4+ Aplikasi Saham Online Android untuk Mempermudah Calon Investor

4+ Aplikasi Saham Online Android untuk Mempermudah Calon Investor

Mendapatkan keuntungan melalui saham sudah sangat populer di seluruh dunia, tidak hanya di Indonesia, karena berbagai keuntungan yang menarik. Untuk melakukan transaksi saham pun kini sudah dipermudah. Bahkan ada juga aplikasi saham online Android untuk memudahkan investor dalam melakukan investasi saham. Lebih lengkapnya, mari simak artikel ini hingga tuntas.

Pengertian dan Keuntungan Saham

Saham bisa diartikan sebagai tanda kepemilikan atau penyertaan modal seseorang atas suatu perusahaan tertentu. Dengan kepemilikan modal atas perusahaan tersebut, maka seorang pemegang saham juga berhak untuk memiliki aset perusahaan, termasuk juga diundang dan hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham yang umumnya dilaksanakan setahun sekali.

Kepemilikan saham perusahaan menjadi sebuah instrumen investasi yang sangat menarik dan menggiurkan. Oleh sebab itu, instrumen investasi saham ini banyak diminati oleh masyarakat dalam mendapatkan keuntungan secara pasif. Sementara bagi perusahaan, dengan membuka opsi saham kepada publik membuat perusahaan memiliki kesempatan untuk mendapatkan modal bisnis untuk pendanaan jangka panjangnya.

Bagi para investor, ada dua jenis keuntungan yang bisa didapatkan dari melakukan investasi berupa saham. Keuntungan yang pertama disebut sebagai Dividen. Dividen merupakan keuntungan berupa pembagian laba perusahaan kepada para pemilik saham perusahaan tersebut. Besaran dividen ini sesuai dengan besar saham yang dimiliki investor pada perusahaan tersebut.

Sementara keuntungan yang kedua adalah dengan cara Capital Gain. Capital Gain adalah sebuah cara mendapatkan keuntungan dari investasi saham dengan cara melakukan transaksi jual beli saham. Investor bisa melepas kepemilikan saham pada sebuah perusahaan dengan harga yang lebih tinggi dibanding ketika membelinya.

Baca Juga : 2 Broker Forex Pilihan Terbaik

Kategori Aplikasi Saham Online Android

Ada banyak aplikasi saham online untuk android yang bisa diunduh di Play Store secara gratis. Namun, setiap aplikasi ini memiliki peruntukannya masing-masing. Berikut ini beberapa kategori aplikasi saham online untuk Android sesuai dengan jenis dan peruntukannya.

1. Aplikasi Saham dan Simulasi

Sebagai seorang calon investor, wajib hukumnya untuk mengunduh aplikasi yang tergolong dalam kategori ini. Dalam aplikasi saham dan simulasi, seorang investor dapat mempelajari cara jual-beli saham hingga melakukan analisis terhadap sebuah perusahaan. Dalam aplikasi kategori ini juga dilengkapi dengan tahapan-tahapan cara transaksi hingga penjelasannya dengan detail.

Seorang calon investor saham wajib mengetahui dasar-dasar yang diperlukan dalam melakukan transaksi saham. Tujuannya, agar investor mengetahui cara bertransaksi saham dengan benar dan tidak salah dalam melakukan analisis yang berujung pada kerugian yang didapatkan. Dengan adanya aplikasi saham dan simulasi, seorang investor saham dapat belajar tentang saham dan bagaimana simulasi bertransaksinya.

2. Aplikasi Saham Perusahaan Sekuritas

Kategori aplikasi saham online Android yang berikutnya adalah aplikasi saham perusahaan sekuritas. Perusahaan sekuritas merupakan anggota bursa efek yang tidak mengeluarkan efek dan hanya fokus dalam transaksi jual beli sekuritas saja. Dalam investasi saham, perusahaan sekuritas inilah yang menjadi jembatan antara investor dengan pasar modalnya. Adanya perusahaan sekuritas ini akan mempermudah investor melakukan transaksi saham.

Oleh sebab itu, sebagai seorang calon investor yang masih hijau, sangat penting untuk mengunduh aplikasi perusahaan sekuritas. Untuk menentukan aplikasi perusahaan sekuritas yang baik, perhatikan reputasi dan pengalamannya. Pastikan juga aplikasi perusahaan sekuritas tersebut sudah terdaftar dalam Otoritas Jasa Keuangan dan tidak pernah mendapatkan sanksi. Dengan begitu, seorang calon investor bisa melakukan transaksi saham dengan aman dan nyaman.

3. Aplikasi Berita Pasar Saham dan Komunitas Online

Kategori aplikasi saham online android berikutnya yang wajib diunduh oleh calon investor saham adalah aplikasi yang berkaitan dengan berita pasar saham. Nilai saham perusahaan sangat fleksibel dan bisa naik dan turun dengan drastis dalam waktu yang singkat. Salah satu penyebabnya bisa karena berbagai kejadian yang berimbas pada perusahaan tersebut.

Seorang calon investor saham wajib untuk mengunduh aplikasi berita pasar saham, sehingga dapat mengetahui informasi terkini yang berkaitan dengan pasar saham. Semakin banyaknya informasi tentang kondisi pasar saham dapat menjadi modal analisis yang kuat bagi seorang investor. Dan jangan lupa untuk berinteraksi dengan para pemegang saham dan menanyakan informasi terkait kondisi pasar saham terkini melalui komunitas online.

Rekomendasi Aplikasi Saham Online Android

Setelah mengetahui kategori aplikasi saham online untuk Android, berikut ini ada beberapa aplikasi saham online yang bisa diunduh. Aplikasi saham online Android berikut ini merupakan aplikasi saham online terbaik dan akan memudahkan para calon investor.

1. Stockbit

Stockbit merupakan salah satu aplikasi saham online Android yang paling banyak diunduh oleh para pemegang saham. Dalam aplikasi ini pengguna bisa belajar melakukan transaksi saham melalui fitur virtual trading yang disediakannya. Ada juga demo trading saham yang berguna bagi para penggunanya untuk melihat pergerakan kondisi bursa saham yang sedang terjadi.

Tak hanya itu, aplikasi Stockbit juga memungkinkan penggunanya untuk melakukan transaksi saham secara online dengan bekerja sama dengan Sinarmas Sekuritas. Aplikasi Stockbit juga tergolong sangat lengkap dengan fitur info saham dan komunitas Stockbit. Di aplikasi ini juga, pengguna bisa mendapatkan data laporan keuangan perusahaan secara berkala.

2. RTI Business

RTI Business menjadi aplikasi yang paling direkomendasikan oleh para pemegang saham yang sudah profesional. Aplikasi RTI Business ini menjadi aplikasi yang sangat lengkap dan berguna bagi para pemegang saham. Salah satu fiturnya yakni RTI Business mampu memberikan data terbaru secara realtime dari Bursa Efek Indonesia terkait dengan pergerakan saham di Indonesia.

Aplikasi RTI Business juga akan memberikan laporan keuangan beberapa perusahaan secara lengkap dalam 5 tahun terakhir. Pengguna juga mengetahui detail transaksi saham dan riwayat pergerakan saham perusahaan dalam periode tertentu. Tersedia fitur kalender yang berisi berbagai jadwal para perusahaan untuk melakukan aksi mulai dari RUPS, IPO, hingga pembagian Dividen.

3. Investing.com

Aplikasi saham online Android lainnya yang sangat lengkap adalah investing.com yang bisa diunduh di Play Store secara gratis. Aplikasi investing.com menyajikan data-data secara real time terkait dengan informasi saham yang terjadi di seluruh dunia. Bahkan aplikasi ini juga menyajikan lebih dari 100.000 grafik instrumen finansial yang bisa menjadi dasar melakukan analisis keuangan.

4. Nabung Saham GO

Ada juga aplikasi Nabung Saham GO yang merupakan hasil kerjasama antara Bursa Efek Indonesia dan PT. Winratama Perkasa dalam menyediakan aplikasi saham untuk Android. Namun, berbeda dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya, aplikasi Nabung Saham GO ini merupakan aplikasi simulasi saham berbentuk permainan.

Dengan bentuk permainan yang sangat unik dan menarik ini, pengguna Nabung Saham GO dapat belajar sedikit demi sedikit tentang transaksi saham dengan mudah. Penyampaian informasi investasinya juga dilakukan dengan cara menyenangkan dan edukatif. Namun jangan salah, aplikasi ini benar-benar menyesuaikan dengan kondisi transaksi saham secara riil.

Penutup Aplikasi Saham Online

Keberadaan aplikasi saham online Android akan semakin mempermudah siapa saja yang tertarik untuk belajar saham. Aplikasi saham online ini memiliki berbagai fitur yang dibutuhkan untuk mempelajari dan mengamati pergerakan saham yang terjadi di seluruh dunia. Adanya aplikasi ini juga memudahkan investor untuk bertransaksi saham kapanpun dan dimanapun.

3 Comments

Leave a Reply