PASTI LAKU! 15 Ide Usaha Makanan Ringan Serba 500 ,1000 dan 2000 an

By | February 25, 2021
PASTI LAKU! 15 Ide Usaha Makanan Ringan Serba 500 ,1000 dan 2000 an

Bisnis makanan memang tidak pernah ada matinya sampai kapanpun mengingat makanan adalah kebutuhan primer semua orang untuk bertahan hidup. Baik usaha makanan berat, makanan penutup, atau cemilan usaha makanan ringan serba 500 ,1000 dan 2000 an yang bisa dimulai dengan modal terjangkau. Target market untuk usaha makanan sangatlah luas mulai dari anak-anak hingga dewasa. Tinggal bagaimana Anda menentukan niche yang tepat dari produk yang akan dijual. Salah satu jenis bisnis makanan yang cukup menjanjikan dan patut dilirik adalah makanan ringan.

Menikmati obrolan atau tontonan sambil ngemil makanan adalah hal yang banyak disukai orang. Sehingga berjualan makanan ringan menjadi peluang bisnis yang bagus. Apalagi jika makanan ringan yang dijual enak dan murah. Modalnya pun sangat terjangkau dan tidak terlalu besar.

Daftar Usaha Makanan Ringan Serba 500 ,1000 dan 2000 Kekinian untuk Ide Bisnis

Makanan ringan adalah teman setia untuk ngopi, ngeteh, ngobrol, nonton, baca buku, dan bahkan bekerja. Sehingga bisa sedikit disimpulkan bahwa peminat untuk bisnis makanan ringan sangatlah banyak. Memulainya pun mudah dan Anda bisa memilih salah satu dari beberapa ide berikut.

Mie Lidi

Mie Lidi

Siapa yang hobi ngemil mie lidi dan selalu ketagihan sampai tiba-tiba mie lidinya sudah habis? Ini terjadi pada kebanyakan orang. Mie lidi memang dapat memberikan sensasi luar biasa pada lidah saat mengunyahnya. Tak jarang makanan ini disukai banyak kalangan baik anak-anak atau dewasa.

Mie lidi adalah cemilan yang terbuat dari tepung terigu yang dipotong-potong berbentuk mie dan dibumbui dengan aneka rasa mulai dari rasa original, pedas, gurih, dan asin. Bentuknya yang kecil-kecil menyerupai lidi adalah alasan kenapa makanan ini disebut mie lidi.

Anda bisa menjual mie lidi dengan harga yang cukup murah mulai dari Rp1.000,00 – Rp2.000,00. Selain bisa dijual secara offline di toko-toko kelontong, Anda juga bisa menjualnya secara online agar mendapatkan target market yang lebih banyak karena makanan ini bisa awet dan tahan lama.

Aneka gorengan

Aneka gorengan

Usaha makanan ringan serba 2000 berikutnya yang anda coba adalah Gorengan, Gorengan adalah jenis makanan yang paling banyak disukai sebagai teman ngeteh atau ngopi. Gorengan yang masih hangat menjadi hidangan yang sangat lezat saat bisa disantap di pagi hari atau sore hari di tengah rintik hujan yang syahdu.

Tak jarang gorengan juga kerap kali menjadi jenis makanan yang banyak dihidangkan untuk tamu dan dalam berbagai kesempatan acara. Selain karena mudah membuatnya, gorengan juga lumayan terjangkau dan bahannya mudah didapatkan.

Anda bisa mencoba peluang bisnis aneka gorengan ini dengan cara menawarkannya di grup WhatsApp ibu-ibu komplek, jualan di pinggir jalan, atau membuka pesanan catering. Berbagai jenis gorengan bisa dijual mulai dari pisang goreng, tahu goreng, tempe goreng, bakwan, dan lainnya.

Pisang Coklat

Pisang Coklat

Olahan pisang memang selalu menggoda selera. Cita rasanya yang khas manis dapat diolah menjadi berbagai jenis cemilan, salah satunya pisang coklat. Untuk tambahan topping agar lebih menarik, Anda bisa menambahkannya dengan keju, green tea, dan lainnya.

Bahan untuk membuat pisang coklat pun sangat mudah ditemukan dan cara membuatnya sangat mudah. Cukup siapkan buah pisang, minyak goreng, susu kental manis, keju, dan meses. Pipihkan pisang, goreng/panggang, lalu taburi dengan topping yang ada.

Telur Gulung

Telur Gulung

Makanan ringan seperti telur gulung sangatlah mudah cara pembuatannya. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuatnya pun sangat mudah untuk dicari. Nama keren dari telur gulung biasa disebut juga fried egg roll. Cita rasanya unik sehingga jajanan ini banyak disukai.

Untuk membuatnya, Anda cukup menyiapkan tepung, telur, dan penyedap rasa. Masukkan adonan ke dalam botol yang tutupnya sudah dilubangi. Semprotkan ke minyak panas untuk digoreng lalu gulung dengan tusuk sate. Jajanan ini bisa dijual mulai dari Rp1.000,00 – Rp2.000,00.

Bakso Bakar

Bakso Bakar

Baunya yang cukup menyengat memang selalu menggoda selera. Tak heran jika bakso bakar menjadi salah satu makanan yang bisa anda jadikan ide usaha makanan ringan serba 2000 an. Jajanan ini bisa dengan mudah ditemukan di pasar, depan sekolah, atau tukang jualan keliling.

Tips agar cita rasa bakso yang akan dibakar lebih lezat, sebisa mungkin ungkep bahan olesan atau saosnya dengan bakso. Baru setelahnya ketika ada pembeli yang ingin membeli jajanan ini, Anda tinggal membakarnya saja. Jajanan ini akan terasa lebih lezat jika disantap saat masih hangat.

Martabak Mini

Martabak Mini

Bagi pecinta martabak yang ingin menyantapnya dengan kemasan yang lebih kecil, maka martabak mini adalah solusinya. Cemilan yang satu ini sangat diminati banyak orang sehingga sangat cocok untuk menjadi peluang bisnis. Satu martabak mini bisa dijual dengan harga Rp2.000,00.

Selain banyak peminat dan masih menjadi tren cemilan kekinian, cara membuat martabak mini cukup mudah. Agar jualan martabak mini Anda lebih menarik, bisa dengan berinovasi pada bagian topping. Tambahkan topping yang menarik dan lezat seperti coklat, keju, green tea, almond, dan lainnya.

Donat Mini

Donat Mini

Makanan yang dikemas dengan bentuk yang lebih kecil dan kemasan yang mini memang tengah diminati banyak orang. Anda bisa mencoba berjualan domini atau donat mini dengan sajian menyerupai merk donat terkenal namun harga terjangkau.

Cara membuat donat mini cukup mudah dan sama halnya seperti membuat donat pada umumnya. Hanya saja bentuknya lebih mini dan kecil agar bisa dijual dengan harga lebih murah Rp2.000,00. Tambahkan topping seperti coklat, cream, keju, meses, green tea, atau almond agar lebih menarik.

Usus Krispi

Usus Krispi

Makanan ringan yang satu ini multifungsi, karena selain bisa dijadikan sebagai cemilan usus krispi juga bisa menjadi lauk untuk teman nasi. Bisnis makanan ringan ini juga cukup menguntungkan karena peminatnya cukup banyak.

Anda bisa menjualnya secara online atau offline dengan dititipkan ke warung-warung retail. Modalnya juga tidak banyak. Anda cukup membeli usus, tepung terigu, minyak goreng, dan plastik untuk kemasan. Agar unik dan menarik, tambahkan cita rasa yang berbeda agar pelanggan lebih tertarik.

Pisang Molen Mini

Pisang Molen Mini

Olahan pisang ini tak kalah lezatnya dengan olahan pisang jenis lainnya. Pisang molen mini adalah jenis makanan pisang molen yang dibuat dengan bentuk yang lebih kecil atau mini. Peminatnya pun cukup banyak dan bisa dijual secara offline di mana-mana.

Target marketnya luas karena cita rasanya yang khas dan lezat membuat pisang molen mini banyak disukai mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Buat cita rasa yang khas agar pembeli ketagihan untuk membeli dan berlangganan di tempat Anda.

Cilok

Cilok

Cilok adalah jenis makanan ringan yang juga banyak peminatnya. Tak heran jika setiap ada tukang cilok lewat selalu diserbu mulai dari anak-anak hingga dewasa. Anda juga bisa berjualan cilok baik sebagai produsen atau supplier maupun menjualnya langsung kepada konsumen.

Cara membuat cilok juga cukup mudah dan alat yang dibutuhkan pun pasti tersedia di dapur Anda. Cukup sediakan tepung terigu, tepung tapioka, dan isiannya bisa telur atau makanan lainnya yang inovatif agar cilok Anda beda dari yang lainnya.

Kerupuk Seblak

Kerupuk Seblak

Buat para pecinta seblak, menikmati seblak tidak harus dalam sajian seblak basah. Anda juga bisa menikmati cita rasa seblak dengan kerupuk seblak. Sesuai namanya, kerupuk seblak adalah kerupuk yang terbuat dari tepung dan dibumbui layaknya bumbu seblak sehingga cita rasanya khas.

Berjualan kerupuk seblak bisa dilakukan secara online maupun offline. Berhubung jenis makanan ini awet dan bisa disimpan dalam waktu yang lama, maka menjualnya secara online tentu akan lebih menguntungkan karena target marketnya lebih luas tidak hanya terbatas di satu daerah saja.

Onde-onde

Onde onde

Onde-onde kerap hadir sebagai hidangan yang disuguhkan untuk acara-acara seperti rapat, pertemuan keluarga, pengajian, dan lainnya. Onde-onde pun ada beberapa macam, yaitu onde-onde mini dengan bentuk yang lebih kecil dan onde-onde senyum yang bentuknya merekah.

Sebagai pilihan, Anda bisa mencoba berjualan sebagai supplier yang menyediakan barang grosir untuk dijual lagi kepada reseller. Atau bisa juga dengan menjual onde-onde langsung kepada konsumen akhir. Onde-onde bisa dijual dengan harga beragam mulai dari Rp500,00 – Rp2.000,00.

Kacang bawang

Kacang bawang

Bagi pecinta kacang bawang, cita rasanya yang gurih asin memang selalu menarik perhatian. Tak heran jika makanan ringan ini juga banyak peminatnya. Seringkali ketika butuh hidangan untuk tamu, kacang bawang adalah makanan ringan andalan yang bisa disajikan kapan saja.

Kacang bawang juga awet dan dapat disimpan lebih lama sehingga bisa dijual baik secara online maupun offline. Buat kemasan kecil-kecil untuk dijual seharga Rp2.000,00. Pertahankan cita rasa yang gurih dan enak agar pelanggan tidak lari dan beralih ke tempat lain.

Aneka Keripik

Aneka Keripik

Keripik memang selalu menjadi makanan ringan andalan yang tak boleh ketinggalan untuk menjadi teman ngobrol, nonton, baca buku, maupun bekerja. Rasanya yang gurih, pedas, hingga manis banyak diminati oleh orang-orang. Ngemil keripik seperti memberikan magnet ketagihan.

Ada berbagai bahan pokok makanan yang bisa dijadikan bahan dasar untuk membuat keripik. Mulai dari singkong, pisang, tempe, tahu, kacang, emping, talas, dan masih banyak lagi. Anda dapat berinovasi dengan membuat aneka ragam keripik dari berbagai bahan pokok tersebut.

Berjualan aneka keripik juga cukup menguntungkan dan minim resiko. Hal ini dikarenakan keripik merupakan jenis makanan yang awet dan bisa disimpan dalam waktu yang lama. Anda bisa menjualnya baik secara online untuk meluaskan target market maupun secara offline.

Basreng

Basreng

Usaha makanan ringan serba 2000 yang terkahir adalah Basreng, Basreng merupakan singkatan dari bakso goreng dan makanan ini banyak dijumpai di mana-mana. Sesuai namanya, cemilan ini terbuat dari bakso yang digoreng dan tidak perlu ribet saat memakannya. Cukup dicocol dengan kuah atau sambal yang tersedia dan rasanya mantap.

Cara membuat basreng pun sangat mudah. Anda cukup menyiapkan bakso daging ikan yang diiris tipis-tipis dan ditambahkan bumbu bawang putih dicampur gula sedikit lalu digoreng. Anda bisa menjualnya secara online maupun offline dengan modal terjangkau.

Tak perlu ragu mencoba bisnis makanan karena setiap orang membutuhkan makanan sehingga bisnis ini tidak akan ada matinya. Hanya saja Anda perlu mempelajari target market dan kemampuan apa yang Anda miliki. Ide usaha makanan ringan serba 500 ,1000 dan 2000 an di atas semoga bermanfaat.