10 Manfaat Penggunaan dan Fungsi Corel Draw

by naya
0 comment

Penggunaan Corel Draw mencakup berbagai sektor berbeda. Fungsi Corel Draw sebagai software editor pun bermanfaat nyaris di segala bidang. Terutama bidang yang membutuhkan tampilan visual.

Software editor memegang peranan besar dalam dunia desain. Segala sektor yang membutuhkan visualisasi pasti akan menggunakan software editor. Sebut saja sektor periklanan, pembuat konten digital, percetakan, perdagangan. Bahkan sektor retail sekalipun akan membutuhkan software editor.

Diantara sederet software editor, Corel Draw menjadi software yang paling banyak digunakan. Seperti pada pengertian Corel Draw, software editing ini menawarkan tools dan juga fitur-fitur lengkap. Memudahkan penggunaan software editor ini pada berbagai kebutuhan.

Fungsi Corel Draw memang bukan saja untuk editing foto. Masih ada berbagai manfaat dan fungsi berbeda dari sederet fitur serta tools yang ada.

Nah agar lebih jelas dan paham mengenai penggunaan Corel Draw tentu harus memahami apa saja fungsi dan manfaatnya. Ulasan berikut ini mengenai apa saja fungsi Corel Draw. Sekaligus manfaat penggunaannya.

10 Manfaat dan Fungsi Corel Draw yang Harus Diketahui

Bila mendengar mengenai Corel Draw, yang terbayang tentu saja program komputer untuk menggambar. Tidak saja karena penggunaan “Draw” pada nama software ini. Melainkan penggunaan Corel Draw memang identik untuk menggambar. Baik itu gambar vektor, ilustrasi, sampai animasi.

Padahal di sisi lain, terdapat beberapa manfaat dan fungsi Corel Draw pada penggunaannya. Pastinya setiap fungsi dan manfaat memberi nilai tambah untuk keunggulan software satu ini

Manfaat dan fungsi Corel Draw diantaranya:

  1. Menggambar Vektor
    Membuat gambar vektor merupakan salah satu fungsi Corel Draw paling dikenal luas. Pasalnya berbeda dengan fungsi penggunaan lain, tidak banyak program komputer bisa menggambar vektor.Sehingga tidak heran bila saat berbicara mengenai apa penggunaan Corel Draw, salah satu yang teringat merupakan untuk menggambar vektor.Vektor sendiri merupakan gambar grafis yang dibuat di komputer menggunakan poligon. Poligon tersebut dibuat dengan sumbu x,y pada grafik vektor.Setiap alur dalam grafik vektor dapat diberikan atribut. Seperti ketebalan dan warna garis, kurva, bentuk, gradien, dan tekstur. Vektor memiliki resolusi jauh lebih besar dari pada bitmap. Bahkan setelah 7x zoom pun, kualitas gambar vektor tidak akan pecah.
  2. Membuat Gambar Ilustrasi
    Fitur di Corel Draws salah satunya memudahkan pengguna dalam membuat ilustrasi. Sama seperti fungsi menggambar vektor, tidak banyak software editor memiliki fitur ini. Sehingga Corel Draw menjadi pilihan utama bila hendak membuat gambar ilustrasi.Manfaat penggunaan Corel Draw untuk menggambar ilustrasi pun sangat luas. Terlebih dengan banyaknya penggunaan ilustrasi sebagai visualisasi. Misalnya saja seperti untuk iklan dan promosi, sampul buku, dan lain sebagainya.
  3. Menggambar Animasi
    Fungsi untuk menggambar memang menjadi keunggulan sendiri pada Corel Draw. Selain bisa digunakan untuk menggambar ilustrasi dan vektor; software ini pun memiliki fitur untuk gambar animasi.Corel Draw memiliki tools lengkap dalam mendukung fungsi menggambar animasi. Sederet animator professional sekalipun menggunakan Corel Draw sebagai software utama.Keunggulan fungsi satu ini dilengkapi pula dengan hasil gambar beresolusi tinggi. Sehingga semakin cocok digunakan untuk membuat animasi secara profesional.
  4. Desain Logo
    Hampir semua bidang usaha akan membutuhkan logo. Untungnya Corel Draw memiliki fitur tidak kalah lengkap pula untuk mendesain logo. Terutama untuk desain logo 2D.Desainer dapat membuat desain logo di Corel Draw dengan memaksimalkan fungsi lain. Seperti menggunakan gambar vektor maupun ilustrasi pada logo.User interface Corel Draw yang sederhana dan penggunaan yang mudah membuat pengguna pemula pun dapat membuat logo keren di Corel Draw.
  5. Pembuatan Desain Brosur, Undangan, Cover Buku dan Majalah, dan Sejenisnya
    Fungsi Corel Draw untuk desain memang tidak perlu diragukan. Bila membandingkan dengan fungsi pada software lain, Corel Draw memiliki tools dan fitur terlengkap untuk membuat desain.Beberapa desain yang akan bisa dibuat di Corel Draw dengan cukup mudah seperti:

    • Desain sampul buku
    • Desain sampul majalah
    • Desain kalender
    • Desain brosur
    • Desain pamflet
    • Desain undangan
    • Desain poster
    • Desain baliho
    • dan sebagainya

    Desain-desain tersebut di atas menggabungkan beberapa elemen berbeda. Seperti penggunaan gambar maupun foto, ilustrasi, vektor, dan teks. Semua elemen ini dapat dibuat menggunakan Corel Draw.

    Fungsi satu ini pun memberikan manfaat penggunaan Corel Draw untuk percetakan. Sektor periklanan juga akan mendapat manfaat dari penggunaan Corel Draw ini.

  6. Desain Konten Sosial Media dan Microblog
    Konten Creator pun tidak akan terlepas dari Corel Draw. Malah mereka bisa mendapat banyak manfaat berbeda dari penggunaan software ini.Bagi konten kreator maupun pengguna media sosial, tampilan feed memiliki peranan penting. Baik itu untuk branding diri maupun mendapat perhatian followers. Untuk itu merencanakan desain feed akan sangat penting.Beberapa konten untuk media sosial, seperti microblog juga bisa dibuat menggunakan Corel Draw. Microblog sendiri merupakan tipe konten informatif namun menarik yang sedang populer di media sosial. Terutama di Instagram dan Facebook.
  7. Desain Infografis
    Desain infografis pun akan jauh lebih mudah menggunakan Corel Draw. Tidak itu saja, membuat desain infografis dengan Corel Draw akan lebih kreatif.Pasalnya Corel Draw memiliki fitur maupun tools unggulan untuk menunjang ide-ide kreatif pada pembuatan desain. Tampilan dan konsep infografis tidak hanya akan informatif. Melainkan juga menarik.
  8. Membuat Tipografi
    Tipografi bisa dibuat pula dengan Corel Draw. Fungsi Corel Draw satu ini pun cukup familiar. Terutama karena Corel Draw masih menjadi software editor pertama yang dianggap terbaik untuk desain.Lengkapnya tools gambar menjadi penunjang lain dari fungsi penggunaan satu ini. Desainer maupun pengguna software akan dapat menuangkan kreativitas sepenuhnya dalam membuat tipografi keren. Pastinya sih, tidak akan terlalu sulit pula.Penggunaan tipografi sangat luas. Manfaat dari fungsi ini membantu desainer untuk menggunakan jenis huruf menarik dalam desain mereka. Misalnya saja untuk desain brosur, cover, hingga undangan. Tipografi bisa digunakan pula sebagai logo.
  9. Editing Foto
    Meski sedikit berfokus pada desain, Corel Draw rupanya bisa digunakan untuk editing foto. Fungsi sebagai software photo editor pada Corel Draw memang sedikit kurang populer. Walau bukan berarti sepenuhnya tidak bisa.Bila ingin menggunakan foto untuk desain, bisa langsung dengan Corel Draw. Ini memudahkan pengguna agar tidak perlu berpindah ke software editor lain untuk melakukan editing foto.
  10. Desain Website
    Desain website pun dapat dilakukan dengan Corel Draw. Terutama untuk konsep desain seperti apa yang diinginkan pada website.Elemen di dalam website, seperti header hingga ikon, dapat dibuat pula di Corel Draw. Baik itu dengan menggunakan fungsi menggambar vektor. Maupun illustrator dan editing foto.

Manfaat penggunaan Corel Draw sangat beragam. Hampir semua sektor dengan kebutuhan visualisasi akan mendapat manfaat dari berbagai fungsi Corel Draw.

Fungsi Corel Draw yang beragam juga menjadi alasan tersendiri banyaknya pengguna software editor satu ini. Semoga setelah ulasan di atas, sudah akan paham mengenai apa saja fungsi sampai manfaat menggunakan Corel Draw.

Related Posts