Mudah! Begini Cara Membuat Google Meet

Cara Membuat Google Meet – halo sobat humorbendol, Google memang salah satu perusahaan yang memiliki banyak produk yang terkenal. Salah satunya adalah Google Meet. Google Meet ini semakin populer dan banyak digunakan oleh para pelajar selama pandemi untuk belajar secara tatap muka online atau daring.

Biasanya Google Meet akan dibuat oleh guru yang mengajar kemudian guru akan membagikan link room untuk memulai proses belajar mengajar. Tidak hanya untuk belajar saja loh sobat, Google Meet juga bisa digunakan untuk meeting atau pertemuan lainnya.

Tidak sedikit juga orang yang belum mengetahui bagaimana cara membuat Google Meet ini. Disini Humorbendol akan memberikan informasi dan cara membuat Google Meet ini. mari simak ulasannya di bawah ini.

Sejarah Google Membuat Google Meet

cara membuat google meet
Source : teknologi.bisnis.com

Google LLC merupakan perusahaan yang berasal dari Amerika Serikat. Perusahaan ini adalah perusahaan multinasional yang mana khusus di bidang produk dan jasa internet. Produk yang mereka keluarkan mulai dari perangkat lunak, teknologi pencarian, mutase web dan periklanan dalam internet.

Nama Perusahaan Google LLC
Didirikan 4 September 1998, Menlo Park, California, Amerika
CEO Sundar Pichai (2 Okt 2015–)
Kantor pusat Mountain View, California, Amerika
Situs web google.com
Anak perusahaan YouTube, Dialogflow, AdMob, Fitbit, Kaggle, LAINNYA
Pendiri Larry Page, Sergey Brin
Organisasi induk Alphabet Inc.

Sedangkan Google Meet adalah sebuah layanan yang dikembangkan oleh Google yang menyajikan komunikasi video. Google Meet adalah sebuah software yang menggantikan dua saudaranya yaitu GHangouts dan GChat. Google sendiri sudah menghentikan Google Hangouts pada Oktober 2019 lalu. Google Meet rilis perdana pada tahun 2017 , saat itu google meet masih memiliki bug dan terus mengalami pengembangan dari tahun ke tahun sampai akhirnya google meet rilis stabil pada tanggal 4 april 2020. untuk lebih detailnya bisa lihat tabel di bawah ini

Software Google Meet
Pengembang Google
Rilis perdana 2017
Lisensi Freemium
Jenis Perangkat lunak komunikasi
Rilis stabil 2020.10.04.338080646.Realease
Platform Android, iOS, Waring Wera Wanua
Also Read :
Cek Resi Sen Hong Mudah dan Cepat

Itu kurang lebih informasi mengenai Google dan juga Google meet. Bisa dikatakan GMeet merupakan anak dari Google yang secara langsung dikembangkan menjadi aplikasi multifungsi yang sangat bermanfaat digunakan pada masa pandemi.

Cara Membuat Google Meet

cara membuat google meet

Di bawah ini ada cara membuat Google Meet yang bisa kamu ikuti untuk mulai membuat room sampai melakukan meeting. Simak caranya di bawah ini.

  1. Jika kamu ingin memulai meet dari HP, kamu bisa mengunduh terlebih dahulu Google Meet di Appstore ataupun Playstore.
  2. Jika kamu ingin memulainya menggunakan Laptop atau PC kamu bisa mencarinya di mesin pencarian “Google Meet” lalu klik untuk mulai masuk ke halaman utama.
  3. Di sebelah kiri layar laptop ada kotak berwarna biru bertuliskan “Rapat baru
  4. Kemudian akan muncul pilihan
  • Buat rapat untuk nanti (untuk beberapa waktu ke depan)
  • Mulai rapat instan (untuk mulai rapat sekarang)
  • Jadwalkan di Google Kalender (untuk rapat sesuai dengan tanggal yang ditentukan)
  1. Silahkan pilih sesuai dengan kebutuhanmu ya sobat
  2. Salin link Google Meet untuk dibagikan kepada para peserta rapat
  3. Peserta rapat akan masuk melalui link yang kamu bagikan
  4. Jika semua peserta sudah masuk, kamu bisa langsung memulai meeting

Nah itulah tadi cara membuat Google Meet yang bisa kamu lakukan ketika akan mulai membuat rapat baru. Kamu bisa bertatap muka dengan menyalakan kamera hingga menutup room agar orang lain tidak bisa masuk lagi ketika meeting sedang berjalan.

Fitur Google Meet

cara membuat google meet

Ada beberapa fitur yang dimiliki oleh Google Meet ini yang membuat rapat menjadi tidak membosankan, menarik dan mungkin seru. Apa saja? Mari simak informasinya berikut ini.

  1. Record selama meeting berlangsung

Pada fitur yang pertama, kamu bisa merekam meeting ini sehingga setelah meeting selesai video yang tadi direkam langsung tersimpan di penyimpanan. Sehingga kamu bisa menonton ulang bila diperlukan.

  1. Bisa Siaran Langsung

Berikutnya kamu bisa siaran langsung dari Google Meet ini yang dihubungkan langsung ke youtube misalnya. Sehingga orang lain bisa menyaksikan apa yang dibicarakan di dalam ruang rapat tersebut. Ini biasa dilakukan pada seminar jarak jauh dan semacamnya.

  1. Membagikan Slide Share

Kemudian kamu juga bisa membagikan hasil presentasi melalui Google Meet ini. Kamu bisa membagikan share screen dari host sehingga kamu bisa dengan mudah memaparkan presentasi ataupun menunjukan apa yang ingin kamu tunjukkan di layar ke pada para peserta rapat.

  1. Bisa mengganti background

Fitur berikutnya yaitu kamu bisa mengganti background kamu dengan green screen. Disini diusahakan kamu berada pada latar belakang yang polos dan tidak sama dengan warna kulit ataupun warna baju yang kamu gunakan agar hasil background menjadi rata dan sempurna. Keren ya sobat.

  1. Bisa Melihat Semua Peserta

Kamu bisa melihat semua peserta pada layar komputer atau laptopmu dengan mengubah pengaturan layoutnya. Dengan begitu kamu bisa memantau dan melihat orang-orang yang berada dalam rapatmu.

  1. Bisa mengirimkan pesan di dalam room

Berikutnya yaitu kamu bisa mengirimkan pesan baik antara host dan peserta atau peserta ke peserta. Kamu juga bisa mengatur siapa saja yang bisa melihat pesanmu. Menarik ya!

  1. Kamu bisa melihat berapa peserta yang hadir

Fitur yang terakhir yaitu kamu bisa melihat semua nama peserta yang hadir di dalam room kamu sesuai dengan nama yang mereka buat. Dengan begitu kamu juga bisa melihat siapa saja yang hadir dan tidak hadir di dalam rapat yang sudah kamu laksanan.

Also Read :
Terbaru! Cara Pasang Iklan Di Youtube dengan Mudah

Manfaat Menggunakan Google Meet

Kita sudah membahas informasi, cara membuat Google Meet, dan fitur-fiturnya. Di bawah ini kami berikan manfaat yang akan kamu dapatkan dari menggunakan Google Meet ini. Simak ulasannya di bawah ini.

  1. Kamu bisa melakukan rapat meskipun tidak bertatap muka secara langsung
  2. Kamu tidak perlu pergi ke tempat rapat karena kamu bisa melakukannya walaupun di rumah saja
  3. Tidak perlu berpakaian sangat rapi karena kamu bisa menggunakan kemeja dengan celana pendek saja.
  4. Efisien waktu karena kamu tidak perlu melakukan perjalanan
  5. Di saat pandemi, akan mengurangi intensitas berkerumun dan berkumpul dan mengurangi penularan virus corona

Kesimpulan Cara Membuat Google Meet

Google Meet merupakan sebuah layanan yang bisa membantu pertemuan, rapat, diskusi jarak jauh. Hanya dengan bantuan internet kamu bisa melangsungkan presentasi yang keren meskipun tidak bertatap muka secara langsung.

Cara membuat Google Meet ini sangat mudah, kamu hanya perlu mengunduh aplikasinya di HP kamu atau membuka sistus web Google Meet kemudian membuat rapat baru. Kamu juga bisa menggunakan fitur-fitur yang tersedia sehingga kamu bisa memantau peserta di ruang rapatmu.

Manfaat yang dihadirkan dari Google Meet ini cukup membantu apalagi di masa pandemi, dimana orang-orang harus mengurung diri di rumah dengan mengurangi intensitas bertemu agar tidak terjadi penularan.

Nah, itulah informasi yang bisa kamu berikan dalam artikel cara membuat Google Meet ini. kami juga sudah memberikan penjelasan mengenai Google dan Google Meet, cara membuat, fitur-fitur dan manfaat yang di dapat dari menggunakan aplikasi ini.

Bagikan artikel ini kepada teman-teman yang mungkin akan membantu dan bermanfaat. Kritik dan saran yang membangun akan sangat kami perlukan dalam pembuatan artikel kami.