Penjelasan Lengkap Home Industri (Pengertian, Manfaat dan Contoh Usaha)

Penjelasan Lengkap Home Industri (Pengertian, Manfaat dan Contoh Usaha)

Informasi mengenai home industri (pengertian, manfaat dan contoh usaha) tentu perlu Anda pahami terlebih dahulu. Terutama bagi orang-orang yang tertarik untuk memulai usaha cukup di rumah saja. Pasalnya ada beberapa trik tersendiri ketika sudah menjalankannya.

Keberadaan home industri akan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar. Terbukannya peluang usaha seperti ini pada akhirnya mampu mengurangi jumlah pengangguran. Besar harapannya juga menyerap sumber daya manusia yang terlatih namun kurang beruntung mendapatkan kerja.

Umumnya keberadaan home industri mampu menerapkan teknologi padat karya. Hal ini membuat kesempatan kerja tercipta lebih banyak. Peluang pekerjaan seperti ini bahkan dikatakan relatif dominan apabila dibandingkan dari perusahaan berskala besar sekalipun.

Pengertian Home Industri

Penjelasan Lengkap Home Industri (Pengertian, Manfaat dan Contoh Usaha)
Penjelasan Lengkap Home Industri (Pengertian, Manfaat dan Contoh Usaha)

Home industri atau biasa disebut dengan usaha rumahan adalah sebuah bisnis manufaktur skala kecil. Umumnya hanya beroperasi cukup dirumah saja sehingga tidak membutuhkan banyak karyawan seperti di pabrik besar. Pengelolaannya pun juga relatif sederhana atau bahkan perorangan.

Home industri juga bisa diartikan sebagai unit usaha maupun perusahaan skala kecil yang bergerak di bidang usaha tertentu. Kegiatan ekonomi ini hanya dipusatkan pada tempat tinggal seseorang sehingga cukup sederhana. Namun keuntungannya pun semakin lama juga kian bertambah.

Jalannya sebuah home industry umumnya tidak banyak membutuhkan modal dalam jumlah besar. Namun seiring berjalannya waktu, usaha kecil ini juga mampu mendapatkan keuntungan cukup tinggi. Terlebih jika dikembangkan dengan maksimal serta pengelolaan optimal dari pemimpin utama.

Ciri-Ciri Home Industri

2

Ada beberapa ciri-ciri yang bisa ditunjukkan bahwa sebuah usaha dikatakan menjadi home industry. Pertama adalah jenis barang maupun komoditi umumnya merupakan produk serupa dan tidak mudah berubah-ubah. Selain itu, pemilihan lokasi juga menetap tanpa adanya pindah-pindah area.

Umumnya, home industry juga sudah melakukan administrasi keuangan meskipun masih sederhana. Tujuannya agar dapat dipisahkan dari manajemen keluarga sehingga tidak bercampur. Nantinya neraca usaha bisa disusun secara khusus. Selain itu, memiliki izin dan syarat legalitas seperti NPWP.

Sebuah home industry juga memiliki sumber daya manusia atau bisa dikatakan sebagai pekerja yang mempunyai pengalaman dalam berwirausaha. Selain itu, sebagian dari akses perbankan digunakan untuk keperluan modal. Beberapa diantaranya disusun dalam bentuk business planning.

Manfaat Home Industri

Ada beberapa manfaat dari keberadaan home industry satu ini. Tidak hanya memberikan keuntungan bagi pemiliknya saja, melainkan juga membawa perubahan ekonomi di sekitarnya terutama untuk membuka lapangan pekerjaan. Angka perdagangan juga ikut meningkat seiring berjalannya waktu.

  1. Membantu untuk Memberdayakan Ekonomi Masyarakat Desa

Banyak dari home industri memang berlokasi di pedesaan sehingga dapat dikaitkan dengan kurangnya sumber daya manusia memadai sekalipun peluang pekerjaannya memang cukup tinggi. Hal ini menjadi bukti bahwa adanya usaha rumahan efektif untuk memberdayakan ekonomi pada masyarakat desa.

Terutama jika home industri tersebut bergerak di bidang pertanian, peternakan dan juga perkebunan. Pasalnya ketiga hal ini memang lebih banyak dijumpai di area pedesaan. Harapannya sebuah usaha rumahan tersebut mampu meningkatkan efektivitas produksinya menjadi berkembang dan optimal.

  1. Meningkatkan Kreativitas Masyarakat sekaligus Menciptakan Sebuah Produk

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, adanya home industry mampu meningkatkan kreativitas masyarakat. Pasalnya bagi sebagian warga yang memang belum terlatih akan terjun langsung ke sebuah industri. Nantinya mereka mampu mengembangkan potensi diri agar berkembang ke depannya

Selain itu, sebuah home industry juga tentunya mampu menciptakan sebuah produk yang memiliki nilai jual tinggi. Umumnya usaha rumahan ini akan membuatnya satu per satu bukan secara massal. Kualitas hasil manual seperti ini memang memiliki daya tarik tersendiri dan meningkatkan nilai jualnya.

5+ Contoh Home Industry

Memiliki sebuah home industri menjadi impian bagi banyak orang ketika mereka masih bekerja dengan pimpinannya. Tentunya ada kelebihan dan kekurangan tersendiri dari sebuah usaha tersebut. Namun ternyata prospeknya cukup menjanjikan apabila Anda mampu mengenali pasar secara cermat.

  1. Puding Art

Suatu home industri tidak akan bisa dipisahkan dari kreativitas setiap orang. Keduanya memang menjadi dua hal saling mendukung satu sama lain. Misalnya saja adalah ketika Anda memiliki keahlian dalam membuat pudding art, maka dapat dimanfaatkan untuk memulai sebuah usaha rumahan.

Pudding sendiri merupakan hidangan ringan pencuci mulut yang umumnya murah dan memiliki rasa cenderung manis. Produk ini memang tidak dijadikan sebagai makanan pokok namun sering menjadi alternatif kue ulang tahun. Proses pembuatannya menjadi alasan mengapa harganya cukup mahal.

  1. Katering

Sudah banyak sekali katering yang dimulai dari usaha rumahan kecil-kecilan, Keuntungan mereka pun juga relatif menjanjikan terutama jika menunya beragam dan enak namun dijual cukup terjangkau. Anda bisa memulainya di rumah saja apabila memiliki keahlian untuk memasak dalam jumlah besar.

Usaha catering tidak mengharuskan Anda untuk menyewa tempat bahkan hanya menggunakan area kosong yang ada di sekitar rumah saja. Namun jika bisnis ini berkembang menjadi lebih besar, perluasan lahan tentunya wajib dilakukan. Jangan lupa merekrut warga sekitar sebagai karyawannya.

  1. Jualan Bakso

Bakso masih dianggap menjadi makanan yang digemari oleh banyak orang. Hal ini menjadi alasan mengapa Anda seringkali menemui pedagang bakso dan mie ayam di pinggir jalan. Terlebih jika rasanya berbeda dari lainnya dimana produsen berhasil memberikan ciri khas pada produknya sendiri.

Selain itu, bakso dikenal memiliki harga yang lumayan terjangkau sehingga berbagai kalangan masih bisa membelinya. Laba penjualannya bahkan mampu mencapai ratusan juta setiap bulannya. Bagi Anda jika mempunyai keahlian membuat olahan ini, maka bisa dicoba menjadi sebuah bisnis.

  1. Usaha Laundry/ Jasa Cuci Pakaian

Bisnis yang satu ini masih dikatakan populer di tempat manapun. Kebiasaan orang cenderung gemar dengan hal-hal serba cepat dan praktis akhirnya membuat mereka juga lebih sering menggunakan jasa laundry daripada harus mencucinya sendiri. Terutama jika sudah tidak memiliki waktu luang.

Hal ini bisa menjadi peluang bagi Anda untuk memulai membuka usaha cuci pakaian di rumah. Terlebih jika memiliki tempat tinggal cukup strategis di komplek perumahan, sekitar kampus dan kost-kostan, perkantoran maupun lainnya.

  1. Usaha Jajanan Ringan

Ada banyak sekali jajanan ringan yang sebenarnya bisa Anda olah sendiri untuk dijual cukup di rumah saja. Misalnya ialah tahu crispy dimana masih disukai oleh orang-orang tanpa memandang umur. Modalnya pun dikatakan relatif sedikit namun keuntungannya sangat menjanjikan.

Selain itu, gorengan juga bisa menjadi salah satu rekomendasi apabila Anda tertarik untuk berbisnis jajanan ringan. Produk makanan satu ini masih disukai oleh banyak orang sebagai camilan. Beberapa jenisnya antara lain singkong goreng, pisang goreng, tahu isi, bala-bala dan sebagainya.

Itulah tadi sedikit ulasan mengenai home industri (pengertian, manfaat dan contoh usaha) yang menjadi ilmu dasar sebelum memulainya. Kini memulai usaha rumahan memang bisa dilakukan oleh siapapun karena sudah banyak orang memulainya dari awal dan berhasil mendapat keuntungan.