12 Usaha Jajanan Anak Sekolah Dasar (SD) Mudah Dibuat!

By | October 23, 2020
12 Usaha Jajanan Anak Sekolah Dasar (SD) Mudah Dibuat!

Jajanan Anak Sekolah Dasar-Jika Anda ingin membuka usaha menjual beraneka ragam jajanan anak sekolah dasar (SD), maka lebih baik untuk memperhatikan kesehatan makanan tersebut. Sebab bilamana asal-asalan dalam membuatnya akan berdampak kepada kesehatan mereka.

Tips Sehat Membuat Jajanan Anak Sekolah Dasar (SD)

Bagi kebanyakan orang membuka usaha jajanan untuk anak-anak memang menguntungkan sekali. Sebab akan setiap hari membelinya karena usia belia mereka masih ingin makan jajan. Lalu bagaimana tips membuat makanan yang sehat bagi kesehatan si kecil?

  1. Jajanan Telur Gulung

Hal pertama untuk menjual jajanan untuk anak-anak yaitu telur gulung. Makanan satu ini memang sangat menyehatkan karena banyaknya kandungan protein. Dengan demikian, ketika mereka membeli banyak, maka akan tetap sehat dan secara tidak langsung juga mendapatkan asupan gizi.

Cara membuatnya juga sangat mudah sekali. Bahan-bahan yang perlu disiapkan adalah 2 butir telur, kemudian 5 sdm air, lalu kaldu dan lada bubuk dengan ukuran secukupnya. Tidak lupa siapkan tusuk satenya. Setelah itu campurkan semua bahan dan gorenglah sampai benar-benar matang merata.

  1. Jajanan Donat Sate

Jajanan sekolahan namun sehat selanjutnya adalah membuat donat dengan berbentuk susunan seperti sate. Selanjutnya kasihlah warna-warna unik dengan berbagai taburan meses. Dengan demikian setiap anak-anak SD melihatnya pastinya akan segera membelinya karena penasaran.

Untuk bahan-bahan sendiri juga sangat menyehatkan yaitu dengan menyiapkan 4 butir telur, 11 gr ragi instan, ½ sendok garam, 100 ml air dingin, 100 gr gula pasir, 200 gr kentang, 50 gr susu bubuk, minyak goreng, tusuk sate, 500 gr tepung terigu, 75 gr mentega dan beberapa campuran toppingnya.

  1. Jajanan Cilok

Jajanan kaki lima yang terkenal dan melegenda adalah cilok. Bentuknya mirip dengan bakso namun memiliki diameter kecil-kecil dan tanpa menggunakan kuah, cukup saus dan kecap saja. Makanan satu ini bisa menjadikan peluang usaha jualan untuk kebutuhan jajan anak-anak SD.

Makanan satu ini memang menjadi salah satu jajanan yang menyehatkan karena bahan pembuatannya sendiri menggunakan campuran seperti daging ayam, tepung tapioka, garam, gula dan lainnya. Dengan menggunakan rempah-rempah pilihan, maka bisa menjadi makanan sehat.

  1. Jajanan Mie Sosis

Jajanan anak sekolah dasar yang ke 4 adalah mie sosi, Siapa yang tidak kenal sosis dan mie? Pasti semua orang mengenalnya baik itu anak-anak maupun dewasa. Kedua makanan tersebut memang banyak sekali dijual di pasaran. Sebab kepraktisannya sebagai bahan pokok cepat saji. Jadi memasaknya tinggal mengikuti instruksi produsennya.

Cara membuatnya juga sangat mudah, pertama lakukan perebusan mie, potonglah sosis sesuai selera, bentuklah seperti bunga pada ujungnya, tiriskan mie rebus tadi sampai dingin serta taburkan bumbunya lalu lilitkan dan lahkang terakhir menggorengnya dengan matang sempurna.

  1. Jajanan Jamur Crispy

Jajanan anak sekolah desar yang menyehatkan selanjutnya adalah berbahan dasar jamur dan digoreng hingga terasa renyah. Jenis makanan satu ini memang banyak digemari oleh para orang dewasa maupun anak-anak sekolah dasar. Jadi Anda bisa memanfaatkannya untuk membuka peluang usaha.

Bahan-bahannya sendiri dengan mudah dijumpai di warung-warung sayuran terdekat. Belilah jamur tiram, kemudian bersihkan dengan air bersih, lalu suwir tipis-tipis. Kemudian tambahkan penyedap rasa, tepung terigu dan maizena. Campurkan semua bahan tersebut lalu goreng hingga matang.

  1. Jajanan Kue Cubit

Hampir mirip seperti martabak mini, kue cubit ini memiliki beragam bentuk unik seperti lingkaran, bintang dan lain sebagainya. Selain itu banyak sekali jenis variannya tompingya, ada rasa coklat, green tea, dan vanilla. Kesemuanya tersebut rasanya sangat lezat dan nikmat.

Cara pembuatan kue cubit ini memang sangat gampang sekali. Sebab bahan-bahannya bisa dibeli di warung terdekat, seperti gula pasir, tepung terigu, susu cair, telur, baking powder, bubuk vanila dan beberapa tambahan topping coklat dan lain sebagainya.

  1. Jajanan Mie Lidi

Dinamakan mi lidi bukan untuk menyapu halamanan, melainkan tekturnya yang kaku namun memiliki tingkat kerenyahan yang tinggi. Makanan satu ini memang bisa menjadi peluang usaha Anda dalam menjual jajanan anak-anak SD. Sebab kandungan bahannya sangat menyehatkan.

Pembuahan makanan satu ini tidak begitu sulis, caranya gorenglah spageti, tunggu hingga berwarna kecoklatan, lalu angkat dan tiriskan, cincanglah daun jeruk yang sudah digoreng, balurkan ke mi lidinya, taburkan bumbu balado kocok hingga merata. Cobalah melakukan praktik sendiri di rumah.

  1. Jajanan Kue Leker

Kue yang bisa menjadi jajanan anak menyehatkan bernama leker. Teksturnya yang lembut memberikan rasa nikmat yang luar biasa. Kemudian bahan pembuatannya pun sangatlah berkualitas sehingga mampu menjaga tubuh tetap sehat dan terpenuhi akan berbagai nutrisi lainnya.

Bahan untuk membuat kue leker ini sangatlah mudah didapatkan di warung terdekat. Seperti halnya telur, tepung terigu & beras, baking powder, bubuk vanila, susu cair, dan beberapa perisa coklat. Semuanya tersebut diolah menjadi satu dan siap untuk dijual ke anak-anak SD.

  1. Bakso, Sosis, dan Nugget Tusuk

Makanan satu ini memang sangat mudah sekali membuatnya. Selain itu anak-anak akan lebih menyukai bila dibuat seperti bentuk sate. Anda bisa memanfaatkannya untuk jualan jajanan sehat bagi anak-anak sekolah dasar. Namun harus diperhatikan kerutinan mengganti minyak gorengnya.

Cara untuk menyajikan jajanan anak-anak ini memang sangat mudah sekali, karena bahan-bahannya sendiri dapat dibeli di minimarket terdekat. Belilah bakso, sosis dan nugget yang membeku, kemudian iris sesuai dengan selera dan kemudian dimasukkan ke tusuk sate, dan goreng sampai matang.

  1. Jajanan Martabak Manis Mini Lezat

Berbentuk lingkaran, mempunyai rasa manis, terdapat berbagai jenis topping itulah yang dinamakan martabak mini manis. Memang diameter makanan satu ini sengaja dibuat kecil, sebab agar pembeli bisa memilih berbagai varian rasa masing-masing campurannya, seperti keju maupun coklat.

Jajanan satu ini memang terkenal sebagai makanan harga kaki lima yang menyehatkan. Sebab bahan pembuatannya sangat bagus. Semisalnya tepung terigu & tapioka, mentega, baking powder, kemudian toping sesuai dengan selera pelanggan. Jadi campuran itu memberikan banyak nutrisi.

  1. Jajanan Manis Rambut Nenek

Nama makanan satu ini memang agak sedikit aneh yaitu manis rambut nenek. Namun itu bukanlah yang dibayangkan karena bahan dasarnya menggunakan mie. Jajanan tersebut bisa juga menjadi peluang usaha untuk menjualnya kepada anak-anak di sekolah dasar (SD).

Untuk bentuknya sendiri seperti lingkaran dengan berbagai varian warna sehingga menjadikannya lebih terlihat manis dan lezat ketika memakannya. Bahan-bahan pembuatannya juga tergolong simpel, yaitu hanya menggunakan campuran gula pasir, air, pewarna makanan, serta tepung terigu.

  1. Jajanan Pizza Mini Lezat

Makanan jenis ini memang mempunyai rasa yang unik, lumer dan manis yaitu Pizza Mini. Selain itu juga bisa dijadikan sebagai jajanan bagi Anak-anak sekolah. Dengan menggunakan bahan-bahan pilihan, maka menjadikannya aman untuk dikonsumsi.

Cara membuat pizza mini memang sangat mudah sekali karena berbagai keperluan bahan telah tersedia di berbagai minimarket terdekat, seperti halnya susu cair, tepung terigu, gula pasir, telur, ragu margarin, pasta tomat, sosis sapi dan parsley.

Demikian tadi beberapa penjelasan singkat tentang beberapa jajanan anak sekolah dasar (SD) yang sehat untuk dijual. Namun tetap jadilah pedagang yang jujur dengan menggunakan bahan yang memang baik.