Mencari Tahu Apa Itu Financial Consultant?

Apa Itu Financial Consultant – Halo sobat humorbendol, apakah sobat sekalian pernah mendengar istilah Financial Consultant? Untuk yang bergelut di bidang keuangan biasanya sudah familiar dengan istilah seperti ini. lalu sebenarnya apa itu financial consultant?

Financial Consultant yang dalam Bahasa Indonesia disebut dengan penasihat keuangan merupakan sebuah pekerjaan yang mana tidak sembarang orang yang bisa menjadi seorang penasihat keuangan. Haruslah orang-orang yang professional. Financial Consultant menyediakan jasa keuangan kepada para kliennya. Finance Advisor memiliki kunsi harus mencari investor supaya bisa memberikan keuntungan pada perusahaan yang dijalani.

Jadi, Apa Itu Financial Consultant?

apa itu financial consultant
Source : sarungan.net

Apa itu financial consultant? Seperti yang sudah kami bahas di atas, banyak orang yang kadang menghadapi kesulitan dalam masalah ekonomi atau mengatur masalah keuangannya. Mengatur keuangan memanglah bukan perkara yang mudah jadi banyak orang yang mencari penasihat keuangan. Karena itulah jadi banyak orang yang mencari financial consultant.

Financial Consultant memiliki arti secara umum yaitu perusahaan independent ataupun lembaga professional yang bergerak menyelesaikan masalah keuangan atau membantu mengelola mulai dari perencanaan hingga manajemen.

Misalnya saja penghasilan yang kamu dapat dari hasil bekerja nantinya lebih cocok digunakan dan dikelola seperti apa, lebih pas diinvestasikan kemana supaya kamu bisa berpikir dengan arah yang benar kemana keuanganmu akan dikelola. Yang pasti adalah kamu harus memikirkan keuangan untuk masa tuamu nanti.

Certified Financial Planner

Didalam financial consultant, orang yang memberikan jasanya harus mempunyai Certified Financial Planner. CFP ini dapat dijadikan rujukan pertama yang mana harus kamu lihat dulu orang ini seperti apa agar kamu bisa lebih mempercayai orang tersebut. Atau kamu mau menjadi seorang Financial Planner?

Sebelumnya, bagaimana cara memiliki sertifikat CFP ini? caranya yaitu kamu harus ikut dalam banyak program pelatihan dan mempersiapkan mereka untuk mulai bisa menangani orang-orang yang sedang membutuhkan penasihat keuangan.

Semua pekerja wajib melaksanakan tugasnya sesuai denga kode etik bahkan untuk para pekerja yang memegang sertifikat CFP ini. Untuk sertifikasi profesi ini, ada lembaga yang memegangnya. Lembaga Financial Planning Standards Board atau FPSB merupakan Lembaga yang memegang sertifikasi profesi dalam hal ini termasuk lembaga international.

Also Read :
HATI-HATI! 5 Risiko Jika Tidak Membayar Tagihan Akulaku Tepat Waktu

Aspek yang Harus Dimiliki

Ada 4 aspek yang harus dimiliki oleh financial planner. Apa saja sih 4 aspek tersebut? Mari simak ulasannya di bawah ini.

  1. Memiliki Riwayat Pendidikan 12 tahun sekolah dan sarjana dalam bidang perencanaan keuangan pribadi. (Bisa lulusan Business Administration, Manajemen Keuangan, Ilmu Pengetahuan Aktuaria, Bisnis & Keuangan)
  2. Paling sedikit 3 tahun sudah memberikan advice mengenai kepada klien.
  3. Lulus dalam ujian standar profesi perencanaan keuangan dan telah diakui dan terdaftar oleh Negara.
  4. Taat aturan dan kode etik profesi yang telah ditentukan.

Tugas Financial Planner

Financial planner memiliki tugas yaitu mengelola keuangan yang kamu miliki saat ini untuk mencukupi keuangan di masa yang akan datang. Bagaimana cara kerjanya? Cara kerjanya yaitu klien dan konsultan akan bertemu kemudian kenalan. Setelah itu konsultan akanmencari tahu informasi mengenai posisi kliennya saat ini.

Kemudian financial consultant akan mewawancarai dan menanyakan informasi seputar kehidupan pribadi mulai dari status, pekerjaan, investasi, tanggungan sampai pendapatan lain dari perusahaan sendiri misalnya. Lalu konsultan akan menyusun timeline untuk tujuan-tujuan hidup kliennya.

Klien dapat menarik beberapa kesimpulan dari timeline yang sudah dibuat, seperti berapa jumlah uang yang wajib disisihkan, aset yang dapat  dimasukan dalam portofolia investasi klien untuk 3 tujuan. Yaitu tujuan jangka pendek, menengah dan panjang.

Bagaimana cara mencari konsultan?

Karena zaman sudah semakin maju, saat ini sudah ada yang namanya internet. Kamu tinggal shearching di Google ribuan nama konsultan. Jika sudah ada, lalu bagaimana cara memutuskan konsultan mana yang tepat untuk bisa membantu kamu mengurus keuangan kamu.

Hal pertama yang penting untuk diingat yaitu gelar bukanlah factor utama yang harus dilihat. Meskipun sang konsultan memiliki banyak gelar di belakang namanya biasanya ada konsultan gadungan yang menipu kliennya dengan gelar panjang yang dimanipulasinya.

Keuntungan Menggunakan Financial Consultant

apa itu financial consultant
Source : blog.amartha.com

Untuk orang awam biasanya tidak terlalu mengerti dengan masalah financial seperti ini. Lantas Financial Consultant sangat diperlukan jasanya disini. Apalagi jika kamu adalah orang yang mempunyai penghasilan yang bisa dikatakan lebih dari cukup dan bingung akan dibuat untuk apa saja uangmu dengan pengelolaan yang tepat. Nah, jasa inilah yang mungkin sangat kamu butuhkan.

Financial consultant memiliki fungsi utama yaitu menyiapkan rencana keuangan kamu untuk jangka pendek, menengah, dan panjang. Meski begitu, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan lainnya seperti analisis keuangan, laporan keuangan, kekayaan bersih, seperti jumlah utang, dan semacamnya. Dana prioritas akan dibuat sesuai dengan waktu dan tujuannya. Kemudian ada strategi keuangan meliputi investasi dan asuransi. Supaya tujuan keuangan kamu tercapai pilihlah sesuatu sesuai dengan apa yang dibutuhkan bukan diinginkan.

Also Read :
[NEW] How Can i Get Cash for Gift Cards Immediately

Nah, disini kamu bisa mewawancarai konsultan yang akan kamu pilih melalui interview informal saja untuk dapat mencocokan dengan kebutuhanmu, setidaknya hanya untuk saat ini saja. Kamu juga bisa menawarkan untuk harga yang lebih murah karena kamu ingin tujuan finansialmu tertata rapi sesuai dengan kebutuhanmu.

Mewawancari Konsultan

Jika kamu sudah paham dengan Financial Consultant dan akan memutuskan untuk menggunakan jasanya kamu bisa menanyakan beberapa pertanyaan supaya kamu semakin paham dan yakin pada perusahaan atau professional tersebut.

  1. Jenis Perencanaan Keuangan

Lihat filosofi yaitu visi dan misi dari investasi konsultan tersebut sesuai dengan profil risiko kamu. Harus diperhatikan, tidak bisa terlalu agresif ataupun ataupun terlalu konservatif dibandingkan dengan kebutuhan dan agenda kamu.

  1. Jenis Klien

Tidak banyak perusahaan konsultan menerima semua latar belakang kliennya. Tidak sedikit konsultan yang hanya menerima dengan memandang sesuatu yang dimiliki seperti total kekayaan, jenis bisnis, total kekayaan dan sebagainya.

Jadi, sebelum muncul rasa tidak enak lebih baik dibicarakan dan kenali dulu perusahaan-perusahaan konsultasi keuangan.

  1. Pengalaman

Pengalaman adalah salah satu yang bis akita lihat apakah suatu perusahaan berpengalaman atau tidak. Bisanya akan semakin lama perusahaan maka akan semakin bagus kinerjanya. Tapi bukan berarti perusahaan muda yang muncul memiliki pelayanan yang tidak baik. Bisa saja perusahaan baru dikelola oleh orang yang sama berpengalamannya dengan perusahaan yang lama. Nah, untuk hal ini kembal pada pilihan masing-masing ya teman.

  1. Kualifikasi Diri

Kamu bisa melihat latar belakang dari sang konsultan, apakah beliau memiliki passion di bidang finansial kemudian tanyakan visi dan misinya. Kamu juga bisa bertanya tentang keahlian misalnya saja ilmunya di bidang saham, pengelolaan, pajak, dana pension dan sebagainya.

Nah, itulah tadi penjelasan mengenai apa itu financial consultant. Apakah sobat sekalian sudah cukup mengerti apa itu financial consultant? Semoga apa yang kami sampaikan bisa bermanfaat dan berguna untuk teman-teman semua. Jika apa yang kami sampaikan ini dirasa membantu teman sekalian silahkan sharing ke teman-teman supaya bisa membantu menambah ilmu pengetahuan.