Rekomendasi Ide Nama Usaha yang Bagus dan Artinya

by Admin
0 comment

Nama usaha yang bagus dan artinya – Mendirikan sebuah usaha tentu membutuhkan berbagai persiapan matang, misalnya memikirkan nama usaha yang bagus dan artinya. Dengan harapan semoga nama tersebut menjadi doa keberhasilan dan kesuksesan dari bisnis tersebut. Proses ini biasanya berlangsung cukup lama dan alot.

Pemberian nama tentu menjadi momentum yang berkesan, jika pendiri usaha lebih dari satu pihak maka harus dirundingkan dulu secara baik-baik. Setelah itu barulah pertimbangan lain dan proses selanjutnya bisa berjalan. Konsep dari pemberian nama biasanya disesuaikan dengan market bisnis tersebut.

Istilah sebuah nama adalah doa tidak hanya pada manusia saja, melainkan juga pada suatu bisnis. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan memberi nama bisnis, bukan asal taruh saja tanpa memikirkan pertimbangan lainnya. Bagi Anda yang sedang bingung, simak penjelasan berikut ini.

Hal yang Harus Diperhatikan saat Memberi Nama Usaha

Saat membuka usaha, misalnya tempat makan, online store atau lainnya, tentu Anda akan memikirkan untuk memberi nama yang khas. Tujuannya agar orang mudah ingat dan gampang menemukan tempat tersebut. Untuk memudahkan prosesnya, ada beberapa hal yang harus jadi pertimbangan.

  1. Pilih Nama yang Belum Ada Duplikatnya

Agar tempat usaha mudah ditemukan dan diingat oleh para pelanggan, sebaiknya berikan nama yang belum pernah dipakai oleh brand lain, apalagi bergerak di bidang yang sama juga. Hal tersebut bisa membuat salah paham ketika ada pelanggan akan membeli.

Sebelum memutuskan untuk memberikan nama pertama lakukan survei dulu, cek nama-nama yang ada di lingkungan sekitar dimana mereka bergerak di bidang yang sama. Misalkan saa tempat makan, fashion, restoran, kafe, dan masih banyak lagi, Setelah itu barulah bisa menggunakan nama tersebut.

  1. Pakai Nama yang Unik

Sama halnya seperti manusia, nama juga akan membawa keberuntungan jika punya ciri khasnya tersendiri. Apalagi di tempat usaha semakin unik nama maka akan menambah penasaran orang, hitung-hitung teknik pemasaran gratis. Tidak perlu kalimat terlalu panjang, singkat, dan pendek saja.

Biasanya tempat-tempat usaha memberi nama brandnya cukup dengan satu kata saja, paling banyak mencapai 2 suku kata. Sesuaikan dengan konsep bisnis, misalnya minuman maka ambil nama ‘haus’atau ‘es teh’. Dua brand yang sudah sukses memasarkan produk dengan keunikan namanya.

  1. Pakai Nama Keluarga

Tidak ada salahnya juga menggunakan nama keluarga. Hal ini kerap digunakan oleh para pelaku bisnis yang sudah jaya dari masa perjuangan Indonesia sampai dengan sekarang. Misalnya saja ‘ ayam goreng suharti’ atau ‘gudeg yu djum’. Kalian pecinta kuliner pasti sudah tidak asing lagi dengan brand tersebut.

Tidak ada salahnya teknik tersebut Anda gunakan juga pada bisnis pribadi. Dengan cara ini orang juga akan lebih mudah untuk mengetahui usaha tersebut. Jika sudah terkenal maka tinggal pertahankan kualitas produk. Terus melakukan inovasi agar bisa tetap bertahan di tengah gempuran dunia bisnis.

  1. Gunakan Kalimat yang Familiar

Sebenarnya memikirkan nama usaha yang bagus dan artinya bukan hanya karena kalimat inggris saja, kata-kata yang familiar dengan kehidupan sehari-hari justru lebih cepat nyantol di telinga banyak orang. Apalagi jika memang konsepnya masakan atau barang nusantara, rasanya akan sedikit aneh jika menggunakan inggris.

Sudah banyak brand atau nama nusantara yang familiar justru lebih cepat terkenal setelah dibuka. Jangan terlalu baku hanya karena ingin ikut trend seperti memberikan nama untuk tempat bisnis dengan kata inggris. Jika tidak sesuai konsep justru akan membuatnya merasa aneh.

  1. Sesuaikan Dengan Konsep

Pemberian nama tentunya juga harus sesuai dengan konsep bisnis tersebut. Misalnya bisnis tempat makan fancy dengan interior mewah dari marmer, masakan kombinasi western dengan nusantara. Pasti kurang sesuai jika diberi nama kata Bahasa Jawa, pasti harus mencerminkan keadaan tempat tersebut.

Begitupun jika tempat usaha punya konsep santai dan  akrab, tentu pemakaian nama nya lebih familiar, bahkan bisa juga menggunakan nama diri sendiri, hal ini akan sangat membantu untuk mempermudah orang mengenalinya, apalagi jika kalian termasuk orang terkenal misalnya selebgram atau influencer.

10+ Ide Nama-Nama Usaha yang Bagus dan Artinya

10+ Ide Nama-Nama Usaha yang Bagus dan Artinya

10+ Ide Nama-Nama Usaha yang Bagus dan Artinya

Salah satu bisnis yang sedang hits dan berkembang pesat akhir-akhir ini adalah coffea shop. Intensitas pelanggan memang lebih banyak, namun karena saingannya sudah sangat banyak Anda harus menyiapkan konsep baru dan lebih berbeda agar bisa bersaing dengan toko lainnya , dibawah ini adalah contoh Nama Usaha yang Bagus dan Artinya :

  1. Zafar Shop

Nama satu ini masih terlihat lokal dan tidak kebarat-baratan. Zafar memiliki arti ‘kejayaan’, pastinya sesuai dengan harapan dari para pemiliknya, tempat tersebut bisa jaya dan bertahan lama, buka cabang di belahan kota lainnya.

  1. Edzard Collection

Ini juga bisa menjadi nama andalan untuk brand Anda. Maknanya hampir sama dengan zafar, yakni ‘penjaga kekayaan. Tentunya juga sesuai dengan harapan agar brand tersebut operasionalnya berjalan lancar, bisa laris manis dan jadi ladang rezeki yang baik.

  1. Arion Café

Adalah nama selanjutnya yang bisa Anda gunakan. Memiliki makna ‘ pemikat hati’ tentunya juga dengan harapan agar café mampu menarik hati banyak orang sehingga mereka tertarik untuk mampir.  Jangan lupa siapkan menu makanan dan minuman yang lezat.

  1. Aurora Mebel

Ini juga merupakan nama yang bagus untuk mebel dengan konsep estetik modern. Mempunyai makna ‘kilauan cahaya’ tentunya besar harapan agar kafe tersebut bisa bersinar terang dan menjadi cahaya bagi kehidupan orang-orang di sekitar dan tentu para pelanggannya.

  1. Soto Podo Moro

Siapa bilang nama restoran harus selalu estetik, Anda juga bisa memberi nama unik dan terkesan familiar yakni podo moro. Kalimat dalam bahasa Jawa tersebut punya arti ‘ ayo datang kesini’ berharap tempat usahanya akan selalu ramai, penuh setiap hari.

  1. Oppa Phone

Menjadi pilihan selanjutnya. Korea memang menjadi kiblat untuk konsep sweet, energik dan funny. Oppa sebenarnya sebutan untuk kakak laki-laki dalam bahasa Korea, namun disini dapat diartikan semoga tempat bisnis menjadi bagian keseharian para pelanggannya.

  1. Bar-Bar Wifi

Juga bisa Anda jadikan sebagai nama kafe selanjutnya, namanya sangat sesuai jika dibuatkan untuk konsep tempat nongkrong ramai, tidak terlalu hening. Mereka bebas  bercanda dan tertawa tanpa harus takut mengganggu orang lain.

  1. Camilan Stay With Me

Sepertinya bakal jadi nama yang unik dan patut dicoba untuk penjual makanan ringan dengan konsep lucu dan menggemaskan. Apalagi jika ada life music, cemilan dan makanan sesuai pastinya bakal bikin suasana tambah menyenangkan. Masih jarang orang yang menggunakan nama tersebut.

Itulah beberapa nama usaha yang bagus dan artinya yang estetik, lucu, dan unik dan bisa Anda coba, namun ingat ketika membangun sebuah bisnis jangan hanya berfokus pada nama saja. Masih banyak hal lain harus dipikirkan dan dipertimbangkan seperti konsep interior, kualitas produk sampai sistem operasional. semoga artikel ini bermanfaatm jangan lupa share jika anda menyukainya

Related Posts