20+ Daftar Pekerjaan yang Menghasilkan Jasa

By | February 16, 2021
12 Daftar Pekerjaan yang Menghasilkan Jasa

Apa itu pekerjaan? Pekerjaan merupakan hubungan antar dua belah pihak yakni antara si pemberi pekerjaan (perusahaan) dengan si pekerja (individu). Sebagai balas jasa, pihak perusahaan nantinya akan memberikan gaji. Untuk nominalnya tentu saja akan menyesuaikan dengan jenis pekerjaannya. Selain terdapat pekerjaan yang menghasilkan barang, ada pula pekerjaan yang menghasilkan jasa.

Apa itu jasa? Jasa merupakan sesuatu yang sifatnya bukan materi maupun benda guna memenuhi kebutuhan manusia. Dalam arti sempit, Jasa adalah sebuah tindakan yang dilakukan seseorang untuk orang lain, seperti membelikan barang atau makanan, potong rambut, pemeriksaan medis, mengirim surat,mengirim barang dll.

Ciri-ciri jasa dapat disebutkan sebagai berikut,yaitu:

  1. Tidak berwujud
  2. Mudah habis
  3. Tidak dapat dipisahkan dengan konsumen
  4. Berubah-ubah

Lalu apa saja daftar pekerjaan yang menghasilkan Jasa? Yuk disimak!

Daftar Pekerjaan yang Menghasilkan Jasa

Seorang Guru

Sejak dulu profesi guru memang menjadi salah satu profesi yang cukup populer. Bahkan mungkin kita sering mendengar jika guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Ya, guru juga bekerja dan menghasilkan jasa. Dimana para guru akan bertugas mengajar, mendidik, membimbing, melatih hingga membina murid-muridnya. Tak dapat dipungkiri jika jasa guru guna mencerdaskan bangsa sangat luar biasa.

Seorang Dokter

Dokter juga menjadi salah satu profesi atau pekerjaan yang menjual jasa mereka. Seperti yang kita tahu jika tugas dokter jalan mengobati pasien yang sedang sakit. Bahkan mereka bekerja tak kenal waktu karena memang berprinsip atas panggilan kemanusiaan.

Hal inilah yang menjadikan seorang dokter tak akan menolak pasien sakit yang datang ke rumahnya. Tak jarang pula para dokter perlu bertugas ke pelosok negeri guna menjangkau semua masyarakat.

Nah untuk profesi dokter sendiri memang dibagi menjadi dua. Yakni terdapat dokter umum yang dapat menangani gejala juga penyakit. Juga ada dokter spesialis yang memang ahli dan memiliki kemampuan untuk menangani penyakit tertentu. Contohnya kita tahu jika ada dokter spesialis anak, dokter spesialis penyakit dalam dan masih banyak lagi. .

Seorang Polisi

Jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa selanjutnya terdapat dalam bidang keamanan juga ketertiban. Apa itu? Ya, polisi. Polisi memiliki tugas guna mengamankan dan menertibkan dalam kehidupan bermasyarakat.

Misalnya saja untuk kasus-kasus kriminal dan kejahatan akan dengan sigap ditangani oleh polisi guna menjaga keamanan masyarakat. Selain itu, polisi juga ada yang bertugas menjaga ketertiban lalu lintas.

Tujuannya lagi-lagi ialah guna menjaga keamanan masyarakat agar tak terjadi kecelakaan yang seharusnya dapat diperkecil kemungkinannya. Intinya adanya polisi ialah guna menjaga ketentraman, keamanan dan ketertiban dalam kehidupan masyarakat.

Seorang Penjahit

Seperti yang telah kita ketahui, jikalau penjahit bekerja dengan menjual jasa mereka. Baik dengan membuat baju maupun memperbaiki baju pelanggan. Perlu diketahui pula jika tak mudah untuk menjadi seorang penjahit profesional.

Pasalnya mereka perlu belajar keterampilan dalam hal jahit lebih dulu. Semakin baik pelayanan yang diberikan maka seorang penjahit akan mendapatkan kepercayaan dan banyak pelanggan. Bisa dikatakan jika penjahit menjual jasa mereka dengan harga yang sudah diperhitungkan pula.

Seorang Supir

Supir mendapatkan gaji juga dari jasa yang mereka berikan. Dimana mereka bertugas menjalankan mobil hingga sampai ke tujuan. Nah untuk profesi supir sendiri terdapat dua jenis yakni supir pengangkut barang dan supir pengangkut penumpang. Umumnnya untuk mobil yang digunakan untuk pengangkut barang ialah truk. Sedangkan supir pengangkut manusia biasa menggunakan mobil kecil.

Seorang Perawat

Perawat menjadi salah satu petugas atau pekerja medis yang menjual jasa mereka. Dimana mereka bertugas untuk membantu dokter untuk menangani pasien. Misalnya mereka akan membantu membalut lula pasien, menyuntik pasien, mengukur tensi hingga memberikan obat.

Untuk menjadi perawat, tentu saja mereka perlu menempuh pendidikan lebih dulu. Perlu diketahui pula menjadi perawat semakin tak mudah karena mereka harus sabar dan telaten dalam merawat pasien.

Seorang Montir

Contoh pekerjaan yang menghasilkan jasa selanjutnya ialah montir. Baik montir dalam bengkel motor maupun mobil mereka sama-sama menjual jasa mereka. Dimana mereka menjual pengetahuan mereka dengan cara memperbaiki mobil atau motor yang bermasalah.

Nah, untuk menjadi seorang montir, kamu juga perlu menempuh pendidikan lebih dulu. Baik melalui kurusu montir maupun bersekolah di STM atau sekolah teknik mesin.

Seorang Tukang Cukur

Zaman dulu orang-orang juga mengandalkan tukang cukur keliling untuk memangkas rambut mereka. Kini, orang-orang juga jauh lebih mudah mendapati tukang cukur karena biasanya mereka memiliki tempat tetap. Tukang cukur mendapatkan upah juga dari jasa yang mereka lakukan yakni mencukur dan merapikan rambut pelanggan.

Untuk menjadi tukang cukur juga tak mudah. Merek harus memiliki keahlian dan bekerja dengan hati-hati. Mengingat rambut menjadi salah satu bagian tubuh yang cukup diperhatikan oleh orang lain. Biasanya tukang cukur akan mencuri rambut sesuai keinginan pelanggan. Dalam artian, pelanggan akan memberikan mengenai gambaran model rambut yang diinginkan dan tukang cukur akan mengeksekusinya.

Tukang Pijat Bayi

Jika zaman dulu orang-orang membawa bayi mereka ke dukun bayi untuk memijatnya. Para orang tua percaya jika bayi juga dapat merasa lelah. Jika hal itu terjadi tentu saja bayi akan mudah menangis dan rewel. Nah, kamu dapat melihat semua ini sebagai peluang bukan? Seperti yang telah kita ketahui, saat ini sangat sulit untuk menemukan dukun bayi.

Bagi kamu yang memiliki keahlian memijat dapat mulai menjual jasa kamu. Bekerja sebagai tukang pijat bayi tentu saja tak memerlukan banyak modal. Kamu dapat memulainya dari rumah tanpa perlu menyewa tempat jika memang tak memiliki banyak dana.

Seorang Penerjemah

Salah satu daftar pekerjaan yang menghasilkan jasa di era ini lainnya ialah menjadi seorang penerjemah. Saat ini penerjemah memang cukup dibutuhkan. Mengingat kita tak dapat mengandalkan Google sebagai penerjemah.

Ada banyak orang yang memerlukan penerjemah guna mengetahui isi dokumen hingga suatu informasi. Menjadi seorang penerjemah tentu tak akan membutuhkan banyak biaya mengingat kamu bekerja mengandalkan kemampuan.

Bagaimana cara mendapatkan job penerjemah? Ya, saat ini penerjemah memang bekerja sebagai freelancer. Artinya menjadi pekerja lepas yang bekerja sesuai deadline yang ditentukan. Pastinya untuk bos atau atasan bisa berganti-ganti. Nah, kamu dapat bergabung ke grup atau komunitas freelancer untuk bisa mencari job.

Seorang Penulis Artikel

Tak dapat dipungkiri jika masyarakat mulai mencari berbagai inovasi guna menghasilkan uang. Salah satunya ialah melalui media internet. Banyak orang-orang yang akhirnya terjun menjadi seorang blogger guna mendapatkan penghasilan tambahan. Hal ini tentu menjadi peluang besar bagi para penulis artikel. Pasalnya para blogger yang tak memiliki waktu untuk menulis artikel biasanya akan menggunakan jasa penulis artikel.

Penyedia Jasa Pembuatan Website

Kamu memiliki keahlian dalam membuat website? Nah, kamu bisa lho membuka jasa pembuatan website. Di era ini, website menjadi media promosi yang cukup efektif. Hingga banyak para pedagang dan perusahaan mulai membuat website guna meningkatkan kepercayaan calon pelanggan mereka.

  • Taksi
  • Bus
  • Kereta Api
  • Becak
  • Ojek
  • Cleaning Service
  • Wedding Organizer
  • Cuci Kendaraan
  • Jasa Loundry
  • Rental Mobil
  • Kurir
  • Jasa Cuci Barang
  • Jasa Cuci Sofa
  • Jasa Cuci Sepatu
  • dan masih banyak lagi

Jadi itulah tadi beberapa contoh daftar pekerjaan yang menghasilkan jasa. Baik pekerjaan yang sudah ada sejal dulu maupun yang sedang ramai dilakukan saat ini. Bagaimana, sudah menemukan pekerjaan yang cocok?