Apa Itu Promotor? 5 Tugas Penting Promotor

Apa Itu Promotor – Halo sobat Humorbendol, belakangan ini banyak yang bingung dan belum tahu apa arti promotor sebenarnya? Nah, dalam artikel ini kami akan memberikan penjelasan mengenai promotor, tugas dan tanggung jawab, hak wewenang serta hal yang tidak boleh dilakukan oleh promotor. Mari simak ulasannya di bawah ini.

Apa Itu Promotor?

apa itu promotor
source : lokerpalangka.com

Dalam Bahasa Indonesia Promotor diartikan sebagai orang yang diberikan tugas dan tanggung jawab untuk melakukan promosi barang atau produk dari suatu perusahaan. Nah, biasanya perusahaan yang menggunakan promotor untuk promosi produk mereka adalah perusahaan gadget seperti Oppo, Vivo, Samsung dan barang-barang elektronik lainnya juga ada tergantung dari perusahaan tersebut.  Nah, apabila sobat sudah mengerti ap aitu promotor saatnya kita masuk ke pembahasan tugas dan tanggung jawab promotor.

Tugas dan Tanggung Jawab Promotor

training 3185170 640 1 640x470 1

di bawah ini ada 5 tugas dan tanggung jawab promotor. Simak ulasannya di bawah ini.

  1. Meningkatkan penjualan yang ditargetkan

Tugas promotor yang pertama adalah meningkatkan penjualan yang sudah ditargetkan oleh perusahaan. Biasanya mereka akan masuk ke area saler atau store. Leader akan memberikan target perusahaan biasanya target harian, mingguan dan bulanan. Nah, saat melakukan promosi di store biasanya promotor akan memberikan semua informasi sehingga berharap informasi tersebut sampai ke para konsumen. Kemudian setidaknya konsumen akan percaya dengan kualitas produk yang ditawarkan derta keunggulan yang dimiliki.

  1. Grooming dan penampilan yang rapih

Apakah kamu pernah meihat SPG dan SPB yang memiliki penampilan acak-acakan? Biasanya para SPG dan SPB ini akan berpenampilan serapi dan semenarik mungkin. Karena penampilan yang seperti ini akan membuat diri sendiri dan orang lain nyaman. Sekaligus konsumen akan tertarik.

Promotor di lapangan juga menjadi wajah perusahaan yang menjadi ujung tombak dari perusahaan tersebut. Jadi, apabila groomingnya tidak mengenakan maka konsumen pun tidak akan datang dan bisa-bisa kurang percaya dengan produk dari perusahaan tersebut.

  1. Menghandle konsumen sampai selesai

Tugas prpmotor yang berikutnya yaitu menangani pembeli atau konsumen sampai selesai. Bagaimana sih maksudnya? Jadi, saat konsumen sedang bertanya atau butuh bantuan maka promotor harus membantunya hingga tuntas. Tuntas disini maksudnya adalah jangan mengoper konsumen atau bahkan membuat konsumen jadi bingung karena apa yang dijelaskan kurang jelas.

Also Read :
Cara Membuka Usaha Sendiri di Rumah Mudah dan Menghasilkan

Saat melayani seorang konsumen dengan setangah-setengah maka pelayanan yang diberikan tergolong kurang bagus. Seperti terlihat bahwa promotor tersebut tidak lihai atau pandai dalam bekerja. Dengan begitu nama toko akan ikut tercoreng karena promotornya kurang belajar dan memahami tugasnya.

  1. Menjaga kebersihan di lingkungan

Dimana pun dan kapan pun tentulah kebersihan menjadi kunci utama seseorang merasa nyaman di suatu tempat. Tempat kerja atau pun berbelanja yang bersih akan membuat konsumen betah berlama-lama di tempat dengan demikian kesempatan untuk mempromosikan produk semakin lama dan konsumen mungkin saja bisa lebih tertarik.

  1. Membuat report penjualan

Untuk tugas yang terakhir ini dilakukan apabila kamu sudah selesai bekerja. Jika kamu sudah bekerja maka tugas yang harus kamu lakukan terakhir yaitu membuat report penjualan. Biasanya promotor dituntut tepat waktu mengerjakan report ini sesuai dengan data yang akurat dari hasil promosi selama berkerja seharian. Nah, hal yang harus dimiliki oleh setiap promotor adalah rasa jujur saat mengerjakan report tersebut. Meskipun produk yang dipromosikan tidak terjual tetaplah menulisnya “nol” dalam laporan tersebut. Jangan pernah sekali pun memanipulasi data yang dibuat supaya bisa mencari solusi meningkatkan penjualan produk tersebut kedepannya.

Hak dan Wewenang Promotor

apa itu promotor
source : stifinbrain.com

Jika yang dibahas di atas adalah tugas dan tanggung jawab di bawah ini ada hak dan wewenang yang harus promotor pemula ketahui. Mari simak ulasannya di bawah ini.

  1. Mendapatkan fasilitas training, coaching dan counseling

Apabila kamu masih merasa kamu kekurangan knowledge mengenai produk yang kamu jual sehingga kamu merasa sulit untuk bisa meyakinkan konsumen supaya bisa tertarik denga napa yang kamu promosikan maka kamu bisa meminta leader kamu untuk melakukan training, coaching atau pun conseling.

Karena untuk promotor itu sendiri knowledge ini diibaratkan sebuah alat yang sangat mempan digunakan menghadapi produk pesaing yang sama. Kalau menurutmu sendiri bagaimana sobat? Apakah training seperti ini sangat perlu atau kamu bisa bekerja bahkan tanpa training sedikit pun?

  1. Mendapatkan beberapa fasilitas pendukung

Berikutnya kamu harus mendapatkan fasilitas pendukung saat melakukan promosi produk. Fasilitas yang dibutuhkan seperti contohproduk, merchandise dan brosur produk. Nah, dengan begitu kamu akan lebih mudah memberikan informasi seputar barang kamu tawarkan kepada para konsumen.

Also Read :
Apa Itu ShopKeeper? | 7 Tugas Shopkeeper

Selain itu juga saat perusahaanmu mebgeluarkan produk baru, produk yang baru tersebut bisa dijadikan contoh atau tester kepada para calon konsumen untuk dipromosikan. Kemudian dengan fasilitas pendukung ini kamu bisa mendapatkan kepercayaan yang lebih sehingga kamu menjadi semangat saat mempromosikan produkmu. Kalau yang ini bagaimana menurutmu sobat?

  1. Mengevaluasi yang terjadi di lapangan

Hak dan kewenangan terakhir yang bisa kamu lakukan yaitu kamu bisa memberikan ususlan atau masukan kepada leader atau pun pekerja lain. Saat kamu merasa penjualan dan promosi yang dilakukan kurang baik mungkin kamu bisa mengusulkan untuk rapat dan mengevaluasi hasil kerja. Dengan begitu kekurangan yang terjadi bisa segera ditambah dan yang sudah sempurna bisa ditingkatkan supaya bisa menjadi lebih baik lagi.

Setelah kamu mengetahui apa itu promotor, tugas dan tanggung jawab serta hak dan kewenangan maka di bawah ini ada hal yang tidak boleh dilakukan oleh promotor saat berkerja. Mari simak ulasannya di bawah ini.

Hal yang tidak boleh dilakukan Promotor

  1. Bersikap tidak ramah dan cenderung cuek terhadap konsumen
  2. Membuat konsumen menunggu terlalu lama
  3. Meninggalkan area promosi atau tempat kerja diluar jam kerja tanpa izin dari atasan
  4. Berkelahi hingga berebut konsumen dengan promotor perusahaan lain
  5. Menyebarkan informasi penting mengenai perusahaan

Kesimpulan

Nah, itulah tadi apa-apa saja informasi mengenai promotor yang sudah kami jelaskan secara rinci di atas. Jika sobat masih bingung dengan apa yang disampaikan mari simak kesimpulan yang kami berikan di bawah ini.

Promotor adalah orang yang diberikan tugas dan tanggung jawab untuk melakukan promosi barang atau produk dari suatu perusahaan. Nah, biasanya perusahaan yang menggunakan promotor untuk promosi produk mereka adalah perusahaan gadget, elektronik atau sebagainya. Barang yang ditawarkan seperti Oppo, Vivo, Samsung dan barang-barang elektronik lainnya juga ada tergantung dari perusahaan tersebut.

Ada 5 tugas dan tanggung jawab promotor yang harus kamu kerjakan dengan benar jika kamu Sudha bekerja atau ingin menjadi seorang promotor. Kemudian ada 3 hak kewenangan promotor yang mungkin bisa kamu lakukan demi meningkatkan penjualan. Dan yang terakhir kamu harus benar-benar menghindari apa yang sebenarnya tidak boleh dilakukan oleh promotor seperti bertengkar dan membocorkan rahasia kepada orang lain. Tentulah hal ini bisa merugikan perusahaan.

Nah, itulah yang bisa kami berikan dalam artikel apa itu promotor. Semoga apa yang kami sampaikan ini bisa bermanfaat dan kekurangan di atas bisa dimengerti karena kami manusia yang kadang bisa salah. Jika artikel ini bermanfaat silahkan share ke teman-teman dan semoga membantu.