Nabung Saham atau Nabung Emas

Nabung Saham atau Nabung Emas Mana yang Lebih Menguntungkan Sebagai Investasi Ala Milenial

Nabung Saham atau Nabung Emas-Di era milenial seperti ini tentu ada banyak sekali cara untuk mendapatkan keuntungan dalam berinvestasi untuk keperluan masa depan. Ya benar sekali, sebagai kaum milenial yang semua seolah dimudahkan tentu menjadi tetap perlu untuk memperhatikan investasi dan tabungan. Oleh sebab itu dalam uraian ini akan dikupas tuntas mengenai mana yang lebih menguntungkan antara nabung saham atau nabung emas.

Dimana keduanya merupakan salah satu cara investasi atau menabung yang dirasa paling mudah untuk dicoba oleh para kaum milenial. Baik yang masih bekerja sebagai karyawan swasta, wirausahawan skala kecil atau bahkan para mahasiswa yang ingin menyisihkan uang sakunya. Bagaimanapun kedua cara nabung saham atau nabung emas ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sebagai berikut.

Apa Itu Investasi dan Pentingnya Investasi di Usia Muda

Sebelum membahas lebih jauh mengenai lebih baik nabung saham atau nabung emas sebagai investasi tabungan kaum milenial. Berikut akan kita kupas mengenai pengertian dari investasi yang merupakan suatu aktivitas yang berhubungan dengan keuangan dan ekonomi. Dimana tujuan dari investasi ini sendiri adalah mendapatkan sebuah keuntungan di masa depan.

Nah menilik dari pengertian tersebut sudah bisa dipastikan bukan bahwa menjadi sangat penting sekali untuk berinvestasi atau menabung pada usia muda. Dimana pada masa muda sekarang ini hidup menjadi lebih produktif dan bisa banyak menghasilkan pundi-pundi uang untuk ditabung. Baik dengan nabung saham atau nabung emas, namun manakah sebenarnya yang lebih menguntungkan? Yuk simak ulasan berikut!

Kelebihan Menabung atau Investasi Saham

Berikut ini akan dibahas pertama mengenai kelebihan menabung atau investasi menggunakan saham. Apa saja kelebihannya? Mari simak beberapa kelebihan yang bisa didapatkan berikut.

  • Lebih terkesan milenial dan bisa dikerjakan dimana saja : Kelebihan nabung saham yang pertama lebih berkesan milenial dan bisa dikerjakan dimana saja. Jadi terkesan lebih fleksibel dalam pergerakannya dan bisa menjadi menyenangkan untuk dikerjakan kaum milenial. Tertarik?
  • Keuntungan bisa sangat besar: Selain lebih terkesan milenial dan bisa dikerjakan dimana saja kapan saja, keuntungan dari menabung saham jelas sangat besar. Jika bisa goal maka keuntungannya bisa sangat besar dengan waktu yang relatif lebih cepat. Hal inilah yang kemudian mendorong banyak kalangan lebih tertarik untuk menabung saham.
  • Banyak jenis saham yang bisa dipilih: Ada banyak jenis saham yang bisa dipilih ketika menggunakan jenis tabungan saham dengan jumlah modal tertentu. Dimana ini bisa disesuaikan dengan kemampuan modal dan kebutuhan yang ada. Bagaimana sudah tertarik dengan nabung saham?

Kekurangan Nabung atau Investasi Saham

Jika ada kelebihan yang didapatkan dari nabung saham maka tentu saja ada kekurangan juga yang bisa didapatkan dari menabung cara berikut.  Apa saja memangnya kekurangan yang akan dihadapi jika memilih menabung atau investasi saham? Berikut ulasannya.

  • Nilai saham yang fluktuatif: Kekurangan nabung saham yang pertama adalah nilai saham terlalu bersifat fluktuatif dan mudah berubah sewaktu-waktu. Ini akan menjadi menyulitkan bagi pelaku investasi atau menabung saham yang pemula. Alih-alih mendapatkan keuntungan malah bisa mendapatkan kerugian jika tidak bisa mengikuti perkembangannya!
  • Ada kemungkinan pailit lebih besar: Dikarenakan nilai sahamnya fluktuatif dan lebih mudah berubah maka kemungkinan pailitnya juga lebih besar. Jika salah membuat keputusan dalam sell atau buy saham bisa merugi dengan jumlah besar. Jadi ini termasuk kekurangan yang patut diperhatikan!
  • Modal lumayan lebih besar: Selain beberapa kekurangan diatas, untuk saham sendiri ketika ingin menabung di dalamnya modalnya relatif lebih besar. Nilainya bisa 2 kali lipat dibandingkan dengan menabung emas. Meski iming-iming keuntungannya juga besar.
  • Harus memahami cara kerja bermain saham: Kekurangan dan kesulitan investasi saham adalah wajib memahami cara kerja dari bermain saham sendiri. Padahal ada banyak sekali jenis trading, saham dan pergerakannya yang rumit untuk dipahami apalagi oleh pemula. Jadi bagi kaum milenial yang ingin mencobanya, agaknya harus belajar dulu ya!

Kelebihan Menabung atau Investasi Emas

Diatas sudah dibahas mengenai kelebihan dari menabung atau investasi dengan saham, maka berikut akan dibahas mengenai kelebihan menabung menggunakan emas. Apa saja? Mari simak beberapa kelebihan yang bisa didapatkan berikut.

1. Modal Lumayan Rendah

Kelebihan pertama dari nabung emas dibanding dengan nabung saham adalah modal yang harus dikeluarkan lumayan lebih rendah. Misalnya saja membuka tabungan emas pada pegadaian saja untuk biaya pembelian 0.1 gram emasnya hanya dibebankan nominal Rp. 50.000,-. Hal ini agak berbeda dengan harga saham yang biasanya relatif mahal dan berada pada kisaran beberapa ratus ribu.

2. Harga Emas Lebih Stabil

Memang harga emas dan saham sama-sama setiap harinya bergerak dan berubah, namun untuk perubahan harga emas jauh lebih stabil. Dibandingkan saham yang bisa naik dengan nilai tinggi namun bisa juga turun sampai menyebabkan pailit. Sehingga bagi pemula dan kurang memahami soal saham lebih baik memiliki cara menabung yang ini.

3. Lebih Fleksibel Dalam Pencairannya

Kelebihan lainnya dari menabung emas adalah lebih fleksibel dalam pencairan barang yang dimilikinya,dibandingkan dengan saham. Ketika menabung emas di pegadaian dan ingin menjualnya sewaktu-waktu maka bisa dilakukan, begitu pula dengan emas perhiasan yang dimiliki. Jadi bagi yang tidak senang kerumitan pencairan dana dengan metode kepemilikan saham maka agaknya cara nabung ini cocok.

4. Bisa Dibuat Dalam Bentuk Lain

Selain menabung emas bisa dilakukan dengan membuat tabungan pada kantor pegadaian, tabungannya bisa dibuat dalam bentuk lain. Ya! Benar sekali, menyimpannya dalam bentuk perhiasan untuk disimpan dan sewaktu-waktu dipakai jika mendesak. Jadi yang ingin memiliki tabungan namun suka juga untuk melihat dan mengaplikasikannya secara langsung bisa memilih emas perhiasan!

Kekurangan Nabung atau Investasi Emas

Agar bisa menjadi pertimbangan maka berikut juga akan dijabarkan mengenai kekurangan yang bisa didapatkan dari nabung emas. Apa saja kiranya kekurangan dari menabung atau investasi emas? Berikut ulasannya, mari simak bersama!

1. Dikenakan Harga Jual Ketika Ingin Menjualnya

Untuk kekurangan pertama dari nabung emas adalah akan dikenakan harga jual ketika ingin menjual emas yang dimilikinya. Baik emas batangan atau emas perhiasan bahkan emas yang disimpan melalui tabungan dari pegadaian. Meski terkesan simple, namun jika menjual dalam jumlah banyak tentu saja akan terasa merugikan mengingat adanya biaya pemotongan tersebut.

2. Jumlah Keuntungannya Lebih Sedikit

Dibandingkan dengan saham, kekurangan atau kerugian dari menabung emas adalah jumlah keuntungannya yang relatif lebih sedikit. Selain itu untuk bunga atau pengumpulan keuntungan emas sendiri memakan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan saham. Hal ini dikarenakan saham sendiri bergerak terus setiap harinya dan bisa melakukan penjualan dan pembelian yang relatif lebih fleksibel.

3. Relatif Lebih Riskan Ketika Menabung dengan Emas Perhiasan

Jika memilih untuk menabung emas dengan bentuk emas perhiasan tentu saja ini menjadi relatif lebih riskan dibanding emas batangan. Mengapa demikian? Hal ini didasarkan pada banyak kasus pencurian emas perhiasan, apalagi jika setiap hari nya dipakai. Oleh sebab itu perlu menimang kembali soal menabung emas dengan mengaplikasikannya dalam bentuk emas perhiasan.

Nah itulah diatas ulasan kupas tuntas mengenai pengertian investasi atau menabung, keuntungannya untuk dilakukan dimasa muda. Sekaligus dibahas mengenai kelebihan dan kekurangan dari nabung saham atau nabung emas yang ternyata memiliki point tersendiri. Jadi kini bagi yang bingung ingin berinvestasi atau menabung pada jenis yang mana sudah bisa mendapatkan bayangan bukan? selamat menabung!

2 Comments

Leave a Reply