Inilah Media Promosi Terbaik untuk Meningkatkan Keuntungan Bisnis

By | March 2, 2021
Inilah Media Promosi Terbaik untuk Meningkatkan Keuntungan Bisnis

Promosi merupakan salah satu strategi yang paling penting dalam berbisnis agar keuntungan bisa terus ditingkatkan. Promosi akan meningkatkan awarenss calon konsumen baru agar mereka tertarik dengan produk barang atau jasa yang dijual. Apa saja media promosi terbaik untuk berjualan?

Cara promosi di era digital 4.0 saat ini tentu sangat berbeda dengan cara konvensional yang banyak dilakukan sebelum internet berkembang pesat seperti sekarang. Sudah bukan zamannya lagi promosi dengan cara menyebar pamflet atau memasang iklan di koran.

Mungkin masih ada beberapa bisnis yang menjalankan promosi dengan cara seperti itu dan biasanya target market yang didapatkan akan lebih terbatas. Untuk mendapatkan pasar yang lebih luas, Anda harus upgrade dengan memanfaatkan media promosi secara online.

Apa Itu Promosi?

Promosi merupakan suatu cara yang dilakukan oleh penjual atau pebisnis untuk memberikan informasi kepada khalayak terkait produk barang atau jasa yang dijual. Langkah promosi ini dilakukan agar target market yang dituju mengetahui dan tertarik untuk membeli barang atau jasa yang dijual.

Sedangkan pengertian media promosi adalah alat atau media yang digunakan untuk mewadahi promosi sebuah brand, toko, atau produk barang dan jasa tertentu. Pemilihan media promosi yang tepat akan turut berpengaruh terhadap keberhasilan promosi yang dikonversi dalam bentuk omzet.

Promosi harus dibuat semenarik mungkin dengan bahasa yang singkat, padat, lugas, tegas sehingga target market mulai aware dengan barang yang dipromosikan. Jika barang atau jasa tersebut adalah yang mereka butuhkan, bukan tidak mungkin mereka akan beralih menjadi konsumen dan pelanggan.

Tips Promosi yang Jitu

Agar hasil promosi yang dilakukan sesuai dengan ekspektasi, ada beberapa tips jitu agar behasil. Berikut ini beberapa tips promosi yang bisa Anda lakukan di era digital seperti saat ini, di antaranya:

  1. Promosi dengan Memviralkan Produk

Di era yang serba digital di mana setiap orang mendapatkan kemudahan untuk mengakses informasi baik melalui mesin pencari maupun media sosial, mudah sekali sesuatu menjadi viral. Ketika sesuatu hal tersebut viral, maka awareness audience pun akan lebih mudah didapatkan.

Anda bisa membuat konten promosi yang unik, lucu, kreatif, dan membuat orang penasaran. Buat yang aneh atau lain daripada yang lain sehingga konten tersebut akan lebih mudah viral di media sosial. Orang-orang pun akan semakin banyak yang tahu produk Anda.

  1. Strategi Mouth to Mouth

Strategi pemasaran dari mulut ke mulut terbilang sangat efektif untuk meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas suatu usaha. Hal ini dikarenakan orang akan lebih percaya jika mendengar, membaca, atau melihat langsung komentar dari pelanggan yang pernah memakai produk tersebut.

Untuk menjalankan strategi ini, Anda bisa dengan meminta testimoni atau review dari pelanggan yang pernah membeli produk barang atau menggunakan jasa yang ditawarkan. Semakin banyak testimoni positif, tentu orang-orang pun akan lebih percaya bahwa usaha Anda nyata dan berkualitas.

  1. Memberikan Edukasi Tentang Manfaat Produk yang Dijual

Pengguna internet semakin cerdas untuk mencari tahu mana produk yang benar-benar berkualitas. Sehingga sebelum menjual secara hard selling kepada target pasar yang ditentukan, Anda harus membangun informasi dan edukasi mengenai manfaat dari produk yang dijual.

Informasi dan edukasi tersebut akan menjadi value added tersendiri sehingga orang-orang merasa butuh dengan produk barang atau jasa yang ditawarkan. Semakin banyak orang yang aware dengan brand Anda, maka semakin besar kemungkinan untuk terus menaikkan omzet penjualan.

Alat Promosi Terbaik

Inilah Media Promosi Terbaik untuk Meningkatkan Keuntungan Bisnis

Inilah Media Promosi Terbaik untuk Meningkatkan Keuntungan Bisnis

Tidak sulit untuk menemukan alat promosi terbaik di era digital seperti saat ini. Bahkan tidak harus merogoh kocek mahal untuk melakukan promosi bisnis atau jualan. Berikut ini beberapa alat promsi yang bisa Anda manfaatkan untuk berjualan, di antaranya:

  1. Facebook

Media sosial pertama yang diciptakan oleh Mark Zuckeberg ini bukan sekedar media sosial untuk ajang silaturahmi saja. Akan tetapi, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk promosi dan menawarkan barang dagangan baik berupa barang maupun jasa.

Promosi menggunakan facebook bisa dilakukan secara gratis dengan cara membuat konten terkait produk yang dijual di kabar beranda maupun cerita di facebook. Jika ingin lebih maksimal, Anda bisa memaksimalkan fitur promosi berbayar melalui facebook ads business manager.

  1. Instagram

Sudah banyak yang meraup sukses dengan berjualan atau menjadi influencer di instagram. Memiliki instagram dengan follower banyak seperti aset tak ternilai karena pundi-pundi uang bisa dihasilkan dari situ. Promosi yang dilakukan di instagram juga bisa dibuat dengan cara yang menarik.

Selain tampilannya menarik dan banyak penggunanya, media sosial ini juga memiliki banyak fitur yang bisa dimanfaatkan untuk promosi. Anda juga bisa berinteraksi langsung dengan pelanggan melalui direct message, komentar, maupun pertanyaan melalui instagram stories.

  1. Marketplace

Saat ini, ada banyak sekali marketplace yang bisa Anda manfaatkan untuk jualan. Mulai dari Shoppe, Tokopedia, Lazada, Blibli, dan lain sebagainya. Marketplace merupakan platform khusus yang memang dibuat untuk memudahkan orang-orang berbelanja secara online.

Anda cukup memposting produk yang dijual di form yang tersedia pada masing-masing marketplace. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa memanfaatkan fitur iklan berbayar sehingga target market yang dituju akan lebih banyak lagi.

  1. Youtube

Konten Youtube yang sudah di-monetize pasti akan mengandung iklan di dalamnya. Terkadang memang cukup mengganggu, namaun iklan tersebut merupakan ladang uang bagi para konten kreator. Sebagai pebisnis, Anda bisa memanfaatkannya dengan memasang iklan di konten youtuber.

Semakin banyak views yang dimiliki oleh Youtuber tersebut, maka semakin tinggi peluang produk Anda akan dilihat lebih banyak orang. Selama konten yang dibuat menarik, maka viewers akan naik dan produk barang atau jasa yang Anda tawarkan akan semakin dikenal oleh publik.

  1. Email marketing

Meskipun alat promosi yang satu ini terkesan kuno, namun email marketing bisa dibilang masih sangat efektif untuk dijadikan media promosi. Kekuatannya sebagai media promosi online mampu menjangkau lebih banyak pelanggan yang menjadi target market Anda.

Email marketing biasa digunakan untuk menyebarkan berita launching produk, promo-promo menarik, hingga penawaran tertentu. Buat konten email dengan teknik copywriting yang menarik sehingga banyak pelanggan yang tertarik dengan produk Anda.

Anda bisa memanfaatkan salah satu dari beberapa media promosi terbaik di atas sesuai dengan kebutuhan. Jika ada platform yang bisa dimanfaatkan secara gratis, mengapa tidak!