Berikut Tips Melunasi Hutang yang Menggunung

Berikut Tips Melunasi Hutang yang Menggunung

 Tips Melunasi hutang yang Menggunung-Banyak orang terjebak hutang yang menggunung karena tidak mampu melunasinya dengan berbagai alasan. Dan hutang ini merupakan masalah kewajiban finansial yang sangat membebani keuangan dan mesti diselesaikan sesegera mungkin. Sebab, jika menunda pembayaran hutang, nantinya akan semakin menambah beban dan kewajiban-kewajiban baru, apalagi jika anda meminjam uang dari lembaga keuangan ilegal.

Mengapa banyak orang menjadikan hutang sebagai sebuah kebiasaan ? Pada umumnya, jika seseorag telah lepas dari satu hutang, maka mereka akan membuka hutang yang lain. Sedangkan hal ini tidak diimbangi dengan pemasukan atau bisnis yang menghasilkan keuntungan lebih. Dengan demikian, justru membuat kondisi finansial akan semakin memburuk jika hutang tidak segera dilunasi.

Tips Melunasi Utang yang Sudah Menggunung

Apakah anda sudah tahu dampak dari terjerat hutang yang menggunung ? Selain membuat hidup menjadi tidak aman, rupanya hutang yang tidak segera dilunasi ini bisa berdampak pada emosional yang akhirnya berujung pada stress. Lantas, bagaimana cara agar terbebas dari hutang yang menggunung ? Anda tidak perlu khawatir berlebih, sebab untuk bisa terbebas dari lilitan hutang, anda bisa melakukan berbagai cara cepat untuk melunasi hutang yang menggunung atau sangat banyak tersebut. Berikut ini telah kami rangkum cara melunasi hutang yang menggunung agar anda bisa terbebas dari jeratan hutang. Yuk simak baik-baik uraian di bawah ini!

  • Mencatat Pengeluaran

Mengapa kebanyakan orang tidak mampu melunasi hutangnya yang sudah menggunung ? Pada umumnya, ketidakmampuan seseorang untuk membayar hutangnya yang banyak adalah karena buruknya ia dalam memanajemen keuangan. Misalnya seperti pendapatannya yang kurang, namun pengeluaran tidak terkontrol, atau setiap pengeluaran tidak pernah dicatat. Nah, jika anda merasa hutang yang ada mulai membebani hidup anda, itu menandakan bahwa kondisi keuangan anda sudah tidak baik lagi.

Lantas, bagaimana solusi dari permasalahan ini ? Yaitu anda bisa mencatat pengeluaran harian atau bulanan, mulai dari kebutuhan makanan, transportasi, tempat tinggal, hiburan dan lain sebagainya. Setelah itu, anda bisa meng-cut beberapa pengeluaran yang bisa menyebabkan hutang konsumtif. Dengan demikian, pengeluaran anda bisa terkontrol dan gaji yang anda peroleh bisa ditabung sebagian untuk melunasi hutang yang menggunung.

  • Mengurangi Gaya Hidup

Sudahkah anda belajar dari pengalaman banyak orang ? Dimana karena gaya hidup yang tinggi dan tidak sesuai dengan kondisi finansial, seringkali berdampak buruk pada keuangan yang akhirnya terpaksa membuatnya berutang. Ya, seringkali ketidakmampuan melunasi hutang bisa diakibatkan karena anda tidak bisa mengelola keuangan dengan baik, lantaran gaya hidup yang tinggi melewati batas kemampuan finansial.

Pada umumnya, ideal persentase biaya hidup sehari-hari adalah maksimal 30 persen jumlah pendapatan perbulan. Namun sayangnya, hal ini seringkali gagal dilakukan lantaran anda tidak bisa mengendalikan diri, seperti membelanjakan uang untuk barang mewah yang kurang bermanfaat, sering hangout dan makan makanna mahal, dan lain sebagainya.

Nah, jika ada memiliki niat untuk melunasi hutang yan sudah menggunung, maka kurangi kebiasaan gaya hidup tinggi anda. Mulailah untuk menghemat uang dan membelanjakannya hanya untuk kebutuhan hidup yang benar-benar penting. Ubahlah kebiasaan hangout di tempat mewah dengan beralih ke taman kota dan tempat menarik lainnya, yang mana tidak ada jajaran toko barang mewah sehingga anda bisa mengendalikan diri untuk tidak berbelanja. Selain itu anda harus mengubah kebiasaan makan mewah diluar dengan memasak sendiri rumah. Jika anda menerapkan gaya hidup yang standart dan sesuai dengan kondisi finansial, maka bukan tidak mungkin anda bisa segera membayar hutang-hutang yang menggunung tersebut.

  • Menjual Barang Berharga

Menjual barang berharga yang sudah tidak terpakai lagi adalah salah satu cara paling efektif dalam melunasi hutang yang menggunung. Jika anda terlilit hutang dan tidak menemukan jalan keluar, maka alternatif terbaik yang bisa dilakukan ialah menjual beberapa barang berharga yang anda miliki. Misalnya seperti furnitur, sepatu, tas, dan lain sebagainya dengan menjualnya di akun e-commerce carousell, yakni tempat khusus bagi orang yang ingin menjual barang bekas.

Bagi anda yang dahulu senang berbelanja barang mewah, tentu mempunyai koleksi yang nilai jualnya tinggi. Nah, daripada hanya menjadi pajangan dirumah, sebaiknya manfaatkan barang mahal tersebut sebagai penutup hutang anda. Akan tetapi, jika barang-barang tersebut tidak bisa menghasilkan dana yang menutupi hutang, maka jalan terkahirnya adalah anda perlu menjual tanah, properti, logam mulia atau perhiasan. Ya, memang akan sangat disayangkan jika menjual barang yang nilainya bisa meningkat di masa mendatang. Namun, daripada anda semakin terlilit oleh hutang yang tiada ujungnya, maka lebih baik merelakan barang atau aset berharga anda untuk dijual sebagai pelunas hutang yang menggunung.

  • Mencari Penghasilan Tambahan

Jika kebetulan anda tidak mempunyai barang atau aset berharga untuk dijual sebagai pelunas hutang, maka ada solusi lain yang bisa anda tempuh untuk melunasi hutang yang telah menggunung. Anda bisa mencari penghasilan tambahan baik dari bisnis atau kerja sampingan, sebagai upaya untuk mendapatkan uang yang lebih banyak. Ada banyak pekerjaan sampingan yang bisa anda pilih, seperti menjadi penulis online, ojek online, jasa desain grafis, guru les privat dan masih banyak lagi yang lainnya. Atau jika anda mempunyai sedikit modal, bisa menjadi reseller, dropshiper untuk produk online. Apapun pekerjaan sampingan tersebut, anda harus bertekad bahwa penghasilan tambahannya hanya digunakan untuk melunasi hutang yang menggunung.

  • Hindari Mengambil Hutang Baru

Hindari kebiasaan mengambil utang baru sebelum hutang lama anda yang sangat banyak tersebut sudah dilunasi. Pada umumnya, orang yang sering terlilit hutang akan meminjam hutang baru demi menyelesaikan hutang lamanya. Hal ini tentu saja bukanlah solusi, namun justru akan menempatkan seseorang dalam jeratan hutang seumur hidupnya. Oleh sebab itu, hindari mengajukan hutang baru sebelum anda menyelesaikan hutang menggunung yang sudah ada. Karena hal ini bukan meringankan beban anda, namun sebaliknya, justru beban hutang menjadi dua kali lipat.

  • Membuat Rencana Keuangan

Pada umumnya, seorang yang terlilit hutang sangat banyak seringkali merasa bingung harus melunasih utangnya dengan cara apa. Sebab, hutang tersebar dengan jumlah yang tidak sedikit tersebut membuat hidupnya menjadi tidak aman karena terbayang oleh hutang. Tagihan yang berdatangan tanpa jeda tak jarang membuat orang tidak bisa berpikir jernih. Nah, jika anda mengalami masa ini, maka mulailah untuk menata rencana keuangan anda

Membuat rencana keuangan yang dimaksud ialah menata keuangan untuk pelunasan hutang. Anda bisa melakukan analisis untuk diri sendiri, dan memulainya dengan cara menulsi daftar hutang, mengurutkan dari jumlah pinjaman tertinggi hingga terendah beserta bunganya jikalau ada. Disamping itu anda juga perlu mencatat riwayat hutang, yang mana akan memudahkan anda menentukan skala prioritas, hutang mana yang harus dilunasi terlebih dahulu. Kami menyarankan untuk anda mulai melunasi hutang dengan bunga terbesar, sehingga bunga yan berjalan tidak semakin membengkak. Intinya, anda harus membuat terget kapan dan bagaimana hutang yang menggunung dapat terlunasi.

Demikianlah beberapa kiat atau cara yang bisa anda lakukan untuk melunasi hutang yang menggunung dengan cepat. Jika anda menerapkan beberapa cara diatas, maka bukan tidak mungkin hutang yang menggunung bisa segera dilunasi. Tetap semangat dan semoga berhasil ya !

Leave a Reply