Memahami Pengertian Binance Future Sebelum Trading

Memahami Pengertian Binance Future Sebelum Trading

Pengertian Binance Future akan kita pelajari bersama disini. Sebagai coin exchanger yang sedang populer saat ini, Binance menjadi salah satu bursa yang menawarkan future contract trading atau perdagangan kontrak berjangka seperti bursa FTX, Bitfinex, Bybit, Kraken, dan masih banyak lagi. Menariknya, dari hari ke hari, terjadi peningkatan jumlah bursa dengan layanan future seiring dengan meningkatnya trader yang mengikuti future contract trading.

Setelah mengenal pengertian Binance Future, maka Anda akan mengetahui banyaknya manfaat trading dengan future seperti lindung nilai dan tenang selama periode volatilitas tinggi. Selain itu, kontrak berjangka membantu mengurangi resiko dan meningkatkan taruhan. Profesional trader kerap menggunakan future trading untuk berada di posisi yang lebih baik di kedua sisi pasar. Simak terus artikel ini untuk memahami pengertian Binance Future, bedanya dengan spot, tampilan antarmuka, hingga jenis pesanan apa yang tersedia di sini ya.

Pengertian Binance Future

Seseorang yang melakukan trading futures kripto berarti memiliki kontrak yang mewakili nilai dari mata uang kripto tertentu. Artinya, trader tersebut tidak memiliki mata uang kripto sesungguhnya saat membeli kontrak futures ini. Kepemilikan kontrak berjangka menunjukkan bahwa trader sudah setuju untuk membeli atau menjual mata uang kripto tertentu pada kemudian hari sesuai kesepakatan.

Kontrak berjangka juga dikenal sebagai instrumen derivatif karena nilainya menyesuaikan aset yang mendasarinya. Pembeli atau long kontrak ini mengharapkan kenaikan harga aset dasar. Mereka bertaruh untuk mendapatkan keuntungan selama berjalannya kontrak berjangka berakhir.

Daya pikat lain dari kontrak berjangka yaitu memungkinkan seseorang mengurangi kepemilikan tanpa deposit fiat di bursa atau memegang stablecoin. Pembeli juga bisa meningkatkan posisi selama hari pembatasan uang tunai. Selain itu, masih ada banyak kasus tak terhitung dari trader profesional yang jual beli kontrak berjangka, bahkan trader eceran sekalipun bisa mendapatkan profit dari penggunaannya.

Beda Future Trading dengan Trading Spot

Perdagangan future trading melibatkan pembeli dan penjual dalam suatu kontrak untuk ukuran dan jatuh tempo yang sama. Tidak ada posisi long maupun short yang dianggap lebih penting. Berbeda dengan trading spot atau reguler, dimana penyelesaian terjadi pada waktu yang sama dengan perdagangan saat buyer mendapatan mata uang kripto. Sementara, seller menerima fiat atau stablecoin setelah perdagangan berlangsung.

Perlu Anda ingat bahwa harga berjangka sangat berfluktuasi dari harga spot di pasar reguler bursa. Order book trading berjangka juga tidak pada satu tempat yang sama dengan trading spot. Anda bisa memahami lebih lanjut perbedaan keduanya disini.

Tampilan Antarmuka Binance Futures

Setelah memahami pengertian Binance Future di atas, mari kita pelajari setiap tampilan interface atau antarmuka dalam Binance Future.

Memahami Pengertian Binance Future Sebelum Trading

  1. Pada bagian ini, Anda dapat memeriksa beberapa hal berikut:
  • Leverage
  • Mark price
  • Tingkat pendanaan yang mungkin terjadi
  • Posisi Anda pada antrian auto-deleverage
  • Data pasar lain, seperti perubahan dan volume 24 jam.
  1. Selanjutnya, bagian ini merupakan grafik trading Anda. Perhatikan pojok kanan atas area ini, Anda bisa beralih ke tradingview dari grafik original atau mendapatkan visual real time dengan klik depth.
  2. Pada bagian inilah, Anda bisa memantau seluruh aktivitas trading Anda mulai dari posisi, saldo margin, pesanan terbuka, order yang sudah tereksekusi sebelumnya, hingga riwayat transaksi pada periode terpilih.
  3. Disini, Anda bisa memeriksa tingkat pembiayaan, transfer dana ke akun Binance Anda, memasukkan pesanan Anda, dan beralih ke jenis pesanan yang berbeda.
  4. Menu yang menunjukkan data buku pesanan Anda secara langsung dengan tampilan visual kedalaman pesanan. Anda bisa menyesuaikan keakuratan buku pesanan pada pojok kanan atas area ini.
  5. Menu untuk melihat tampilan riwayat trading Binance Futures secara langsung.
  6. Fitur Info untuk mengakses Faq Futures, memeriksa riwayat tingkat pendanaan, dan saldo pendanaan asuransi sekarang. Anda bisa keluar dari Binance Futures melalui sini.

Pesanan yang Tersedia di Binance Futures

Ada 6 jenis pesanan yang bisa Anda manfaatkan di Binance Futures, diantaranya yaitu:

·         Limit

Untuk melakukan pesanan ini, trading baru bisa tereksekusi jika harga pasar mencapai harga limit Anda. Jadi, pastikan gunakan pesanan limit untuk membeli harga lebih rendah atau menjual di harga lebih tinggi dari pasar saat ini.

·         Market

Pesanan untuk membeli atau menjual di harga terbaik yang tersedia saat itu. Saat memasang pesanan ini, Anda harus membayar biaya sebagai pihak market taker.

·         Stop Limit

Tercapainya harga stop akan langsung menempatkan pesanan limit Anda ke buku pesanan. Biar lebih aman, pasang harga stop sedikit lebih tinggi dari harga limit untuk pesanan menjual atau pasang harga stop lebih rendah dari harga limit untuk pesanan membeli. Tujuannya untuk meningkatkan kesempatan terisinya pesanan limit ketika harga stop sudah tercapai.

·         Stop Market

Tercapainya harga stop akan memicu pesanan market. Pesanan ini menggunakan stop price sebagai pemicunya.

·         Take Profit Limit

Hampir mirip dengan stop limit, take profit limit bertujuan untuk mengurangi posisi terbuka, mengelola resiko, dan mengunci laba pada harga tertentu. Jenis pesanan ini juga bisa sebagai penghubung dengan pesanan lain.

·         Take Profit Market

Pesanan yang hampir dengan take profit limit, take profit market ini melibatkan harga stop sebagai pemicunya.

Nah, itulah penjelasan mengenai pengertian Binance Future dan hal-hal lain yang berkaitan. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba trading di Binance Future? Silahkan langsung buat akun Binancenya terlebih dulu ya!