usaha counter pulsa menguntungkan

Mendulang Keuntungan dengan Usaha Counter Pulsa

Siapa bilang usaha counter pulsa hanya memberikan sedikit keuntungan? Bisnis itu bisa menghasilkan banyak profit asalkan dilakukan dengan tekun. Untuk mewujudkannya tentu pebisnis harus menyiapkan berbagai peralatan khusus.Baca Juga : Poin Penting Saat Ingin Usaha Bengkel Sepeda

Berapa Estimasi Biaya dan Keuntungan Berjualan Pulsa?

Memiliki usaha di bidang pulsa ini menguntungkan karena resikonya kecil. Anda tak perlu takut barang tidak laku karena kuota adalah makanan sehari-hari masyarakat milineal. Hampir setiap saat orang membutuhkannya untuk berinteraksi jarak jauh. Cepat atau lambat dagangan pun akan terjual.

Umumnya, modal awal untuk membangun usaha tersebut membutuhkan dana sebesar 10 juta. Hal ini sudah termasuk peralatan toko serta deposit. Jika ingin membayar karyawan, maka siapkan sekitar 12 juta. Agar bisnis lancar, lakukan riset terlebih mengenai harga pulsa di pasaran.

Penetapan harga sangat penting sebab bila terlalu mahal, klien yang pernah membeli mungkin merasa kapok. Untuk itu, perlu melakukan riset kecil-kecilan. Pebisnis bisa melakukannya dengan membeli pulsa di berbagai tempat dekat lokasi konter, ini akan memberikan profit secara maksimal.

Dijamin, kerugian memiliki usaha conter ini sedikit karena dibutuhkan orang sehingga resiko kerugian cukup rendah. Dengan sedikit promosi, maka tempat berjualan akan segera dikenal dan didatangi pembeli. Jika sukses, bisa jadi dalam sebulan mampu meraup keuntungan hingga jutaan rupiah.

Barang yang Harus Dipersiapkan Dalam Usaha Counter Pulsa

Apabila ingin memiliki bisnis dengan modal terbatas, jangan ragu untuk berjualan pulsa. Sekilas, mungkin usaha tersebut terlihat kurang bonafit. Padahal, terdapat banyak keuntungan memilikinya. Sebelum membuka toko, sebaiknya persiapkan beberapa hal penting berikut:

Salah satu perlengkapan penting untuk membangun bisnis pulsa ialah banner dan spanduk. Biaya yang dibutuhkan guna membeli peralatan usaha tersebut sekitar Rp. 200.000. Harganya bisa lebih murah atau mahal bergantung ukuran serta kualitasnya.

Counter pulsa ini nyaman dioperasikan karena promosi bisa dilakukan dengan sangat mudah. Pemiliknya hanya perlu membuka toko lalu menempelkan spanduk serta banner di depannya. Adanya kemudahan itu membuat orang lalu lalang pasti tertarik.

Ponsel

Usaha ini membutuhkan perencanaan matang. Meskipun terlihat mudah, namun ada beberapa persiapan yang harus dilakukan, salah satunya menyiapkan ponsel. Transaksi pengisian pulsa dilakukan menggunakan hp, Anda tidak terlalu membutuhkan gadget mahal bermerk.

Hal itu dikarenakan pengisian pulsa dilakukan via SMS. Jadi, Anda dapat menyesuaikan perangkat ini berdasarkan kebutuhan saja. Bila pebisnis memiliki hp yang tidak terpakai, maka gunakan handphone tersebut agar bisa menghemat pengeluaran.

Etalase

Hal yang dibutuhkan dalam usaha jual pulsa ialah etalase. Supaya ruangan nampak luas, sebaiknya pilih etalase minimalis dengan pencahayaan maksimal sehingga orang bisa mengenali bisnis Anda. Harganya bervariasi, namun untuk ukuran konter kecil biayanya sekitar 3 juta rupiah.

Bila konter pulsa nampak muram dan kurang indah dipandang, konsumen akan malas membeli kuota. Untuk itu, belilah etalase minimalis lalu berikan penerangan lebih agar pembeli nyaman saat membeli produk di toko Anda. Mengenai ukurannya bisa disesuaikan dengan luas ruangan tempat menyewa.

Buku Catatan

Ada banyak keuntungan yang didapat bila terjun ke usaha counter pulsa yakni metodenya simpel. Pengoperasiannya relatif gampang, bahkan untuk para pemula. Petugas konter melayani pembeli dengan menyodorkan buku guna penulisan nomor. Lalu ia akan memproses pesanan konsumen.

Untuk biaya pembelian buku ini sangat terjangkau bergantung kualitasnya. Siapkan saja beberapa buku sebagai persediaan awal. Selain itu, jangan lupa menyiapkan alat tulis seperti bolpoin. Modal yang digunakan ialah Rp. 20.000 saja.

Beberapa Biaya yang Harus Disiapkan Untuk Usaha Counter Pulsa

Usaha berjualan pulsa memperhitungkan beberapa biaya yang ada. Sebab itu semua mempengaruhi jumlah modal yang harus dikeluarkan, berikut ulasan singkatnya:

Deposit Pulsa

Hal yang perlu dipersiapkan selanjutnya adalah menyiapkan deposit. Mengenai minimal pembelian umumnya Rp. 50.000. Sebagai modal awal, sebaiknya siapkan dana Rp. 300.000 – Rp. 500.000. Sediakan pulsa all operator agar seluruh pembeli bisa mendapatkan kebutuhannya.

Perusahaan distributor terpercaya umumnya menjual pulsa di bawah harga normal. Jika mampu menemukannya, maka profit Anda bisa lumayan dalam sekali transaksi.  Agar keuntungan makin banyak, belilah deposit dalam jumlah besar.

Voucher dan Kartu

Anda bisa menghasilkan pundi-pundi uang cukup banyak dengan bisnis ini. Hal itu dikarenakan semua orang membutuhkan kuota apalagi sejak semua interaksi kini dilakukan online. Selain menyiapkan pulsa elektrik, jangan lupa membeli stok voucher kuota dan kartu perdana.

Selain pulsa, orang membutuhkan kuota dan kartu perdana. Harganya sungguh bervariasi, untuk kartu perdana bisa diperoleh sekitar Rp. 6500. Biayanya bergantung pada seberapa unik nomor tersebut serta fitur yang diperoleh. Sementara itu, voucher kuota umumnya per biji dihargai Rp. 45.000.

Biaya Listrik Bulanan

Hal yang perlu dipersiapkan dalam usaha penjualan pulsa berikutnya yakni biaya listrik. Pengeluaran ini harus dianggarkan tiap bulannya sebab Anda selalu menggunakannya terutama di sore dan malam hari. Untuk counter kecil dengan penerangan bagus, silakan siapkan sekitar Rp. 150.000.

Mengenai listrik ini Anda bisa membeli pulsa atau membayar PLN. Umumnya, biaya tersebut bergantung pada kondisi bangunan yang disewa. Agar pengeluaran hemat, disarankan memilih penerangan LED karena jauh lebih ekonomis dibandingkan lampu lainnya.

Biaya Pulsa

Selanjutnya ada biaya pulsa untuk SMS pihak distributor. Anggarannya tentu bervariasi bergantung seberapa banyak konsumen dalam satu bulan. Pebisnis bisa memilih salah satu operator dengan tarif mengirim pesan termurah sehingga pengeluaran hemat.

Sebagai modal awal, pebisnis bisa menyiapkan uang sekitar Rp. 80.000. Apabila setelah usaha berjalan ternyata pengeluarannya berlebih, maka Anda dapat menambahnya sesuai kebutuhan. Supaya biayanya lebih ekonomis, sebaiknya pilih operator yang sama dengan kartu yang akan diisi.

Sewa Lokasi

Jangan asal memilih tempat, sebab ini menentukan profit usaha. Tempat terbaik ialah area dekat jalan raya supaya mudah diakses orang-orang. Bila berdagang di tempat sepi, tentu kemungkinan untung besar sangat sulit.

Mengenai harga sewa untuk konter ini berbeda-beda. Semakin ramai areanya, makin mahal pula biayanya. Umumnya, per tahun Anda perlu menyiapkan sekitar 6 juta. Luas ruangan tentu tidak terlalu besar, namun konter minimalis di dekat jalan raya bisa mendatangkan keuntungan.

Bagaimana Cara Menjalankan Usaha Counter Pulsa ini?

Menjalankan konter pulsa cukup mudah. Setelah pesbisnis mempersiapkan segala peralatan termasuk deposit, maka Anda hanya perlu duduk dan melayani pembeli dengan baik. Agar profitnya banyak, sebaiknya layani pembelian online agar pelanggan tak perlu ke luar rumah.

Promosi ini bisa dilakukan langsung yakni membuat spanduk serta banner. Metode lainnya yakni secara online baik via Whatsapp, Instagram, Facebook maupun website perusahaan. Dengan mengombinasikan kedua cara tersebut, dijamin pelanggan akan segera mengetahui keberadaan usaha.

Apabila tidak berkenan menjaga toko serahkan pada orang lain, Anda hanya perlu membayarnya tiap bulan dan tinggal mengawasi serta memantau kinerjanya. Agar toko laris manis, pandulah karyawan untuk melayani pembeli sepenuh hati.

Itulah hal-hal yang perlu dipersiapkan apabila ingin terjun ke usaha counter pulsa. Bisnis ini tidak terlalu membutuhkan banyak modal. Pengoperasiannya mudah dan resiko ruginya pun sedikit. Agar Anda mendapatkan keuntungan berlebih, jangan lupa mempersiapkan toko dengan baik.

Leave a Reply