15+ Rekomendasi Barang yang Laku Dijual di Sekolah

By | June 4, 2020
Rekomendasi Barang yang Laku Dijual di Sekolah

Barang yang Laku Dijual di Sekolah-Kalau diperhatikan, orang yang jualan di sekolah sepertinya bahagia, setiap bel istirahat atau pulang sekolah lapaknya selalu ramai. Tapi bukan berarti jualan di sekolah itu gampang, karena sebelum memulainya, Anda harus mengerti dulu barang apa yang laku dijual di sekolah.

Dengan memahami kebutuhan konsumen, besar kemungkinan jualan kita akan cepat laku. Jadi sebelum Anda mulai berjualan, lakukan riset kecil-kecilan dengan metode ATM (Amati Tiru Modifikasi).

Caranya bisa dengan mendatangi sekolah-sekolah yang ada di daerah Anda, perhatikan minat anak-anak, dan barulah Anda bisa menyimpulkan apa yang paling dicari anak sekolah.

Jika tak sempat melakukan riset karena kesibukan, silahkan simak daftar barang yang laku dijual di sekolah modal minim berikut ini.

Daftar Barang yang Laku Dijual di Sekolah

Cara sederhana yang dipakai pedagang sukses biasanya mereka berjualan barang yang diperlukan setiap hari, contohnya makanan, minuman, hingga barang pokok harian. Tapi di sekolah apa harus seperti itu juga?

Tidak ada salahnya untuk mencoba. Namun semuanya harus diperhitungkan dengan matang, karena kalau hanya fokus jualan di sekolah waktunya hanya sebentar. Paling lama jam dua siang anak sekolah sudah pada pulang.

Baca Juga : 10 Usaha Yang Cocok Untuk Mahasiswa Jogja

Bagaimana menyiasatinya? Caranya dengan memilih barang yang laku dijual di sekolah. Kalau bingung mau jualan apa, berikut daftar lengkapnya.

1. Makanan dan Minuman

Pada daftar pertama tentu saja makanan dan minuman. Karena anak sekolah terutama anak SD lebih banyak menghabiskan waktu istirahat di kantin maupun di luar sekolah untuk jajan.

Tapi yang jadi pertanyaan, apa saja makanan yang laku dijual di sekolah? Atau jajanan apa yang paling diminati oleh anak sekolah?

Dari segi psikologi, anak-anak biasanya suka dengan jajanan yang unik dan menarik seperti es serut yang dikasih sirup warna-warni, atau siomay batagor yang bisa bikin perut kenyang. Selain itu berikut jajanan yang paling laku dijual di sekolah.

  • Bakso Telor
  • Cilor (Aci Telor)
  • Telor Kol
  • Telor Gulung
  • Leker
  • Cilung (Aci Gulung)
  • Siomay Batagor
  • Burger Mie
  • Fried Chicken Seribuan
  • Sosis dan Nuget
  • Gulali
  • Minuman Dingin (Pop Ice, Top Ice, Teh Sisri, dll)
  • Es Krim Seribuan

Untuk lebih lengkapnya disini : 12 Usaha Jajanan Anak Sekolah Dasar (SD) Mudah Dibuat!

Jika jualan makanan dan minuman menjadi pilihan, ada banyak resep dan cara membuat jajanan sekolah di Youtube yang bisa dicoba. Masalah biaya tak perlu khawatir, karena rata-rata sudah ada penjelasan lengkap dan rincian harga yang dibutuhkan.

2. Mainan Anak

Mainan anak masuk ke dalam daftar barang yang laku dijual di sekolah terutama di Sekolah Dasar. Karena biasanya uang jajan mereka lebih banyak dihabiskan untuk membeli mainan daripada makanan.

Namun sebelum itu Anda harus tahu dulu mainan apa yang mereka sukai dan tentunya sesuaikan dengan uang jajan mereka. Jangan malah menjual mainan yang harganya mahal dan ketinggalan zaman.

Jenis mainan yang laku dijual di sekolah dari tahun ke tahun biasanya berhubungan dengan kartu, gambar-gambaran, layang-layang dan kelereng. Selain itu ada mainan gosok-gosok atau cabut-cabutan yang hadiahnya beragam.

3. Alat Tulis

Alat tulis merupakan salah satu hal terpenting untuk menunjang kegiatan belajar. Selain murid sekolah, para guru pastinya juga membutuhkan alat tulis. Nah, ini bisa jadi ide jualan Anda di sekolah.

Untuk masalah modal pelan-pelan saja, utamakan barang yang laku dijual di sekolah terlebih dahulu, seperti pensil, pena, penghapus, hingga buku. Nanti kalau sudah terlihat hasilnya bisa ditambah dengan alat tulis lain dan tak ada salahnya juga dipadukan dengan jualan mainan anak.

Tips Jualan di Sekolah Agar Laku

Jualan disekolah
Jualan disekolah

Dalam memulai usaha pasti ada kiat-kiat yang harus dipakai agar jualan cepat laku. Sama halnya dengan jualan di sekolah, harus pandai mencari celah agar jualan kita laris.

Selain mencari tahu barang yang paling banyak diburu oleh anak sekolah, ada beberapa hal yang mesti Anda perhatikan. Berikut tips jualan di sekolah agar cepat laku.

1. Niat dan Fokus

Sebelum mulai berjualan pastikan Anda memiliki niat untuk maju. Kuatkan niat Anda, fokus dan jangan terpengaruh dengan komentar negatif yang terdengar di telinga. Orang sukses pasti selalu mengawali harinya dengan niat.

Jika merasa niat Anda masih setengah-setengah, lebih baik tunda dulu jualannya, jangan sampai berhenti di tengah jalan karena niatnya terbagi dengan yang lain.

2. Sabar

Bisnis apapun pasti membutuhkan kesabaran. Sabar adalah kunci keberhasilan. Kalau misalkan di hari pertama jualan Anda banyak yang belum laku, jangan berkecil hati. Coba lagi di esok hari dengan semangat dan niat yang sama.

Ada banyak contoh pengusaha sukses yang selalu sabar dengan bisnis yang dijalaninya. Kita ambil contoh pendiri KFC yang bernama Kolonel Sanders, dia baru dapat menikmati jerih payahnya ketika memasuki usia senja.

3. Jangan Malu

Kenapa harus malu berjualan? Tidak ada alasan yang tepat untuk menjawab pertanyaan itu. Rata-rata orang sukses di seluruh dunia memulai bisnis, mereka berjualan. Tahu Indomaret? Awalnya hanya warung kecil, sekarang sudah tersebat di seluruh penjuru Indonesia.

Jadi kalau Anda ingin menjadi orang sukses, tak masalah memulai dari yang kecil, pelan-pelan ditingkatkan hingga nantinya bisa menjadi besar. Intinya jangan pernah merasa malu untuk berjualan atau memulai bisnis.

4. Akrab Dengan Anak Sekolah

Nah, tips jualan di sekolah agar laku yang terakhir ini sangat penting untuk Anda terapkan. Selain sabar dan sungguh-sungguh, Anda juga harus membangun komunikasi yang baik dengan anak-anak sekolah.

Biasanya mereka tertarik dengan penjual yang atraktif dan lucu. Tips ini sudah terbukti dengan pedagang di sekolah yang jualannya biasa saja, tapi setiap bel istirahat dan bel pulang berbunyi lapaknya ramai dikerubungi anak-anak.

Lucu, menarik, dan akrab dengan anak-anak adalah salah satu kunci agar jualan Anda laku di sekolah. Tapi jangan terlalu berlebihan ya, bisa-bisa mereka malah jadi tidak nyaman.

Kesimpulan

Jenis-jenis barang yang laku dijual di sekolah memang beragam. Sesuaikan saja dengan minat dan kemampuan Anda. Karena bisnis apapun juga harus dibarengi minat kita, agar saat menjalaninya kita merasa nyaman dan tidak ada tekanan.

Jika ingin berjualan di sekolah, Anda tidak perlu menyewa tempat, gunakan saja ruang yang tersedia di depan pagar sekolah. Biasanya harus ada izin dari pihak sekolah dulu, untuk itu pastikan barang jualan Anda benar-benar aman untuk anak sekolah.

Saat pertama kali memulai memang tidak mudah, perlu kesabaran yang ekstra. Namun dengan niat yang sungguh-sungguh, apa yang kita kerjakan pasti berhasil.  Nah, cukup sekian artikel rekomendasi barang yang laku dijual di sekolah pada artikel ini. anda juga bisa memahami juga pekerjaan yang menghasilkan jasa di sini. Semoga bermanfaat.