Cara Penggunaan Corel Draw Bagi Pemula

by naya
0 comment

Bagi pemula, cara penggunaan Corel Draw mungkin sedikit membingungkan. Untuk itu sebelum menggunakan Corel Draw sebaiknya mengetahui bagaimana tutorial cara penggunaannya. tapi sebelum itu anda juga perlu memahami macam-macam dan fungsi tool box di Corel Draw.

Dibandingkan dengan sederet software editor lain, Corel Draw sebenarnya paling mudah digunakan. Cara penggunaan Corel Draw yang mudah ini salah satunya berkat tampilan sederhana. Serta interface user friendly. Sehingga software editor tersebut mudah dioperasikan oleh pengguna pemula sekalipun.

Meski mudah, tetap saja ada beberapa hal yang harus diketahui saat menggunakan Corel Draw. Salah satunya mengetahui bagaimana cara penggunaan software besutan Corel Cooperation dari Ottawa, Kanada ini.

Setelah memahami tutorialnya, maka cara penggunaan Corel Draw pun akan sangat mudah.

Tutorial Cara Penggunaan Corel Draw

Bagi pemula, cara menggunakan Corel Draw sebenarnya tidak terlalu rumit. Pada ulasan berikut ini akan diberikan bagaimana cara penggunaan Corel Draw. Tentunya sesuai manfaat dan fungsi Corel Draw itu sendiri.

Langsung saja, di bawah ini merupakan bagaimana cara mengoperasikan Corel Draw bagi pemula.

  1. Pastikan software Corel Draw sudah terinstal di pc maupun laptop. Terdapat banyak versi Corel Draw berbeda. Mulai dari X5 yang paling banyak digunakan. Hingga versi Corel Draw 2018 terbaru. Jangan khawatir, nyaris semua versi Corel Draw sebenarnya memiliki cara penggunaan yang sama.
  2. Versi Corel Draw yang terinstal haruslah sesuai dengan spesifikasi komputer. Sehingga kerja software pun akan stabil dan lancar.
  3. Setelah memastikan kedua hal tersebut, buka program aplikasi Corel Draw di komputer.
  4. Untuk memulai proyek baru, klik menu New Document. Nantinya akan ada beberapa pilihan yang terbuka.
    Welcome Screen Corel Draw.png
  5. Pilih option Create a New Document. Setelah itu pilih ukuran maupun bentuk dokumen yang akan dibuat.
    New Document
  6. Lembar kerja atau workspace baru akan terbuka di layar.
    Lembar Kerja Corel Draw
  7. Pengguna sudah akan dapat menggunakan Corel Draw untuk membuat gambar, vektor, ilustrasi, desain, dan sebagainya.

Selain dengan membuat lembar kerja atau worksheet baru, untuk menggunakan Corel Draw pun bisa dengan mengimport file dokumen lain. Baik itu file dokumen dalam bentuk gambar, desain, logo, foto, dan sebagainya.

Pengguna dalam mengimpor dokumen dalam berbagai format file untuk diolah kembali di Corel Draw. Corel Draw merupakan salah satu software editor yang mendukung berbagai format file berbeda. Bahkan format file dari Photoshop atau .psd dan dari Adobe Illustrator atau .ai pun bisa diimport ke workspace Corel Draw.

Cara penggunaan Corel Draw dengan mengimpor file dokumen:

  1. Buka aplikasi Corel Draw yang sudah terinstal di komputer.
  2. Klik Menu File lalu pilih opsi Import.Import
  3. Bisa juga dengan mengklik ikon Import di Toolbar.
    Toolbar Import
  4. Pilihan lain dengan menekan shortcut CTRL+I.
  5. Jendela baru akan terbuka; pilih file dokumen yang ingin diimpor ke workspace Corel Draw.
    Import Box 1
  6. Kemudian klik tombol Import.

nah untuk membuka file corel yang berbeda versi kamu bisa membaca artikel berikut ini. cara agar semua file corel dapat di buka si semua versi .

Menggunakan Corel Draw dengan menu Import memang tidak membuat dokumen baru. Pengguna akan melakukan editing dari gambar maupun desain yang sudah tersimpan sebelumnya. Tentu saja cara penggunaan Corel Draw satu ini berbeda dengan membuat dokumen dari halaman kosong di workspace.

Setelah memahami tutorial awal penggunaan Corel Draw di atas, pengguna bisa langsung memanfaatkan beragam tools dan fitur untuk editing. Pastinya setelah tahapan awal tersebut, selanjutnya sudah tidak akan terlalu sulit.

Cara penggunaan Corel Draw memang tidak terlampau sulit. Pengguna pemula pun seharusnya akan dapat menggunakan dan mengoperasikan Corel Draw dengan cukup mudah. Interface user friendly, hingga tutorial membuat dokumen dan import dokumen sebagai langkah awal penggunaan Corel Draw pun diharapkan semakin memudahkan bagu pengguna.

Related Posts