Anda harus membayar pada 7 September. Berbeda jika transaksi yang Anda lakukan pada tanggal 21 hingga 31, maka pemabayaran tagihan dapat dilakukan paling lambat dua bulan setelah transaksi di tanggal 7.

Sudah tahu kan tanggal jatuh tempo untuk pembayaran tagihan Anda? Dari pada membuang uang untuk membayar denda, sebaiknya ingat dengan baik tanggal jatuh temponya ya!

5. Dibawa ke Jalur Hukum

Meski jarang terjadi, namun risiko jika tidak membayar tagihan Akulaku ini harus tetap Anda perhatikan dan waspadai. Jika Anda melakukan peminjaman dengan jumlah yang sangat besar dan tidak disiplin melakukan pembayaran, maka risiko ini bisa saja terjadi pada Anda.

Pihak Akulaku tidak segan-segan untuk membawa kasus ini ke ranah hukum jika peminjam tidak membayar tagihan Akulaku tepat waktu dan tetap tidak melakukan pembayaran hingga masa tenggang yang diberikan habis.

Cara  Membayar Tagihan Akulaku

Nah, agar tidak diburu debt collector, di-blacklist Akulaku hingga sulit mendapatkan pinjaman di kemudian hari, Anda harus disiplin membayar tagihan Akulaku. Berikut kami bagikan dua cara membayar tagihan Akulaku via ATM BCA dan Indomaret.

1. Membayar via ATM BCA

Anda bisa melakukan pembayaran tagihan dengan mengunjungi ATM BCA terdekat. Caranya, masukkan terlebih dahulu ATM BCA dan PIN. Lalu pilih menu Transaksi Lainnya. Klik menu Transfer dan pilih Rekening Bank Lain.

Anda bisa memasukkan kode transfer bank Permata yakni 013. Masukkan nominal tagihan dan yang terakhir input nomor virtual pembayaran Akulaku.

2. Membayar via Indomaret

Jika memilih membayar via Indomaret, siapkan nomor atau kode virtual account yang Anda miliki. Setelah itu, Anda bisa pergi ke gerai Indomaret terdekat.

Datangi kasir dan sampaikan bahwa Anda akan melakukan pembayaran tagihan Akulaku. Kemudian kasir akan menanyakan nomor virtual account Akulaku untuk pembayaran tagihan. Tunggu hingga kasir selesai melakukan transaksi pembayaran. Jangan lupa untuk meminta struk pembayaran sebagai bukti pembayaran yang sah.

Itulah lima risiko jika tidak membayar tagihan Akulaku tepat waktu, berikut cara membayar tagihannya. Jika Anda telah memutuskan untuk mengambil pinjaman baik secara online maupun offline, maka sebaiknya perhatikan hal-hal yang berkaitan dengan ketentuan pembayaran tagihan dengan baik dan benar agar tidak mengalami risiko sebagaimana dijelaskan di atas.