Pengertian Corel Draw Serta Kelebihan dan Kekurangannya

by naya
0 comment

Untuk beberapa pengguna, software Corel Draw tentu tidak asing lagi. Terutama bagi mereka yang bergelut di dunia desain. Memahami pengertian Corel Draw hingga kelebihan dan kekurangannya menjadi sangat penting.

Corel Draw atau CorelDraw merupakan software editing multi fungsi dengan berbagai keunggulan. Sebagai software paling banyak digunakan, Corel Draw terus mendapatkan pembaharuan. Versi terbaru Corel Draw dirilis pada tahun 2019 kemarin. informasi lebih detail bisa baca sejarah corel draw dan perkembangan versi dari masa ke masa.

Full version dari CorelDraw Graphics suite 2019 atau sering disebut juga CorelDraw X9 dibanderol dengan harga $699 atau kurang lebih Rp 9,5 juta. Harga yang sangat layak untuk berbagai fungsi, hingga kelebihan software satu ini.

Dikembangkan oleh perusahaan dari Kanada, software satu ini memang memiliki fungsi dan berbagai kegunaan. Bila ingin membeli lisensi resmi software Corel Draw dapat langsung mengunjungi situs CorelDraw.

Namun sebelum menggunakan lebih jauh software satu ini, sebaiknya ketahui dulu apa pengertian Corel Draw. Tentunya sekaligus juga kelebihan dan kekurangan Corel Draw.

Pengertian Corel Draw, Software Editor Terpopuler

Siapa yang tidak pernah mendengar tentang Corel Draw? Sama seperti software editor lain seperti Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, hingga SketchUp, Corel Draw dekat sekali penggunaannya untuk desain. Walau sebenarnya pengertian Corel Draw lebih dari itu. jadi, apa itu Corel Draw?

Pengertian Corel Draw adalah jenis software atau program komputer editor dengan grafik dan vektor yang berfungsi  untuk mengolah gambar. Baik itu editing maupun membuat gambar dari awal.

Software Corel Draw digunakan di berbagai bidang. Mulai dari desainer untuk publikasi, percetakan, periklanan, content creator, dan sebagainya. Corel Draw dapat digunakan untuk nyaris semua bidang usaha maupun profesi yang membutuhkan visualisasi.

Hingga saat ini, fungsi Corel Draw sudah mencapai jutaan di seluruh dunia. Software ini sendiri dikembangkan oleh perusahaan berbasis di Ottawa, Kanada, Corel Corporation.

Penggunaan yang meluas membuat nama Corel Draw sudah tidak asing lagj. Setelah memahami apa itu pengertian Corel Draw, intip juga apa kelebihan dan kekurangan software satu ini.

Kelebihan Software Corel Draw

Sebagai software editor paling populer dan banyak digunakan, Corel Draw sudah tentu memiliki berbagai kelebihan. Mengingat terdapat berbagai software editor lain, beberapa bahkan memiliki lisensi dengan harga lebih terjangkau, Corel Draw tetap unggul.

Keunggulan Corel Draw ini tentu tak lain dari kelebihan yang dimiliki. Berbagai fitur hingga fungsi penggunaan Corel Draw yang mengungguli software editor lain.

Berikut ini merupakan apa saja keunggulan dari software Corel Draw.

  1. Mudah Digunakan Pemula
    Kelebihan satu ini menjadi alasan mengapa Corel Draw kerap menjadi pilihan. Sebagai software editor profesional, Corel Draw cukup mudah digunakan oleh pemula. Hal ini berbeda dengan beberapa aplikasi editor lain.Penggunaan Corel Draw yang mudah memang sangat menguntungkan. Para editor pemula hingga mereka yang baru belajar desain dapat dengan mudah mengoperasikan fitur-fitur Corel Draw.
  2. Interface User Friendly
    Faktor lain dari kemudahan penggunaan Corel Draw merupakan user interface. Corel Draw memiliki tampilan yang user friendly. Sekali lagi hal ini berbeda dengan beberapa software editor lain dimana fitur maupun tampilannya lebih sulit dimengerti.Secara selintas, interface Corel Draw mirip dengan Microsoft Words. Label pada beberapa tools dan fitur pun mirip dengan software pengolah kata tersebut.Penggunaan simbol, labelling, bahkan fitur yang ditampilkan dalam interface tidak menyulitkan pengguna. Semua fitur dan juga tools Corel Draw bahkan memiliki label-label nama familiar. Tampilan interface user friendly ini tentu saja memudahkan editor pemula maupun pengguna baru.
  3. Memiliki Format Export dan Import File Lengkap
    Kekurangan dari beberapa software editor, seperti Adobe Illustrator misalnya, terletak pada terbatasnya format export dan import file. Adobe Illustrator tidak bisa membaca beberapa format file. Serta tidak bisa export ke beberapa tipe file. Tentu saja hal ini cukup merepotkan.Corel Draw tidak memiliki kekurangan tersebut. Software ini bisa mengimport file dalam berbagai format. Mulai dari format .jpg, .jpeg, .png, .gif, dan sebagainya. Bahkan format file yang tidak terbaca di software editor lain pun akan bisa diimpor dalam Corel Draw.Selain itu Corel Draw juga bisa mengekspor dalam berbagai format berbeda. Ini menariknya: Corel Draw dapat mengimpor dan mengekspor file dalam format .psd hingga .ai. Sedangkan Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator tidak bisa membaca file dalam format milik Corel Draw.
  4. Pilihan Resolusi Tinggi
    Dalam desain, desainer kerap kali harus mencetak file beresolusi tinggi. Bahkan resolusi file gambar maupun desain akan mencapai beberapa giga; demi mendapat tampilan terbaik. Untungnya hal ini bisa dilakukan dengan sempurna menggunakan Corel Draw.Corel Draw memiliki pilihan resolusi dalam beberapa format. Mulai dari piksel, millimeter, centimeter, hingga kilometer. Tidak perlu gambar desain menjadi pecah karena software editor tidak mendukung export maupun import file dalam resolusi besar pula.
  5. Banyak Digunakan Sehingga Mudah Mencetak
    Software Corel Draw merupakan salah satu paling banyak digunakan. Bukan saja oleh para desainer. Melainkan juga perusahaan percetakanKelebihan satu ini memudahkan ketika hendak mencetak suatu file. Perusahaan percetakan sudah nyaris bisa dipastikan menggunakan software editor Corel Draw. Sehingga tidak perlu khawatir akan ada penurunan kualitas cetak. Maupun format file tidak sesuai.

Kekurangan Software Editor Corel Draw

Meski memiliki banyak kelebihan, bukan berarti software ini tidak ada kekurangan. Usai pembahasan mengenai pengertian Corel Draw dan juga kelebihannya di atas. Berikut ini merupakan beberapa kekurangan Corel Draw.

  1. Software Berukuran Besar dan Menghabiskan RAM
    Software Corel Draw memiliki ukuran besar. Sehingga akan cukup menghabiskan ruang penyimpanan setelah terinstal. Tidak itu saja, ketika digunakan pun Corel Draw akan cukup menghabiskan kapasitas RAM di laptop maupun PC.Ketika RAM penuh, penggunaan Corel Draw pun akan menjadi lebih lambat. Sehingga cukup merepotkan saat digunakan di PC dengan kapasitas RAM terbatas.
  2. Ukuran File dari Corel Draw Besar
    Bukan hanya softwarenya yang memakan banyak kapasitas penyimpanan. Hasil desain file dari Corel Draw pun berukuran lebih besar dibanding software editor lain.Terlebih bila desain tersebut menggunakan resolusi besar. Maupun memiliki desain rumit dengan banyak layer.
  3. Tidak Mudah Untuk Mendesain Table
    Fitur dan tools pada Corel Draw berbasis vektor. Sehingga akan cukup sulit untuk mendesain table.Ketika beberapa software editor lain mudah dalam mendesain table, Corel Draw justru sebaliknya. Diperlukan lebih banyak klik dan pengaturan untuk membuat table di software ini.
  4. Koreksi Warna Kurang Sesuai Dengan Palet
    Kekurangan satu ini paling sering dikeluhkan desainer maupun percetakan. Hasil desain di Corel Draw akan memerlukan koreksi warna ulang sebelum dicetak. Pasalnya warna di software ini memang kurang sesuai dan tepat dengan color palette.

Setelah memahami pengertian Corel Draw, sekaligus juga kekurangan dan kelebihannya. Tentu makin tidak ragu untuk menggunakan software editor ini? Terlebih Corel Draw hingga saat ini merupakan salah satu software editor profesional terbaik.

Related Posts