10 Ide Jualan Makanan Online yang Menguntungkan

10 Ide Jualan Makanan Online yang Menguntungkan

Jualan online menjadi salah satu bisnis yang sangat menjanjikan mengingat saat ini pengguna internet semakin meningkat dan jangkauan pasarnya lebih luas. Ada banyak konsep yang bisa Anda jalankan mulai dari pakaian, perabotan, hingga ide jualan makanan online.

Kebiasaan berbelanja online seakan menjelma menjadi lifestyle baru yang kini banyak diminati banyak masyarakat Indonesia. Mereka dapat dengan mudah mendapatkan yang diinginkan hanya dengan segenggam smartphone yang bermodalkan internet.

Bagi Anda yang melihat ini sebagai peluang, tentu tak ingin ketinggalan untuk turut berkontribusi dan memanfaatkannya sebagai ide bisnis. Makanan sebagai kebutuhan pokok juga bisa dijual secara online. Bahkan Anda bisa mencoba aneka variasi makanan untuk dijual secara online.

Rekomendasi Ide Jualan Makanan Online Rumahan 

10 Ide Jualan Makanan Online yang Menguntungkan
10 Ide Jualan Makanan Online yang Menguntungkan

Sejenak mungkin Anda berpikir bagaimana bisa makanan dijual secara online. Karena biasanya orang-orang lebih senang berbelanja secara offline. Namun, ada beberapa jenis makanan yang sangat cocok dan menguntungkan untuk dijual online. Apa saja itu?

Kue kering

Ide jualan makanan online pertama yang bisa anda coba adalah jualan kue kering, Siapa bilang kue kering hanya tersedia saat hari raya Idul Fitri atau perayaan tertentu saja. Anda bisa mencicipi makanan yang identik dengan perayaan hari raya ini kapan saja. Jadikan ini sebagai peluang untuk menjual kue kering secara online sehingga customer bisa setiap saat mencicipinya.

Tak hanya menjadi camilan yang paling banyak dicari. Bisnis kue kering juga menguntungkan karena kue ini cenderung lebih tahan lama dibandingkan dengan kue basah. Beberapa jenis kue kering yang bisa dijual seperti putri salju, nastar, kastengel, lidah kucing, egg roll, dan lainnya.

Keripik

Keripik merupakan salah satu cemilan kekinian yang banyak diminati. Selain rasanya gurih dan renyah, keripik sangat cocok untuk menjadi teman saat ngopi, ngeteh, atau kumpul bersama teman kerja, nonton, baca buku, dan aktivitas santai lainnya. Keripik juga awet untuk disimpan dalam waktu yang lama.

Bisnis keripik sangat menjanjikan karena pada dasarnya orang-orang sangat suka ngemil. Dengan adanya cemilan keripik yang bervariasi baik dari segi komposisi bahan maupun rasa tentu akan menarik lebih banyak konsumen. Anda juga bisa berinovasi dari segi kemasan.

Frozen Food

Sejak pandemi Covid-19, orang-orang disarankan untuk lebih banyak di rumah untuk mencegah penyebaran virus yang lebih masif. Frozen food menjadi salah satu solusi untuk menyediakan makanan pokok sehari-hari dengan praktis tanpa harus ribet keluar rumah.

Frozen food pun menjadi bisnis yang menjanjikan dan semakin digemari oleh masyarakat. Banyak jenis makanan yang bisa dikemas dalam kemasan frozen food. Mulai dari ayam ungkep, bebek ungkep, bakso, sosis, nasi liwet, empek-empek, dan masih banyak lagi.

Sambal Kemasan

Lidah orang Indonesia memang seperti tidak bisa lepas dari sambal. Kurang afdol rasanya jika makan tanpa sambal. Namun, tak sedikit orang-orang yang tak punya banyak waktu untuk membuat sambal sendiri. Untuk mengatasi hal tersebut, bisnis sambal kemasan bisa menjadi peluang bagus.

Sambal botolan yang tersedia dalam berbagai kemasan kini semakin banyak digemari. Karena selain praktis, sambal kemasan juga bisa dibawa kemana-mana. Anda bisa berinovasi dengan membuat sambal kemasan berbagai rasa seperti sambal cumi, sambal matah, sambal cabe ijo, dan lainnya.

Minuman Kemasan

Praktis dan simpel serta mudah dibawa kemana-mana adalah yang paling disukai oleh masyarakat di era digital saat ini. Minuman kemasan dalam berbagai rasa bisa menjadi bisnis yang sangat menjanjikan. Apalagi jika minuman kemasan tersebut dibuat agar mudah dibawa kemana-mana.

Sehingga tak hanya air mineral saja yang bisa selalu dibawa. Kopi, teh, thai tea, boba, dalgona coffee, dan berbagai jenis minuman lainnya bisa dikemas dengan sangat menarik dan dijual secara online. Bahkan minuman sehat seperti jamu dan infuse water pun bisa menjadi peluang bisnis bagus.

Dessert Box

Dessert box kini tengah menjadi tren makanan baru yang banyak disukai oleh masyarakat. Rasanya yang manis dan lezat menjadi cita rasa khas yang sangat cocok untuk dimakan sebagai makanan penutup. Namun, untuk menjual dessert box biasanya terbatas area yang dekat agar tidak basi.

Dessert box bisa dijual dengan kisaran harga mulai dari Rp25.000,00 hingga Rp55.000,00. Murah dan mahalnya satu box kue untuk dessert ini tergantung dari bahan dan topping yang digunakan. Buat dessert box yang unik dan menarik agar banyak konsumen yang tertarik untuk membeli.

Katering Sehat

Kesadaran untuk menerapkan pola hidup sehat kini semakin meningkat khususnya di tengah masyarakat kota. Namun, kerap kali mereka kesulitan untuk menerapkan pola hidup sehat dengan makanan yang sehat tanpa junk food karena kesibukan kerja.

Tentu saja ini bisa menjadi peluang bisnis yang menggiurkan. Anda bisa membuka bisnis katering makanan sehat dengan target yang lebih jelas dan terukur. Buat sistem delivery sehingga customer akan senang mendapatkan pelayanan tambahan dan menjadi pelanggan Anda.

Lauk Kering

Tidak semua orang sempat untuk memasak sendiri makanan sehari-harinya. Seringkali mereka yang sibuk bekerja atau beraktivitas lainnya lebih memilih untuk membeli makanan di luar. Namun, jika harus membeli setiap saat tiga kali sehari tentu agak sedikit merepotkan.

Anda bisa membuka bisnis lauk kering karena lauk adalah kebutuhan pokok masyarakat sehari-hari. Lauk yang bisa awet dan disimpan dalam jangka waktu yang lebih lama mulai digemari masyarakat. Ide makanan ini bisa dengan membuat abon, serundeng, rendang, tempe kering, dan lainnya.

Salad Buah

Salad buah menjadi salah satu makanan yang banyak diminati khususnya bagi orang-orang yang sedang melakukan program diet. Anda bisa menjadikan ini sebagai peluang bisnis karena selain berpotensi mendapatkan banyak market, cara membuatnya pun mudah.

Agar lebih inovatif, Anda bisa menambahkan topping atau campuran bahan lainnya seperti granola, almond, keju, mayonaise, susu full cream, yoghurt, atau madu. Anda bisa menjualnya melalui marketplace atau ojek online yang menyediakan fitur makanan.

Melihat begitu banyak peluang untuk membuka bisnis secara online di bidang makanan, tentu tidak ada lagi alasan untuk bingung mau menjual apa. Anda bisa memilih salah satu dari beberapa ide jualan makanan online tersebut sesuai kemampuan dan kesukaan.