11 Langkah Ide Kreatif untuk Meningkatkan Penjualan Anda

By | June 8, 2020
11 Langkah Ide Kreatif untuk Meningkatkan Penjualan Anda

Bagi seorang pengusaha, maka memiliki ide kreatif untuk meningkatkan penjualan adalah sangat penting. Hal ini ditujukan agar marketing cepat bisa berkembang dengan baik serta bisnis pun tidak akan pernah dapat gulung tikar secara perlahan-lahan.

Macam-macam Ide Kreatif untuk Meningkatkan Penjualan

Di balik kesuksesan dalam penjualan, maka di baliknya juga terdapat usaha pantang menyerah dalam menyukseskan setiap marketing produk. Salah satu dari upaya tersebut adalah membuat berbagai macam ide kreatif anti mainstream masa kini seperti hal-hal berikut:

1. Membuat Promo pada Hari Tertentu

Agar produk yang Anda jual selalu laris-manis bak kacang goreng, maka mengadakan promo dirasa sangat penting. Dengan program hal tersebut, customer terkadang sangat bersemangat belanja walaupun mereka tidak terlalu membutuhkan barangnya. Ini tentunya merupakan kesempatan emas.

Promo yang Anda lakukan tidak akan menimbulkan kerugian mengingat nanti hasil labanya pasti akan lebih banyak. Dalam melancarkan ide ini, gunakanlah kesempatan pada hari-hari tertentu, misalkan tahun baru, Ramadhan, hari ibu, kemerdekaan dan lain-lain semacamnya. Anda juga bisa memanfaatkan sosmed untuk melakukan hal ini seperti yang saya tulis di Cara mempromosikan bisnis anda di Sosmed.

2. Mengadakan Diskon Berdasarkan Jam

Selain promo, diskon juga merupakan salah satu ide kreatif untuk meningkatkan penjualan berbagai macam produk. Walaupun penjual harus mengurangi harga, tetapi mereka dijamin tidak akan mengalami kerugian jika mengetahui bagaimana triknya.

Anda disarankan mengadakan promo dengan menggunakan sistem batasan saja supaya customer lebih antusias dan berebut melakukan checkout produk lebih awal. Silakan melakukan setting cara-caranya sebaik mungkin dan buat iklan terlebih dahulu sebelum promonya launching.

3. Mengadakan Giveaway

Pernahkah Anda menemukan penjual online yang melakukan giveaway di media sosial seperti halnya Instagram atau Facebook? Jika iya, maka sejatinya hal tersebut merupakan sebuah trik marketing agar banyak orang mengikuti akun jualan mereka sehingga nantinya produk bisa laris.

Anda bisa melakukan giveaway dengan persyaratan tertentu yang tentunya akan menguntungkan produk jualan agar semakin terlenal. Lakukanlah hal tersebut minimal satu bulan sekali. Hadiahnya tidak perlu mahal asalkan mempunyai daya tarik serta dapat membuat customer merasa senang.

4. Membuat Promo Pelajar dan Mahasiswa

Jika Anda menjual produk-produk hits seperti halnya makanan atau barang-barang lain kebutuhan anak muda, maka membuat promo dengan harga khusus bagi seorang pelajar dan mahasiswa merupakan sesuatu hal menarik untuk mendongkrak penjualan.

Promo ini bisa dilakukan secara offline maupun online. Jika marketingnya baik, maka layanan promo bisa menyebar ke seluruh daerah hingga customernya pun berdatangan. Setelah masa itu berakhir, ketika produk memang memuaskan, pelanggan pastinya akan melakukan repeat order pada Anda.

5. Memilih Nama yang Unik untuk Produk

Saat ini, orang biasanya akan melihat suatu produk dari nama yang keren atau tampilan packagingnya terlebih dahulu. Nah, terkait dengan hal itu, maka Anda harus menggunakan kesempatannya demi mendongkrak penjualan agar bisa laris secara besar-besaran.

Pilihlah nama yang unik untuk produk Anda. Pastikan kata-katanya singkat dan mudah diingat. Di samping itu, pilihlah tema menarik serta akrab di telinga anak muda supaya mereka juga tertarik dalam membeli dagangan itu.

6. Mendesain Tempat Jualan Produk dengan Gaya Hits

Jika produk dagangan Anda dijual secara offline dan memungkinkan customer untuk makan atau beristirahat di sana, maka desainlah interior tempat tersebut semenarik mungkin agar pengunjung tertarik dan mencoba membeli barang di sana. Akan tetapi, jangan membuatnya terkesan mahal.

Jika Anda membuat tempat tersebut terkesan mahal, maka customer malah segan mampir karena mereka takut. Buatlah tempatnya ramah terhadap semua kalangan, tetapi desainnya tetap menarik dan juga nyaman digunakan bersantai bersama teman-teman.

7. Melakukan Promosi dengan Meme Lucu

Melakukan marketing atau promosi dengan meme lucu merupakan salah satu ide kreatif selanjutnya dalam meningkatkan prospek penjualan produk milik Anda. Hal ini bisa dibilang sangat efektif karena bisa dibagikan dengan cepat melalui internet maupun media sosial.

Meme lucu dengan kata-kata menarik yang singkat terkait dengan produk yang Anda jual tersebut bisa menjadi salah satu sarana ampuh dalam promosi jika didesain menarik, inovatif serta mempu mengajak customer untuk membeli dagangan menggunakan pesan tersirat.

8. Menggunakan Marketing E-mail

Selain marketing menggunakan sarana media sosial, sekarang ini penggunaan e-mail untuk melakukan promosi produk juga sedang gencar dilakukan. Anda bisa mencoba sarana ini agar penjualan dagangan bisa terdongkrak secara signifikan dan cepat.

Ketika menggunakan e-mail sebagai sarana promosi, maka langkah-langkah yang harus Anda lakukan yakni sebagai berikut:

  • Menggunakan sarana pembelian produk melalui website.
  • Meminta customer untuk membuat akun di website Anda agar membeli produk di sana dengan mencantumkan e-mail.
  • Dengan begitu, maka Anda bisa mengirimkan e-mail kepada customer untuk menawarkan produk baru dari mereka. Jika ingin membelinya, bisa mengklik langsung tautan yang ada.

9. Melakukan Kolaborasi dengan Brand Lain

Kalau Anda masih pemula di bidang bisnis dan produknya belum dikenal oleh banyak orang, maka berkolaborasi dengan brand lain merupakan salah satu alternatif terbaik dalam mendongkrak jualan. Pastikan, bahwa mitra tersebut telah profesional serta mempunyai banyak langganan.

Keuntungan yang akan diperoleh saat brand lain berkolaborasi dengan produk Anda yakni:

  • Produk semakin terkenal.
  • Pengikut akun jualan produk yang diajak berkolaborasi akan mengenal dagangan Anda.
  • Follower akun jualan di media sosial semakin bertambah secara perlahan-lahan.

10. Menyediakan Layanan Paket Penjualan Menarik

Menjual produk dengan sistem paketan akan lebih mudah untuk menarik minat customer dari pada Anda menjualnya satuan. Di samping itu, biasanya ini mempunyai harga lebih murah sehingga proses penjualannya laku cepat di pasaran.

Adapun, hal-hal yang perlu Anda pertimbangkan untuk mendongkrak penjualan menggunakan sistem penjualan layanan paket menarik yaitu:

  • Memilih produk mana saja yang akan dijual dalam satu paket.
  • Mempertimbangkan penjualan produk semurah mungkin, tetapi tetap mengambil laba dari hal itu.
  • Memasarkan produk paket tersebut memiliki sistem yang menarik agar customer bisa terpengaruh.
  • Menyiapkan packaging dari produk sebagus mungkin.

11. Endorse Produk ke Public Figure

Akhir-akhir ini endorse atau mempromosikan produk melalui orang-orang yang terkenal atau public figur merupakan sesuatu yang paling disenangi oleh penjual karena ampuh dalam mendongkrak daya beli serta prosedurnya pun cukup mudah.

Customer biasanya akan mengikuti setiap produk yang dipakai oleh public figur idola mereka. Oleh karena itu, Anda sangat disarankan untuk mengikuti endorse dengan langkah-langkah seperti ini:

  • Memilih produk mana yang akan diendorse.
  • Memilih public figur yang akan diendorse. Dalam hal ini pastikan bahwa orangnya amanah dan mempunyai banyak follower.
  • Menyediakan dan mempersiapkan budget untuk endorse.
  • Tetap memperhatikan anggaran yang dikeluarkan untuk endorse supaya tidak merugi.

Demikianlah pembahasan tentang berbagai macam ide kreatif untuk meningkatkan penjualan dalam artikel edisi kali ini. Semoga informasi tersebut benar-benar akan memberikan manfaat bagi para pembaca sekalian.