10 Contoh Produk Kreatif Cocok Buat Memulai Bisnis Tahun Ini

10 Contoh Produk Kreatif Cocok Buat Memulai Bisnis Tahun Ini

Ketika ingin memulai bisnis, beberapa contoh produk kreatif bisa jadi cara untuk mendapatkan ide dan inspirasi lebih. Dengan melihat contoh yang sudah ada, maka kamu tinggal menimbang apakah contoh yang kamu pilih bisa berpotensi untuk dikembangkan di daerahmu atau tidak.

Produk kreatif lahir dari usaha kreatif. Usaha tersebut memang hanya bisa dibentuk dari kemampuan manusia. Jika banyak pekerjaan sudah bisa dilakukan dengan mesin, namun berbeda dengan produk kreatif yang lebih sering melibatkan proses manmade, atau dibuat oleh manusia. Nah, untuk kamu yang sedang mencari inspirasi memulai usaha kreatif, berikut adalah contoh produk kreatif berdaya jual untuk bisnis tahun ini.

1. Contoh Produk Kreatif Dari Rotan

Produk Kreatif Dari Rotan

Bisnis rotan bukanlah sesuatu yang baru, karena memang sudah ada cukup lama seperti rotan untuk furniture. Nah, kamu bisa mencoba membuat sesuatu yang berbeda dari rotan, yaitu misalnya untuk kerajinan tangan. Rotan bisa dibentuk menjadi apa saja, salah satunya yaitu untuk memenuhi peralatan rumah tangga dari rotan.

Salah satu keunggulan rotan adalah karena kekuatannya. Ketika usaha lainnya sering membuat rotan berbentuk kaku, kamu bisa membuat hal yang lebih menarik. Sehingga, rotan yang dibentuk punya tampilan lucu dan menambah nilai dekor bagi para pembelinya. Cara ini bikin kerajinan rotan kamu jadi lebih banyak dilirik orang. Kalau tidak memiliki keahlian dalam bidang ini, tidak masalah. Kamu bisa melibatkan pengrajin lokal sebagai pekerja.

2. Memanfaatkan Ban Bekas Untuk Dijadikan Tong Sampah

Ban Bekas Untuk Dijadikan Tong Sampah

Ban bekas sering sekali dibuang di tempat sampah atau bahkan dibakar. Namun kali ini kamu bisa mencoba membuat langkah yang berbeda yaitu dengan memanfaatkan ban bekas sebagai kerajinan tangan yang menarik, unik, dan berdaya jual. Misalnya saja kamu bisa membuat ban bekas untuk tong sampah. Atau, membuat kursi dari ban bekas. Banyak orang yang menyukai tempat sampah atau juga kursi yang terbuat dari ban bekas karena lebih awet dan tahan lama. Kursi yang terbuat dari ban bekas bisa diletakkan di luar rumah karena memang tahan dengan cuaca dan terik matahari

3. Menggunakan Sedotan Bekas Untuk Tas Anyaman

Sedotan Bekas Untuk Tas Anyaman

Sedotan selama ini sering digunakan sebagai alat untuk menyedot minuman. Kebanyakan kita membakar atau membuang sampah sedotan bekas tersebut begitu saja. Padahal, kita bisa menggunakan sedotan bekas tersebut untuk barang yang bermanfaat seperti dengan dianyam membentuk tas. Jangan salah, tas yang terbuat dari sedotan bekas ini punya daya jual yang tinggi karena mengandung nilai seni dan sangat kreatif.

Sehingga dapat dijadikan sebagai salah satu contoh produk kreatif yang bisa kamu coba untuk bisnis di tahun ini. Selain merubah sedotan bekas menjadi tas anyaman, kamu juga bisa membuat kerajinan unik lainnya dari sedotan bekas seperti membuat lampu hias, bunga, figura, dan lainnya.

4. Contoh Produk Kreatif Dengan Menggunakan Botol Bekas

Produk Kreatif Dengan Menggunakan Botol Bekas

Salah satu cara untuk memanfaatkan botol bekas adalah dengan membuat tempat pensil. Produk kreatif seperti ini sangat lucu dengan tampilan berbagai animasi kartun seperti menyerupai Minion atau lainnya. Tentu saja botol plastik yang disulap menjadi tempat pensil lucu seperti ini akan menarik banyak peminat terutama di kalangan anak-anak. Selain membuat anak-anak semangat belajar, membuat tempat pensil dari botol plastik bekas juga membuat meja belajar tampak rapih dan cantik.

Bahkan, tujuan mulia lainnya adalah untuk mengurangi penumpukan limbah plastik. Sehingga, sangat cocok untuk dijadikan cara mengedukasi masyarakat akan berpikir kreatif.

5. Membuat Miniatur Vespa Menggunakan Kaleng Bekas

Miniatur Vespa Menggunakan Kaleng Bekas

Saat ini, ada sebuah tren mengelola kaleng bekas untuk dijadikan miniatur Vespa sebagai produk kerajinan tangan dengan daya jual yang tinggi. Seperti yang kita ketahui, kaleng bekas ini bisa didapatkan dari minuman kemasan. Nah, mulai sekarang kamu bisa mengumpulkan berbagai kaleng bekas minuman tersebut untuk dijadikan miniatur unik.

Kamu juga bisa merangkul banyak warga di sekitar rumah untuk Mulai mengumpulkan kaleng bekas untuk dijadikan bahan miniatur. Pastikan mereka mendapatkan upah dari hasil tekad mereka untuk mengumpulkan bahan tersebut. Membuat usaha kerajinan tangan seperti ini saat ini menjadi usaha yang menjanjikan karena memang bahannya sangat mudah didapatkan dan bisa dicari dengan harga yang murah.

6. Membuat Miniatur Motor Dari Besi Atau Baut Bekas

Miniatur Motor Dari Besi Atau Baut Bekas

Contoh produk kreatif lainnya adalah dengan menggunakan besi bekas atau baut untuk dijadikan miniatur motor. Bisnis yang satu ini tergolong mirip dengan memanfaatkan kaleng bekas untuk dijadikan miniatur vespa. Nah kamu bisa mencari baut yang sudah tidak dipakai atau mencari besi yang bisa di jadikan miniatur unik seperti ini. Selain bisa dijual sebagai suvenir, biasanya kerajinan seperti ini sangat disukai oleh para pecinta otomotif.

7. Menggunakan Plastik Kemasan Untuk Tas

Plastik Kemasan Untuk Tas

Seiring berjalannya waktu, sampah plastik terus bertambah. Kemasan plastik menjadi salah satu andalan packaging yang selalu ditawarkan oleh banyak perusahaan. Untuk kamu yang bertekad ingin mengurangi sampah plastik, kamu bisa Memulai membuat berbagai jenis tas yang menarik dari bungkus kemasan. Bahkan, kamu tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak untuk memulai usaha yang satu ini karena sampah plastik ini memang bisa dicari.

8. Contoh Produk Kreatif Dari Kain Perca

Kain Perca

Apakah kamu tahu apa itu kain perca?. Kain perca adalah potongan-potongan dari kain bekas konveksi atau dari para penjahit yang sudah tidak bisa digunakan kembali. Ukurannya yang sangat kecil membuat kain ini biasanya dibuang begitu saja. Dalam industri konveksi kain perca termasuk dalam limbah. Nah, kamu bisa memanfaatkan limbah konveksi tersebut untuk disulap menjadi kerajinan yang bisa menghasilkan uang.

Misalnya kamu bisa membuat aneka bantal untuk sofa dari potongan kain perca. Atau kamu juga bisa membuat dompet dari kain perca. Contoh-contoh lainnya yang terbuat dari kain perca adalah boneka, bros sarung handphone, keset. Berbagai produk yang dibuat dari kain perca adalah produk yang menjanjikan dan bahkan tidak jmembutuhkan modal yang banyak untuk memperoleh kain perca.

9. Contoh Produk Kreatif Kain Flanel Jadi Bunga

Produk Kreatif Kain Flanel Jadi Bunga

Adalah hal yang biasa saja ketika kamu melihat kain flanel untuk aneka bros dan kerajinan lainnya seperti toples. Namun, tahukah kamu bahwa Kamu juga bisa membuat kreasi lain dari kain flanel yaitu dengan membuat bunga. Misalnya Kamu bisa menggunakan panah tersebut sebagai bunga mawar yang sedang mekar.

Jangan salah, bunga yang terbuat dari kain flanel ini cukup banyak peminatnya lho. Biasanya banyak dicari untuk melengkapi acara pernikahan, wisuda, ulang tahun, lamaran, dan dekorasi lainnya yang melibatkan penggunaan bunga. Nah, karena bunga flanel ini bisa digunakan untuk berbagai event sehingga kamu bisa mendapatkan potensi keuntungan dari berbagai kegiatan

10. Kerajinan Dari Kardus Bekas

Kerajinan Dari Kardus Bekas

Selain limbah plastik, limbah lainnya yang sering kita jumpai adalah kardus. Kardus digunakan sebagai pembungkus untuk berbagai barang. Kamu bisa memanfaatkan kardus bekas yang ada untuk membuat berbagai kerajinan tangan dengan daya jual tinggi. Misalnya, kamu bisa membuat pigura, kotak sepatu, tempat pensil, rumah binatang peliharaan, dan masih banyak lagi. Tambahkan polesan seperti dengan warna-warna yang menarik supaya dapat menarik peminat

Leave a Reply