Tabungan BRI untuk Anak

Rekomendasi Tabungan Anak BRI Untuk Menyiapkan Masa Depan Anak Anda

Tabungan Anak BRI Untuk Menyiapkan Masa Depan Anak Anda – Setiap orang tua tentu ingin seluruh anaknya memiliki kehidupan yang baik dan sejahtera. Meski kehidupan anak setelah dewasa ditentukan oleh pilihan masing-masing anak, namun semua orang tua tentu ingin mempersiapkan masa depan tersebut sebaik mungkin.

Persiapan masa depan yang dilakukan para orang tua semaksimal mungkin mulai dari kondisi kesehatan anak, pribadi anak, hingga finansial. Semua persiapan ini tentu dilakukan agar sang anak memiliki kehidupan yang stabil di masa depan.

Mempersiapkan masa depan anak memang bukan perkara yang mudah, namun tentu semua orang tua rela melakukan cara apapun untuk mempersiapkan hal tersebut. Salah satu cara yang banyak digunakan para orang tua adalah membuka tabungan anak BRI.

Membuka tabungan anak sejak anak masih kecil merupakan cara paling praktis untuk mempersiapkan finansial anak di masa depan. Setelah anak beranjak dewasa tentu akan banyak biaya yang harus dibayar seperti biaya sekolah, biaya pernikahan, dan biaya hidup.Baca Juga: Meningkatkan Omset Jualan Online

Meski jumlah biaya yang dibutuhkan nantinya belum pasti, namun banyak orang tua yang sudah mulai menabung sejak anak masih dini. Hal ini dilakukan tidak lain agar tabungan yang dikumpulkan bisa memiliki nominal yang besar.

Di zaman modern seperti saat ini, hampir semua masyarakat memiliki akun tabungan di bank sehingga aktifitas menabung bisa dilakukan dengan mudah. Namun jika tujuan akun tabungan dibuat sebagai tabungan kehidupan anak, maka akun tabungan anak BRI atas nama anak yang bersangkutan lebih direkomendasikan.

Jika akun tabungan dibuat menggunakan nama sang anak, maka anak tersebut akan lebih mudah menggunakannya di masa depan. Ada berbagai bank terkemuka di Indonesia yang membuka program tabungan anak, salah satunya adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI).

BRI merupakan bank terkemuka yang telah digunakan oleh jutaan masyarakat Indonesia. Dengan kualitas pelayanan yang baik, BRI meluncurkan berbagai jenis layanan berupa simpan pinjam yang menguntungkan masyarakat.

Salah satu produk keuangan yang diluncurkan oleh BRI adalah program tabungan anak. Program ini berhasil menarik perhatian jutaan masyarakat Indonesia dan menjadi salah satu produk keuangan paling laris. Berikut ini tabungan anak BRI yang telah diluncurkan.

Tabungan BRI Junio

Tabungan anak pertama yang paling banyak digunakan masyarakat adalah tabungan BRI Junio. Nama tabungan ini terinspirasi dari kata junior yang identik dengan anak-anak. Bank BRI membuat tabungan ini dengan 2  target pasar anak-anak di bawah umur dan remaja.

Namun tentu karena target pasar yang dituju adalah anak-anak di bawah umur, program tabungan ini tetap dipromosikan pada masyarakat dewasa sebagai penanggungjawabnya. Kategori peserta tabungan ini dibagi menjadi kategori 0 sampai 12 tahun dan 12 tahun ke atas.

Pembagian kategori ini berhubungan dengan perbedaan persyaratan yang harus diberikan saat pembukaan rekening. Untuk nasabah 12 tahun ke atas, persyaratan yang harus dipenuhi saat membuka tabungan anak BRI  antara lain :

  • Kartu Pelajar
  • Salinan KTP orang tua
  • Surat Pernyataan Izin dari orang tua
  • Setoran awal Rp. 150.000

Dengan persyaratan-persyaratan tersebut, tabungan BRI junio kategori 12 tahun ke atas sudah bisa dibuka. Sedangkan persyaratan pembukaan rekening BRI junio kategori usia 0 – 12 tahun diantaranya :

  • Orang tua memiliki rekening BRI (Simpedes atau BritAma)
  • Kartu Keluarga atau akta kelahiran
  • Salinan NPWP
  • Setoran awal Rp. 100.000

Untuk program BRI Junio kategori 0 – 12 tahun ini, setoran tabungan anak BRI bisa langsung di transfer otomatis  dari rekening orang tua. BRI Junio memiliki desain buku dan kartu ATM yang menarik sesuai dengan target pasar yang ada, sehingga anak-anak yang belum mengerti mengenai tabungan akan tetap senang hanya dengan melihat desannya saja.

Tabungan BRI Simpel

Jenis tabungan kedua yang diluncurkan oleh bank BRI dengan target pasar anak-anak adalah tabungan BRI simpel. Target pasar dari program tabungan ini adalah anak-anak yang berstatus pelajar.

Jika program tabungan BRI Junio menargetkan anak-anak dari nasabah bank yang sudah aktif, maka program tabungan ini sedikit berbeda. Tabungan anak BRI ini bekerjasama dengan sekolah-sekolah tertentu dan menjadikan siswa yang belajar di sekolah tersebut sebagai target pemasaran.

Program ini dibuat dengan tujuan untuk melatih para siswa untuk memiliki kebiasaan menabung sejak kecil. Meski tabungan ini merupakan program bank BRI, namun siswa yang mengikuti program tabungan ini tidak perlu repot pergi ke bank setiap hari karena setoran tabungan bisa dilakukan di sekolah.

Persyaratan pembuatan rekeningnya juga cukup mudah. Persyaratan tersebut diantaranya :

  • Kartu pelajar atau surat keterangan dari sekolah yang mencantumkan NIS
  • Kartu keluarga
  • Salinan akta lahir
  • Salinan KK
  • Salinan KTP orang tua
  • Setoran awal Rp. 5.000

Pembukaan rekening ini juga bisa dilakukan di sekolah yang bekerjasama ataupun dengan datang langsung ke kantor cabang bank BRI. Dengan kemudahan program tabungan ini, anak bisa mulai menabung sejak dini.

TabunganKu

Program tabungan anak BRI selanjutnya diberi nama program tabunganKu. Program tabungan ini sebenarnya bukan hanya diterbitkan oleh bank BRI. Berbagai bank di bawah pengawasan Bank Indonesia juga memiliki program tabungan ini.

Yang menarik dari program tabungan ini adalah tidak adanya biaya administrasi yang dibebankan pada nasabah. Tentu dengan program bebas biaya ini akan lebih membantu nasabah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Persyaratan yang harus dipenuhi saat membuka rekening juga cukup mudah yakni KTP atau SIM saja. Anda bisa membawa persyaratan tersebut saat akan membuka rekening bersama dengan setoran awal tabungan minimal Rp. 20.000.

Perbedaan tabungan anak BRI ini dengan tabungan anak lainnya juga disebabkan karena tidak adanya kartu ATM yang disediakan untuk program tabunganKu. Tidak adanya kartu ATM ini justru menjadi keunikan sendiri dan memberikan manfaat yang baik karena nasabah tidak bisa menarik uang tabungan kapanpun diinginkan.

Nasabah program tabunganKu hanya bisa menarik uang tabungan tersebut di cabang BRI terdekat. Karena keharusan pergi ke kantor cabang ini, nasabah biasanya lebih memilih untuk menyimpan tabungan tersebut untuk waktu yang lama tanpa penarikan.

Itulah beberapa rekomendasi tabungan anak BRI yang bisa menjadi pilihan untuk melatih anak agar memiliki kebiasaan menabung sejak kecil.  Kebiasaan menabung ini juga akan memberikan manfaat baik lainnya.

Kebiasaan menabung ini akan melatih anak untuk mengatur pengeluaran dari uang yang dimiliki saat ini. Namun tentu kedisiplinan ini hanya bisa dirasakan jika anak menabung dari uang bekal sehari-harinya.

Hal ini bukan hanya akan mendidik anak untuk memiliki kebiasaan menabung, namun juga akan membuat anak lebih disiplin. Jika anak sudah disiplin menabung dan mengatur pengeluaran, orang tua akan lebih mudah untuk mempersiapkan anak menjadi pribadi yang lebih baik di masa depan.

Menggunakan tabungan anak BRI bisa menjadi cara terbaik mempersiapkan masa depan anak yang baik secara finansial dan pribadi. Dengan pelatihan yang baik dari orang tua, kehidupan anak akan membaik seiring dengan kedisiplinan yang dimilikinya.

Leave a Reply