WAJIB TAHU! Ini Beberapa Pinjol Tanpa OJK

by Admin
0 comment

Pinjaman online sekarang ini pasti sudah tidak asing lagi ditelinga kaum urban modern. Namun sayang ada beberapa pinjol tanpa OJK yang cukup meresahkan, mereka memberikan pinjaman namun dengan bunga besar dan standar operasional tidak sesuai dengan prosedur nasional keamanan.

Sudah banyak keluhan yang dilayangkan terkait dengan pinjol tanpa ada pengawasan dari OJK. Namun ternyata masih banyak juga korban-korban baru berjatuhan. Perlu adanya edukasi agar masyarakat tidak terus mudah percaya terhadap bujuk rayu dari para oknum tidak bertanggung jawab ini.

OJK merupakan salah satu syarat yang harus ada untuk melihat keamanan dari pinjaman online tersebut. Jika ternyata belum ada maka jangan berani masuk ke dalamnya, semua sistem operasional dipastikan tidak sesuai dengan standar yang sesuai. Hanya membuat rugi para penggunanya.

Bocoran Nama Pinjol Tanpa OJK

Sekarang ini masyarakat harus waspada terhadap pinjaman online tanpa adanya pengawasan langsung dari OJK. Setidaknya ada lebih dari 10 platform tersebar di media sosial, membuat iklan marketing dan akhirnya korbannya terus berjatuhan. Beberapa diantaranya akan kami sebutkan dibawah ini.

  1. Dana Kilat

Dana Kilat

Pinjaman online atau pinjol pertama tanpa adanya pengawasan dari OJK adalah dana kilat. Bagi Anda yang sering scroll media sosial pasti tidak asing lagi dengan iklan dari pinjol satu ini. Cukup meresahkan karena ada di berbagai platform media sosial sehingga mudah sekali mempengaruhi orang-orang baru.

Dana kilat sendiri mengklaim dapat memberikan pinjaman uang tunai secara online dalam waktu cepat dan persyaratan yang mudah. Hanya menggunakan KTP dan mengisi beberapa data pribadi sudah bisa melakukan pengajuan. Namun setelah itu akan terjadi teror penagihan dan melambungnya bunga cicilan

  1. Rupiah Petir

Rupiah Petir

Selanjutnya adalh rupiah petir. Pinjaman dari sini juga sama-sama berbahaya. Sudah beberapa bulan kebelakang banyak keluhan masuk dan semakin ramai di media sosial. Orang-orang mengungkapkan jika sistem operasionalnya merugikan, membuat malu di hadapan teman-teman maupun keluarga.

Pasalnya pihak rupiah petir melakukan penagihan ke berbagai nomor yang ada di kontak pelanggannya bahkan sebelum waktu jatuh temponya. Hal tersebut tentu sangat merugikan para pengguna, belum lagi cicilan bunga terus bertambah setiap harinya, hingga berkali-kali lipat dari nominal awalnya.

  1. Butuh Uang

Butuh Uang

Kemudian ada juga platform butuh uang yang harus jadi Anda tandai sebagai pinjol tanpa ojk selanjutnya, jangan sampai masuk ke lubang perangkap mereka. Pasalnya sudah banyak juga korban berjatuhan dan mengakibatkan kerugian bahkan sampai ratusan juta. Teror hari demi hari dari desk collector sangat meresahkan para penggunanya.

Butuh uang memberikan pinjaman online dari ratusan sampai jutaan rupiah. Waktu verifikasi yang singkat tentu mempermudah saat pengajuan. Sayangnya itu hanya diawal saja, tidak sampai satu minggu bunga sudah naik berkali-lipat membuat penggunanya merasa tertipu.

  1. KSP Dompet Pisang

KSP Dompet Pisang

KSP dompet pisang menjadi pinjol online selanjutnya yang tidak terdaftar di otoritas jasa keuangan Indonesia. Syarat pengajuan yang mudah, kemudian waktu verifikasi cepat seringkali membuat orang tertarik untuk mengajukan pinjaman sejumlah nominal tertentu, apalagi saat didesak kebutuhan.

Sayangnya karena tidak masuk pengawasan dari otoritas jasa keuangan keamanan data tidak terjamin. Anda juga harus menyiapkan mental jika setiap hari harus selalu diteror oleh para debt collector. Seringkali mereka juga mengeluarkan kata-kata kasar yang tidak seharusnya diucapkan.

  1. Laju Dana

Laju Dana

Sebagian dari Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan pinjol laju dana. Iklannya saja sudah ada di berbagai media sosial, penawaran yang diberikan memang menggiurkan sekaligus penuh  risiko. Sudah banyak orang kena jebakan dan akhirnya harus keluar uang banyak demi lepas dari pinjol tersebut.

Laju dana sendiri sudah ada sejak beberapa tahun lalu, sampai sekarang korbannya terus berjatuhan. Mengajukan pinjaman dana disini memang cepat dan akses disetujuinya tidak ribet, namun belum sampai jatuh tempo saja sudah ada peringatan spam telephone berulang kali dalam satu hari.

Ciri-ciri Pinjol Tanpa Pengawasan dari OJK.

Kewaspadaan memfilter aplikasi tanpa pengawasan dari OJK sangat penting dilakukan. Sebagai nasabah harus paham ciri-cirinya agar tidak merasa dirugikan baik dari segi finansial maupun kehidupan pribadi. Berikut adalah empat ciri khas pinjol ilegal yang berbahaya.

  1. Tenor Pinjaman Cukup Singkat

Biasanya pinjol tanpa adanya pengawasan dari OJK mempunyai tenor pinjaman cukup singkat. Bisa dari 2 minggu sampai 30 hari atau satu bulan. Biasanya jika melewati batas tersebut mereka akan mengirimkan dana kembali ke rekening pribadi, padahal tidak ada pengajuan lagi.

Hal tersebut sangat berbahaya karena bisa mengakibatkan terjadinya penumpukan dana tidak diinginkan. Mereka akan memberikan ancaman secara terus menerus, teror telephone bahkan bisa sampai mendatangi ke rumah. Hal tersebut tentu sangat mengganggu ketentraman.

  1. Bunga Kredit yang Tinggi

Pinjol tanpa adanya pengawasan dari OJK juga punya bunga yang tinggi, penetapan bunganya tidak transparan sehingga sangat merugikan pihak nasabah. Bahkan pinjam sejumlah Rp 500 ribu saja bisa jadi jutaan bahkan puluhan juta. Padahal prosedur yang ditetapkan pemerintah tidaklah sekejam itu.

Pemerintah secara resmi mengeluarkan peraturan bahwa pinjol legal hanya diperbolehkan untuk memberikan bunga sebesar 0,8% setiap harinya. Selain itu masa tenor juga tidak boleh kurang dari 90 hari. Jika sudah menyimpang dari aturan tersebut, maka harus mulai waspada dan lebih baik cari lain.

  1. Persyaratan yang Terlalu Cepat dan Mudah

Banyaknya iklan dan penawaran pinjaman online di media sosial seringkali memang membuat tertarik untuk mencobanya.  Namun jangan tergesa-gesa untuk langsung mengisi data pribadi dan mengajukan pinjaman. Bisa jadi syarat yang sedikit dan verifikasi cepat merupakan tanda bahwa itu ilegal.

Biasanya pinjol ilegal hanya membutuhkan KTP saja, tidak ada verifikasi wajah atau kelengkapan pribadi lainnya. Setelah itu akses permintaan dana akan langsung diproses. Pihak pinjol tidak akan mengirimkan konfirmasi apapun lagi karena sudah memiliki informasi valid dari nasabah dan bisa disalahgunakan.

  1. Spam Iklan Promosi

Ciri terakhir ini pasti sering juga Anda temukan, hati-hati jika sering melihat iklan terkait salah satu platform pinjaman online. Mereka tergolong agresif dan suka mengirimkan penawaran juga melalui berbagai media seperti e-mai bahkan sms. Padahal Anda sebelumnya tidak pernah ada urusan.

Jika sudah seperti maka bisa dipastikan jika pinjaman online tersebut ilegal dan tidak punya ijin resmi dari OJK untuk menjalankan operasional perusahaannya. Jangan hanya kepepet langsung setuju dan melakukan pengajuan. Proses cepat dan nggak ribet bukan jaminan keamanan yang bagus.

Jika memang Anda sedang butuh dana dalam waktu dekat, sebaiknya lakukan pengajuan di beberapa pinjaman online legal saja.  Ada banyak platform pinjol sudah mengantongi izin dari OJK sehingga tingkat keamanan dan kenyamanan nasabah terjamin. Tidak usah takut kena teror dari debt collector lagi.

Nah jadi itu beberapa contoh dan ciri ciri pinjol tanpa ojk , semoga bermanfaat , jangan share biar yang lain tahu.

Related Posts