Gaji Anda Kecil? Ikuti 10 Tips Mengatur Keuangan Gaji 2 Juta!

By | June 10, 2020
Mengatur Keuangan Gaji 2 Juta!

Apakah anda seorang karyawan dengan gaji 2 juta ? Jika ya, maka mempelajari cara mengatur keuangan gaji 2 juta per bulan adalah hal penting yang harus anda lakukan. Mengapa demikian ? Sebab, rupanya untuk memenuhi kebutuhan selama 1 bulan tidaklah mudah dengan gaji 2 juta rupiah. Ditambah lagi jika anda tidak tahu bagaimana cara mengatur keuangan dengan baik dan benar, serta minim wawasan mengenai dunia finansial. Nah, bagi anda yang ingin lebih berhemat dalam membelanjakan keuangan, maka artikel kali ini sangat tepat untuk anda simak!

            Apa hal terpenting dalam mengatur keuangan dengan gaji 2 juta ? Ternyata, memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari bukanlah satu-satunya hal terpenting dalam mengatur keuangan. Sebab, jika anda hanya merencanakan demikian, maka kehidupan anda akan berjalan di tempat, tidak akan ada peningkatan. Oleh karena itu, penting bagi anda mengetahui cara yang tepat mengatur keuangan jika gaji yang anda miliki sebesar 2 juta.

            Keuangan dalam rumah tangga tidak akan rumit jika diatur dan dikelola dengan mengikuti pendekatan disiplin. Namun sayangnya, tidak semua orang dapat dengan benar mengikuti prinsip-prinsip dasar manajemen keuangan. Nah, hal inilah yang menjadi alasan mengapa begitu banyak rumah tangga yang mengalami masalah terkait finansial seperti hutang. Namun, jika anda memiliki beberapa keteramipilan dalam mengatur keuangan gaji 2 juta anda, maka keuangan rumah tangga anda akan selalu stabil.

Tidak semua orang beruntung memiliki keuangan rumah tangga yang besar. Sebab, sebagian diantara kita hanya memiliki keuangan yang relatif kecil karena gaji yang didapat pun juga terbilang kecil. Oleh sebab itu, mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 2 juta sangat dibutuhkan demi keberlangsungan hidup yang sejahtera dalam rumah tangga.

 Keuangan 2 juta yang anda miliki rupanya dapat digunakan untuk  memenuhi kebutuhan hidup selama 1 bulan,  dapat digunakan untuk berinvestasi, serta ada sisa untuk ditabung. Apakah hal tersebut terlihat tidak memungkinkan ? Tentu saja sangat mungkin jika anda tahu cara mengelola keuangan dengan bijak. Nah, untuk bisa mengatur keuangan dengan gaji 2 juta anda bisa melakukan beberapa cara yang telah kami rangkum berikut ini. Simak uraian di bawah ini ya!

Tips Mengatur Keuangan Walau Hanya gaji 2 Juta

Menghitung Anggaran

Mengatur keuangan dengan gaji 2 juta bukanlah perkara yang sulit jika anda ketahui cara mengelolanya dengan tepat. Nah, jika kebetulan anda adalah ibu rumah tangga, maka hal pertama yang dibutuhkan oleh setiap rumah tangga ialah anggaran. Adapun langkah pertama guna mengembangkan anggaran ialah dengan belajar di mana anda membelanjakan uang anda. Setelah itu, carilah area dimana anda bisa secara wajar mengurangi biaya tersebut.

Menabung

Jika anda sudah berhasil mengatur anggaran dengan tepat, maka jangan luput untuk memperhitungkan tabungan. Apabila anda tidak memiliki tabungan, maka finansial anda akan minus jika suatu saat anda memiliki kebutuhan mendesak. Bahkan menabung adalah alternatif terbaik yang dapat melindungi anda dari lilitan hitang, kehilangan rumah, atau mobil jika anda kehilangan pekerjaan.

Melacak Pengeluaran

Langkah selanjutnya jika anda sudah menetapkan target anggaran serta tabungan, maka anda harus memastikan bahwa anda konsisten dengannya. Nah, salah satu cara untuk memastikan rencana anda berjalan dengan konsisten, ialah dengan melacak pengeluaran. Jika anda kesulitan untuk melakukannya, anda bisa menggunakan jasa bank yang menawarkan program perangkat lunak daring yang membantu anda melacak pengeluaran.

Tolak yang Tidak Penting

Berikutnya, jika anda sudah mulai melacak pengeluaran, maka anda akan mencatat jika terdapat perbedaan antara apa yang anda pikir dan yang anda bayarkan. Untuk itu, penting bagi anda memantau barang-barang tersebut dan membandingkannya dengan tanda terima. Anda perlu membandingkan biaya dengan catatan pribadi anda. Nah, menyimpan tanda terima merupakan salah stau cara terbaik untuk memastikan anda memiliki cara yang sah untuk menyengketkan biaya jika suatu saat dibutuhkan.

Menyamakan Presepsi

Penting untuk anda ketahui bahwa pada akhirnya, upaya terbaik dalam menghemat uang dan menjaga kondisi keuangan tetap stabil ialah jika seluruh anggota keluarga mengetahui anggaran dan melakukan yang terbaik untuk menaatinya. Anda perlu melibatkan setiap anggota keluarga dalam diskusi serta menunjukkan kepada mereka betapa pentingnya penganggaran, menabung dan berinvestasi. Dengan meyamakan presepsi maka anda akan lebih mudah dalam mengatur keuangan dengan gaji 2 juta.

Menetapkan Anggaran Belanja

Menetapkan anggaran belanja harus dilakukan sebelum anda mulai berbelanja. Hal ini wajib dilakukan dengan cara melihat keuangan anda secara menyeluruh dan menentukan dengan pasti berapa banyak yang bisa anda belanjakan. Oleh sebab itu, sebelum anda mulai berbelanja, anda harus tahu persis berapa banyak jumlah uang yang akan digunakan. Jika tidak demikian, maka kebiasaan berbelanja berdasarkan dorongan hati akan terus berlanjut. Untuk itu, anda harus merencakan anggaran belanja terlebih dahulu untuk memudahkan anda tetap menggunakan anggaran.

Tawar-menawar dalam Berbelanja

Membelanjakan uang dengan bijak adalah point penting dalam mengatur keuangan gaji 2 juta. Ya, selain menetapkan anggaran, anda pun perlu melakukan tawar menawar dalam berbelanja, memanfaatkan kupon belanja dan lain sebagainya demi kesejahteraan kondisi finansial. Jika anda melakukan hal ini dengan bijak, maka bukan tidak mungkin anda akan menghemat uang dalam jangka panjang.

Menyimpan Dana Darurat

Apa itu dana darurat  ? Dana darurat ialah keuangan yang digunakan jika dalam kondisi yang darurat seperti kehilangan pekerjaan, membayar biaya rumah sakit, kehilangan harta benda dan lain sebagainya. Untuk itu, anda perlu membangun dana darurat sebagai bagian dari startegi anggaran anda. Sebab jika tidak demikian, maka bisa saja hal butuk terjadi dengan kondisi keuangan anda.

Pasokan Makanan

Pemerintah serta lembaga non-pemerintah terus memberikan peringatan kepada individu untuk memiliki persediaan darurat, tak terkecuali makanan. Hal ini sebagai upaya pencegahan jika suatu saat terjadi hal yang tidak diinginkan seperti misalnya terjadi bencana alam atau yang lainnya. Untuk itu, anda perlu menelola atau mengatur keuangan anda dan harus mencakup alokasi bulanan untuk membangun pasokan makanan selama tiga bulan, hingga persediaan enam bulan

Mobil, Pemilik Rumah atau Asuransi Jiwa

Apakah anda pernah berpikir bahwa kematian atau kecelakaan mobil bisa saja memusnahkan anda dalam hal finansial ? Ya, hal ini tentu bisa saja terjadi. Oleh karena itu, untuk menjaga terhadap kondisi ini, usahakan membeli dan anggaran untuk mobil, pemilik rumah atau asuransi jiwa.

            Nah, demikianlah cara mengatur keuangan dengan gaji 2 juta yang bisa anda terapkan di dalam kehidupan berumah tangga. Disiplin, bertanggung jawab dan konsisten adalah sikap yang perlu ditaati jika anda ingin sukses dalam mengatur keuangan anda. Semoga setelah membaca artikel ini dapat memberikan sedikit banyak manfaat bagi kondisi finansial anda nantinya ya!