LENGKAP! 9 Langkah Cara Buat Microsoft Forms

LENGKAP! 9 Langkah Cara Buat Microsoft Forms

Anda lagi mencari panduan cara buat Microsoft Forms? Sekarang Anda berada di tempat yang tepat. Melalui artikel ini, kami akan menerangkan secara jelas panduan cara buat Microsoft Forms untuk Anda. simak dengan saksama ya!

Perlu diketahui, sebelum membuat Microsoft Forms, Anda harus memiliki akun Microsoft berupa Outlook, Skype atau Github. Jika belum pernah memiliki akun, Anda dapat mendaftarkan diri menggunakan nomor telepon atau email.

Dengan menggunakan Microsoft Forms, Anda akan lebih mudah untuk melakukan integrasi dengan produk Microsoft lainnya. Anda pun bisa mengekspor form yang telah Anda buat langsung ke dalam bentuk lain seperti Excel maupun produk microsoft lainnya.

Panduan Cara Buat Microsoft Forms

Microsoft Forms memungkinkan Anda membuat formulir dengan mudah, praktis, dan aman untuk keperluan survei, kuis, jajak pendapat dan formulir lain baik secara online maupun offline. Nah, berikut ini adalah langkah-langkah pembuatan Microsoft Forms yang harus Anda perhatikan dengan baik.

1. Buka Microsoft Forms

masuk

Langkah pertama, pastikan Anda telah memiliki akun Microsoft, Outlook atau Skype. Jika merasa belum pernah mendaftar maka sebaiknya Anda melakukan pendaftaran terlebih dahulu agar bisa menggunakan tools ini.

Setelah masuk di halaman utama Microsoft Forms, silakan Anda klik tombol ‘Masuk’. Selanjutnya akan ada arahan untuk memilih metode masuk dengan email, Outlook atau Skype. Setelah Anda pilih salah satu di antaranya, klik tombol ‘Berikutnya’.

Jika belum memiliki akun, langsung klik Create One. Setelah masuk, secara otomatis Anda akan langsung diarahkan ke halaman beranda Microsoft Forms.

2. Buat Form Baru

form baru

Di halaman beranda Microsoft Forms, Anda bisa memilih template formulir yang sudah tersedia dan dapat digunakan sesuai kebutuhan. Template formulir yang dimaksud di antaranya survei evaluasi kursus, survei umpan balik acara, survei umpan balik pelanggan, undangan pesta liburan dan lain sebagainya.

Jika template yang ada tidak sesuai dengan kebutuhan Anda, klik ‘template lainnya’.  Atau, Anda juga bisa membuat formulir sendiri. Untuk membuat formulir baru terdapat dua pilihan cara yang tersedia, yakni formulir baru untuk survei dan kuis.

3. Tambahkan Judul

Pertanyaan e1631604117147

Setelah memiliki template formulir sesuai dengan keinginan dan kebutuhan, Anda bisa memasukkan judul pada kolom ‘formulir tanpa judul’. Klik, lalu isikan judul formulir Anda beserta deskripsi singkatnya.

Langkah ini bisa Anda lakukan sebelum atau setelah membuat formulir atau kuis. Untuk diketahui, penambahan judul bersifat fleksibel dan bisa di-skip terlebih dahulu.

4. Buat Pertanyaan

 

Langkah berikutnya, Anda akan masuk pada kolom pembuatan pertanyaan. Untuk membuat pertanyaan baru, klik ‘Tambahkan baru’. Secara otomatis Anda akan diarahkan pada pilihan jenis pertanyaan yang digunakan.

Cara Buat Microsoft Form

 

Pilihan bentuk pertanyaan tersebut di antaranya teks untuk jawaban pertanyaan dalam bentuk teks, pilihan ganda untuk pertanyaan multiple choice, penilaian skor berupa pemberian rating dalam skala bintang mulai dari bintang 1 hingga bintang 5, tanggal untuk pertanyaan dengan jawaban dalam bentuk tanggal dan lain sebagainya. Sesuaikan bentuk pertanyaan dengan kebutuhan Anda ya.

pertanyaan 2

Jika Anda menginginkan pilihan lain klik ‘v’ untuk menentukan format jawaban responden, seperti skala likert, peringkat, net promoter skor dan lainnya.

 

5. Respons yang Diinginkan

Panduan Lengkap Cara Buat Microsoft Forms

Di Microsoft Forms, Anda bisa menggunakan berbagai fitur untuk menangkap respons dari pada responden, fitur-fitur tersebut di antaranya sebagai berikut:

a. Gambar

Jika berminat untuk menyisipkan gambar dalam pertanyaan, Anda bisa mengarahkan kursor ke bagian ikon gambar untuk menambah media. Anda juga bisa memuat media dalam bentuk video. Sesuaikan media yang digunakan dengan kebutuhan Anda ya.

b. Menambah Opsi Jawaban

Agar bisa menambahkan opsi jawaban, klik simbol ‘+’. Dengan begitu secara langsung Anda akan bisa menambahkan opsi jawaban sesuai kebutuhan form yang Anda buat.

c. Pertanyaan Wajib

Jika ada bentuk pertanyaan yang bersifat wajib diisi, Anda bisa mengaktifkan tombol ‘Harus Diisi’. Dengan begitu, secara otomatis responden dapat mengetahui bahwa pertanyaan atau kolom tersebut wajib untuk diisi.

d. Pertanyaan baru

Klik ‘tambah baru’ jika Anda akan menambahkan beberapa pertanyaan baru. Gunakan fitur ini hingga Anda selesai menambahkan semua pertanyaan yang ingin termuat dalam formulir.

e. Fitur Lain

Ada beberapa fitur lain yang disediakan oleh Microsoft Forms untuk meningkatkan visibilitas kuesioner seperti ikon salin, ikon tong sampah, ikon panah atas, ikon panah bawah dan opsi untuk mengatur pertanyaan terlihat oleh responden. Untuk diketahui, Microsoft Forms tidak menyedikana opsi simpan karena formulir yang Anda buat akan otomatis tersimpan.

6. Pratinjau

Untuk melihat kuesioner dari sisi responden, Anda bisa memanfaatkan pilihan pratinjau dengan klik ‘preview’ pada bagian bar atas layar. Anda juga dapat memasukkan jawaban untuk mengetahui apakah formulir kuisioner berfungsi atau tidak.

7. Tema

Cara Buat Microsoft Form 2

Untuk tampilan formulir yang lebih menarik, Anda bisa mengubah tema tampilan dengan klik ‘opsi tema’. Anda bisa memilih warna solid atau gambar kustom untuk pilihan latar belakang formulir Anda.

Klik ikon gambar, lalu unggah gambar. Ikon tersebut secara langsung terintegrasi dengan layanan Microsoft lain seperti Bing dan One Drive.

8. Konfigurasi Akhir

Langkah cara buat Microsoft Forms berikutnya yakni melakukan konfigurasi untuk mengatur hal teknis lain terkait kuisioner. Klik ikon ‘…’ pada bagian kiri atas Pengaturan. Hal-hal teknis yang tertera pada menu ini di antaranya: terima tanggapan, tanggal mulai, tanggal selesai, acak pertanyaan, kirim pemberitahuan dari setiap tanggapan lewat email dan pesan terima kasih untuk kuesinoer yang berhasil diselesaikan responden.

9. Membagikan Kuisioner

Pastikan Anda telah menyelesaikan semua tahapan pembuatan formulir dengan baik dan benar. Setting layout form sebelum Anda siap membagikan formulir tersebut.

send

Klik ‘kirim’ pada bagian header untuk membagikan kuisioner. Terdapat beberapa opsi membagikan yang tersedia. Misalnya, tautan yang dapat disalin. Perlu diketahui, tautan yang terbentuk biasanya berbentuk panjang. Namun, Anda dapat membuatnya pendek dengan menggunakan layanan shorten URL.

link

Selain itu ada juga opsi Kode QR yang dapat di-download menjadi gambar berformat PNG. Anda pun bisa membagikannya dengan munggunakan Tag HTML yang bisa disematkan pada blog.

Formulir juga bisa dikirim secara pribadi melalui email, baik itu Gmail ataupun Microsoft Outlook. Terdapat pula opsi ‘+’ untuk mendapatkan tautan guna melakukan duplikasi. Yang mana opsi tersebut dapat memudahkan orang yang telah mendapatkan tautan untuk  menduplikasi atau mengubah formulir buatan Anda. Agar lebih mudah dijangkau secara luas, Anda juga bisa membagikan formulir buatan Anda melalui beberapa media sosial dengan mengklik ikon media sosial yang ada.

Itulah panduan cara buat Microsoft Forms. Di era serba canggih saat ini, sudah seharusnya Anda menggunakan Microsoft Forms untuk pembuatan formulir atau kuis, daripada masih mengandalkan kertas yang di samping kurang ramah lingkungan, juga lebih mahal dari segi biaya. Bukan begitu?