8 Ide Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari dan Tips Jualnya!

8 Ide Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari dan Tips Jualnya!

Memang benar jika bisnis kuliner cukup menjanjikan untuk ditekuni. Akan tetapi sekali mengalami kerugian maka kerugiannya tak main-main. Mengingat makanan bukanlah barang yang bisa bertahan lama. Sehingga kita perlu menjualnya sesegera mungkin. Nah, kamu ingin jualan akan tetapi ragu jika tak laku dan merugi? Tenang, ada banyak ide jualan makanan yang laku setiap hari bisa kamu coba. Apa saja? Yuk disimak!

Daftar Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari

Ayam Geprek

Ayam geprek menjadi salah satu makanan yang cukup banyak penggemarnya. Maka cukup berpeluang besar untuk menjualnya. Jika masakan kamu enak, pelanggan akan betah meski harga sedikit lebih mahal. Kamu dapat menjual ayam geprek dalam sebuah box. Isi box tersebut dengan nasi, ayam, goreng tempe tepung dan sambal. Untuk sambal, kamu bisa membuat levelnya berbeda-beda.

Apakah memungkinkan menjual ayam geprek di desa? Tentu saja. Saat ini sudah banyak masyarakat yang mulai membuka warung online mereka. Bahkan pemasaran jenis ini jauh lebih aman karena kita akan mendapatkan pelanggan dengan mudah. Bagaimana, siap menjual ayam geprek?

Seblak

Seblak memang menjadi salah satu makanan yang cukup populer juga. Tidak hanya di wilayah Bandung melainkan di berbagai kota. Bagi kamu yang suka memasak, mengapa tak mencoba membuat seblak dan menjualnya?

Kamu dapat membuat variasi seblak yang menjadikan pelanggan lebih mudah untuk memilih. Buat variasi seblak berdasarkan level kepedasan dan isinya. Untuk harganya tentu kamu dapat menentukan berdasarkan isian dan kepedasannya.

Sate Padang

Jenis makanan paling laris selanjutnya untuk dijual ialah sate Padang. Terlebih lagi jika kamu memang pandai membuatnya tentu rasanya akan sangat nikmat. Untuk sate Padang kamu dapat menjual dengan harga terjangkau. Misalnya saja menjualnya dengan harga Rp.5000 untuk lima tusuk sate. Jangan lupa untuk menjual gorengan tempe dan bakwan juga sebagai pelengkapnya.

Apakah menjual sate dengan harga tersebut bisa dikatakan untung? Tentu saja. Mengingat daging yang digunakan untuk sate ukurannya juga menyesuaikan atau tak begitu besar. Lebih baik mengambil keuntungan tak begitu besar tapi dagangan selalu laris dibanding mengambil keuntungan besar tetapi jarang pembelinya.

Soto atau Miso

Menjual soto dan miso juga dapat menjadi pilihan terbaik. Mengingat kadang-kadang kita ingin menikmati makanan hangat juga berkuah. Nah untuk soto ini kamu juga bisa menjual dengan harga terjangkau layaknya harga anak-anak sekolah. Jual saja Rp. 5000. Dijamin, akan laris meski kamu membuatnya setiap hari.

Salad Buah

Ingin jual makanan yang sehat? Nah, kamu bisa menjual salad buah. Salad buah menjadi salah satu makanan favorit kaum millenial. Ada banyak buah yang biasa ditambahkan di dalam salad buah.

Semakin enak salad yang kamu buat, pastinya akan banyak pelanggan yang berdatangan. Untuk harganya dapat menyesuaikan dengan box yang kamu gunakan. Buat saja beberapa pilihan box agar pelanggan dapat memilih.

Rujak Petis

Makan favorit masyarakat dan cocok untuk dijual selanjutnya ialah rujak petis. Perlu diketahui, rujak petis ini menjadi salah satu makanan zaman dulu yang hampir pudar. Dalam artian, cukup sulit untuk menemukan makanan ini.

Nah, kamu bisa mengambil peluang tersebut dan coba untuk menjualnya. Sasarannya tentu saja orang-orang tua. Meski kita juga tahu, ada banyak anak-anak muda juga yang menyukainya.

Sayur Matang

Ide jualan makanan pasti laris selanjutnya ialah menjual sayur masak atau sayur matang. Tak semua orang punya waktu untuk memasak bukan? Kadangkala mereka ingin mencari penjual sayur matang agar lebih praktis juga.

Nah kamu dapat memanfaatkan momen tersebut untuk mendulang keuntungan. Juallah sayur matang yang memang menggoda selera. Jika masakan kamu enak, tentu mereka tak akan kapok membelinya.

Lontong Sayur

Selain rujak pentis, lontong sayur juga menjadi salah satu makanan yang cukup bisa diandalkan untuk sarapan pagi. Kamu bisa menjual berbagai gorengan juga untuk melengkapinya.

Untuk lontong ini kamu dapat membuatnya secara sederhana saja. Berikan lontong, sayur nangka muda yang digulai dan bumbu kacang. Gorengan perlu kamu jual juga karena biasanya pelanggan akan menanyakan gorengan kala membeli lontong.

Tips Jual Makanan agar Laku Setiap Hari

Berikan Hasil Terbaik

Kuliner merupakan sebuah bisnis yang akan terus berjalan jika rasa dari kuliner tersebut memang lezat. Seperti yang kita ketahui, lidah masyarakat sudah mulai pandai untuk membedakan makanan yang enak dengan yang tidak.

Maka dari itu, sebisa mungkin kamu perlu menyajikan makanan yang lezat. Berikan hasil terbaik yang kamu bisa. Jangan menggunakan bahan-bahan yang sudah tak layak pakai.

Perlu diketahui, kadangkala bukan karena kita tak pandai memasak melainkan rasa kurang enak tersebut berasal dari bahan yang digunakan. Maka dari itu, pastikan setiap bahan yang kami gunakan tersebut masih fresh dan layak pakai. Dalam artian, bahan yang digunakan kualitasnya masih terjaga dengan baik.

Promosi

Tips jualan makanan laris setiap hari yang kedua adalah dengan melakukan promosi. Kamu dapat melakukan promosi melalui media sosial seperti Facebook juga WhatsApp. Mengapa Facebook? Hal itu dikarenakan Facebook menjadi media umum yang banyak digunakan oleh masyarakat. Selain itu, si Facebook kamu juga memiliki banyak teman dari satu daerah yang sama. Sehingga mereka berkemungkinan menjadi pembeli kamu.

Lalukan promosi secara rutin dengan menggunggah foto makanan. Jangan gunakan foto dari Google atau foto makanan milik orang lain ya. Gunakan foto hasil jepretan sendiri. Berikan informasi yang jelas juga ya. Kemana mereka perlu menghubungi jika tertarik.

Terima pesan antar

Saat ini sangat sulit untuk menjajakan makanan jika hanya menetap atau berada di warung saja. Mengingat kadang-kadang mereka tak memiliki kendaraan untuk pergi ke warung kita atau kensadaan memang sedang tidak ada.

Nah untuk itu kamu bisa open delivery. Service ini bisa kamu berikan secara gratis jika masih berada dalam satu desa yang sama. Jika berlainan desa jamu dapat mengenakan ongkos kirim kepada pembeli.

Jual ketika pagi

Untuk waktu berjualan kamu bisa memilih pagi dan menjelang siang. Mengingat banyak orang mencari penjual makanan untuk memenuhi kebutuhan tubuh mereka kala pagi hari. Agar tak terlalu sibuk kamu dapat membuka slot siapa saja yang ingin pesan kala malam hari. Sehingga, ketika pagi hari kamu bisa langsung mengantarnya.

Jangan takut rugi menjual makanan dengan sistem delivery. Pasalnya sudah banyak yang membuktikan, cara tersebut memang sangat efektif.

Terlebih jika kamu tinggal di desa. Perlu diketahui jikalau saat ini masyarakat desa cukup berminat membeli makanan dengan sistem delivery.

Nah itulah tadi pembahasan mengenai ide jualan makanan yang laku setiap hari dan tips jualannya. Bagaimana, apakah artikel di atas dapat membantu kamu? Semoga artikel di atas dapat membantu kamu ya!