Penting! Inilah Cara Klaim Asuransi Mobil Lecet, Mudah dan Anti Ditolak Lengkap Dengan Syaratnya

By | June 6, 2020
Inilah Cara Klaim Asuransi Mobil Lecet

Cara Klaim Asuransi Mobil Lecet-Ketika berkendara atau memiliki sebuah kendaraan pribadi yaitu mobil tentu saja akan dihadapkan pada kemungkinan terjadinya kecelakaan dalam penggunaan. Dimana kecelakaan tersebut biasanya membuat mobil menjadi lecet, ringsek atau mengalami kendala lainnya dari skala ringan sampai berat. Nah disinilah kemudian peran asuransi menjadi sangat diperlukan, lantas bagaimana cara klaim asuransi mobil lecet?

Jika sudah memiliki kendaraan pribadi dan sudah memiliki asuransi, kemudian mengalami kecelakaan penggunaan maka perlu sekali mengetahui detail klaim asuransinya. Dimana dalam artikel ini akan diulas mengenai cara klaim asuransi mobil lecet yang mudah dan anti ditolak. Bagaimana tips, syarat hingga tata cara klaim asuransi terkaitnya? Berikut adalah ulasannya, mari simak bersama.

Memahami Jenis Asuransi yang Dimiliki

Langkah pertama sebelum masuk pada pembahasan cara klaim asuransi mobil lecet adalah yang pertama memahami jenis asuransi yang dimiliki. Hal ini menjadi sangat mendasar dan menjadi penting dikarenakan antara satu asuransi dan jenis asuransi lainnya memiliki cara klaim yang berbeda.  Dimana pada umumnya jenis asuransi untuk kendaraan pribadi memiliki dua jenis yaitu asuransi mobil TLO dan All Risk.

Untuk asuransi mobil TLO sendiri memiliki maksud asuransi mobil yang hanya menanggung pembiayaan jika mobil mengalami kerusakan total. Dimana maksudnya disini asuransi bisa diklaim apabila setidaknya mobil mengalami kerusakan sebanyak 75%, jadi untuk lecet saja tidak memungkinkan klaim. Atau bahkan akibat kehilangan akibat tindak pencurian, dan untuk premi dari tagihan asuransi ini jauh lebih ringan.

Selanjutnya untuk asuransi All Risk sendiri merupakan asuransi mobil yang menanggung semua kerusakan dari skala ringan hingga berat. Nah untuk klaim asuransi mobil yang lecet sendiri bisa dilakukan apabila menggunakan asuransi yang jenis kedua ini. Jadi apakah asuransi yang digunakan sudah sesuai? Jika sudah, maka berikut masuk pada pembahasan lanjutannya.

Syarat dan Dokumen yang Wajib Disiapkan Ketika Klaim Asuransi Mobil yang Lecet

Cara Klaim Asuransi Mobil Lecet, Mudah! Anti Ditolak
Cara Klaim Asuransi Mobil Lecet, Mudah! Anti Ditolak

Berikut ini adalah syarat dan dokumen yang wajib disiapkan ketika akan klaim asuransi sebuah mobil yang mengalami lecet. Apa saja? inilah alasannya!

1. Polis Asuransi Asli atau Fotocopy

Syarat dan dokumen yang wajib disiapkan untuk klaim asuransi mobil yang pertama adalah surat polis asuransi yang asli atau fc. Dimana dokumen ini menjadi sangat penting untuk dibawa karena menunjukan bahwa memang menjadi anggota suatu polis asuransi. Jika tidak memiliki bukti ini maka tentu saja pihak asuransi tidak bisa serta merta mengurus asuransi yang ada, karena dianggap fiktif.

2. Fotocopy SIM dan STNK yang Berlaku

Dokumen selanjutnya yang wajib untuk disertakan adalah fotocopy SIM dan STNK dari mobil yang lecet tersebut. Dokumen ini nantinya akan dijadikan data untuk sinkronisasi dari pihak asuransi. Oleh sebab itu jangan sampai lupa dalam menyertakannya ya!

3. Bukti Laporan Polisi

Ketika mengalami suatu kecelakaan penggunaan, tentu saja ada alasan yang mendasari kecelakaan tersebut bukan. Misalnya saja tidak sengaja menabrak pengendara lain, menabrak pembatas jalan atau kendala lainnya yang terjadi. Maka lakukan pelaporan pada polisi daerah setempat untuk mendapatkan bukti laporan kecelakaan penggunaan akibat suatu kejadian tertentu.

Baca Juga : Aplikasi Saham Onlin Terbaik!

4. Dokumen atau Form Asuransi

Jangan lupa untuk memastikan pelampiran dokumen atau form asuransi yang sudah diisi dan didapatkan ketika menyambangi kantor asuransi. Isilah seluruh data yang diminta terkait nama pemilik asuransi, mobil, kejadian perkara, jenis mobil dan lainnya. Sebelum kemudian dokumen tersebut diserahkan pada pihak terkait bersama dokumen lainnya.

5. Kronologi Tertulis Sebagai Penguat Bukti

Dokumen dan syarat lainnya yang menguatkan klaim asuransi agar mudah diterima dan anti ditolak adalah dengan membuat kronologi tertulis. Kronologi tersebut di dalamnya menceritakan kejadian yang ditimpa pemilik mobil sehingga mobil yang dimilikinya bisa mengalami lecet atau kerusakan lain. Kronologi tertulis ini sendiri mampu dijadikan berkas dan dokumen penguat bagi pihak asuransi dalam meloloskan klaim asuransi yang diajukan.

6. Foto Cetak

Nah syarat pemenuhan dokumen yang wajib untuk disiapkan sebelum  klaim asuransi yang terakhir adalah dengan menyiapkan foto cetak. Dimana disini fotonya berisi kondisi terkini mobil yang mengalami lecet atau bahkan penyok. Sertakan foto tercetak ini sebagai bukti penguat ketika datang ke kantor resmi asuransi terkait.

Cara Klaim Asuransi Mobil yang Lecet

Setelah mengetahui syarat dan dokumen yang wajib disiapkan ketika klaim asuransi mobil lecet seperti pembahasan diatas. Maka berikut adalah uraian mengenai bagaimana cara klaim asuransi mobil yang mengalami kecelakaan penggunaan tersebut yang mudah dan anti ditolak!

1. Hubungi Pihak Asuransi Segera Setelah Kejadian

Cara klaim asuransi mobil lecet yang pertama adalah segera menghubungi pihak asuransi segera setelah kejadian kecelakaan penggunaan terjadi. Jangan sampai menunda hingga berhari-hari lamanya baru melaporkan kecelakaan karena ini akan mempersulit pencairan. Pihak asuransi akan meragukan kecelakaan penggunaan yang terjadi jika pelaporan yang dilakukan lebih dari 2×24 jam lamanya.

2. Sertakan Detail Foto Keadaan Mobil

Kemudian langkah dan cara selanjutnya untuk mendapatkan dana asuransi untuk mobil yang lecet adalah dengan mengirim detail keadaan mobil. Hal ini menjadi point kedua terpenting setelah melakukan komunikasi pada pihak asuransi mobil. Kirimlah foto kondisi mobil yang sudah memiliki asuransi tersebut setelah mengalami kecelakaan dengan sebelum mengalami kecelakaan.

Hal ini bisa dijadikan perbandingan oleh pihak asuransi untuk melakukan kroscek segera pada mobil yang dimiliki. Kemudian untuk selanjutnya juga melakukan pengurusan klaim asuransi yang diajukan. Oleh sebab itu ada baiknya untuk menyimpan foto keadaan mobil pada handphone sebagai bentuk jaga-jaga jika keadaan lecet seperti ini terjadi.

3. Mengisi Form Pengajuan Klaim Asuransi

Langkah berikutnya yang harus dilakukan untuk klaim asuransi dengan mudah dan anti ditolak adalah dengan mengisi form pengajuan klaim asuransi. Untuk melakukan klaim pengajuan ini sendiri memang harus dilakukan secara langsung dengan mendatangi kantor resmi agen asuransi. Dimana ketika melakukan pengisian form pengajuan ini pastikan untuk membawa berkas yang dibutuhkan untuk mempermudah proses.

4. Menyiapkan Dokumen Pendukung

Nah jangan lupa untuk memperhatikan cara dan tahapan yang keempat ini yaitu menyiapkan dokumen pendukung yang dibutuhkan. Untuk beberapa dokumen dasar yang harus dibawa ketika akan klaim asuransi sudah dijelaskan pada uraian sebelumnya. Pastikan untuk menghubungi agen asuransi sebelum datang ke kantor resminya guna menanyakan kembali mengenai dokumen pendukung lainnya jika memang ada.

5. Memberikan Keterangan Kronologi Setransparan Mungkin

Cara klaim asuransi mobil lecet selanjutnya adalah memberikan kronologi kejadian kecelakaan penggunaan ini dengan se-transparan mungkin. Jadi jangan buat keterangan kejadian yang terlalu mengada-ada dan membuat pihak agen asuransi meragukan keterangan yang dibuat. Berikan keterangan sejelas dan sedetail mungkin dengan dukungan surat kepolisian untuk menambah kuat argumen yang sudah disampaikan.

6. Menunggu Pencairan Klaim Asuransi

Jika sudah melalui berbagai tahapan dan cara diatas maka langkah selanjutnya adalah dengan menunggu pencairan klaim asuransi yang ada. Pastikan untuk mengikuti seluruh arahan dan prosedur yang dibebankan oleh pihak asuransi agar pencairan menjadi lebih cepat dalam kepengurusannya. Biasanya untuk waktu pencarian dana sendiri memakan waktu kerja maksimal selama 14 hari kerja kepengurusan.

Kesimpulan Cara Klaim Asuransi Mobil Lecet

Itulah diatas merupakan ulasan mengenai cara klaim asuransi mobil lecet termasuk syarat dan dokumen yang harus diperhatikan. Pastikan untuk mengikuti berbagai detail uraian tips diatas untuk membuat aksi klaim menjadi lebih mudah dan anti ditolak. Hindari juga memberikan kesaksian atau dokumen pendukung yang dibuat-buat ya! Sampaikan segala detailnya dengan penuh transparansi, selamat mencoba!