Cara Mendapatkan Passive Income dengan Mudah

By | June 11, 2020
cara mendapatkan passive income dari internet

Cara Mendapatkan Passive Income dengan Mudah – Dewasa ini banyak orang yang ingin mendapatkan passive income. Jika di artikan secara bahasa, passive income memiliki makna sebagai pendapatan yang di dapatkan di samping penghasilan utama. Selain itu, passive income juga di dapatkan tanpa memerlukan usaha yang berulang.

Passive incomebisa di dapatkan tanpa memerlukan usaha, dan pendapatan masih akan terus bertambah walaupun sudah tidak melakukan pekerjaan tersebut. Bagi mereka yang menginginkan kebebasan secara finansial, pendapatan pasif ini merupakan cara mendapatkan pemasukan bulanan yang di inginkan.

Terdapat beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika sudah memiliki pendapatan pasif, diantaranya adalah:

  1. Membantu meningkatkan kekayaan yang sudah di miiliki.
  2. Melindungi kekayaan dan keadaan finansial ketika pendapatan utama sudah tidak menghasilkan.
  3. Apabila hendak melakukan pensiun secara dini, maka sebaiknya telah memiliki pendapatan pasif agar bisa mencukupi kebutuhan hidup.

Lalu bagaimana cara mendapatkan passive income dengan langkah yang mudah? Anda bisa mengikuti beberapa cara ini, sehingga pendapatan pasif yang di dapatkan tidak membutuhkan effort yang terus berulang, berikut merupakan diantaranya:

Melakukan Investasi pada Saham

Mereka yang berani mengambil resiko bisa mulai melakukan investasi saham sejak dini. Cara ini banyak di pilih sebab tidak terlalu sulit dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Selain itu, kelebihan menggunakan cara ini adalah keleluasaan dalam melakukan kontrol, asalkan Anda tetap berhati-hati dalam mengambil keputusan.

Anda bisa mulai melakukan investasi pada saham dengan bergabung pada instansi bursa efek dan melakukan update keadaan saham setiap hari. Sebagai investasi jangka panjang, pertimbangkan dengan sungguh – sungguh ketika Anda hendak melakukan penjualan maupun pembelian saham.

Menjual Produk yang Informatif

Selanjutnya adalah mendapatkan passive income dengan melakukan produksi.  Cara mendapatkan passive income ini misalnya dengan pembuatan e-book ataupun video tutorial, kemudian menjualnya di toko daring, blog, ataupun instansi tertentu. Anda bisa mengajukan hak cipta dan mendapatkan pendapatan pasif setiap tahunnya.

Akan tetapi cara ini memerlukan penciptaan ide kreatif dan pemasaran. Namun bukan berarti ia tidak mungkin untuk dilakukan. Anda bisa mulai membangun ide sejak dini dan mengembangkannya dalam beberapa bulan. Anda kemudian bisa mengatur dan mengumpulkan hasil setelahnya.

Menjadi Pengembang Aplikasi

Berbagi kebutuhan daring ditunjang dengan adanya aplikasi, baik dalam bidang hiburan, transportasi, bahkan pemasaran dan pembelian produk. Anda bisa memanfaatkan hal tersebut dengan menjadi pengembang aplikasi, apalagi bagi Anda yang telah memiliki basic dalam bidang pemrograman

Pastikan Anda memiliki ide yang original, kreatif, menarik, dan hasilnya bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Aplikasi  yang sering dibuat biasanya khusus hanya untuk platforms tertentu, baik berupa aplikasi Android, iOS ataupun Hybrid. Cara mendapatkan passive income ini memiliki hasil yang cukup besar dibandingkan dengan cara lain.

Meyewakan Properti

Properti merupakan investasi jangka panjang yang banyak di pilih oleh sebagian orang. Seperti yang telah diketahui, harga tanah akan naik setiap tahunnya, begitu pula harga properti dan bangunan. Apabila Anda memiliki properti yang tidak Anda pakai, bukankah lebih baik untuk menyewakannya kepada orang lain?

Dengan begitu setiap tahun Anda akan mendapatkan passive income dari pembiayaan sewa. Walaupun sering tidak terasa karena Anda juga harus menyiapkan dana untuk melakukan pemeliharaan properti, namun sumber pendapatan pasif ini memiliki jangka waktu yang panjang dan akan terus naik nilainya setiap tahun.

Memulai Blog atau Youtube

Belakangan profesi freelancer banyak di minati oleh anak muda, khususunya menjadi Youtuber. Iming-iming gaji yang besar tanpa mengeluarkan effort menjadi salah satu penyebabnya. Namun tentu cara mendapatkan passive income ini harus diikuti dengan usaha yang maksimal di awalnya.

Bukan hanya pengelolaan, namun juga manajerial konten yang diberikan. Sehingga pengikut Anda tidak merasa bosan dan berhenti mengunjungi blog ataupun kanal Youtube Anda, dan beralih ke kanal lain. Income yang Anda dapatkan biasanya berasal dari iklan dan endorse brand, karena itu pastikan Anda memilki konten-konten yang menarik.

Peer to Peer Lending

Anda yang sudah terbiasa dengan perkembangan teknologi bisa mencoba untuk menjadi anggota peer to peer landing. Konsep P2P merupakan cara mempertemukan investor dan peminjam dana dengan cara yang lebih mudah. Anda bisa meminjamkan dana dan bertindak sebagai investor, dan uang yang Anda pinjamkan akan dikembalikan dalam bentuk passive income tahunan.

Seperti perusahaan dan layanan daring lain, Anda harus memilih dengan bijak kreditur yang hendak meminjam dana Anda. Usahakan juga telah melakukan riset pada perusahaan P2P tersebut, sehingga Anda tidak mengalami hal yang di rugikan di masa yang akan datang. Walaupun resiko yang di dapatkan cukup besar, namun hasil yang Anda terima ketika melakukan salah satu cara mendapatkan passive income ini juga sama besarnya.

Investasi Redaksana dan Deposito

Sebenarnya terdapat cara melakukan investasi dengan modal yang lebih terjangkau, memiliki resiko kerugian yang rendah, sekaligus mendapat bantuan dari tim manajerial investasi yang profesional di bidangnya. Investasi ini disebut dengan investasi redaksana, dimana Anda tidak turut campur dalam bisnis investasi, namun tetap mendapatkan keuntungan darinya.

Sedangkan investasi deposito di peruntukkan bagi mereka yang tidak ingin menanggung resiko, sebab tingkat kerugian pada investasi ini bahkan lebih rendah dari investasi redaksana. Apabila Anda memilih untuk melakukan investasi ini, Anda akan mendapatkan bunga dari hasil deposito yang telah Anda pilih sebelumnya dalam jangka waktu tertentu.

Selain cara mendapatkan passive income tersebut, terdapat beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menambah pendapatan pasif. Anda bisa mengikuti beberapa tips tersebut, agar setiap tahunnya Anda bisa menikmati jumlah besaran dana yang lebih tinggi daripada tahun sebelumnya.

  1. Tidak takut mencoba sesuatu yang baru, ini akan membuat pengalaman Anda bertambah dan lebih berhati-hati dalam melakukan langkah ke depannya. Kadang beberapa orang takut untuk melakukan sesuatu yang baru karena takut gagal.
  2. Jangan ragu belajar hal yang baru, ini dilakukan sebagai bentuk survive dalam kehidupan. Anda mungkin tidak mengetahui bahwa apa yang Anda pelajari tersebut bisa membantu mengembangkan passive income Anda ke depannya.
  3. Manajerial keuangan yang baik, sebesar apapun pendapatan pasif yang Anda terima, bila tidak di barengi dengan manajerial uang yang baik, Anda tidak akan bisa memanfaatkannya dengan maksimal. Walaupun sudah mendapatkan kebebasan finansial, Anda tetap harus mengetahui mana yang di butuhkan, dan mana yang hanya merupakan keinginan.

Itulah beberapa cara mendapatkan passive income yang bisa Anda coba. Dengan berkembangnya teknologi infomasi dan kemudahan dalam akses internet, Anda bisa memanfaatkannya untuk memulai bisnis baru dan mendapatkan pendapatan pasif sejak dini. Sudah banyak orang yang mendapatkan passive income dan telah memenuhi standar kebebasan finansial dalam usia muda.