Cara Mengexport Gambar CorelDraw Resolusi Tinggi & Tidak Pecah

by naya
0 comment

Memastikan gambar desain tetap memiliki resolusi tinggi dan tidak pecah sangat penting. Terutama bila hendak mencetak atau print gambar. Untuk itu harus diketahui bagaimana cara mengexport gambar CorelDraw agar resolusi tetap tinggi dan tidak pecah, Bagi beberapa pengguna, cara mengexport gambar CorelDraw dianggap sangat mudah. Apa sih sulitnya menyimpan file gambar desain di software editor terkemuka ini? Tidak akan terlalu sulit memang untuk menyimpan atau mengexport file desain dari Corel Draw.

Di sisi lain, meski mengeksport file desain maupun gambar tidak sulit. Namun memastikan file tersebut tetap beresolusi tinggi dan gambar tidak pecah rupanya cukup sulit.

Terlebih bila nantinya gambar maupun desain Corel Draw tersebut akan dicetak atau print. Maka memastikan resolusi dan kualitas gambar sangat penting saat mengeksport file.

Seperti juga bagaimana cara file Corel Draw dapat dibuka di semua versi, maka ada langkah tersendiri untuk mengeksport. Perhatikan bagaimana cara mengexport gambar CorelDraw dalam pembahasan di bawah ini.

Langkah-langkah Cara Mengexport Gambar CorelDraw

Cara mengexport gambar CorelDraw sebenarnya tidak terlalu sulit. Corel Draw menjadi salah satu software editor yang sudah mendukung eksport dan import file dalam berbagai format. Mulai dari format asli Corel Draw, .CDR hingga .AI dari Adobe Illustrator dan .PSD dari Photoshop.

Selain format tersebut pengguna juga bisa mengekspor dan impor file di format CMX, PDF, hingga tentunya JPG, JPEG, dan PNG. Dibandingkan dengan software editor lain, Corel Draw memberikan dukungan paling lengkap untuk berbagai format file berbeda.

Sebelum melakukan export file dari Corel Draw ketahui dulu format apa yang akan digunakan. Bila nantinya file akan di-edit kembali di software Corel Draw, mengekspor dengan format .CDR, .PDF, maupun .CMX bisa menjadi pilihan. Kedua format terakhir di atas, PDF dan CMX, akan memastikan file bisa dibuka di semua versi Corel Draw.

Di sisi lain, bila ingin memastikan gambar diekspor dalam resolusi tertinggi dan tidak pecah, maka format PNG bisa dipilih. Ekspor file di format JPG juga bisa menjadi pilihan bila gambar sudah siap dicetak, misalnya.

Berikut ini merupakan langkah-langkah cara mengexport gambar CorelDraw dengan resolusi dan kualitas terbaik.

  1. Buka aplikasi Corel Draw di komputer, lalu siapkan gambar desain yang akan diekspor.
  2. Demi memastikan file beresolusi tinggi dan tidak pecah; tentunya gambar pun harus memiliki resolusi tinggi. Pastikan saat menggambar atau membuat desain di Corel Draw memiliki resolusi terbesar.
  3. Pada Menu Bar, klik pilihan File.
    Menu Bar Corel Draw
  4. Kemudian klik option Export.
    Export 2
  5. Cara lain bisa menggunakan shortcut CorelDraw untuk perintah Export dengan menekan Ctrl + E di keyboard.
  6. Tentukan folder di komputer untuk menyimpan file.
  7. Isi nama file di File Name lalu pilih format yang akan digunakan di Save as type.
    Save as Type
  8. Selanjutnya klik tombol Export.
    Klik tombol
  9. Akan ada jendela dialog baru terbuka untuk pengaturan ekspor file.
  10. Pada bagian Quality pilih Highest. Berikan tanda centang pada pilihan pengaturan Maintain Size dan Maintain Ratio untuk mempertahankan rasio dan ukuran gambar.
    Cara Mengexport Gambar CorelDraw Resolusi Tinggi & Tidak Pecah
  11. Selanjutnya pilih angka tertinggi untuk pengaturan Resolution.
  12. Patut diperhatikan, pada beberapa versi Corel Draw, resolusi file gambar akan otomatis berubah menjadi angka tertinggi ketika opsi Maintain Size dipilih.
  13.  Lalu klik tombol OK dan gambar pun akan diekspor.

Menggunakan cara mengexport gambar CorelDraw di atas, gambar pun akan tetap memiliki resolusi tinggi. Serta pastinya kualitasnya pun tidak pecah-pecah meski sudah diekspor ke format file berbeda.

Cara mengexport gambar CorelDraw memang sangat mudah. Pengguna hanya harus memastikan mengetahui pengaturan saat mengekspor gambar. Seperti mengatur resolusi, rasio, ukuran, hingga kualitas. Bagian ini paling penting untuk memastikan gambar tidak pecah dan tetap beresolusi tinggi.

Related Posts