11 Jenis Jajanan Kekinian Murah Meriah yang wajib Anda Coba

By | November 2, 2020
11 Jajanan Kekinian Murah Meriah yang wajib Anda Coba

Dunia kuliner Indonesia tidak pernah sepi inovasi. Oleh karena itu bermunculan trend snack dan jajanan kekinian murah meriah terbaru. Makanan kecil hits banyak disukai berbagai kalangan mulai dari anak sekolah hingga pekerja kantoran karena selain enak harganya juga terjangkau. jajanan ini muncul mengikuti berkembanganya dunia kuliner ,di tunjang dengan informasi yang tak terbatas di internet, membuat banyak nama nama jajanan yang dulu belum ada tiba tiba ada di era kini.

Beberapa Jajanan Kekinian Murah Meriah

Berikut beberapa jajanan kekinian murah meriah yang wajib Anda coba:

Churros

Churros

Ini merupakan makanan ringan asal Spanyol dan populer di negara-negara Amerika Latin lain seperti Filipina dan Portugal. Belakangan Churros masuk pasar kuliner Indonesia sehingga bisa Anda temukan dengan mudah terutama di mall. Secara umum harga per porsinya mulai dari 5 ribuan rupiah saja.

Banyak orang menyukai jajanan ini karena memiliki tekstur luar yang renyah namun sangat lembut di bagian dalam. Variannya pun beragam meliputi churros waffle, es krim dan fried chicken. Proses pembuatannya cepat sehingga konsumen tidak perlu menunggu terlalu lama untuk bisa menikmatinya.

Kue Cubit Aneka Topping

Kue Cubit Aneka Topping

Sebenarnya kue cubit termasuk makanan tradisional khas Indonesia dan sudah ada sejak dulu. Namun, akhir-akhir ini semakin populer karena tidak hanya hadir dengan rasa original tetapi memiliki beragam toping kekinian seperti green tea, red velvet, kitkat, matcha, strawberry, nutella dan sebagainya.

Sekarang kue cubit juga bisa Anda temukan di restoran atau kafe. Biasanya penyajiannya lengkap dengan minuman hangat seperti kopi. Untuk harga jajanan kekinian murah meriah satu ini tergantung toping. Biasanya tambahan kitkat, nutella atau ovomaltine lebih mahal daripada varian lain.

Crepes Mini

Crepes Mini

Ternyata masyarakat Indonesia juga suka roti goreng asal Prancis ini sehingga termasuk jajan kekinian yang wajib Anda coba. Crepes sendiri terbagi ke dalam 2 kategori berbeda yaitu crepe sucree berisi tambahan bahan-bahan manis seperti potongan buah, sirup, selan dan rasa peanut lainnya.

Satunya lagi yaitu Crepe salee atau yang isiannya berasa asin/gurih seperti jamur, telur, dan sebagainya. Untuk ukurannya dibuat lebih kecil atau mini sehingga harganya terjangkau mulai dari 5 ribuan tergantung request isinya.

Es Mochi

11 Jajanan Kekinian Murah Meriah yang wajib Anda Coba

Es mochi salah satu Jajanan Kekinian Murah

Kue Mochi berasal dari Jepang. Jajanan yang berbahan dasar tepung ketan ini memiliki tekstur kenyal dan lengket. Penyajian umumnya yaitu dengan isian kacang tanah dan gula. Sekarang isi di dalamnya lebih modern lagi yaitu es krim.

Es krim mochi merupakan jajanan kekinian murah meriah yang wajib Anda coba. Pilihan rasanya beragam seperti cokelat, taro, hingga tiramisu. Banderolan harganya sangat terjangkau yaitu mulai 5 ribuan saja sudah bisa mencoba Sensasi berbeda perpaduan dinginnya ice cream dengan tekstur kenyal.

Corndog

orndog

Jajanan ini berasal dari Amerika Serikat. Corndog meramaikan varian hidangan sosis di Indonesia dan berhasil membuat hampir semua kalangan menyukainya. Terlebih sekarang terdapat pilihan tambahan bahan lain seperti mozarella, coklat dan lapisan kentang goreng.

Corndog merupakan tusukan sosis yang berlapis adonan encer tepung jagung kasar atau cornmeal. Untuk harganya lebih mahal daripada jajanan kekinian lain mulai dari 10 ribuan. Meskipun begitu masih sangat worth to buy.

Keripik Salted Egg

Keripik Salted Egg

Keripik termasuk cemilan sejuta umat yang cocok Anda nikmati dalam berbagai kondisi. Salah satu varian paling baru favorite anak muda adalah salted egg. Siapapun pasti akan ketagihan dengan tekstur crispy dan rasa gurih asin dari saus telur asinnya.

Keripik salted egg tersedia dalam berbagai jenis keripik singkong, kentang, dan kulit ayam. Bukan hanya menjadi camilan ringan, jajanan ini juga bisa Anda jadikan sebagai pelengkap saat makan nasi.

Buah-buahan Goreng

Buah buahan Goreng

Ini adalah cara baru menikmati lezatnya buah segar seperti semangka, melon dan lainnya. buah-buahan goreng cukup unik karena rasanya renyah dengan cita rasa yang lembut di dalam. Tidak heran jika banyak orang penasaran untuk mencobanya.

jika memiliki persediaan buah dan waktu luang bisa membuatnya sendiri karena resepnya mudah. Caranya yaitu masukkan potongan buah semangka tanpa biji dalam adonan dari campuran tepung maizena, putih telur dan air. Goreng sampai keemasan lalu taburi gula bubuk.

Cireng Aneka Rasa

Cireng Aneka Rasa

Dulu cireng hanya dinikmati begitu saja namun sekarang banyak inovasi olahan aci goreng mengikuti selera anak milenial sehingga menjadi salah satu jajanan kekinian murah meriah yang wajib Anda coba. Terdapat empat varian rasa cireng hasil mengikuti tren kuliner kekinian meliputi:

  • Cireng sambal rujak: mengkombinasikan gurihnya aci goreng dengan cocolan sambal manis pedas. Varian ini cukup populer sehingga banyak yang menjualnya sebagai makanan beku.
  • Cireng isi: isiannya bervariasi mulai dari kornet, ayam cincang, daging sapi hingga keju.
  • Cireng mozarella: perpaduan keduanya tidak kalah enak dari Pizza. Umumnya sebagai pelengkap varian ini ada saus dan mayones juga.
  • Cireng banyur: tersaji dengan kuah gurih dan sekilas memang mirip seblak

Seblak

Seblak

Jajanan kekinian murah meriah satu ini berasal dari Kota kembang atau Bandung. Sekarang seblak masuk dalam daftar makanan favorit bagi para pecinta pedas. Bahannya utamanya adalah kerupuk dengan bumbu kencur dan sambal sehingga menghasilkan aroma sekaligus rasa enak dan nagih.

Sekarang seblak bisa Anda temukan di restoran atau cafe tempat nongkrong dengan teman. Sekarang topping makanan ini beragam ada kerupuk kuning, ceker, kikil, Otak-otak, mie, kwetiau, siomay, makaroni, bakso dan lainnya. Harganya mulai dari 7000 rupiah biasanya akan bertambah jika request isian tertentu.

Sostel

Sostel

Telur merupakan bahan dasar makanan dengan cara pengolahan beragam salah satunya menjadi sostel. Jajanan ini sedang hits di media sosial karena tampilannya sangat menggugah selera meskipun hanya gorengan sosis tusuk yang berbalut telur.

Bahan jajanan ini umumnya tersedia di rumah jadi Anda bisa mencoba untuk membuatnya sendiri. Caranya cukup mudah yaitu tusuk sosis lalu celupkan pada kocokan telur.

Setelah itu karena tidak memiliki alat penggorengan khusus maka kukus terlebih dahulu baru goreng. Taburi daun dan sajikan sostel dengan saus.

Hotang

Hotang

Penggemar drakor pasti pernah melihat makanan ini di street food Korea. Hotang merupakan variasi olahan hotdog yang biasanya mengapit sosis dengan roti kali ini justru menggunakan kentang. Hasilnya menjadi salah satu menu unik dan wajib Anda coba karena sekarang juga termasuk jajanan hits di Indonesia.

Harga hotang per tusuk terbilang masih terjangkau mulai dari 10.000 rupiah saja. Jika Anda ingin mencoba membuatnya sendiri maka biayanya bisa lebih murah lagi. Resepnya cukup mudah siapkan bahan sosis, kentang goreng, minyak dan tusukan sate. Setelah itu ikuti cara berikut:

  • Jika sosis beku maka rebus dahulu lalu masukkan ke dalam tusuk sate, sisihkan
  • Potong kentang goreng seukuran dadu, sisihkan
  • Buat adonan saus dari campuran tepung bumbu serbaguna, terigu dan maizena dengan air matang
  • Panaskan minyak dengan api sedang
  • Ambil setusuk sosis, dicelup ke adonan saus lalu gulingkan dalam potongan kentang goreng hingga rata menutup semua permukaan
  • Goreng dalam minyak panas hingga berwarna kecoklatan atau matang
  • Angkat, tiriskan dan sajikan dengan topping saus tomat dan mayones

Itulah 11 jajanan kekinian murah meriah yang wajib Anda coba. Selamat berburu kuliner lezat dan semoga bermanfaat.